Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Kersen berasal dari pohon yang bernama Muntinga calabura L. atau lebih dikenal dengan nama pohon talok. Merupakan pohon yang memiliki buah kecil berwarna merah jika sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Selain buahnya yang dapat dikonsumsi oleh manusia, daun ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Manfaat daun buah bagi manusia adalah menyehatkan tubuh dan juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Daun Kersen, Daun Talok, Talok, Kersen, Manfaat Daun Kersen, Khasiat Daun Kersen

Pohon kersen tumbuh subur di daerah tropis seperti di Indonesia dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Banyak yang belum mengetahui bahwa daun buah kersen mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan sehingga banyak orang yang mengabaikannya. Daun ini berwarna hijau, berbentuk oval dengan ujung yang runcing dan memiliki tepian yang bergerigi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kersen :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kersen

Kandungan kimia yang ada dalam daun kersen adalah karbohidrat, protein, serat, lemak, air, zat besi, fosfor, kalsium, karoten, niacin, tianin, saponin, riboflavin dan kandungan vitamin C. Daun hijau ini juga menghasilkan nilai energi 380 KJ /100 gram. Kandungan tianin, saponin, dan riboflavin yang terkandung dalam daun buah kersen menjadikan dedaunan memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.

Loading...

Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan :

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit mematikan yang mengancam hampir semua orang. Setiap orang memiliki kemungkinan terserang penyakit jantung apabila memiliki pola hidup yang tidak sehat. Daun kersen bermanfaat untuk menjaga fungsi otot jantung. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung bisa mengkonsumsi daun buah kersen.

2. Pengobatan Diabetes

Selain buah kersen yang dapat digunakan untuk pengobatan diabetes, ternyata daun kersen juga memiliki manfaat yang sama. Daun tersebut akan mencegah naiknya kadar gula dalam darah. Kandungan flavonoid dan saponin yang ada dalam daun buah kersen akan membuat tubuh menyekresi hormon insulin yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol

Banyak hal yang dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh salah satunya adalah dengan diet lemak. Namun sebenarnya, ada cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yaitu dengan menggunakan daun kersen.

4. Anti Inflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah respon dari kekebalan tubuh untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, yaitu sel-sel rusak, iritasi, atau patogen. Daun kersen memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, sehingga daun buah kersen akan melindungi tubuh dengan mengobati inflamasi atau radang yang dialami oleh tubuh. Dibandingkan menggunakan obat kimia untuk mengobati inflamasi, lebih baik gunakan daun tersebut yang alami.

5. Antiseptik

Kandungan tianin, saponin, dan flavonoid yang ada dalam daun buah kersen memiliki fungsi sebagai antiseptik. Senyawa tersebut terbukti memiliki kandungan zat antibakteri, yaitu zat yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dan akan membunuh bakteri.

Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah perkembangan tumor
7. Menghambat pertumbuhan sel kanker
8. Mencegah darah tinggi atau hipertensi
9. Sebagai alternatif untuk diet
10. Melancarkan sirkulasi aliran darah
11. Mengatasi rasa nyeri
12. Menetralkan racun
13. Meningkatkan daya tahan tubuh
14. Sebagai antioksidan yang baik
15. Mengobati penyakit asam urat
16. Mengobati influenza
17. Mengobati batuk
18. Mencegah penyakit stroke
19. Sebagai obat tidur alami
20. Mengobati penyakit rematik
21. Menyehatkan mata
22. Mencegah kejang dan kaku karena penyakit gastritis
23. Meredakan sakit kepala
24. Menghilangkan rasa lelah
25. Mengatasi kram perut

Cara Memanfaatkan Daun Kersen Untuk Kesehatan :

Cara mendapatkan manfaat kesehatan dari daun buah kersen adalah dengan meminum air rebusan daun tersebut. Rebus 10 lembar daun ini yang masih segar dan berwarna hijau ke dalam 200 ml air mendidih selama kurang lebih 20 menit sampai air rebusan berubah warna menjadi kuning. Tunggu hingga air rebusan dingin, dan minum rutin setiap harinya.

