Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun mint, daun peppermint atau daun pepermin merupakan daun yang berasal dari tanaman pepermin dan ditanam diseluruh Eropa. Bagi yang hobi memasak tentu sudah tak asing lagi dengan daun mint. Jenis daun ini ditambahkan ke masakan untuk menambah aroma makanan menjadi lebih sedap.

Daun mint, daun peppermint, daun pepermin, Manfaat Daun Mint, Khasiat Daun Mint

Namun, tak hanya sebagai pemberi aroma saja pemanfaatannya, manfaat daun mint untuk lainnya masih banyak. Termasuk untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Manfaat daun pepermin yaitu dapat mengobati penyakit perut, dan sering juga dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan minuman hangat seperti teh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Mint :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Mint

Nilai gizi yang terkandung di dalam daun mint pada tiap 100 g, antara lain: vitamin A 81%, serat 27%, karbohidrat 3%, lemak 1%, kalori 2%, protein 7%, zat besi 66%, kalsium 20%, magnesium 16%, potassium 13%, mangan 56%, folat 26%, vitamin B6 8%, riboflavin 10%, vitamin C 22%.

Loading...

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan :

1. Meredakan nyeri

Senyawa antipasmodic inilah yang berperan mampu meredakan nyeri pada tubuh kita. Untuk bisa mengambil manfaatnya cukup mudah saja, yaitu dengan mengkonsumsi daun mint. Bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain seperti sup buah, jus jambu, kue basah, dll.

2. Mencegah penyakit kanker

Daun mint kaya senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan. Ketika kita makan daun pepermint, ia akan dicerna oleh sistem pencernaan dan mengeluarkan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan. Senyawa-senyawa ini diserap oleh tubuh yang akan menghalai senyawa-senyawa yang bersifat radikal bebas pencetus penyakit kanker. Daun mint akan mencegah usus terkena penyakit kanker usus maupun usus besar.

3. Mendukung pertumbuhan tulang

Mineral kalsium dalam daun pepermin sangat bagus untuk pertumbuhan tulang. Terutama untuk anak-anak di masa pertumbuhan. Untuk remaja sampai manula juga penting karena akan memperkokoh pertulangan sehingga jauh dari proses osteoporosis. Daun mint sangat bagus untuk mendukung perbaikan tulang ketika terjadi cedera.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung di dalam daun ini membuat tubuh tak mudah terserang penyakit. Rutin mengkonsumsi daun mint selain menyegarkan juga membuat sistem imunitas kita semakin meningkat. Serangan infeksi dari berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit bisa dihalau.

5. Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat kasar dan terlarutnya cukup tinggi sehingga melancarkan proses pencernaan makanan di usus. Tentu saja ini menjauhkan kita dari sembelit yang membuat perut merasa tersiksa dan terasa sebah.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meredakan rasa nyeri akibat maag

7. Bersifat menenangkan

8. Menyembuhkan penyakit asthma

9. Menyembuhkan iritasi usu

10. Mengurangi kolesterol jahat

11. Antioksidan

12. Menyembuhkan alergi

13. Menyembuhkan sakit kepala

14. Menormalkan denyut jantung

15. Menstabilkan tekanan darah

16. Menyembuhkan flu

17. Menghilangkan rasa mual

18. Meredakan tenggorokan gatal

19. Membersihkan saluran pernafasan

20. Merilekskan otot-otot tegang

Cara Memanfaatkan Daun Mint untuk Kesehatan :

Cara yang termudah untuk memperoleh langsung manfaat dari daun mint yaitu dengan mengkonsumsinya. Bisa dikonsumsi sebagai lalapan seperti halnya kita memakan daun kubis atau daun kemangi. Saat kita menggigit daun ini di mulut, rasa segar dan menthol sudah terasa dan langsung bereaksi dengan jaringan-jaringan di sekitarnya.

Konsumsi daun mint dengan makanan lain juga sangat bagus efeknya buat kesehatan. Biasanya dikonsumsi dengan makanan segar lainnya seperti es jus, es cream, sup buah. Saat makan daging juga akan memberikan khasiat yang bagus untuk tubuh.

Untuk memberikan efek yang langsung terrasa di dalam tubuh, konsumsi ekstrak daun peppermint sangat dianjurkan. Cara membuatnya juga mudah. Tinggal mengambil daun mint secukupnya, lalu cuci bersih. Lumatkan dengan blender dengan menambahkan sedikit air. Saring dengan kain bersih. Airnya ini yang disebut ekstrak daun peppermint. Ekstrak daun mint bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jamu.

Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan :

1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin dan mineral daun mint akan menjaga kesehatan kulit karena sel-sel dan jaringan kulit tercukupi nutrisinya. Vitamin dan mineral akan membantu proses metabolisme sel-sel kulit terutama pertukaran elektrolitnya sehingga menjaga sel-sel tetap sehat. Juga mempertahankan struktur sel-sel sehingga kulit tetap kenyal dan halus.

2. Menyehatkan mata

Mata sebagai salah satu panca indra penting tentu harus dijaga kesehatannya. Mata yang bersinar dan tampak cerah akan mempercantik penampilan. Berkat kandungan vitamin A yang tinggi ini akan membuat mata kita tetap sehat dan tak mudah teriritasi karena materi-materi yang bersifat polutan.

3. Menghilangkan bau mulut

Khasiat ini sudah pasti diketahui oleh banyak orang karena ciri khas daun mint mengeluarkan aroma harum. Dengan mengunyah-ngunyah sedikit daun ini sudah bisa menghilangkan bau mulut kita. Selain itu, daunnya juga sebagai antibakteri sehingga mulut terbebas dari bakteri-bakteri berbahaya.

4. Melenyapkan jerawat

Karena sifatnya yang antibakteri sangat bagus mendukung pelenyapan jerawat. Jerawat yang lekas berkembang membesar terindikasi terjadi infeksi. Dengan menempelkan remasan daun mint akan menjaga jerawat dari infeksi bakteri maupun jamur. Jerawat pun lekas mengempis dan lenyap.

5. Menyehatkan kulit kepala

Produk sahampo yang berbahan menthol mengambil bahan bakunya dari daun peppermint. Nenek moyang kita sudah lebih dulu mengetahui khasiat ini. Saat kulit kepala diberi ekstrak daun mint, akan terasa agak pedas, lalu lama kelamaan akan terasa menyegarkan. Rasa pedas ini karena adanya senyawa menthol dan minyak esensial lainnya.

Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyuburkan rambut

7. Menghilangkan ketombe di rambut

8. Mendukung program diet Anda

9. Menghaluskan kulit

10. Mengecilkan pori-pori

11. Mencerahkan wajah

12. Menyegarkan perasaan

Cara Memanfaatkan Daun Mint untuk Kecantikan :

Cara yang umum dipakai yaitu dibuat masker wajah atau luluran. Berikut ini cara membuatnya:

Siapkan bahan-bahan berikut ini: daun mint secukupnya, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh madu. Selanjutnya daun mint dicuci bersih dan dipotong-potong secukupnya saja. Telur dipecah, lalu aduk rata, tambahkan madu. Kocokan telur bersama madu masukkan ke dalam potongan daun peppermint. Selanjutnya tinggal dilumat memakai blender.

Bersihkan wajah dan leher kita. Masker daun mint dioleskan ke wajah dan leher. Jangan mengenai bagian bibir dan mata. Diamkan selama 30 menit. Bilaslah wajah dan leher dengan air hangat, lalu dikeringkan. Selanjutnya bilas wajah dan leher dengan air dingin, lalu dikeringkan. Hasilnya akan lebih bagus dengan mengoleskan pelembab. Lakukan rutin setiap seminggu sekali. Hasilnya, kulit wajah dan leher pun halus dan sehat.

Efek Samping Daun Mint :

Efek Samping Daun Mint

Efek samping daun mint baru bisa terjadi bila kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Beberapa senyawa yang bersifat antigizi akan membuat sel-sel rusak dan metabolisme tubuh terganggu. Senyawa antigizi misalnya tanin, saponin yang bisa membuat sembelit diare, dan mual-mual. Efek samping yang sering terjadi biasanya pada sistem pencernaan. Itulah mengapa kita mengkonsumsinya dengan takaran yang wajar saja.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat daun mint sudah dikenal oleh orang sejak dulu. Tak hanya sebagai pemberi aroma segar pada makanan, tapi juga sebagai obat. Selain itu bagi kaum hawa, daun mint berkhasiat menambah kecantikan dan kesegaran kulit. Inilah yang membuat kaum hawa biasa menyimpan daun peppermint di kulkasnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top