Connect with us
Daun Jarak, Manfaat Daun Jarak, Khasiat Daun Jarak

Daun

50 Manfaat dan Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Jarak (Ricinus communis), Kaleke, Kaliki, Dulang, Gloah merupakan daun dari tanaman liar tahunan yang memiliki manfaat yang banyak untuk manusia. Manfaat daun jarak yang paling terkenal tentu saja untuk diolah jadi minyak jarak yang biasanya dicampurkan ke dalam bahan cat dan pelumas. Selain itu, kadang jarak juga digunakan di industri makanan untuk melapisi permen agar mengkilat.

Daun Jarak, Manfaat Daun Jarak, Khasiat Daun Jarak

Tumbuhan jarak ini tergolong tanaman perdu yang mudah dibudidayakan di tanah tropis. Biasanya ia tumbuh di hutan atau pekarangan dataran rendah. Tanaman perdu memiliki daun yang menjari lebar dengan ruas-ruas tegas. Umumnya pohon jarak itu tumbuh meranggas, melebar ke samping. Tidak terlalu tinggi pohonnya. Jika sudah tua, pohon jarak akan berbunga dan berbuah. Buah jarak bentuknya seperti tandan bulat-bulat.

Selama ini, masyarakat pedesaan mengenal manfaat daun jarak untuk obat herbal mengatasi kembung. Cara memakainya tinggal dipanaskan hingga hangat, sembari diolesi minyak kelapa. Kemudian ditempelkan ke perut kembung niscaya bisa sembuh. Umumnya orang pedesaan memakainya untuk mengatasi perut bayi yang sedang kembung.

Namun ada yang mesti diwaspadai dari tanaman jarak, yaitu bijinya. Biji jarak mengandung“Ricin” yang merupakan racun paling mematikan di dunia. Hanya seujung peniti saja sebanyak 500 mikrogram sudah bisa membunuh manusia dalam hitungan beberapa menit. Ricin ini memang begitu mengerikan dan cepat dalam membunuh sel-sel.

Oleh karena bahayanya racun ricin ini, maka buat mengolah jarak butuh keahlian ekstra. Kecuali untuk sekadar mengambil manfaat daun jarak, ini masyarakat tidak perlu khawatir, sebab ricin hanya terkonsentrasi pada bijinya saja.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Jarak :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Jarak

Membahas gizi dan nutrisi tanaman jarak alangkah baiknya buat hanya mengupas zat-zat aktif yang terkandung di dalamnya saja. Pasalnya, tanaman ini sebenarnya tidak buat dikonsumsi secara oral (dimasukkan mulut), namum umumnya sebatas untuk dioleskan atau ditempelkan di luar tubuh. Berikut adalah zat-zat yang ada pada jarak, terutama daun jarak:

  1. Daun: vitamin C 250 mg, ricinine, astragalin, reynoutrin, quercetin, kaempferol, rutin, isoquercitrin, lipase, nicotiflorin, kaemferol-3-rutinoside.
  2. Biji: minyak ricinid 50%, ricinoleic acid, glyceride, linolenic acid, stearic acid, oleic acid, cytochrome C.
  3. Minyak: ricinoleic acid 80%, nonricinolein 0,8%, monoricinolein 2,5%, diricinolein 25%, triricinolein 65%, dyhidroxystearic acid.
  4. Akar: beta-sitosterol, methyltrans, tridecene.

Itulah beberapa zat-zat aktif yang ada di dalam daun jarak dan bagian tanaman jarak lainnya. Jika melihat data di atas, terlihatlah bahwa tanaman ini pada dasarnya sangat minim vitamin dan mineral yang umum. Namun kebanyakan berupa zat ricin yang berbahaya bila tidak ditangani dengan baik.

Namun memang jika hanya penggunaan luar, sudah tentu pohon jarak sudah lekat pemanfaatannya oleh manusia. Seperti yang akan diuraikan di bawah ini:

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan :

1. Mengobati Kembung

Di pedesaan, orang sudah mengenal bahwa manfaat daun jarak begitu ampuh mengobati kembung. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni daunnya dipanggang dulu di atas bara api sampai kering dan agak hangus. Kemudian saat daun masih hangat-hangat kuku ditempelkan ke perut.

2. Mengatasi Masuk Angin

Cara memanfaatkan daun jarak ini sangat gampang. Masuk anginnya bisa sembuh dengan cepat bila menempelkan daun ini pula ke area perut dan punggung. Nanti penderita masuk angin akan lega perutnya karena angin yang terperangkap di dalam tubuh bisa keluar.

3. Mengobati Nyeri Sendi

Nyeri sendi juga bisa sembuh berkat daun jarak. Silahkan remas daun ini beberapa helai dan letakkan di area persendian yang sedang nyeri. Efeknya akan langsung didapatkan sesaat setelah menempelkan.

4. Meringankan Sakit Perut

Selain untuk kembung, manfaat daun jarak juga efektif meringankan sakit perut. Baik karena kembung itu sendiri, masuk angin atau alasan lain. Efek analgesik ini didapatkan dengan cara menempelkan daunnya ke perut sambil diurut.

