Connect with us
Daun Katuk, Manfaat Daun Katuk, Khasiat Daun Katuk

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun katuk merupakan daun dari tanaman sayuran bernama “Katuk” atau Sauropus androgynus yang banyak dijumpai di Asia Tenggara. Manfaat daun katuk sebagai perlancar air susu ibu sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal, manfaat lainnya untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan masih banyak lagi.

Daun Katuk, Manfaat Daun Katuk, Khasiat Daun Katuk

Para ahli farmasi terus-menerus meneliti zenyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya untuk mengetahui khasiatnya di bidang medis dan kecantikan. Apalagi, semakin banyaknya kemunculan penyakit-penyakit baru yang tak bisa lagi mengandalkan obat-obatan konvensional. Kampanye back to nature menjadikan daun katuk perlu dilirik manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Toh, tanaman katuk mudah dijumpai di pasar, pekarangan-pekarangan rumah, dan harganya murah.

Kandungan Gizi Daun Katuk :

Kandungan Daun Katuk, Kandungan Gizi Daun Katuk, Kandungan Nutrisi Daun Katuk

Daun katuk kaya kandungan zat gizi, antara lain : klorofil, protein 7%, serat kasar 19% karbohidrat, lemak, vitamin K, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, tanin, saponin, flavonoid, alkaloid papaverin, asam seskuiterna. Senyawa-senyawa tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai macam proses metabolisme. Untuk senyawa-senyawa tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid papaverin berpotensi tinggi sebagai obat-obatan. Terutama obat-obatan berbahan dasar herbal.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan :

1. Memperlancar air susu ibu (ASI)

Senyawa yang berperan aktif untuk melancarkan keluarnya air susu ibu (ASI) yaitu asam seskuiterna. Senyawa-senyawa lainnya yang turut serta berperan aktif yaitu sejumlah senyawa minyak esensial, flavonoid, saponin, tannin, vitamin, dan beragam mineral.

2. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa muncul disebabkan oleh banyak fakor. Misalnya, duduk terlalu lama, kekurangan minum air, sering menahan buang air besar, adanya kerja organ hati dan kantong empedu yang kurang lancar. Dengan mengkonsumsi ramuan berbahan dasar daun katuk, sembelit bisa diatasi sehingga buang air besar pun jadi lancar. Cukup dengan meminum ai rebusan katuk, sembelit segera berakhir.

3. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa muncul disebabkan oleh banyak fakor. Misalnya, duduk terlalu lama, kekurangan minum air, sering menahan buang air besar, adanya kerja organ hati dan kantong empedu yang kurang lancar. Dengan mengkonsumsi ramuan berbahan dasar daun katuk, sembelit bisa diatasi sehingga buang air besar pun jadi lancar. Cukup dengan meminum ai rebusan katuk, sembelit segera berakhir.

4. Mengobati borok

Borok akibat bakteri patogen bisa segera lenyap dengan  menempelkan lumatan daun katuk ke bagian yang sakit. Klorofil bersifat antioksidan sekaligus antibakteri yang bisa mematikan mikroorganisme penyebab bisul atau borok.

5. Memperkuat tulang

Kandungan mineral kalsium yang tinggi membuat daun ini ampuh memperkuat tulang kita. Kandungan kalsiumnya mencapai 2,8% yang bisa mencukupi kebutuhan harian unsur ini untuk tubuh. Alangkah baiknya dikonsumsi dengan takaran yang tepat sehingga kalsium ini menjadi sumber tabungan untuk tulang-tulang kita. Tulang-tulang kita jadi terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Lainnya

6. Mengatasi gejala penyakit anemia

7. Meredakan influenza

8. Mencegah penyakit mata

9. Menunjang regenerasi sel-sel

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

11. Menyuburkan reproduksi

12. Merangsang produksi hormon-hormon steroid

13. Membangkitkan vitalitas seksual pada pria

14. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma

15. Menurunkan tekanan darah tinggi

Cara memanfaatkan Daun Katuk untuk Kesehatan

Pada umumnya, jenis daun tanman katuk cukup diolah menjadi aneka masakan seperti sayur bening, sayur asam. Bisa juga dibuat lalapan dengan cara direbus terlebih dulu supaya lunak. Dibuat minuman segar juga ide yang baik. Caranya, ambil daun katuk sebanyak 300 gram, bersihkan dengan air, lalu direbus dengan air sebanyak 1,5 gelas selama 15 menit. Air rebusan ini sudah bisa langsung diminum.

