Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun kelor atau daun merunggai yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera bisa dikenali dengan daunnya berbentuk bulat kecil ini dapat diolah menjadi berbagi macam makanan. Memiliki bunga berwarna kuning yang dapat mengeluarkan wewangian jika dijadikan tanaman hias di depan rumah anda. Kegunaan dari tumbuhan ini untuk lingkungan sekitar adalah sebagai penangkal longsor. Terkadang, nama daun ini tidak dikenal banyak orang karena ada beberapa daerah yang menyebutkan dengan sebutan yang berbeda.

Daun Kelor, Manfaat Daun Kelor, Khasiat Daun Kelor, daun merunggai

Tanaman merunggai mempunyai rasa yang lezat bila dijadikan sayur ataupun jenis masakan lainnya. Jika anda penasaran dengan rasanya, daun kelor bisa ditemukan dengan mudah karena bisa tumbuh dimana saja. Jenis daun ini pun mempunyai segudang manfaat tersembunyi untuk kesehatan juga kecantikan. Tak heran bila tanaman kelor disebut tanaman ajaib oleh para ilmuan.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kelor :

Kandungan Daun Kelor, Daun Kelor, Kandungan Nutrisi Daun Kelor, Kandungan Gizi Daun Kelor

Kandungan gizi yang terdapat pada tanaman ini sangatlah bervariasi. Daun kelor mempunyai kandungan vitamin C 7x lebih banyak daripada buah jeruk, tentunya bisa mencegah tubuh anda dari sariawan, potassium 3x banyak dari pisang, kandungan vitamin A 4x lebih tinggi dari wortel, selain itu terdapat juga kalsium, karbohidrat, zat besi, juga fosfor didalamnya.

Loading...

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan :

1. Mengobati Penyakit Jantung

Daun kelor yang mempunyai manfaat sebagai antioksidan pada tubuh, juga bisa mengobati penyakit jantung. Suatu studi ilmiah telah menjelaskan bahwa kandungan pada daun ini dapat melindungi kerusakan stuktural pada jantung, serta jaringannya bisa terlindungi oleh zat didalamnya.

2. Mencegah penyakit kanker

Sari daun kelor yang sudah diekstrak dapat mencegah penyebaran sel kanker pada tubuh secara berangsur-angsur dalam pemakaian rutin secara alami. Anda tidak perlu khawatir lagi mendengar penyakit ini, cukup mengonsumsi daun ini dengan rutin, teratur, dan konsultasikan kepada dokter.

3. Anti diabetes

Ekstrak daun ini bisa anda manfaatkan sebagai anti diabetes karena mempunyai kandungan seng yang dimana bisa memproduksi zat insulin. Kandungan inilah yang membuat tubuh anda tetap sehat dan terjauh dari diabetes bila menkonsumsinya sebanyak 150 mg secara rutin.

4. Mengobati alergi

Alergi adalah gangguan dalam tubuh yang bisa kambuh kapan dan dimana saja. Daun kelor mampu mengobati alergi dengan mengolahnya menjadi minuman yang lezat ataupun mengunyahnya secara langsung. Andapun bisa menikmati aktifitas tanpa harus khawatir terhadap alergi.

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Penyakit kulit tentu sangat mengganggu karena rasa gatalnya ataupun membuat badan menjadi tidak nyaman. Penyebabnya karena kondisi tubuh yang tidak stabil juga infeksi pada jaringannya sehingga munculah penyakit kulit. Daun kelor dinilai bisa menyembuhkan penyakit kulit karena mengandung antiseptik alami.

6. Mengobati sakit mata

Penderita sakit mata biasanya membutuhkan obat tetes yang mengandung sebagian zat kimia tak berguna untuk mengobati mata. Tanaman herbal ini bisa menjadi solusi alami karena mempunyai kandungan vitamin A lebih besar dari pada wortel yang mampu mengobati sakit mata juga menjaga kesehatannya secara langsung.

7. Mengatasi rematik dan gangguan tulang lainnya

Penyakit rematik tentunya sangat mengganggu aktifitas karena rasa sakitnya yang sangat menyiksa. Mencegah penyakit ini tentunya bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah daun kelor. Tanaman ajaib ini tentunya bisa mengurangi rasa sakit ketika rematik datang, karena mempunyai kandungan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang.

8. Mengatasi penyakit kuning

Daun kelor memiliki segudang manfaat sehingga dapat mengobati penyakit dalam bentuk obat herbal. Larutan ataupun ramuan dari daun kelor bisa mencegah datangnya penyakit kuning, Kandungan pada daun kelor dapat memperlancar kinerja organ hati.

