Connect with us
Daun Kenikir, Manfaat Daun Kenikir, Khasiat Daun Kenikir

Daun

45 Manfaat dan Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Kenikir (Cosmos caudatus), Ulam Raja, Salad Raja, Spreng, Heer, Kunth, atau Yellow Ray Flower merupakan daun dari tanaman berbunga yang masuk ke dalam keluarga bunga aster (Asteraceae) atau ada pula yang menyebutnya ke dalam golongan bunga matahari. Manfaat daun kenikir terkenal sebagai obat herbal banyak penyakit.

Daun Kenikir, Ulam Raja, Salad Raja, Spreng, Heer, Kunth, atau Yellow Ray Flower, Manfaat Daun Kenikir, Khasiat Daun Kenikir

Tanaman Perdu ini banyak tumbuh di daerah tropis mulai dari dataran rendah hingga pegunungan 1200 MDPL. Ciri khas daun kenikir yaitu bentuknya yang berdaun majemuk menjari. Akarnya tunggang dan umumnya bisa tumbuh tinggi hingga 150 cm. Bunga kenikir bermacam-macam warnanya seperti kuning, oranye, merah, putih, pink dan ungu. Meskipun beda warna, namun daun kenikir sama saja bentuknya. Untuk memperbanyak tanaman ini cukup dengan menebarkan bijinya saja.

Saking banyaknya corak warnanya, ada pula yang menyebut tanaman herbal tropis ini sebagai jenis kenikir-kenikiran. Seluruh bagian dari tanaman ini aman dimakan dan sudah sering dikonsumsi manusia, baik sebagai sayuran maupun obat herbal.

Kenikir memiliki bau yang khas semerbak. Namun dengan aroma menyengat inilah justru membuatnya ampuh untuk mengusir hama serangga yang sering mengacau di kebun. Manfaat daun kenikir telah dikenal sejak dulu kala. Hingga hari ini, daunnya yang muda dimanfaatkan oleh masyarakat melayu dan Jawa buat bahan makanan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kenikir :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kenikir

Daun tanaman kenikir memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisinya. Vitamin, mineral dan beragam zat yang baik ditemukan. Apalagi pada daunnya yang notabene daun kenikir ini memang menjadi pokok utama untuk membuat obat herbal.

Terdapat karbohidrat, lemak, protein, vitamin A dan kalsium yang cukup untuk tubuh. Selain itu ditemukan pula zat saponin dan flavonoid. Adapun zat proantosianidin yang menurunkan berbagai lemak seperti asam klorogenik, neoklorogenik dan kriptollorogenik.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan :

1. Sebagai Antioksidan

Ini adalah khasiat daun kenikir yang utama, sebagai antioksidan yang artinya bisa menghambat proses oksidasi. Dengan antioksidan ini maka bisa meminimalisir munculnya racun atau radikal bebas yang muncul akibat proses pencernaan makanan.

Kalau toksin atau racun cenderung bisa dikeluarkan dari tubuh, namun beda dengan radikal bebas yang biasanya terpenjara dalam tubuh, tidak bisa dikeluarkan sehingga nantinya bisa memicu kanker.

2. Membantu Pembentukan Membran Sel

Kandungan protein pada daun kenikir bisa membantu pembentukan membran sel. Artinya ini mendukung regenerasi sel berjalan dengan baik dan cepat. Sehingga kalau terjadi luka yang hebat, bisa cepat sembuh. Bisa pula buat memulihkan jaringan organ dalam yang baru saja menjalani operasi bedah.

3. Mengobati Asam Urat

Selama ini, manfaat daun kenikir yang jadi momok perbincangan masyarakat adalah khasiatnya dalam mengobati asam urat. Mereka yng terkena penyakit asam urat dengan gigih memakan rebusan kenikir ini ataupun sekadar meminum air rebusannya. Meskipun rasanya tidak enak, namun manfaatnya hebat.

4. Menyembuhkan Kanker

Berbagai jenis kanker bisa disembuhkan dengan konsumsi daun kenikir. Tidak terbatas pada kanker apa, semua bisa dilakukan. Manfaat kenikir ini memang menjadi harapan hidup bagi para pasien maupun penyintas kanker di dunia dan Indonesia.

