Connect with us
Daun Kelengkeng, Manfaat Daun Kelengkeng, Khasiat Daun Kelengkeng

Daun

30 Manfaat dan Khasiat Daun Kelengkeng untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun kelengkeng merupakan daun dari buah yang dapat dijadikan sebagai obat herbal dan rempah-rempah. Dibanding dengan buahnya, manfaat daun kelengkeng jelas minim informasi sehingga masyarakat umum masih banyak yang belum tahu. Tak seperti buahnya yang bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh tubuh kita, untuk khasiat daunnya lebih ke sebagai suplemen dan obat.

Daun Kelengkeng, Manfaat Daun Kelengkeng, Khasiat Daun Kelengkeng

Oleh karena itu, dalam pemakaian obat herbal ini harus diperhatikan betul dosisnya dan ditujukan untuk pengobatan penyakit apa. Disarankan selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbalis yang mengerti betul tentang obat-obat herbal.

Daun kelengkeng tersusun majemuk. Anak daun berbentuk lanset sedikit memanjang. Pada umumnya daun berwarna hijau, tapi ada varietas tanaman yang berdaun merah. Daun terasa kaku dan liat bila dipegang. Bila diremas-remas keluar aroma buah kelengkeng. Bila daun sudah tua terasa getas.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kelengkeng :

Di dalam daunnya terkandung zat-zat berikut ini: tannin, kelompok senyawa flavonoid, saponin, vitamin, mineral, quercetin, quercitrin, air, abu, serat kasar, serat terlarut. Sebagian besar zat-zat tersebut tak berkontribusi untuk tumbuh kembang tubuh kita, tapi keberadaannya dibutuhkan untuk stimulant dan perangsangan enzim, hormon, dan berbagai macam proses metabolisme. Jadi, jangan dijadikan layaknya makanan.

Loading...

Manfaat Daun Kelengkeng Untuk Kesehatan :

1. Antioksidan

Zat-zat yang bersifat antioksidan akan memerangkap radikal-radikal bebas di dalam tubuh supaya tak membuat kerusakan pada sel-sel dan berbagai jaringan. Radikal-radikal bebas ini lebih cepat berikatan dengan oksigen yang ada di dalam tubuh dibandingkan dengan sel-sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen. Dengan memblokir radikal-radikal bebas, oksigen dapat diikat oleh sel-sel darah merah.

2. Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker

Sel-sel kanker bisa berkembang karena adanya perubahan genetis atau mutasi akibat paparan zat-zat yang bersifat racun. Sel-sel yang semula sehat akan bermutasi menjadi sel-sel kanker. Celakanya, sel-sel kanker ini juga mampu berkembang biak dengan pertumbuhan tak terkendali.

3. Meredakan peradangan

Ditengarai beberapa senyawa dari kelompok flavonoid dan saponin yang memiliki efek mampu meredakan peradangan. Entah peradangan yang disebabkan oleh luka mekanis maupun adanya serangan infeksi dari virus maupun bakteri.

4. Meredakan demam

Panas tubuh yang melebihi suhu tubuh normal (lebih dari 37,5 derajat Celcius) bisa diturunkan dengan mengkonsumsi rebusan daun kelengkeng. Sifatnya yang pahit dan mendinginkan cocok untuk mengatasi tubuh yang sedang terinfeksi oleh kuman-kuman.

5. Menghentikan diare

Zat yang berperan dalam menghentikan diare yaitu tannin. Zat ini akan mematikan kuman-kuman penyebab diare sekaligus mengikat bahan-bahan organik di dalam usus yang encer menjadi ikatan-ikatan yang padat.

Manfaat Daun Kelengkeng Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengurangi rasa sakit

7. Menghentikan perdarahan

8. Mengatasi cacingan

9. Memperlancar peredaran darah

10. Mengurangi rasa sakit kepala

11. Mengatasi keputihan

12. Memperlancar buang air kecil

13. Memperbaiki ekosistem di usus

14. Membantu proses penyerapan sari-sari makanan

15. Mematikan bakteri dan jamur penyebab gatal di kaki

16. Mempercepat penyembuhan luka

Cara Memanfaatkan Daun Kelengkeng Untuk Kesehatan :

Untuk memperoleh manfaatnya, diolah menjadi minuman dan diambil ekstraknya. Daun yang masih muda kaya zat tannin sehingga sangat cocok untuk pengobatan diare dan gangguan sistem pencernaan. Daun mudanya bisa langsung dilalap seperti kita mengkonsumsi daun caisim.