9. Menyembuhkan mata rabun

Mempunyai gangguan mata tentunya sangat melelahkan, juga mengganggu kelancaran aktifitas. Anda harus memakai kacamata setiap hari, dan konsultasi ke dokter setiap 6 bulan sekali. Daun kelor bisa menjadi solusi mata rabun dengan menkonsumsi batangnya menjelang tidur pada malam hari.

10. Menurunkan berat badan

Anda memiliki masalah pada pencernaan? Kegemukan dan perut buncit? Daun ini ternyata bisa menjadi solusi semuanya. Cukup kunyah daun ini, karena prinsip kerjanya merangsang metabolisme untuk membakar kalori pada tubuh anda. Kandungan pada daun kelorpun mudah untuk diserap oleh usus.

11. Menjadi sumber energi

Daun kelor yang memiliki kandungan karbohidrat dapat berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh anda. Kandungan tersebut akan menguatkan bagian tubuh tertentu secara pro-aktif. Tubuh andapun akan merasa lebih baik dengan sendirinya, serta kembali bernergi dari sebelumnya.

12. Sumber nutrisi untuk tubuh

Nutrisi merupakan hal penting untuk kekuatan kinerja setiap organ tubuh, salah satunya bagian otak. Organ penting ini akan bekerja secara maksimal jika nutrisinya terpenuhi dengan baik, oleh karena itu anda dapat mengambil keputusan dengan cepat. Daun jenis ini bisa menjadi solusi dengan memiliki kandungan mutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan otak anda.

13. Bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI

Daun kelor yang memiliki kegunaan untuk memenuhi kebutuhan energi pada tubuh ternyata bisa sekaligus meningkatkan produksi ASI. Kandungan protein didalamnya dapat memperkaya nutrisi ASI, jadi anda tidak perlu kebingungan lagi mengatasi masalah ini.

14. Berfungsi menurunkan demam tinggi

Manfaat daun kelor tentunya bukan hanya dirasakan ketika anda menkonsumsinya. Ternyata daun ini bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menurunkan demam tinggi. Kelor yang sudah hancur bisa menjadi kompres alami dan diamkan hingga mengering, maka anda bisa terbebas dari demam.

15. Meningkatkan sistem imun

Kandungan daun kelor yang memiliki berbagai macam vitamin dapat membuat anda terbebas dari berbagai macam penyakit. Vitamin ini akan membentuk sistem imun pada tubuh, sehingga tubuh anda akan sehat dan bugar.

16. Melancarkan saluran pernafasan

Kandungan dalam daun kelor dapat melancarkan darah yang membawa oksigen sehingga dapat melancarkan saluran pernafasan. Konsumsilah daun sirih setiap hari bagi anda yang memiliki masalah pada saluran pernafasan.

17. Memberi nutrisi lebih untuk kesehatan tulang

Kandungan fosfor yang lebih besar dari susu didalam daun kelor dapat memperkuat dan menjaga kesehatan tulang anda. Tentunya, tumbuhan ini sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

18. Suplemen alami

Anda tidak perlu repot untuk membeli vitamin lagi, karena daun kelor bisa menjadi suplemen alami untuk memenuhi nutrisi organ tubuh. Kandungan seperti karbohidrat dan zat besi dapat membantu menjaga stamina anda juga menjadi sumber energi, meskipun jarang menkonsumsi nasi.

19. Antiseptik alami

Jika sering anda naik gunung dan tiba-tiba terjatuh kemudian terluka, carilah daun kelor untuk mengobatinya. Antiseptik alami yang terkandung didalamnya dapat mensterilkan luka sehingga tidak akan terjadi infeksi ataupun tumbuhnya nanah.

20. Menjaga kesehatan ginjal

Daun kelor mempunyai mineral yang unik tentunya bisa memperlancar perdaran darah pada organ tubuh. Darah bersih akan sangat bermafaat pada kesehatan tubuh terutama kesehatan pada ginjal.

21. Memperbaiki sistem metabolisme

Vitamin C yang berlimpah dalam daun kelor dapat berkhasiat memperlancar metabolisme. Sehingga performa kerja organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Tentunya, anda akan terbebas dari berbagai macam penyakit.

22. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor dapat menyehatkan mata anda secara alami dan maksimal. Anda akan terhindar dari gejala-gejala gangguan pada mata jika menkonsumsi daun jenis ini secara rutin disertai dengan pola hidup yang sehat.

23. Mengobati diare

Selain larutan oralit, daun kelor dapat mengobati diare karena bisa berfungsi sebagai penetral racun dalam tubuh. Pastikan daun kelor yang akan digunakan steril sebelum dijadikan larutan untuk menyembuhkan diare anda.