Untuk mengobati frambusia atau puru dengan cara sebagai berikut: ambil daun katuk sebanyak sepermpat genggam, lalu cuci bersih, selanjutnya lumatkan dengan blender sampai halus. Tambahkan air masak sebanyak seperempat cangkir dan beri sedikit garam. Aduk-aduk sampai rata. Lalu diperas dan disaring dengan kain. Air perasan ini diminum untuk pengobatan dari dalam, sedangkan ampasnya digosok-gosokkan ke bagian tubuh yang terserang puru atau frambusia.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, cukup diolah menjadi sup sayur bening atau sayur asam. Cara membuatnya, tinggal dirompes daun-daun katuk, cuci bersih, lalu masukkan bersama dengan sayur mayur lainnya ketika air sedang mendidih. Beri garam, gula, dan penyedap rasa. Sup sayur bening siap dihidangkan.

Manfaat Daun Katuk untuk Kecantikan

1. Memutihkan kulit

Kandungan klorofil tinggi,vitamin, dan mineral pada daun katuk dipakai oleh ahli kecantikan sebagai bahan sabun pemutih kulit. Klorofil feoditin bersifat antioksidan yang akan menjaga kulit tetap segar dan putih.

2.  Menghaluskan kulit

Konsumsi rebusan daun katuk akan melancarkan proses regenerasi sel-sel kulit sehingga lapisan kulit mati lebih cepat terlepas. Lapisan sel-sel kulit baru ini yang membuat kulit tampil halus dan kenyal.

3. Membantu pembakaran lemak

Ini kabar baik bagi yang badannya mudah gemuk. Daun katuk kaya serat, vitamin, dan mineral yang akan memperlancar proses pencernaan di dalam usus dan membantu pembakaran lemak menjadi energi.

4. Melangsingkan tubuh

Makanan yang kaya serat akan membuat rasa kenyang lebih lama. Konsumsi daun katuk bisa menjadi salah satu menu program diet Anda yang ingin bentuk tubuh tetap langsing dan singset.

5. Menghilangkan noda-noda hitam di wajah

Karena kaya kandungan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan, akan membuat sel-sel tak mudah rusak dan bermutasi. Noda-noda hitam di wajah akibat paparan sinar ultraviolet yang memicu terbentuknya sel-sel kanker. Dengan masker daun katuk, sel-sel kulit mendapat perlindungan dari paparan sinar ultraviolet penyebab kanker kulit.

Manfaat Daun Katuk untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga kesehatan dan kecantikan mata

7. Detoksifikasi atau membuang racun-racun di dalam tubuh

8. Meningkatkan kesuburan

9. Mencerahkan wajah

10. Mengembalikan kejantanan pria

Cara Memanfaatkan Daun Katuk untuk Kecantikan :

Pada umumnya dibuat jadi masker wajah. Yaitu dengan cara penghancuran daun katuk menjadi bentuk pasta atau bubur. Biasanya ditambahkan dengan masker bahan alami lainnya supaya lebih efektif khasiatnya. Untuk kecantikan dari dalam, konsumsi daun katuk yang diolah menjadi aneka masakan juga akan memberi efek yang bagus buat kulit dan rambut. Nutrisinya akan memperlancar metabolisme dalam tubuh. Selain sehat juga cantik. Yang perlu diingat selama pengolahan daun cekur manis yaitu selalu menjaga kehigienisannya selama pengolahan.

Efek Samping Daun Katuk :

Efek Samping Daun Katuk

Efek samping daun katuk ini berlaku yang mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Orang tersebut akan sulit tidur (insomnia) dan dada terasa sesak. Pengolahan daun katuk yang tidak benar juga memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Misalnya membuat jus daun katuk segar yang langsung diminum. Konsumsi yang terus-menerus sampai 22 bulan bisa mengakibatkan bronkitis. Daun cekur manis juga berpotensi buruk terhadap organ paru-paru sehinga konsumsinya harus benar-benar diatur. Intinya, tidak boleh sampai berlebih-lebihan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sekarang, sudah dikenal beragam manfaat daun katuk untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Tak hanya untuk memperlancar air susu ibu saja, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Jadi, alangkah baiknya daun ini selalu sedia setiap saat dengan cara menanamnya di halaman rumah kita sebagai tanaman pagar. Toh cara menanam dan perawatannya gampang dan tak banyak memakan tempat.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top