Connect with us
Daun Jeruk Nipis, Manfaat Daun Jeruk Nipis, Khasiat Daun Jeruk Nipis

Daun

33 Manfaat dan Khasiat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun jeruk nipis merupakan daun yang banyak sekali manfaat bagi kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Jeruk nipis menjadi salah satu tanaman yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari akar bahkan sampai buahnya. Buahnya sendiri dikenal memiliki banyak manfaat yang sehat untuk kulit dan daya tahan tubuh karena mengandung banyak vitamin C. Disisi lain, manfaat daun jeruk nipis juga banyak dijadikan sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan.

Daun Jeruk Nipis, Manfaat Daun Jeruk Nipis, Khasiat Daun Jeruk Nipis

Kandungannya pun tak tanggung-tanggung. Anda bisa mendapatkan apa saja yang umum diperlukan pada tubuh, khususnya zat aktif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daunnya sendiri memiliki ciri utama tipis dan berwarna hijau. Metode yang digunakan dalam menggunakan daun jeruk nipis sebagai obat herbal pun sangat banyak tergantung seperti apa tujuan penggunaannya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Jeruk Nipis :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Jeruk Nipis

Kandungan yang terdapat pada daun ini sangat berkhasiat untuk tubuh dan pada dasarnya, tak akan menimbulkan efek samping jika mengkonsumsi secara aman. Berikut adalah kandungannya:

Loading...
  • Quercetin
  • Luteolin
  • Flavonoid
  • Kampferol
  • Rosmarinik
  • Apigenin
  • Minyak esensial
  • Vitamin C
  • Dan zat mineral lainnya

Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Sakit Gigi

Pada dasarnya, sakit gigi menjadi masalah yang semua orang pernah merasakan, bahkan sejak mereka dalam fase anak-anak. Masalah sakit gigi akibat pertumbuhan gigi pada usia beranjak dewasa tak perlu melakukan penaganan khusus karena hal tersebut wajar.

Namun berbeda dengan sakit gigi yang diakibatkan oleh masalah lain seperti gigi berlubang dan semacamnya, Anda bisa menggunakan daun jeruk nipis sebagai alternatif pengobatan sakit gigi yang cukup ampuh untuk Anda terapkan. Hal ini karena kandungan anti inflamasi dalam daun jeruk nipis yang tinggi membantu dalam meredakan rasa sakit akibat sakit gigi.

2. Mengatasi Perut Kembung

Masalah perut kembung biasanya diakibatkan oleh makanan yang Anda makan. Apalagi jika disertai dengan minuman bersoda karena perut yang sedang kembung berarti kondisi perut dengan kandungan gas yang tinggi didalamnya. Kandungan apigenin pada daun ini akan membantu dalam mengatasi masalah perut kembung karena kandungan zat akitf ini membantu dalam menekan gas yang berlebihan dalam perut.

3. Menghilangkan Rasa Mual

Penyebab rasa mual sendiri banyak sekali, bisa disebabkan karena gangguan pada pencernaan Anda atau respon negatif dari otak yang dialirkan dari mata karena melihat hal-hal yang menjijikan. Untuk membantu dalam mengatasinya, menggunakan daun jeruk nipis bisa membantu dalam menekan rasa mual tersebut agar tak sampai muntah. Penyebab lain dari mual biasanya adalah karena demam atau flu dan masalah wajar yang terjadi ketika seseorang sedang hamil.

4. Membantu Dalam Mengatasi Sakit Perut

Masalah sakit perut erat kaitannya dengan masalah pencernaan. Penyakit seperti ini biasanya melibatkan makanan yang Anda makan. Salah satu penyebab paling utamanya adalah makanan yang Anda makan tidak layak dan menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit serta lainnya. Untuk mengatasinya, menggunakan daun jeruk nipis bisa menjadi salah satu alternatif yang cukup ampuh dalam mengatasi sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya.

5. Mengatasi Insomnia

Tidak hanya membantu dalam mengatasi masalah insomnia, kandungan yang ada pada daun ini juga akan membantu dalam mencegah penyakit insomnia. Insomnia sendiri artinya adalah sulit tidur, kandungan yang ada didalamnya akan membantu otak lebih fresh sehingga membantu dalam tidur Anda. Untuk cara penggunaan yang paling efektif adalah dengan menggunakan daun ini sebagai aromaterapi yang akan membantu tubuh untuk tidur.

Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi diare

7. Meningkatkan sistem imun

8. Atasi borok

9. Melancarkan pernapasan

10. Atasi radang

11. Obat flu

12. Obat rematik

13. Mengatasi racun

Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Nipis Untuk Kesehatan :

Untuk pengobatan dalam, cara yang paling efektif adalah dengan cara meminum air rebusan dari daun jeruk nipis ini. Anda juga bisa mencampur dengan bahan lain seperti mandu dan gula batu. Sedangkan pengobatan dari luar, bisa dijadikan sebagai aromaterapi karena wanginya yang sehat untuk relaksasi otak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merobek daunnya kemudian hirup.

Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Kecantikan :

1. Membantu Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut bisa menjadi masalah tersendiri untuk seseorang. Bau mulut akan mengganggu penampilan Anda di muka umum. Selain itu, masalah seperti ini juga akan tak membuat Anda nyaman sehingga terus merasa risih. Kandungan yang ada dalam daun ini akan membantu dalam mengatasi sisa-sisa makanan atau bakteri yang masih ada dalam rongga-rongga mulut Anda. Cara penggunaannya cukup dijadikan sebagai air kumur menggunakan air rebusannya setiap hari.

2. Mengatasi Luka Gores dan Bekasnya

Biasanya lecet yang diakibatkan oleh luka gores bisa menyebabkan gangguan pada penampilan Anda. Selain itu, luka seperti ini bisa menyebabkan infeksi jika tak dirawat secepat mungkin. Kandungan yang ada daun ini akan membantu dalam mengatasi luka gores yang terjadi pada kulit Anda. Selain itu, kandungannya juga akan membantu dalam menghilangkan bekas luka hitam pada luka gores Anda.

3. Memutihkan Gigi

Kandungan zat kimia aktif pada daun ini tidak hanya membantu dalam mengatasi bau mulut yang bisa merusak kecantikan Anda, namun juga bisa dijadikan sebagai alat kumur pemutih gigi. Kandungan yang ada didalamnya akan membantu dalam mengiris setiap kotoran yang berlapis pada gigi sehingga membuat gigi tampak lebih putih dan sehat. Selain dengan cara berkumur, meminum langsung juga membantu dalam memperkuat gigi.

4. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi akan membantu dalam mencerahkan kulit Anda. Kulit cerah akan membuat penampilan makin terjaga dan selalu eksis. Hal ini karena kandungan vitamin C akan mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru sehingga tampak lebih putih dan cerah. Sangat cocok untuk diterapkan kepada orang yang sering mengeluh kulit kusam.

5. Mengatasi Jerawat

Kandungan yang ada dalam daun jeruk nipis sangat berpotensi dalam pembentukan zat anti inflamasi dan anti oksidan. Kedua kandungan tersebut akan membantu dalam mengatasi jerawat, baik jerawat ringan sampai jerawat membandel. Selain itu, vitamin C pada daun ini bisa berfungsi sebagai penghalus wajah dan mengatasi masalah bekas jerawat yang timbul setelah jerawat tersebut sembuh.

Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengencangkan kulit

7. Melindungi dari sinar matahari

8. Atasi kulit kering

9. Sehat untuk rambut

10. Sehat untuk kesehatan kuku

Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Nipis Untuk Kecantikan :

Penggunaannya sendiri bisa dengan cara diminum air rebusannya untuk membantu kesehatan kecantikan dari dalam tubuh. Namun agar lebih efektif, daun ini bisa dijadikan sebagai alat kumur yang bagus untuk mengatasi bau mulit dan gigi kuning. Selain itu, bisa juga dijadikan masker untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, panu, kusam, dan sebagainya.

Efek Samping Daun Jeruk Nipis :

Efek Samping Daun Jeruk Nipis

Kandungan yang ada didalam daun ini sangat berkhasiat, namun juga terkenal memiliki banyak efek samping jika mengkonsumsi secara berlebihan setiap hari seperti:

1. Sakit perut

2. Tidak sehat untuk lambung

3. Pencernaan terganggu

4. Mengikis lapisan gigi

5. Bau mulut

6. Air liur berlebih

7. Gigi ngilu

8. Gangguan pada otak

9. Masalah sakit perut

10. Sembelit

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kebanyakn orang memanfaatkan daun jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan dengan cara meminum air rebusannya. Untuk menghasilkan manfaat daun jeruk nipis yang melimpah, perhatikan takaran yang pas. Jangan mengonsumsi secara berlebihan, biasanya dapat menyebabkan sakit pada bagian organ dalam.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Daun

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top