24. Mencegah naiknya asam lambung

Asam lambung dalam tubuh dapat dipicu dengan pola makan yang tidak sehat. Jika anda sering menkonsumsi makanan yang masam, itu adalah salah satu faktor pemicunya. Kandungan dalam daun tersebut dapat mengontrol naiknya asam lambung, sehingga anda tidak dapat merasakan nyerinya bila menkonsumsi daun kelor secara rutin.

25. Mengobati luka bakar

Daun kelor mempunyai sejuta khasiat, selain untuk dikonsumsi mengobati penyakit dalam, daun tersebut juga bisa mengobati luka bakar. Daun ini dapat membantu memprcepat regenerasi kulit, sehingga luka bakar akan cepat sembuh dan kering.

26. Mencegah darah tinggi

Tekstur daun kelor yang dapat membuat tubuh lebih segar bisa digunakan untuk mencegah darah tinggi. Hindari stress berlebih untuk mencegah darah tinggi, tentunya dengan memanfaatkan daun kelor untuk mencegah naiknya darah. Kandungan antioksidannya mampu menstabilkan darah anda.

27. Anti kanker

Tentunya menyeramkan jika anda mendengar penyakit kanker. Kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi daun ini karena didalamnya mempunyai kandungan yang dapat mencegah sel kanker berkembang. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter, jika anda sudah terdeteksi mempunyai penyakit kanke.

28. Mengobati rabun senja

Rabun senja merupakan gangguan pada mata yang dapat mengganggu mengelihatan ketika sore hari. Pandangan anda terasa kabur, juga menjadi tidak jelas melihat sesuatu. Hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya usia. Daun kelor yang mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi mampu mengatasi rabun senja dengan mengkonsumsinya secara rutin.

29. Mengobati iritasi pada mata

Iritasi yang disebabkan oleh debu, polusi, yang dapat membuat mata menjadi merah, kering juga perih. Anda tidak perlu khawatir bila menemukan hal seperti ini, cukup siapkan daun kelor dan minum ekstraknya, maka anda akan terhindar dari iritasi mata. Maka aktivitaspun akan kembali normal.

30. Melancarkan pencernaan

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh makanan yang kurang serat juga tidak sehat. Penyakit ini akan berbahaya pada fungsi organ tubuh tertentu karena terjadi penumpukan kotoran yang tidak keluar, hingga menyebabkan perut buncit. Konsumsi daun kelor setiap hari, karena daun tersebut mempunyai khasiat untuk melancarkan pencernaan.

31. Melancarkan program diet

Satu hal sulit dilakukan bagi anda yang sangat suka makan adalah diet. Daun kelor bisa melancarkan program diet, karena daun ini berfungsi sebagai sumber energi alami dengan kandungan zat besi dan karbohidrat didalamnya. Daun ini dapat diolah menjadi salad untuk anda yang sedang melaksanakan program diet.

32. Menjadi sumber asam amino untuk tubuh

Penyakit dalam tentunya sangat berbahaya bila tidak diobati karena akan menghambat kinerja organ tubuh lainnya. Anda tidak perlu khawatir jika anda mempunyai penyakit ini, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter, juga konsumsi daun kelor sebagai salah satu bahan obat herbal. Kandungan vitamin didalamnya akan memperlancar kinerja organ tubuh secara optimal

33. Mengobati keracunan

Jika anda menemukan hal seperti ini, hal yang pertama harus dilakukan adalah jangan panik terlebih dahulu. Cukup cari daun kelor disekitar anda, karena daun kelor berfungsi menghilangkan racun ditubuh sehingga menggantinya dengan cairan dan ion-ion yang baru. Maka tubuh anda akan sehat kembali dan terbebas dari racun.

34. Mengobati kulit dari gigitan serangga

Kulit yang terkena gigitan serangga akan mengalami merah-merah, bengkak, atau bahkan infeksi ringan. Daun kelor mampu mengobatinya karena mempunyai antiseptik juga vitamin lainnya yang berfungsi untuk memberi stimulus kepada kulit sehingga efek dari gigitan serangga akan cepat hilang.

35. Mengatasi sembelit

Sembelit tentunya akan mengganggu penampilan anda yang ditandai dengan perut buncit. Atasi sembelit dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin karena mengandung kandungan serat juga kaya akan vitamin. Maka pencernaan andapun akan kembali normal, dan terbebas dari perut buncit.

36. Menjaga kebugaran tubuh

Mengkonsumsi daun kelor dapat menjaga kebugaran tubuh anda, karena daun yang satu ini berfungsi menjaga beban kerja organ tubuh supaya tetap optimal. Selain itu daun tersebut tidak mengandung lemak jahat yang dapat membuat tubuh anda terasa lesu dan berat untuk beraktivitas.

