Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Jambu biji merupakan daun yang berasal adari tanaman Psidii folium atau jambu biji sangat mudah sekali dijumpai di Indonesia. Pohon jambu biji memiliki ketinggian 2 hingga 5 meter. Selain buahnya yang dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan, sumber vitamin, dan obat demam berdarah, daun jambu ini ternyata dapat juga dimanfaatkan. Banyak sekali manfaat daun jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan.

Daun Jambu Biji, Manfaat Daun Jambu Biji, Khasiat Daun Jambu Biji

Daun jambu biji (Psidii folium) terdapat di ranting ranting pohon jambu biji, memiliki warna hijau, dan susunan tulang daun yang menyirip. Selain buahnya, daun tanaman herbal tersebut juga banyak mengandung vitamin C.Vitamin C adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas. Daun tersebut dikenal oleh masyarakat sebagai obat alami untuk diare, namun ternyata daun jambu tersebut memiliki banyak manfaat lainnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Jambu Biji :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Jambu Biji

Kandungan gizi yang terdapat dalam daun jambu ini yaitu karbohidrat 11,88 gram, protein 0,82 gram, lemak total 0,6 gram, magnesium 10 miligram, serat 5,4 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 25 miligram, folat 14 miligram, natrium 3 miligram, vitamin A 792 UI, Vitamin C 183,5 miligram, kalium 284 miligram, Niacin, 1,2 miligram, riboflavin 0,05 miligram, asam pantotenat 0,15 miligram, vitamin B1 0,05 miligram, dan vitamin E 1,12 miligram.

Loading...

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan :

1. Mengobati Diare

Diare adalah penyakit yang disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tidak higienis, seperti makanan yang telah jatuh atau yang dijual dipinggir jalan dan terpapar banyak kuman. Makanan tersebut akan menimbulkan reaksi buang air besar yang terus menerus atau sering disebut diare. Obat alami untuk diare adalah daun jambu biji. Caranya dengan menyeduh daun jambu ini dengan air panas lalu meminum air rebusannya.

2. Mengobati Maag

Maag adalah penyakit yang timbul akibat kebiasaan terlambat makan sehingga menimbulkan radang pada lambung dengan rasa nyeri dan perih. Daun jambu tersebut memiliki zat yang mampu menurunkan asam lambung dan mengobati sakit maag. Namun tentu saja, setelah itu harus diikuti dengan pola makan yang baik dan teratur.

3. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan adalah peradangan di mulut berbentuk luka seperti bintik bulat di dalam mulut, diakibatkan karena kurang vitamin C, tidak menjaga kebersihan mulut, mengkonsumsi makanan pedas, atau karena tergigit. Sariawan meskipun kecil namun sangat menyiksa karena mengganggu kegiatan makan. Salah satu manfaat daun jambu ini yang kaya akan vitamin C adalah menyembuhkan sariawan.

4. Mengobati Ambeien

Ambeien atau wasir adalah penyakit akibat pembengkakan hemoroid pada anus, disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Kurangnya konsumsi serat, posisi duduk yang terlalu lama, dan kurangnya aktivitas tubuh. Ambeien membuat penderitanya akan kesulitan untuk duduk dan melakukan aktivitas lainnya. Obat alami untuk penyakit ini adalah daun jambu biji yang dicampur dengan pisang batu.

5. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegepti. Orang yang terserang penyakit ini biasanya akan mengalami pusing, panas, kemerahan pada kulit, nyeri sendi, dan turunnya trombosit. Penyakit ini akan berkembang pada daerah yang lembab dimana nyamuk banyak hidup. Untuk mengobati penyakit salah satunya bisa dengan memanfaatkan daun buah jambu biji.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Obat bagi penderita diabetes
7. Obat untuk luka
8. Menurunkan kolesterol jahat
9. Dapat mengobati kembung
10. Menyehatkan jantung
11. Mengobati penyakit sembelit
12. Menghilangkan rasa mual
13. Mengobati sakit gigi
14. Mencegah terjadinya penyakit kanker
15. Meningkatkan kualitas sperma pria
16. Mengobati penyakit alergi
17. Membantu memperbaiki sistem imun tubuh
18. Mengobati penyakit keputihan
19. Mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan
20. Mengobati penyakit bronkitis

