Connect with us
Daun Kumis Kucing, Manfaat Daun Kumis Kucing, Khasiat Daun Kumis Kucing

Daun

45 Manfaat dan Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Kumis Kucing (Orthosipon aristatus), Remujung, Songot Koneng, Giri-Giri Marah, Sesalayean, Java Tea, atau Kidney Tea Plants adalah daun dari tanaman berbunga khas Indonesia yang banyak digunakan untuk obat herbal berbagai penyakit. Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan dan kecantikan memang sudah dikenal di seantero negara-negara di dunia. Namun ada catatan sejarah farmasi yang menyebutkan bahwa kumis kucing pada mulanya berasal dari Afrika, sebelum menyebar ke Asia dan Australia. Namun memang obat herbal ini tumbuh subur di daerah tropis nusantara.

Daun Kumis Kucing, Manfaat Daun Kumis Kucing, Khasiat Daun Kumis Kucing, Remujung, Songot Koneng, Giri-Giri Marah, Sesalayean, Java Tea, Kidney Tea Plants

Meskipun kelihatannya hanya tanaman berbunga biasa yang kurang cantik. Di mana bunganya warna ungu dengan kelopak kecil-kecil bertandan serta suluran benang sari mirip kumis kucing. Namun ternyata tanaman ini sangat diburu. Makin sulit menemukannya yang tumbuh liar, makanya mulai dibudidayakan oleh orang-orang maupun perkebunan milik perusahaan farmasi.

Tanaman kumis kucing biasanya tumbuh di lingkungan taman tropis. Pohonnya tidak terlalu tinggi, hanya kisaran 70-100 cm saja. Warna bunganya ungu perpaduan putih. Tanaman bunga ini bukan jenis tanaman hias, jadi kalaupun sengaja ditanam di taman, biasanya memang sengaja untuk keperluan herbal.

Apa sajakah sebenarnya khasiat daun kumis kucing untuk kesehatan? Maka yang paling dikenal masyarakat sesuai dengan namanya “Kidney Tea Plants” yang berarti “tanaman teh ginjal” ini. Sebenarnya apa hubungan antara kumis kucing dengan ginjal? Ternyata memang ada hubungannya dan sangat erat. Di mana daun ini punya manfaat melimpah untuk menjaga kesehatan ginjal.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kumis Kucing :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kumis Kucing

Daun ini memiliki kandungan vitamin seperti B dan E. Di mana kedua vitamin itu baik untuk perkembangan sel dan kulit. Serta beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tanaman kumis kucing sangat berguna buat kesehatan. Yang paling menonjol zatnya adalah sebagai berikut:

• Garam Kalium
• Flavonoid
• Orthosiponin Glycosides
• Minyak Atsiri

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan :

1. Mencegah Batu ginjal

Batu ginjal atau biasa di sebut kencing batu terjadi karena pengendapan mineral mineral yang tidak terfiltrasi dengan baik. Untuk mencegah terjadinya batu ginjal kita bisa mengonsumsi herbal. Salah satu herbal yang bisa menyembuhkan adalah daun kumis kuning. Caranya gampang yaitu rebus daun sebanyak 10 lembar untuk 1 gelas air. Lalu minum secara rutin di minum.

2. Membantu Penyembuhan Gagal Ginjal

Gagal ginjal berarti ginjalnya sudah tidak berfungsi lagi, tidak berfungsinya ginjal membuat penyaringan urin tidak berjalan dengan baik. Untuk itu bagi yang mengidap gagal ginjal segera lakukan pengobatan. Mengonsumsi obat-obatan kimia terlalu panjang juga tidak baik untuk jantung. Maka dari itu konsumsilah obat herbal, salah satunya adalah daun kumis kucing yang di rebus, lalu airnya diminum.

3. Melancarkan Buang Air Kecil

Kandungan vitamin dan garam dalam daun kumis kucing dapat membantu melancarkan buang air kecil. Bagi yang memiliki masalah buang air kecil bisa gunakan daun ini sebagai solusinya yaitu dengan cara rebus lima lembar daun lalu minum airnya secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Pankreas

Kandungan garam mineral dalam daun kumis kucing dapat membantu kita menjaga kesehatan pankreas. Bagaimana caranya? Caranya mudah yaitu dengam cara rebus enam lembar daun dengan satu gelas air. Setelah itu minum dua hari sekali secara rutin.

5. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Kandungan didalam daun kumis kucing dapat membantu kita melancarkan peredaran darah. Caranya mudah yaitu dengan cara merebus empat lembar daun kumis kucing untuk setengah gelas air setelah itu langsung minum. Lakukan ini rutin seminggu sekali.