Manfaat Daun Kersen Untuk Kecantikan :

1. Mengecilkan perut

Daun kersen bermanfaat untuk meluruhkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Daun buah kersen terbukti mampu meluruhkan lemak yang ada dalam tubuh sehingga daun tersebut bisa dijadikan alternatif untuk diet. Tidak sedikit wanita yang ingin diet dan menggunakan obat kimia yang memberi hasil instan, namun sebaiknya diet dengan bahan yang alami seperti daun buah kersen.

2. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah keadaan saat pori-pori kulit tersumbat sehingga menyebabkan peradangan yang berbentuk kantung nanah. Jerawat pada kulit wajah sangat mengganggu terlebih bagi kaum wanita. Daun hijau ini adalah salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat karena mengandung bahan anti inflamasi yang akan membantu mengatasi jerawat pada kulit wajah.

3. Membantu mencerahkan kulit

Kulit yang cerah adalah impian banyak orang. Daun buah kersen bisa membantu Anda untuk mencerahkan warna kulit. Berbagai antioksidan alami dan vitamin yang terdapat dalam daun hijau akan membuat kulit wajah lebih cerah, mengkilap, dan lebih kenyal. Masker dengan dedaunan ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

4. Menghilangkan bekas luka pada kulit

Bekas luka pada kulit terkadang sulit sekali hilang padahal sudah dicoba berbagai macam cara untuk menghilangkannya. Solusi untuk hal tersebut adalah menggunakan masker daun kersen. Kandungan antiseptiknya akan membantu luka mengering secara cepat dan akan menyamarkan bekas luka pada kulit secara perlahan. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal penggunaan masker harus teratur.

5. Mencegah kulit keriput akibat sinar UV

Daun kersen ternyata mengandung vitamin C dan kolagen yang berguna untuk mengatasi keriput. Selain itu dedaunan ini mampu mencegah terjadinya keriput akibat sinar UV.

Manfaat Daun Kersen Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah penuaan
7. Menghaluskan kulit wajah
8. Mengurangi efek radikal bebas
9. Mengatasi ketombe
10. Mengatasi rambut bercabang
11. Memelihara kulit
12. Membantu mencegah timbulnya jerawat
13. Meregenerasi sel mati
14. Menambah cairan di sel kulit
15. Membuat kulit wajah lebih muda
16. Membersihkan kotoran dari polusi udara
17. Mencegah tumbuhnya bakteri jerawat
18. Sebagai antioksidan alami
19. Menghambat kekeringan kulit
20. Menjaga kekencangan kulit wajah

Cara Memanfaatkan Daun Kersen Untuk Kecantikan :

Memanfaatkan daun kersen untuk kesehatan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu meminum rebusan daun tersebut seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dan bisa juga dijadikan masker untuk kulit wajah. Caranya, ambil beberapa lembar daun buah kersen yang masih segar. Lalu remas dengan tangan, ditumbuk, atau dihaluskan dengan blender dan campurkan dengan madu. Oleskan secara rutin pada kulit wajah yang berjerawat.

Efek Samping Daun Kersen :

Efek Samping Daun Kersen

Daun ini juga menimbulkan beberapa efek samping. Daun kersen bisa menyebabkan mual dan muntah. Bagi beberapa orang yang belum terbiasa meminum air rebusan daun ini akan memiliki respon mual dan muntah karena naiknya asam lambung. Selain itu juga bisa menyebabkan alergi seperti gatal pada kulit, sakit perut seperti diare, bahkan gangguan ginjal dan gangguan liver.

Efek samping tersebut bisa dihindari jika Anda tidak mengkonsumsi air rebusan daun buah kersen secara berlebihan. Saat mencucinya, pastikan daun kersen sudah benar-benar bersih. Sebaiknya air rebusan tidak diberikan pada anak-anak karena mereka masih memiliki lambung yang sensitif. Jangan campurkan bahan lain seperti bahan herbal saat merebus daun buah kersen. Dan ibu hamil tidak disarankan meminum air rebusan daun karena berbahaya bagi janin.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun kersen atau talok untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak, namun ada harus pahami juga efek sampingnya. Jangan coba-coba untuk mengkonsumsi daun kersen secara berlebihan tanpa diimbangi dengan nutrisi dan gizi lainnya. Anda juga dapat membaca khasiat dan manfaat daun lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top