37. Mengatasi Obesitas

Penyebab dari obesitas adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kandungannya tidak bermanfaat untuk tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi gemuk dipenuhi lemak jahat. Daun kelor bisa mengatasi masalah ini karena kandungan karbohidrat dan zat besi yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

38. Menyembuhkan penyakit asma

Penyakit asma akan timbul kapan dan dimana dengan tidak terduga. Anda harus menjaga pola makan, juga aktivitas supaya penyakit ini tidak kambuh sembarangan. Pastikan untuk mengkonsumsi daun kelor karena berkhasiat melancarkan pernafasan. Andapun akan terbebas dari penyakit asma.

39. Menghancurkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Jika anda banyak mengkonsumsi makanan berminyak, imbangilah dengan jus jeruk ataupun daun kelor. Daun tersebut berkhasiat menghancurkan kolesterol jahat yang menumpuk dan menghambat kerja organ tubuh.

40. Memperlancar peredaran darah

Peredaran darah yang lancar bisa diimbangi dengan olahraga yang rutin dan memulai hidup sehat. Organ tubuh akan bekerja dengan baik dan badan akan terasa bugar. Pastikan untuk mengkonsumsi daun kelor karena mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk kelancaran darah anda.

41. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh tentunya sangat penting fungsinya untuk terjauh dari berbagai penyakit. Daun kelor bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda karena kandung didalamnya. Konsumsilah daun tersebut setiap pagi sebelum beraktifiras untuk hasil yang maksimal.

Cara Memanfaatkan Daun Kelor untuk Kesehatan :

Berbagai cara bisa ditempuh untuk memanfaatkan tanaman ajaib ini, untuk mengobati penyakit dalam cukup siapkan maksimal 10 lembar daun kelor, setelah itu didihkan air sebanyak 250 mL, masukan dauntersebut yang telah ditumbuk kedalam air mendidih selama 5 menit, terakhir saring larutannya kemudian tiriskan.

Cara selanjutnya, setelah membuat larutan dari ekstrak daun ini anda bisa membuat ramuannya dengan mencampur dengan beberapa bahan alami. Pertama, tambahkan madu jangan tambahkan gula atau sirup sebagai penambah rasa manis. Pilihan kedua anda bisa gunakan air kelapa untuk membuat rasanya lebih segar dan tentunya tetap sehat.

Menanfaatkan daun kelor bisa anda kreasikan menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dengan membuatnya sebagai tumisan ataupun sayur. Siapkan rempah-rempah yang tertera pada resep membuat tumisan seperti biasa, lalu daun kelor siap untuk dimasak dan disajikan untuk keluarga anda. Ingat, jangan gunakan bumbu penyebab, cukup gunakan garam pada masakan anda.

Jika anda ingin sesuatu yang segar dan lezar daun kelor bisa dimanfaatkan menjadi smooties. Cara memanfaatkannya pun sama seperti smooties lainnya, anda tinggal siapkan yought, stroberi untuk rasanya, daun ini secukupnya, serta madu sebagai pemanis, lalu blender bersamaan. Smooties daun hijau ini juga bisa anda nikmati untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Daun kelor bisa dijadikan teh untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Teh daun tersebut ini bisa menjadi minuman penunjang program diet anda. Caranya sasa seperti membuat teh pada umumnya, pilihlah daun terbaik dari daun berwarna hijau tersebut, keringkan selama satu hari dibawah paparan sinar matahari, celupkan ke dalam air yang mendidih, teh daun ini juga siap dinikmati setiap harinya.

Selain itu, daun kelor bisa dimanfaat untuk mengobati luka bakar. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menumbuk daun hijau tersebut hingga hancur, lalu ambil ekstrak daun kelor, campurkan dengan minyak zaitun, kemudian tempelkan pada luka bakar secara rutin dan perlahan. Maka daun tersebut akan mempercepat proses regenerasi kulit anda.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi jerawat

Kandungan antibakteri pada daun kelor dapat membersihkan wajah kotor sebagai penyebab jerawat. Selain itu berbagai vitamin pada daun kelor dapat menghilangkan bekas jerawat sampai keakar-akarnya dengan mengaplikasikan ekstraknya dan tempelkan pada wajah anda. aplikasikan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan anda.