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah ginjal polikistik
7. Mengatasi nyeri sendi
8. Mengobati asam urat
9. Membantu membersihkan darah
10. Obat cuci darah alami
11. Mencegah diabetes
12. Mengatasi diabetes
13. Mengobati anyang-anyangan
14. Membuat air kencing jernih
15. Mengatasi nyeri pinggang
16. Mencegah hipertensi
17. Membuat badan segar
18. Melejitkan stamina
19. Obat diuretik alami
20. Mencegah wasir

Cara Memanfaatkan Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan :

Biasanya untuk kesehatan, daun ini dibuat ekstraknya atau serbuknya kemudian dibuat obat kapsul. Ada pula yang mengolahnya jadi teh herbal tradisional. Namun kebanyakan orang memilih cara praktis saja dengan merebusnya dan meminum air rebusan daun kumis kucingnya. Bagaimana pun cara mengolahnya, khasiatnya tetap sama.

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kecantikan :

1. Melembabkan Kulit

Biasanya melembabkan kulit dilakukan dengan cara memberi pelembab atau dengan menggunakan masker. Tapi ituk menyembuhkan kulit dengan daun kumis kucing caranya bukan dengan dibuat masker melainkan dengan cara di rebus. Minum rebusan daun ini setiap tiga hari sekali. Maka kulit kita akan di lembabkan dari dalam.

2. Mencegah Biang Keringat

Biang keringat terjadi karena hawa yang panas. Untuk itu kita perlu mendinginkan badan kita. Salah satu minuman yang bisa mendinginkan badan adalah teh daun kumis kucing. Cara membuatnya mudah yaitu dengan cara memotongnya lalu di jemur hingga kering. Selanjutnya seduh teh pada saat suasana sedang panas dan kita banyak berkeringat.

3. Mencerahkan Wajah

Untuk mencerahkan wajah dengan menggunakan daun kumis kucing caranya hampir sama dengan untuk melembabkan yaitu dengan cara merebus daunnya lima lembar daun dan minum airnya tiga hari sekali. Setelah berjalan beberapa bulan kulit kamu akan terlihat lebih cerah. Kandungan flavonoid itu yang bisa menyebabkan kulit kamu cerah.

4. Memutihkan Kulit

Kulit putih adalah idaman semua orang khususnya wanita. Bagaimana caranya membuat kulit kita putih tanpa harus menggunakan cream wajah yang jika digunakan dalam jangka panjang tidak baik untuk tubuh? Caranya mudah yaitu dengan cara mengonsumsi rebusan daun kumis kucing secara rutin.

5. Membuat Badan Jadi Langsing

Menjadi gemuk dan banyak lemak di tubuh tentu sangat tidak di inginkan. Tapi memakan makanan yang mengandung lemak memang sangat nikmat. Untuk menjaga berat badan, kita bisa dengan cara minum rebusan daun kumis kucing secara rutin, yaitu dua hari atau tiga hari sekali.

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kanker
7. Menghilangkan lemak perut
8. Menurunkan berat badan
9. Membuat badan ideal
10. Menambah tinggi badan
11. Mencegah gizi buruk
12. Mengatasi minyak berlebih di wajah
13. Membuat pikiran tenang
14. Menghilangkan lemak di pipi
15. Membuat awet muda
16. Meremajakan kulit
17. Membuat badan sintal
18. Menjaga kelenturan tubuh
19. Meningkatkan vitalitas
20. Memancarkan aura

Cara Memanfaatkan Daun Kumis Kucing untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan daun ini mudah saja. Tidak dianjurkan untuk ditempelkan ke kulit. Namun harus dikonsumsi secara oral. Otomatis daunnya harus direbus dulu, air rebusannya inilah yang dipakai untuk penanganan kulit dari dalam. Bisa pula daunnya dikeringkan dulu, kemudian diseduh jadi teh.

Efek Samping Daun Kumis Kucing :

Efek Samping Daun Kumis Kucing

Berikut adalah beberapa efek sampingnya bila seseorang mengonsumsi daun kumis kucing. Efek ini terjadi tidak pada semua orang, tetapi hanya pada segelintir orang yang memang tubuhnya tidak mampu menerima daun herbal ini.

1. Naiknya Intensitas Kencing
2. Mual
3. Muntah
4. Alergi
5. Diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Ciplukan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Memang demikian banyaknya manfaat, khasiat dan kandungan gizi yang diperoleh dari daun tanaman kumis kucing ini. Maka kini saatnya mengambil manfaat itu agar tubuh menjadi sehat. Terutama untuk mereka yang mengidap penyakit berhubungan dengan ginjal dan saluran kencing. Tentu saja daun ini memberikan dampak yang signifikan.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Daun

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top