Daun yang sudah tua, bisa dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Daun yang sudah kering ini dihancurkan menjadi serbuk kasar. Serbuk kasar inilah yang diseduh menjadi minuman teh.

Daun yang sudah tua bisa juga direbus dengan air untuk mendapatkan zat-zat yang terkandung di dalamnya. Rebusan ini diminum untuk menurunkan demam atau mengobati penyakit lainnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Ciplukan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Kelengkeng Untuk Kecantikan :

1. Menyehatkan kulit

Kaya zat yang bersifat antioksidan akan membuat sel-sel kulit terjaga kesehatannya. Terutama dari perkembangan sel-sel kulit yang tak normal atau pertumbuhan sel-sel kulit yang tak terkendali. Zat antioksidan ini akan melindungi kulit dari paparan zat yang bersifat racun dan radiasi.

2. Mencegah kemunculan noda-noda hitam di kulit

Noda-noda hitam yang terbentuk di kulit wajah merupakan sel-sel kulit yang tumbuhnya tak normal dan yang terkena radiasi. Cuci muka dengan air rebusan daun kelengkeng akan melindungi kulit dari pertumbuhan dan perkembangan sel-sel yang abnormal ini.

3. Melangsingkan badan

Kandungan serat terlarut dan serat kasar membantu proses pencernaan makanan sekaligus membantu penyerapan sari-sari makanan secara efisien. Senyawa tannin dan zat-zat lainnya akan menciptakan ekosistem yang baik untuk perkembangan bakteri-bakteri baik di usus. Dengan demikian perombakan karbohidrat, protein, dan lemak bisa dibantu oleh bakteri-bakteri baik. Hasil perombakan lebih banyak digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh lainnya. Tidak ditimbun menjadi lemak yang mengakibatkan kegemukan.

4. Mencegah kemunculan sel-sel abnormal atau sel-sel parut di kulit

Masih berkaitan dengan zat-zat yang bersifat antioksidan akan mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel abnormal di kulit. Terutama yang terjadi akibat paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari yang menjadi penyebab mutasi sel-sel normal menjadi sel-sel abnormal. Zat-zat yang bersifat antioksidan akan berperan layaknya tabir surya yang menjadi pelindung terkena radiasi sinar matahari.

5. Menghitamkan rambut

Teh yang dibuat dari daun-daun lengkeng sangat bagus untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Akar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup sekaligus melindungi dari jamur maupun bakteri yang berkembangbiak di kulit kepala. Dengan nutrisi yang cukup, akar rambut akan tumbuh kuat dan memberikan nutrisi ke rambut sampai ke ujung. Rambut akan tampak lebih hitam dan berkilau.

Manfaat Daun Kelengkeng Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghaluskan kulit

7. Merangsang pembentukan sel-sel kulit baru

8. Meremajakan kulit

9. Mencerahkan wajah

10. Menghilangkan ketombe

Cara Memanfaatkan Daun Kelengkeng Untuk Kecantikan :

Cara yang paling banyak dipakai yaitu membuat rebusan berbahan dasar daun kelengkeng. Ambil daun secukupnya, lalu direbus dengan air sebanyak 2 gelas sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Pakai rebusan ini untuk menyeka wajah dan bagian-bagian kulit yang biasa terpapar oleh sinar matahari.

Masih dengan air rebusan ini, bisa dipakai untuk keramas di rambut kepala. Sambil dipijit-pijit, keramaslah dengan air rebusan daun lengkeng. Diamkan sebentar, setelah itu baru dibilas dengan air bersih.

Efek Samping Daun Kelengkeng :

Efek samping yang mungkin terjadi yaitu mengalami gangguan pencernaan karena terlalu pekatnya zat tannin. Bisa juga orang peka terhadap zat tannin sehingga justru membuat sulit buang air besar atau sembelit. Saponin, flavonoid, tannin, bukanlah makanan atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar. Bila berlebihan bisa mengakibatkan keracunan pada tubuh kita sehingga merusak berbagai jaringan dan organ di dalam tubuh. Terutama organ hati dan ginjal yang harus bekerja keras untuk menetralkannya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Disamping buah kelengkeng yang kaya manfaat, ternyata manfaat daun kelengkeng juga tak kalah banyaknya. Terutama untuk menjaga kesehatan tubuh dari pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker serta sistem pencernaan.

Hanya saja, jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena sifatnya yang bisa mengobati sekaligus racun bagi tubuh. Langkah yang bijak tentu selalu berkonsultasi dengan dokter atau dengan ahli herbal dalam mengobati penyakit Anda.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Daun

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top