5. Menambah Nafsu Makan

Manfaat daun kenikir ampuh buat menambah nafsu makan. Efek curcuma ini didapatkan karena kemampuan kenikir dalam memperbaiki sistem metabolisme dan pencernaan manusia. Gas asam lambung yang seringkali jadi penyebab tidak nafsu makan juga bisa dihilangkan dari rongga dalam tubuh.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi maag
7. Meringankan nyeri sendi
8. Sumber vitamin A
9. Mengandung vitamin C
10. Mencegah penyakit jantung
11. Melancarkan peredaran darah
12. Menurunkan tekanan darah tinggi
13. Mencegah diabetes
14. Meningkatkan stamina
15. Mencegah tulang rapuh
16. Mengatasi halitosis
17. Mencegah jantung koroner
18. Anti kanker
19. Mencegah penyakit gondok
20. Meringankan nyeri payudara pada ibu menyusui

Cara Memanfaatkan Daun Kenikir untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan daun ini mudah saja, bisa direbus untuk diambil air rebusannya saja. Ataupun direbus untuk langsung dimakan bersama daun-daunnya. Namun kalau mau bikin lalapan atau salad kenikir ini pilihlah daun yang muda saja, agar lunak teksturnya.

Untuk para penderita kanker dan asam urat, alangkah baiknya menanam sendiri tanaman bunga kenikir di halaman rumah. Jadi sewaktu-waktu membutuhkan bisa langsung memetiknya, tanpa harus repot mencari tanamannya di pasar atau di rumah tetangga. Memang di pasar-pasar melayu, seperti di negara Malaysia, sayuran kenikir lazim dijumpai, namun kalau di Indonesia sepertinya tidak karena tidak populer jadi sayuran.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kecantikan :

1. Membuat Awet Muda

Untuk kecantikan, khasiat daun kenikir ampuh bikin awet muda. Peremajaan sel-sel tubuh menjadi penyebab kenapa bisa awet muda. Kalau pun sudah terlanjur menua karena faktor umur dan tekanan psikis, seseorang cenderung bisa nampak lebih fresh.

2. Meregenerasi Sel Kulit

Regenerasi sel yang paling cepat dirasakan adalah sel kulit. Terutama pada tangan, kaki dan wajah. Efeknya cepat dirasakan hanya dalam tempo 3-4 minggu setelah rutin konsumsi daun kenikir ini.

3. Mencerahkan Wajah

Manfaat kenikir bisa mengangkat kulit kusam, sehingga wajah jadi tercerahkan. Ampuh sekali untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sebab wajah adalah aset berharga yang bsia membuat orang jadi meningkat kemampuan interaksi dan komunikasinya.

4. Membuat Bibir Merah Merona

Daun kenikir mengandung vitamin C dan air yang bagus buat bibir. Membuat bibir yang kering dan pecah-pecah sembuh. Hingga akhirnya bibir jadi tampak merah merona, sedap dipandang.

5. Melangsingkan Badan

Rutin mengonsumsi daun kenikir ampuh buat melangsingkan badan. Cocok buat mereka yang sedang berusaha mati-matian buat memiliki badan ideal.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat payudara kencang
7. Mengatasi kulit pucat
8. Mengangkat sel kulit mati
9. Mencegah jerawat
10. Menyembuhkan jerawat
11. Mencegah penimbunan lemak
12. Mengatasi minyak berlebih di wajah
13. Membuat mata jernih
14. Mencegah kulit kering
15. Mengatasi flek hitam
16. Mencegah komedo
17. Baik untuk diet
18. Menurunkan berat badan
19. Memutihkan kulit
20. Memperbaiki pori-pori kulit rusak

Cara Memanfaatkan Daun Kenikir untuk Kecantikan :

Sama dengan untuk kesehatan, untuk mengambil manfaat kecantikannya maka harus dimakan atau diminum. Langsung saja mengambil beberapa gram daun kenikir untuk direbus. Efek kecantikan ini akan dirasakan setelah 3-4 minggu rutin konsumsi daun dari bunga kenikir ini.

Efek Samping Daun Kenikir :

Efek Samping Daun Kenikir

Beberapa efek bisa ditimbulkan sebagai akibat dari memakan atau meminum daun kenikir. Namun efek ini bisa dicegah dengan cara mencicip dulu daunnya sekali makan, jika dalam 1 jam tidak ada reaksi apa-apa dari tubuh, artinya tubuh bisa menerima daun dari tanaman perdu herbal ini.

1. Bersin-Bersin
2. Edama Kulit
3. Muntah
4. Mual
5. Diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat daun kenikir di atas layaknya diambil dari sekarang. Tidak hanya sekadar buat pengobatan, tetapi juga buat pencegahan beragam penyakit, terutama kanker. Meskipun sering dipandang tanaman bung taman yang tumbuh liar belaka, namun kenikir adalah obat herbal yang terkenal sejak dulu dan masih dimanfaatkan hingga sekarang.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top