Cara Memanfaatkan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan :

Cara mendapatkan manfaat daun dari buah jambu biji bagi kesehatan bisa dengan menyeduh beberapa helai daun buah jambu biji dengan air panas lalu meminum air seduhannya secara teratur. Untuk obat sariawan, Anda bisa menggunakan air seduhan daun jambu tersebut untuk kumur. Untuk mengobati ambeien, daun jambu ini bisa dibuat jus dengan campuran pisang batu. Dan untuk mengobati luka, caranya dengan melumatkan daun ini, lalu menempelkanya pada daerah luka.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan wajah

Wajah yang cerah alami adalah impian semua wanita. Namun terkadang wajah menjadi gelap dan kusam karena terus menerus terpapar sinar matahari yang mengandung UV A dan UV B. Salah satu cara untuk mencerahkan wajah adalah dengan menggunakan daun buah jambu biji untuk masker. Kandungan vitamin C dalam daun jambu tersebut mampu mencerahkan wajah.

2. Mencegah penuaan

Penuaan akan dialami oleh semua orang, seiring dengan bertambahnya usia maka kulit akan mengalami keriput. Tidak sedikit orang yang ingin mencegah keriput bahkan sampai melakukan operasi. Namun keriput pada kulit ini dapat dicegah dengan bahan alami yaitu daun buah jambu biji. Caranya dengan menggunakan daun jambu tersebut sebagai masker secara rutin.

3. Menjaga kelembaban kulit

Kita tinggal di Indonesia yang adalah daerah tropis, kulit wajah akan sering sekali terpapar sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik bagi kulit wajah. Kulit wajah bisa menjadi kering dan mengelupas, atau karena banyaknya keringat dan cuaca yang panas akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak. Masker daun jambu biji dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

4. Menyembuhkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalh yang terjadi di kulit wajah maupun punggu. Masalah kulit ini disebabkan karena adanya peradangan pada kulit wajah yang disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit wajah selama melakukan aktivitas, ditambah keringat dan minyak yang menempel pada wajah. Untuk menyembuhkan jerawat dan mengeringkan jerawat secara cepat bisa dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari daun jambu biji.

5. Menyamarkan flek hitam bekas jerawat

Masker daun buah jambu biji juga adalah solusi untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang ada di wajah. Flek hitam bekas jerawat biasanya susah sekali dihilangkan dan membuat kita menjadi kurang percaya diri. Namun kandungan vitamin C yang tinggi dalam daun jambu ini akan membantu menyamarkan flek hitam bekas jerawat secara perlahan.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi alergi pada kulit
7. Menghilangkan komedo
8. Mencegah kerontokan rambut
9. Menghilangkan ketombe
10. Mengecilkan pori pori pada wajah

Cara Memanfaatkan Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan :

Cara memanfaatkan daun jambu biji untuk kecantikan adalah dengan menjadikannya masker bagi wajah. Pertama, ambil beberapa helai daun buah jambu biji yang masih segar, lalu lumatkan. Kemudian campur dengan madu atau putih telur. Setelah itu oleskan pada wajah dengan kuas, lalu tunggu 15 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk menggunakannya pada rambut dengan cara mengoleskan pada rambut kemudian dipijat lalu dibilas.

Efek Samping Daun Jambu Biji :

Efek Samping Daun Jambu Biji

Karena daun jambu biji adalah bahan alami, tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan karena menggunakan daun jambu tersebut. Banyak sekali manfaat daun buah jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan Anda dengan cara yang mudah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Selain buahnya khasiat daun jambu biji ternyata banyak sekali bagi kesehatan dan kecantikan. Rata-rata orang menggunakan daun tanaman ini untuk kesehata sebagai obat mencret atau diare. Untuk kecantikan, manfaat daun jambu biji sering digunakan sebagai masker maupun perawatan rambut.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top