Connect with us
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling

Daun

30 Manfaat dan Khasiat Daun Keji Beling untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Daun Keji Beling – Daun keji beling, kecibeling atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai daun sambang getih merupakan daun yang sering dijadikan sebagai obat herbal dan rempah-rempah. Daun ini mudah ditemukan di sekitar sungai dengan warna hijau pekat. Daun keji beling memiliki bulu halus pada permukaannya dan ini menjadi ciri khas bagi daun tersebut. Selain dalam bahasa Jawa,keji beling juga memiliki nama lain seperti enyoh kelo, ngokilo dan pecah beling.

Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling

Manfaat daun keji beling sudah bukan hal yang asing lagi bagi sebagian masyarakat. Mereka mempercayai bahwa daun pecah beling ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan sekaligus mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa alami yang terdapat pada daun pecah beling mendukung kebaikan dari tanaman pagar yang satu ini. Diantara manfaat penting dari daun pecah beling adalah mengatasi diabetes, ambeien, diare, hepatitis dan masih banyak yang lainnya.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Keji Beling :

  • Kalsium 24 %
  • Fosfor 1 %
  • Pottasium 51 %
  • Sodium 24 %
  • Ferum 1 %
  • Kalium
  • Flavonoida
  • Natrium
  • Saponin
  • Polilenoi
  • Alkaloid
  • Terpenoid
  • Asam silikat
  • Fiforlif
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Glikosida
  • Tanin
  • Kafein

Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan :

1. Membantu menyembuhkan batu ginjal

Salah satu jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun pecah beling adalah penyakit batu ginjal. Penyakit yang juga disebut dengan nefrolitiatis ini merupakan kondisi ginjal yang memiliki material keras dan menyiksa tubuh. Material ini merupakan zat limbah yang terdapat pada darah yang tidak bisa disaring oleh ginjal dan akhirnya mengendap pada ginjal tersebut.

Penyakit batu ginjal ini bisa disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat daun keji beling secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menyembuhkan penyakit kanker

Daun keji beling juga berkhasiat untuk mengobati penyakit kronis yakni kanker. Daun ini dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang berperan penting sebagai racun untuk melawan sel-sel kanker. Dengan demikian penyakit kanker yang diderita dapat sembuh dan badan kembali sehat.

Meskipun demikian, bagi penderita kanker juga harus tetap menjalani perawatan medis agar kanker tidak semakin menyebar dalam tubuh. Dengan dua alternatif pengobatan yang sesuai anjuran dokter maka penyakit kanker dapat musnah dalam kurun waktu yang lebih cepat. Selain membantu menyembuhkan kanker, konsumsi minuman tradisional dari daun pecah beling ini juga akan membantu meredakan rasa nyeri yang diderita saat kanker menyerang.

3. Mengobati diabetes

Diabetes merupakan kondisi tubuh yang tidak mampu menghasilkan hormon atau insulin yang berfungsi sebagai pengatur kadar gula dalam darah. Atau bisa saja insulin yang diproduksi tidak mencukupi sehingga tidak dapat melakukan fungsinya secara optimal.

4. Menyembuhkan kencing manis

Kencing manis menjadi salah satu penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat. Pankreas yang ada dalam tubuh tidak dapat menguraikan hormon untuk membentuk energi dari gula darah. Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah kurangnya produksi insulin dalam tubuh sehingga energi pun tidak mencukupi.

Cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kencing manis ini adalah dengan memanfaatkan ramuan herbal dari daun keji beling. Cara untuk membuat ramuan daun pecah beling untuk mengobati kencing manis ini pun relatif mudah. Kita cukup menyiapkan daun pecah beling sebanyak 3 lembar kemudian rebus daun yang masih segar tersebut ke bersama 2 gelas air. Diamkan hingga mendidih dan sisakan 1 gelas saja. Tunggu hingga dingin dan anda bisa meminumnya sebagai ramuan sehat secara teratur.