2. Menghilangkan flek hitam

Jenis daun ini dapat mengurangi flek hitam yang merupakan musuh bagi setiap kaum hawa. Jawaban dari masalah tersebut adala kandungan Vitamin C yang melimpah dalam kelor dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Wajah andapun bisa terbebas dari gangguan ini. Jangan lupa ya, untuk menkonsumsi sayur daun kelor untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Mencegah penuaan dini

Jangan khawatir untuk anda yang mempunyai kerutan diwajah, dengan ajaib daun ini dapat menghilangkannya. Daun kelorpun bisa melembabkan kulit, serta mengencangkan kulit sehingga wajah anda bisa terlihat lebih muda dari sebelumnya. Kandungan vitamin B2 inilah yang akan membantu kulit anda terbebas dari masalah ini.

4. Membuat kulit lebih cerah

Sel kulit mati yang tidak terangkat bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih kusam, maka anda harus menggunakan face scrub untuk mengangkatnya. Anda bisa memilih daun kelor untuk membuat kulit lebih cerah dengan senyawa yang terkandung didalamnya. Berkat senyawa yang dimilkinya wajah anda dapat terlihat lebih cerah kembali.

5. Pelembab alami

Kandungan B2 yang terdapat dalam daun ini mampu melembabkan kulit anda secara maksimal. Jika anda masih bingung untuk memilih merk pelembab ynag aman untuk kulit anda, maka pilihlah daun kelor sebagai pilihannya. Anda hanya perlu mengolahnya hingga menjadi pelembab alami.

6. Menutrisi kulit

Selain usus dan otak, kulit pun membutuhkan nutrisi yang seimbang supaya anda bisa terlihat awet muda. Kandungan vitamin-vitamin yang tinggi dalam daun kelor dapat memenuhi nutrisi kulit anda. Syaratnya, kulit anda tidak boleh kering dan berminyak. Hindari dua masalah itu dengan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor.

7. Mengangkat kulit mati

Sel kulit mati akan menghambat pori-pori wajah anda jika tidak dibersihkan dengan baik. Maka dari itu, bersihkan wajah anda secara rutin dengan menggunakan daun kelor sebagai pembersihnya. Daun kelor merupakan bahan alami yang bisa mengangkat sel kulit mati berkat kandungan senyawa baiknya.

8. Menghaluskan kulit

Katakan sangat mengganggu penampilan kaum hawa. Disamping itu, anda membutuhkan usaha lebih untuk menutupinya dengan balutan make up tebal. Jangan khawatir bila menemui masalah ini, karena daun kelor bisa menghilangkan kulit kasar, dan kulitpun akan menjadi halus serta kencang sesuai dengan keinginan anda.

9. Menghilangkan mata panda

Nah, masalah kecantikan ini sangat banyak ditemui pada siapapun yang jarang merawat wajah. Faktor utama penyebabnya adalah kurang tidur, kelelahan dan jarang minum air putih. Pastikan anda menyediakan daun kelor di rumah karena daun tersebut mampu menghilangkan kantung mata atau yang biasa disebut dengan mata panda.

10. Menstabilkan pH wajah

Pencuci muka terkadang bisa membuat pH wajah berubah. Perubahan pH dapat memberi kesempatan jerawat untuk tumbuh pada wajah anda. Kandungan netral yang terdapat pada daun kelor mampu membantu menstabilkan pH wajah anda, sehingga jerawat tidak mudah tumbuh.

11. Pemutih alami

Vitamin C tentunya sangat banyak manfaatnya, dan vitamin ini kandungannya sangat berlimpah dalam daun kelor. Gunakan daun kelor sebagai pemutih alami, untuk anda yang memilki kulit gelap dan ingin mempunyai kulit putih secara menyeluruh.

12. Mengencangkan kulit

Vitamin E adalah jenis vitamin yang mengandung antioksidan dan terdapat pada daun kelor. Kandungan ini mampu menutrisi kulit dengan baik juga berkhasiat mengencangkan jaringannya sehingga kulit terasa kencang kembali. Tentunya dengan mempunyai kulit kencang anda bisa lebih percaya diri.

13. Mengurangi produksi minyak berlebih

Minyak berlebih dapat menimbulkan jerawat dan sangat mengganggu kenyamanan kulit wajah. Daun yang mempunyai kandungan vitamin B ini dapat memperbaiki sel kulit sehingga minyak pun dapat dikontrol dengan baik. Wajah andapun akan terlihat lebih segar dari sebelumnya dengan menggunakan bahan-bahan alami ini.

14. Toner alami

Toner merupakan skincare yang harus anda miliki untuk menjaga kesehatan kulit. Macamnya pun bervariasi dengan berbagai kandungan di dalamnya. Anda bisa memilih daun kelor sebagai toner alami untuk wajah, karena mengandung segudang vitamin untuk kesehatan wajah anda termasuk vitamin K yang dapat menutrisi kulit dengan baik.

15. Mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori

Kotoran didalam pori-pori adalah penyebab datangnya jerawat. Daun kelor mampu membantu meregenerasi sel kult sehingga mempercepat menghilangkan sel kulit mati tentunya dengan kandungan vitamin E didalamnya. Kotoran dalam pori-pori bisa cepat terangkat, sehingga anda bisa tebebas dari jerawat yang membandel.

16. Meratakan warna kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada daun ini memiliki fungsi melindungi kulit dari sinar UV. Anda bisa menggunakan daun kelor sebelum beraktifitas di bawah matahari, supaya kulit anda tidak langsung terkena paparan sinarnya. Alhasil, kulit anda akan mempunyai satu warna.

17. Merawat kesehatan wajah

Wajah yang sehat dihasilkan oleh perawatan yang rutin. Tentunya, dengan memperhitunglan bahan-bahan alami sebagai penunjangnya. Kandungan vitamin A yang dapat membentuk kolagen ini bisa mencegah wajah anda dari peradangan, sehingga kulit anda akan tetap sehat serta terbebas dari penyakit kulit.

18. Mempercepat keringnya jerawat

Jika anda terlanjur mempunyai kulit yang berjerawat jangan khawatir, karena daun jenis ini bisa mempercepat keringnya jerawat. Vitamin E berfungsi menghidrasi kulit sehingga jerawat anda akan cepat kering. Vitamin ini dapat anda temukan didalam daun kelor, sehingga anda sudah bisa menemukan jawaban untuk mengatasi kulit yang berjerawat.

19. Mengobati radang jerawat

Masalah ini adalah masalah pada kulit wajah yang sangat ingin dihindari oleh penderitanya. Peradangan ini biasanya disebabkan karena kondisi tubuh kekurangan vitamin B yang mempunyai kegunaan memperbaiki kulit. Manfaatkan daun kelor untuk mengobati radang jerawat karena mempunyai vitamin tersebut dalam kandungannya.

20. Mengecilkan pori-pori

Ukuran pori-pori sangat menentukan timbulnya jerawat. Jika pori-pori membesar maka noda dan polusi akan cepat masuk dan membentuk komedo, juga jerawat batu. Maka dari itu gunakan daun kelor sebagai bahan alami untuk mengecilkan pori-pori kulit anda. Sehingga, kulit anda akan bersih dan cemerlang.

21. Menghilangkan kerutan bawah mata

Cream mata adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi pemilik kerutan di bawah mata. Hal ini sangat mengganggu hingga wajahpun terlihat seperti lebih tua dari usia semestinya. Mulai sekarang, gunakanlah bahan alami untuk menghilangkan kerutan dibawah mata dengan daun kelor. Andapun akan terlihat fresh kembali tanpa kerutan dibawah mata.

22. Membuat wajah menjadi lembab

Daun kelor mengandung vitamin yang baik untuk kulit salah satunya adalah vitamin B. kandungan ini mampu menutrisi kulit dengan optimal, sehingga tidak menyebabkan kering diwajah, Aplikasikan ekstrak daun kelor pada wajah anda setiap malam sebelum tidur, dan ketika pagi datang wajah anda akan terasa lembab juga segar.

23. Membuat wajah menjadi glowing

Type wajah glowing pada hari ini sangat digandrungi oleh kaum hawa. Penyebabnya karena wajah terllihat fresh dan lembab secara natural. Pilihlah daun kelor sebagai bahan alami untuk membuat wajah anda menjadi glowing dalam beberapa hari. Tentunya, dengan pemakaian yang rutin setiap hari.

24. Membuat kulit menjadi sehat

Kulit yang sehat akan memancarkan kecantikan alami meski tanpa make up. Kaum hawapun berbondong-bondong membeli vitamin untuk membuat kulitnya menjadi sehat. Hati-hati pada pemakaian vitamin karena dapat memperberat kinerja organ ginjal. Gunakanlah daun kelor sebagai vitamin alami dengan kandungan ajaib didalamnya.

25. Membuat wajah menjadi berseri

Wajah kusam dapat mengganggu penampilan anda sehingga tidak terlihat cantik berseri. Tidak perlu putih jika kulit anda tergolong hitam. Gunakan daun kelor untuk membuat kulit anda berseri, bersinar, juga tetap terlihat natural.

26. Membuat pipi tirus secara perlahan

Pipi tirus tentunya dambaan bagi setiap perempuan. Bentuk pipi akan membuat wajah anda terlihat imut dan juga fleksibel. Daun kelor yang mempunyai kandungan untuk menghilangkan lemak bisa menjadi pilihan sebagai penghilang pipi tirus. Andapun akan terlihat awet muda dengan pipi yang tirus.

