Categories: Daun

35 Manfaat dan Khasiat Daun Kentut untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Kentut – Daun kentut disebut juga dengan daun sembukan, simbukan, bintaos, kasembukan, kahitutan, gumi siki. Nama lain daun kentut di China disebut Ji Shi Teng. Mungkin beberapa daerah di Indonesia memiliki nama sebutan sendiri untuk daun yang bisa dijadikan sebagai obat herbal. Terdapat manfaat daun kentut bagi kesehatan manusia, karena itulah tumbuhan ini sering dicari-cari. Nama ilmiah daun kentut adalah Paederia Foetida, termasuk famili Rubiaceae, dari genus Paederia dan spesies Paederia Scandens.

Tumbuhan obat ini berasal dari Bangladesh, Bhutan dan Kamboja, lalu menyebar ke seluruh ASEAN, Tiongkok, Taiwan, Melanesia, Hawai sampai ke Polinesia. Tak hanya itu, tanamannya juga tumbuh di Amerika Utara. Dalam bahasa Inggris, daun kentut disebut dengan stink vine, skunk vine dan chinese fever vine. Daun sembukan merupakan tumbuhan perdu yang merambat, tingginya bisa mencapai 1000 meter dari permukaan laut. Batangnya massif, beruas, beralur, halus.

Ciri-Ciri Daun Kentut :

Seiring bertambahnya umur, batangnya berubah menjadi kasar dan diameter batang sekitar 2-5 mm. Sementara akarnya tunggang berwarna coklat. Bunganya kecil, berbentuk corong dalam malai. Buah tumbuhan ini berbentuk bulat, berkilat dengan diameter 4-6 mm berwarna kuning. Ciri-ciri daun kentut adalah berwarna hijau, tunggal, berbentuk bulat telur dan runcing bagian ujungnya, tepi daun rata dan saling berhadapan. Sebelum membahas khasiat daun kentut, inilah kandungan gizinya!

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kentut :

Adanya manfaat daun sembukan tak lepas dari kandungan gizi dan nutrisinya. Oleh karenanya penting sekali untuk mengetahui apa saja yang terkandung didalamnya. Dengan begitu, anda bisa memastikan kebenaran manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut kandungan gizi dan nutrisi daun sembukan :

  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Fenol
  • Physterol
  • Terpenoid
  • Gula
  • Minyak Atsiri
  • Asam lemak
  • Embelin
  • Friedelanol
  • Vitamin C
  • Glikosida iridoid
  • Asperuloside
  • Paederoside dan scandoside
  • Sitosterol
  • Stigmasterol
  • Campesterol
  • Asam ursolat
  • Asam palmitat dan metil merkaptan, dll.

Manfaat Daun Kentut untuk Kesehatan :

Meskipun kelihatannya hanya tumbuhan liar, ternyata kandungan gizi dan nutrisi banyak bermanfaat bagi kesehatan. Inilah khasiat daun sembukan untuk kesehatan tubuh :

1. Mengatasi rematik

Karena berdifat analgetik, daun kahitutan bisa berguna dalam mengatasi rematik, terutama dalam menghilangkan rasa nyerinya. Saat rematik anda kambuh, maka gunakan manfaat daun kentut untuk mengobatinya. Dengan begitu, aktivitas anda takkan terganggu karena penyakit itu.

2. Mencegah hipertensi

Jika anda rentan terkena hipertensi atau keturunan dari penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, bisa menggunakan khasiat daun kentut ini. Daun sesembukan memiliki kandungan yang bisa mencegah kenaikan tekanan darah dalam tubuh. Sehingga, tekanan darah tetap normal dan anda pun sehat. Selain mencegah, daun sesembukan kentut juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Sebagai obat diare

Diare merupakan gangguan kesehatan yang dapat mengganggu pencernaan. Saat diare, tubuh bisa kehilangan banyak cairan. Karena itulah sangat penting untuk cepat menyembuhkannya. Menjadikan daun sesembukan untuk obat diare alami akan mempercepat kesembuhan anda. Kandungan di dalamnya, mampu membunuh kuman penyebab diare.

4. Melancarkan saluran kemih

Pernahkah anda merasakan anyang-anyangan atau suatu kondisi dimana kecing hanya keluar sedikit-sedikit. Rasanya pasti ingin buang air kecil, tapi malah tidak bisa keluar. Jika mengatasi kondisi seperti ini, anda bisa mengatasinya dengan daun kasembukan. Manfaat daun kasembukan untuk meluruhkan saluran kemih, kentut dan semacamnya sudah diketahui sejak jaman nenek moyang. Cara mengolah daun kentut dapat dilakukan seperti membuat jamu herbal lainnya.

5. Mengobati perut kembung

Nutrisi di dalam daun kasembukan juga mampu mengatasai perut kembung dengan menetralisir gas di dalam lambung. Sehingga, pembuangan gas menjadi mudah atau lancar. Kalau pembuangan gas atau kentut mudah, perut akan kembali normal.