5. Menyembuhkan penyakit ambeien

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang amat dihindari. Penyakit ini diakibatkan karena adanya pembengkakan atau peradanan pada pembuluh darah pada ara sekitar anus dan rectum bawah. Untuk memanfaatkan daun pecah beling untuk mengobati ambeien secara alami adalah dengan menyiapkan daun pecah beling segar sebanyak 3 lembar. Setelah rebus bersama 2 gelas air dan tunggu hingga mendidih. Setelah kurang lebih 30 menit direbus, angkat dan dinginkan ramuan tersebut. Jika sudah dingin, ramuan trradisional untuk menyembuhkan ambeien siap untuk anda minum secara teratur.

Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menyembuhkan sembelit

7. Mengatasi penyakit liver

8. Mengobati kencing batu

9. Sebagai obat wasir

10. Mempercepat proses pembekuan darah

11. Membantu melancarkan buang air kecil

12. Sebagai obat sakit kuning

13. Mencegah terjadinya tumor

14. Sebagai obat maag

15. Membantu menyembuhkan diare

16. Mencegah kolesterol tinggi

17. Mengatasi sakit gatal

18. Sebagai diuretik alami

19. Mengatasi ISK

20. Baik untuk menyehatkan lambung

21. Menyembuhkan disentri

22. Mengatasi nyeri saat ambeien

23. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

24. Menjaga kesehatan hati

25. Menyembuhkan alergi

26. Menangkal radikal bebas

27. Menjaga kesehatan tulang

28. Membantu melancarkan buang air besar

29. Menyembuhkan gatal akibat gigitan serangga

30. Mencegah HIV Aids

Cara Memanfaatkan Daun Keji Beling untuk Kesehatan :

Untuk mengolah daun keji beling untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit sangatlah sederhana. Anda bisa menyediakan 10 gr daun pecah beling kering atau 30 gr daun pecah beling yang masih segar. Cuci daun tersebut sampai bersih lalu rebus bersama dengan 250 ml air. Tunggu sampai mendidih dan sisakan sekitar 150 ml saja. Angkat dan diamkan agar dingin. Setelah dingin, saring ramuan keji beling tersebut dan bagi ke dalam 3 takaran untuk diminum 3 kali minum dalam sehari.

Selain dimanfaatkan sebagai ramuan herbal, daun keji beling juga bisa dimanfaatkan dengan cara direbus atau bisa juga langsung dikonsumsi sebagai lalapan segar.

Efek Samping Daun Keji Beling

Memang banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari daun keji beling. Namun sayangnya, karena memiliki kandungan asam salisilat yang tinggi mengakibatkan daun ini sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh para penderita gastritis. Mengkonsumsi ramuan daun pecah beling ini memang sangat bagus untuk menyembuhkan mereka yang menderita batu ginjal, namun ramuan ini dapat mengakibatkan iritasi pada saluran kemih jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ada juga efek samping lain yang dapat muncul karena mengkonsumsi obat tradisional dari pecah beling secara berlebih, yakni terjadinya sakit saat buang air kecil bahkan mungkin juga diiringi dengan keluarnya darah. Kemungkinan adanya darah saat buang air kecil dan iritasi pada saluran kemih dikarenakan daun keji beling ini adalah obat diuretik yang sangat kuat sehingga dapat mengakibatkan iritasi.

Mengkonsumsi ramuan dari daun keji beling juga dapat merangsang sekaligus mengganggu fungsi kerja organ lambung. Untuk mengatasi masalah ini maka anda bisa mengkombinasikan daun wungu saat anda membuat ramuan daun keji beling.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Andong untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun keji beling merupakan daun herbal yang sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat berkhasiat tinggi oleh masyarakat zaman dahulu. Daun keji beling ini memiliki banyak kandungan penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan dengan rebusan airnya yang mengandung alkali. Kandungan natrium dan kalsium pada daun keji beling ini dapat membuat rasa pahit, namun dibalik pahitnya ramuan yang kita minum kita bisa mendapatkan khasiat luar biasa dan kesehatan tubuh pun selalu terjaga.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top