27. Menghilangkan komedo

Komedo tentunya sangat mengganggu penampilan anda jika tidak menggunakan make up. Selain itu, komedo adalah cikal baka dari tumbuhnya jerawat dengan tertutupnya pori-pori. Daun kelor bisa menghilangkannya dengan sekejap jika dijadikan sebagai masker. Komedopun akan tercabut dan wajah andapun menjadi bersih seketika.

28. Mengurangi darah kotor pada wajah

Darah kotor yang terdapat pada wajah akan menghasilkan peradangan jerawat pada wajah. Salah satu penyebabnya adalah stress juga pola makan yang tidak sehat. Daun kelor yang berkhasiat melancarkan peredaran darah, berfungsi mengurangi darah kotor pada bagian wajah. Wajah andapun terbebas dari peradangan jerawat.

29. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat bisa timbuh karena beberapa faktor. Wajah kotor merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat. Bersihkan wajah anda menggunakan bahan alami, salah satunya adalah daun kelor. Daun kelor berfungsi membersihkan wajah yang bisa mencegah timbulnya jerawat.

30. Membuat bibir merah merona

Bibir kering dan pucat tentunya disebabkan karena efek samping dari lipstik yang sering digunakan setiap hari. Kandungan alami yang terkandung dalam daun kelor, mampu berkhasiat melembabkan bibir juga membuatnya merah merona.

31. Masker alami

Akhir-akhir ini banyak masker produk impor yang ilegal tentunya berbahaya untuk kesehatan kulit. Jika anda merasa resah dengan keberadaan ini pilihlah bahan alami sebagai masker. Daun kelor yang kaya vitamin untuk kulit mampu menjadi masker alami, hingga membuat wajah terada fresh dan natural.

32. Melebatkan alis

Alis yang tebal akan membuat wajah anda terlihat cantik dan juga tegas. Jika anda mempunyai alis yang tipis, tidaklah perlu merasa khawatir. Daun kelor mampu menumbuhkan alis anda, sehingga alis akan lebat dengan sendirinya. Gunakan ekstrak daun tersebut secara rutin dan aplikasikan pada alis anda untuk hasil yang maksimal.

33. Mencegah bakteri jahat pada wajah

Bakteri jahat pada wajah tidak akan terlihat dengan kasat mata namun akibatnya pasti terasa. Timbulnya jerawat adalah salah satu akibat dari keberadaan bakteri jahat. Kandungan vitamin B dan anti septik pada daun kelor mampu membunuh bakteri jahat, sehingga wajah anda dapat terhindar dari jerawat.

34. Membuat make up bertahan lebih lama

Daun kelor cocok untuk anda yang suka menggunakan make up. Make up yang mudah luntur disebabkan oleh kondisi kulit yang penuh minyak ataupun kulit yang tidak sehat. Daun kelor mampu memecahkan masalah ini dengan menjadikannya masker pada pemakaian rutin, sehingga kulit andapun lembab dan make up bisa bertahan lama.

35. Membuat bulu mata menjadi lebih lentik

Bulu mata lentik tentunya dambaan bagi setiap perempuan. Ada kekhawatiran sendiri tentunya untuk menggunakan catok bulu mata juga maskara karena dapat membuat bulu mata menjadi rontok. Daun kelor bisa menjadi vitamin alami untuk membuat bulu mata menjadi lebih lebat dan juga lentik. Andapun akan terlihat lebih manis dengan bulu mata yang lentik.

36. Sebagai skincare alami

Skincare hari ini banyak yang mengandung bahan yang berbahaya. Disamping itu harganya yang melambung tinggi pasti membuat anda dilema demi mendapatkan kulit yang bagus. Daun kelor bisa anda jadikan sebagai skincare alami tentunya berkhasiat menjaga kesehatan kulit anda.

37. Memberi efek positif untuk kulit

Wajah berseri berasal dari efek positif yang dikandungnya. Daun kelor mampu memberi efek positif pada wajah yang berfungsi mengusir ion-ion negatif. Wajah andapun akan terasa segar dan juga berseri berkat efek positif yang dihasilkan dari daun kelor.

38. Mengeluarkan racun pada wajah

Racun pada wajah dapat ditimbulkan dari ketidakcocokan make up ataupun skin care dengan kondisi kulitnya. Racun ini menyebabkan jerawat ataupun efek samping lainnya. Daun kelor yang memiliki antiseptik dan vitamin B mampu menutrisi wajah sehingga bisa mengeluarkan racun secara alami.

39. Mengatur ukuran pori

Ukuran pori tentunya berpengaruh untuk mendatangkan beberapa masalah pada wajah. Pori-pori wajah berfungsi untuk jalannya pernafasan pada kulit. Jika pori-porinya tersumbat maka kulit akan kesulitan untuk bernafas. Gunakanlah daun kelor sebagai bahan alami untuk mengatur ukuran pori-pori menjadi stabil kembali.

40. Menghilangkan beruntusan

Beruntusan tentunya bukan jerawat tetapi masalah ini sangat mengganggu karena kehadirannya susah dihilangkan. Beruntusan bisa dihilangkan oleh daun kelor yang mempunyai kandungan vitamin B. vitamin ini mampu menutrisi kulit secara optimal dan menghilangkan beruntusan secara alami.

41. Mengobati efek samping dari make up

Efek samping dari make up ditimbulkan dari zat kimia yang berubah menjadi racun. Racun ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit, andapun harus berkonsultasi ke dokter dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Daun kelor dapat mengobati efek samping dari make up karena ion positif yang terdapat didalamnya.

Cara Memanfaatkan Daun Kelor untuk Kecantikan :

Manfaatkan daun hijau tersebut sebagai masker wajah sangatlah mudah. pertama, pilih daun  terbaik, kumpulkan 20 buah supaya bisa menghasilkan masker yang berukuran banyak, tumbuk dan campurkan dengan minyak zaitun, lalu, diamkan selama 10 menit, aplikasikan pada wajah anda selama 15 menit.

Membuat toner alami bisa menjadi pilihan alternatif. Siapkan daun yang sudah dicuci, tumbuk dan ambil ekstraknya lalu rebus dengan air 100 mL selama 5 menit, kemudian tiriskan. Anda bisa menggunakan kapas, ataupun tissue wajah untuk mengaplikasikan toner alami ini di rumah. Ingat, gunakan toner dalam keadaan dingin karena bisa membuat wajah lebih segar.

Menjadikan daun jenis ini sebagai face scrub merupakan hal yang unik. Caranya, tumbuh daun kelor sebanyak mungkin, lalu campur dengan gula dan minyak zaitun untuk memperkaya nutrisinya dan teksturnya. Face scrubpun bisa digunakan dengan cara menggosokan bahan-bahan yang sudah dicampur, terakhir cuci wajah anda dengan air bersih dan rasakan khasiatnya.

Daun kelor juga bisa berguna menjadi lipbam, caranya lumayan rumit, pertama campurkan eksrak daun tersebut yang sudah di rebus, kemudian mix dengan minyak zaitun, juga ekstrak kulit jeruk. Ekstrak kulit jeruk berfungsi memberikan wewangian untuk lip bam anda, terkahir simpan di dalam freezer, dan aplikasikan setiap pagi pada bibir anda supaya lembab sepanjang hari.

Daun kelorpun bisa digunakan untuk mencabut komedo dengan ampuh, caranya tumbuk daun  secukupnya, lalu, ambil ekstraknya. Siapkan gelatin yang sudah di cairkan, campurkan gelatin dan daun tersebut, lalu tempelkan pada wajah anda yang menyimpan banyak komedo. Selanjutnya tunggu hingga kering, dan cabut dengan perlahan maka anda akan melihat komedo terangkat.

Cara memanfaatkan daun jenis ini selanjutnya adalah dengan mencampurkannya dengan lidah buaya. Hancurkan daun kelor dengan batangnya untuk hasil yang maksimal, ambil ekstraknya, kemudian rebus dengan air sebanyak 100 mL saja, lalu campurkan dengan lidah buaya yang telah di olah menjadi cairan, dan tempelkan pada alis, supaya alis bisa lebat dan lebih menarik.

Efek Samping Daun Kelor :

Efek Samping Daun Kelor

Tentu dibalik berbagai manfaat yang akan didapat ketika mengonsumsi jenis daun ini, pasti ada efek negatif atau efek samping jika dikonsumsi secara tidak benar atau berlebihan. Berikut adalah efek sampingnya,

1. Keracunan jika digunakan pada dosis yang tinggi
2. Gangguan pada ginjal
3. Gangguan pencernaan
4. Alergi pada kulit ataupun organ tubuh lainnya
5. Terganggunya saluran pernafasan jika tidak diolah dengan baik
6. Menghilangkan baikteri baik
7. Menurunkan sistem imun pada tubuh
8. Iritasi pada daerah kelopak mata
9. Mempercepat aliran darah
10. Mempercepat detak jantung jika dosisnya tidak tepat.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain itu cara penggunaan daun tanaman kelor sebagai obat serta efek samping kami jelaskan secara detail. Daun kelor memiliki bulat serta mempunyai ukuran kecil-kecil bersusun majemuk yang terdapat dalam satu tangkai. Daun tanaman kelor ini biasanya dapat digunakan sebagai sayur maupun obat herbal.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top