5. Menambah Energi

Ada kepercayaan kuno di tengah masyarakat lokal bahwa dengan menempelkan daun jarak ke dahi dan mengibas-ngibaskannya ke kepala, maka akan membuat stamina melejit. Efek meningkatkan energi ini sungguh ajaib!

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghentikan pendarahan
8. Mencegah kejang-kejang pada bayi
9. Menghilangkan energi negatif
10. Mengatasi nyeri otot
11. Mengobati ruam
12. Menetralisir racun
13. Mengatasi angin duduk
14. Mengobati gangguan pernapasan
15. Mengatasi rematik
16. Menurunkan panas
17. Menyembuhkan demam
18. Menghilangkan asam lambung
19. Melegakan perut
20. Mencegah kram perut

Cara Memanfaatkan Daun Jarak untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan daun jarak mudah saja, tinggal mengambil beberapa helai daunnya. Kemudian cuci sampai bersih. Lalu dipanggang di atas bara api, jangan sampai gosong. Kemudian tempelkan ke perut kembung selagi masih hangat-hangat kuku.

Sedangkan untuk penggunaan minyak jarak untuk kesehatan, sebaiknya menggunakan produk yang dijual di apotek resmi yang memiliki dokter atau apoteker berpengalaman. Agar dapat menjelaskan dengan baik dan benar mengenai penggunaannya. Sebab jarak ini sangat riskan, mengandung racun mematikan.

Manfaat Daun Jarak untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan Bekas Luka

Ternyata daun jarak bisa buat hilangkan bekas luka. Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal ditempelkan saja ke area bekas lukanya. Sebaiknya menggunakan daun yang sudah dicuci dan diremas dulu. Namun untuk mendapatkan hasil ekstra, bisa pula dengan mengikuti orang desa, dengan dipanggang dulu biar panas daunnya.

2. Menyembuhkan Gatal-Gatal

Manfaat daun jarak bisa menyembuhkan gatal-gatal. Cara mengolahnya mudah saja, tinggal mencelupkan daun ini ke dalam sebaskom air, kemudian direbus. Air rebusannya ini dipakai buat membasuh bagian tubuh yang gatal.

3. Menutup Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit bisa membesar karena kerusakan kulit. Bisa pula karena penggunaan obat atau krim tertentu yang memicu alergi. Suhu panas juga bisa melebarkan pori-pori. Pada dasarnya pori-pori punya kemampuan buku-tutup, namun jika sudah kelainan dan kerusakan total, maka sudah pasti tidak bisa buka tutup lagi. Klepnya seperti rusak. Untuk itu dibutuhkan obat alami seperti daun jarak ini.

4. Mencegah Bau Badan

Manfaat daun jarak bisa menghilangkan bau badan. Cara memakainya tinggal mencampurkan saja daun ini ke dalam air yang dipakai untuk mandi. Niscaya badan jadi bau segar.

5. Mencerahkan Wajah

Membasuh wajah dengan air yang bekas rendaman daun jarak juga amat ampuh buat mencerahkan wajah. Bisa dilakukan rutin selama 7 hari berturut-turut. Nanti di hari ke-8 akan terlihat perubahan warna wajah jadi lebih cerah.

Manfaat Daun Jarak untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi komedo
7. Membuang jerawat
8. Menghilangkan selulit
9. Meluruhkan lemak
10. Menghaluskan kulit
11. Melembabkan wajah
12. Mengatasi flek hitam
13. Menghilangkan kerutan
14. Membuat kulit kenyal
15. Memutihkan kulit
16. Menghaluskan kulit
17. Mencegah kulit kering
18. Mengatasi biang keringat
19. Menghilangkan bulu-bulu
20. Mencegah timbunan daki

Cara Memanfaatkan Daun Jarak untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan daun jarak demi kecantikan pun mestinya hati-hati. Alangkah baiknya diuji coba dulu dengan cara merebus daunnya hingga lunak. Kemudian tempelkan beberapa menit ke tangan, sedikit saja. Jika tidak ada reaksi apa-apa, artinya tubuh tidak alergi.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa tanaman jarak ini hanya digunakan buat luar tubuh saja. Tidak buat dimakan. Efek kecantikan didapatkan dari bahan-bahan aktif yang sedang bekerja.

Efek Samping Daun Jarak :

Efek Samping Daun Jarak

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi bila memakai daun jarak untuk usaha kesehatan maupun kecantikan. Efek ini tidak sama-rata langsung dirasakan semua orang. Namun merupakan pengalaman individual. Untuk itu, sebaiknya jika akan menggunakan daun ini sebagai obat herbal, maka harus berdasarkan petunjuk ahlinya:

1. Kematian
2. Kejang Otot
3. Kelumpuhan
4. Muntah
5. Pingsan
6. Pusing
7. Alergi
8. Halusinasi
9. Gatal-Gatal
10. Ruam Merah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Serai untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai kandungan zat-zat di dalam daun jarak, beserta seluruh manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan di atas sifatnya hanyalah informasi umum saja. Tanaman ini riskan untuk dijadikan bahan herbal, untuk itu mintalah pendapat ahli seperti dokter, tabib, apoteker dan ilmuwan jauh lebih baik sebelum benar-benar menggunakannya.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top