Manfaat Daun Kentut untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati disentri

7. Obat sariawan

8. Melancarkan sistem peredaran darah

9. Sebagai obat sembelit

10. Mengatasi cacar ular

11. Meredakan nyeri syaraf

12. Menjaga kesehatan empedu

13. Mencegah gangguan usus

14. Sebagai obat batuk alami

15. Menyehatkan ginjal

16. Memiliki efek antiinflamasi

17. Mengatasi gatal-gatal kulit

18. Membantu mengobati wasir

19. Mengatasi radang telinga tengah

20. Peluruh dahak pada sistem pernapasan

21. Membantu pengobatan penyakit kuning

22. Meningkatkan energi vital

23. Penambah nafsu makan

24. Bagus untuk pasca operasi

25. Mempunyai efek antibiotik

26. Sebagai detoksifikasi yang efektif

27. Membantu mengatasi patah tulang dan keseleo

28. Mengatasi gigitan ular, borok, eksim dan lain sebagainya

29. Meredakan nyeri karena kanker

30. Mengobati mata bengkak

31. Pereda kejang

Cara Memanfaatkan Daun Kentut untuk Kesehatan :

Jika ingin mendapatkan khasiat daun kentut untuk perut kembung, anda bisa membuat sayur atau mengukus 25 lembar daunnya. Sedangkan pengobatan luar dengan cara melayukan daun sembukan di atas api, kemudian ikatkan pada area perut. Kalau pengobatan mata bengkak, caranya dengan mencuci bersih daun kahitutan secukupnya. Lalu rebus dengan air dan angkat setelah mendidih. Selanjutnya, dudukkan penderita diatas uap rebusan itu.

Jika air sudah terasa hangat, gunakan untuk mengompres mata, ganti saat sudah dingin. Sementara mengobati kembung, disentri dan gastritis, caranya dengan menyiapkan 15-60 daun sembukan, cuci bersih. Tumbuk sampai halus seperti bubur, tambahkan secangkir air matang dan 1 -2 sdt garam. Aduk sampai rata, lalu minum airnya sebelum makan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Cempaka Putih untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Daun Kentut untuk Kecantikan :

Selain berguna untuk kesehatan, manfaat daun kentut untuk kecantikan juga cukup banyak. Anda bisa menggunakannya sebagai perawatan kecantikan alami tanpa efek samping. Berikut khasiat daun kentut untuk kecantikan :

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Karena mempunyai efek antiinflamasi, membuat daun sesembukan mampu mencegah dan mengatasi jerawat. Adanya efek ini dapat menjadikan jerawat tidak membesar. Selain itu, efek antibiotiknya juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Menghambat proses penuaan

Vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan daun kahitutan memilikinya. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan. Dengan penerapannya secara teratur, tentu bisa membuat anda awet mudah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

3. Menyehatkan kulit

Antioksidan dalam sesembukan dapat membawa kesehatan untuk kulit mulai dari menjaga kelembaban kulit tetap normal. Selain itu, juga mencegah wajah kusam, kering serta membantu mencerahkan wajah.

4. Mengatasi panu, kadas, kurap

Senyawa dalam daun bintaos juga bisa melawan semua jenis bakteri, jamur dan kuman penyebab kerusakan kulit. Sehingga, sangat efektif dalam mengobati panu, kadas dan kurap. Daripada pusing mencari obat panu ampuh, lebih baik gunakan saja tumbuhan alami ini.

Cara Memanfaatkan Daun Kentuk untuk Kecantikan :

Pemanfaatan bintaos untuk kecantikan bisa dilakukan dengan cara perawatan dalam dan luar. Anda bisa langsung mengkonsumsinya, membuatnya menjadi sayur, botok, kue atau masakan lainnya untuk perawatan dalam. Pakai resep botok daun kentut yang lezat agar anda lahap dalam memakannya. Jika ingin variasi, buat saja resep kue daun kentut. Selain itu, anda bisa membuat daun sembukan menjadi ramuan atau jamu.

Sedangkan perawatan luarnya bisa dengan menyiapkan daun sembukan secukupnya, lalu cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Setelah itu, terapkan pada area kulit yang mengalami masalah kesehatan. Tunggu beberapa saat dan bilas sampai bersih.

Efek Samping Daun Kentut :

Semua yang ada di alam ini pasti memiliki efek samping, begitu pula dengan daun kasembukan. Efek samping daun kentut bisa muncul karena penggunaan berlebihan. Jadi, gunakan secukupnya saja dan kalau bisa konsultasikan dulu pada dokter. Lebih detail tentang dampak buruk pemakaian kasembukan untuk tubuh belum ada penjelasan lanjutan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jika menggunakannya sebagai pendamping obat dokter beri jarak konsumsinya. Alangkah baiknya juga konsultasi pada dokter mengenai hal ini supaya tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Share

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago