Connect with us
Daun kemangi, Manfaat Daun kemangi, Khasiat Daun kemangi

Daun

75 Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun kemangi adalah daun dari tanaman kemangi yang khas dijadikan sebagai lalapan atau bumbu masakan bagi pepes. Kemangi menjadi salah satu lalapan dan obat tradisional yang sering digunakan oleh keluarga di Indonesia. Daun kemangi dikenal sebagai salah satu bahan makanan karena menghasilkan wangi yang menggugah selera. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan juga menjadi salah satu tujuan bagi orang yang mengkonsumsinya.

Daun kemangi, Manfaat Daun kemangi, Khasiat Daun kemangi

Daun kemangi juga termasuk dalam keluarga daun mint. Jadi hal yang wajar jika kemangi sedikit memiliki wangi yang bikin segar namun sedikit unik. Spesies tanaman ini banyak terdapat di seluruh Asia termasuk Pulau Jawa,

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kemangi :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kemangi

Mengandung zat seperti ryptophan 2.0 mg, Threonine 5.5 mg, Isoleusin 5.5 mg, Leusin 10.0 mg, Lisin 5.8 mg, Metionin 1.9 mg, Sistin 1.5 mg, Fenilalanin 6.8 mg, Tirosin 4.0 mg, Valin 6.7 mg, Arginine 6.1 mg, Histidin 2.7 mg, Alanine 6.9 mg, Asam aspartat 15.8 mg, Asam glutamat 14.5 mg, Glycine 6.4 mg, Proline 5.5 mg, Serine 5.2 mg, vitamin A 277 IU 6%, aktivitas retinol 13.9 mcg, beta karoten 165 mcg, Beta Cryptoxanthin 2.4 mcg, Lutein + Zeaxanthin 297 mcg, Vitamin C 0,9 mg (2%), Vitamin K 21.8 mcg (27%), Folat 3.6 mcg, Serat Folat 3.6 mcg, dan Kolin 0.6 mg

Selain vitamin, daun ini juga mengandung zat mienral seperti Kalsium 9.3 mg (1%), Zat Besi 0,2 mg (1%), Magnesium 3.4 mg (1%), Fosfor 2.9 mg (0%), Kalium 15.5 mg (0%), Sodium 0,2 mg (0%), Seng 0.0 mg (0%), Tembaga 0.0 mg (1%), dan Mangan 0,1 mg (3%). Semua kandungan tersebut dihitung dari 5kg daun Kemangi.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Radikal Bebas

Karena mengandung flavonoid polifenol misalnya vicenin, daun ini bisa membantu dalam mengatasi radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas ini bisa merusak jaringan dalam tubuh sehingga sangat berpotensi untuk menyebabkan berbagai penyakit. Penelitian membuktikan dengan objek hati tikus bahwa kandungannya bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mengatasi Bakteri yang Masuk ke Tubuh

Khasiat daun kemangi diketahui mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan sebagai minyak alami esensial seperti eugenol, citral, limonene sitronelol, linalool, dan terpineol. Kandungan tersebut diketahui mampu mengatasi bakteri, virus, atau zat jahat lainnya yang masuk ke tubuh. Karena itulah obat herbal ini juga dikenal sebagai lalapan anti bakteri dan anti inflamasi.

3. Mengatasi Kolestrol

Daun kemangi merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki kalori yang sangat rendah dan tidak ada kolesterol didalamnya. Karena itulah daun ini sangat bermanfaat untuk Anda konsumsi jika menderita penyakit kolestrol. Tentu saja juga baik untuk Anda konsumsi bagi yang ini terhindari dari penyakit ini. Selain itu, zat aktif lainnya seperti vitamin dan zat mineral sangat berpotensi besar dalam menjaga kesehatan kolestrol.

4. Mengatasi Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru dikenal menjadi salah satu dari beragam kanker yang bersifat membunuh. Karena mengandung zat anti kanker, daun ini bisa membantu dalam mengatasi kanker khususnya kanker payudara. Vitamin A yang terkandung pada daun ini membantu dalam mengatasi berbagai masalah kanker, bahkan tumor.

5. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Karena mengandung vitamin tinggi seperti vitamin C, daun kemangi juga bisa membantu dalam meningkatkan ketahanan tubuh terdapat bakteri, virus, atau racun. Selain itu, zat aktif pada daun kemangi membantu dalam meningkatkan kinerja ginjal dan hati yang berfungsi untuk membuang racun. Zat besi serta zat mineral lainnya juga membantu meningkatkan ketahanan tubuh.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Atasi diare

7. Mengatasi asam urat

8. Mengatasi kolestrol tinggi

9. Atasi penyakit kardiovaskular

10. Mengatasi infeksi pada telinga

11. Obat diabetes alami

12. Mencegah kerusakan sel tubuh

13. Atasi sel kanker

14. Menjaga kesehatan liver

15. Melancarkan pencernaan

16. Mengatur asam tubuh

17. Meningkatkan kekebalan

18. Menjaga aliran darah stabil

19. Mengatasi batu ginjal

20. Menjaga kesehatan mulut

21. Menhilangkan bau badan

22. Melancarkan ASI

23. Atasi menopause

24. Atasi keputihan

25. Sehat untuk bayi

26. Menyuburkan wanita

Cara Memanfaatkan Daun Kemangi Untuk Kesehatan :

Kemangi bisa dinikmati hasil atau manfaatnya dengan cara dimakan atau bisa diminum air rebusannya. Melalui beberapa penyajikan seperti dijadikan bahan makanan biasanya bahan sup. Banyak sekali makanan yang memerlukan cemangi didalamnya. Karena memakan makanan dengan kemangi didalamnya sangat bagus untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa tumbuh di bagian wajah dan juga punggung. Untuk mengatasinya, bisa dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi dengan cara menggunakannya sebagai bahan masakan Anda. Manfaat anti inflamasi dan vitamin C yang terkandung didalamnya membantu dalam mengatasi jerawat. Penggunaannya cukup dengan dimakan saja, tak perlu diaplikasikan pada wajah karena menimbulkan bau yang menyengat.

2. Mengatasi Komedo

Komedo biasanya tumbuh di bagian hidung. Komedo ini akan mengganggu penampilan Anda karena fokus pada tengah wajah Anda. Kandungan vitamin C dan E pada daun ini akan membantu mengangkat komedo dan mencegahnya untuk balik lagi. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dioleskan pada sisi hidup yang memiliki komedo kemudian bilas dengan air bersih setelah 5 menit. Dengan catatan, daun ini dihaluskan dulu.

3. Atasi Infeksi Kulit

Infeksi pada kulit sangat berbahaya, apalagi bagi penderita diabetes. Luka yang diakibatkan oleh goresan di kulit bisa menyebabkan infeksi jika tidak dijaga kebersihannya. Kandungan anti inflamasi pada daun kemangi membantu dalam mengatasi infeksi kulit bahkan yang susah sembuh. Selain itu, vitamin C serta zat mineral lainnya membantu mempercepat sembuhnya luka infeksi.

4. Mengatasi Rambut Uban

Uban bisa saja sangat mengganggu untuk penampilan Anda sehari-hari. Uban di usia dini juga menandakan Anda terkena masalah penuaan dini dan benar-benar bisa merusak penampilan luar Anda. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi daun kemangi menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi uban.

5. Memutihkan Gigi

Karena mengandung zat mineral tinggi khususnya kalsium, kesehatan gigi dan tulang sangat terjamin. Kalsium menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan kuku. Karena itulah, kalsium pada daun ini membantu dalam memutihkan gigi. Jika gigi selalu putih dan terlihat bersih, maka bisa menjaga penampilan Anda di depan muka umum.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan :

6. Melindungi dari sinar UV

7. Menyehatkan rambut

8. Membuat rambut lebih hitam

9. Menyehatkan kuku

10. Mengatasi kulit keriput

11. Melembabkan kulit

12. Memperkecil pori-pori

13. Atasi kurap

14. Atasi gatal-gatal

15. Atasi luka akibat digigit serangga

16. Atasi ketombe

Cara Memanfaatkan Daun Kemangi Untuk Kecantikan :

Bisa dimakan secara langsung dengan disajikan sebagai bahan makanan. Namun untuk kecantikan ada sedikit perbedaan yaitu bisa dijadikan masker atau alat oles pada kulit bermasalah seperti jerawat, komedo, dan lainnya. Dengan catatan harus dihaluskan terlebih dahulu bisa dengan cara di blender atau di tumbuk.

Efek Samping Daun Kemangi :

Efek Samping Daun Kemangi

Meski memiliki kandungan yang sehat untuk tubuh, beberapa efek samping bisa terjadi saat dikonsumsi terlalu berlebihan seperti:

1. Gangguan pada pencernaan

2. Gangguan pada kulit

3. Gangguan pada syaraf

4. Tidak baik untuk ibu hamil

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pada umumnya daun kemangi tak memiliki efek samping berbahaya jika digunakan secara tepat. Anda harus jeli bagaimana cara untuk memaksimalkan manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Penggunaannya pun harus dilihat apakah cocok dengan Anda karena semua orang tak cocok akan sesuatu, bisa saja terjadi alergi atau semacamnya.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top