Connect with us
Daun pandan, manfaat daun pandan, khasiat daun pandan

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun pandan merupakan daun dari tanaman pandan atau Pandanus ammaryllifolius. Manfaat daun panda dikenal sebagai bahan pemberi aroma dan pewarna pada berbagai aneka makanan. Misalnya saja kolak pisang, bubur sumsum, bubur kacang hijau. Aroma makanan tersebut lebih harum dan mengundang selera.

Daun pandan, manfaat daun pandan, khasiat daun pandan

Ternyata manfaat daun pandan tak hanya itu saja. Banyak orang memanfaatkan obat herbal ini untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Didukung oleh hasil penelitian terkini, efek farmakologis daun pandan ternyata memang terbukti menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Pandan :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Pandan

Kandungan gizi yang terdapat di dalam daun pandan, antara lain: flavonoid, alkaloida, saponin, tanin, polifenol, klorofil, dan zat pewarna. Konsentrasi klorofil daun pandan cukup tinggi yang bisa sebagai zat pewarna alami.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan :

1. Mengatasi hipertensi

Senyawa-senyawa kelompok flavonoid, saponin, dan alkaloid yang berperan banyak untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa-senyawa tersebut bersifat menenangkan dan memperlancar sirkulasi darah. Bagi penderita hipertensi cukup dengan mengkonsumsi rebusan daun pandan wangi yang diminum sebanyak dua kali sehari.

2. Mengobati rematik

Rematik terjadi karena adanya pergesekan di sendi-sendi pertulangan yang kurangnya zat pelumas. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang sudah berusia di atas 40-an. Untuk pengobatan memakai daun pandan diperlakukan sebagai obat luar. Dengan mencincang daun daun pandan, lalu diseduh dengan minyak kelapa mendidih. Dibiarkan dingin, lalu dipakai sebagai obat gosok ke bagian yang terasa sakit.

3. Mengatasi nyeri dan linu

Cara aplikasi daun pandan wangi sama dengan ketika sakit rematik. Dengan menggosok-gosokan ramuan daun pandan ke bagian yang terasa nyeri dan linu. Supaya khasiatnya lebih manjur ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti serai, minyak kayu putih, dan minyak gandapura.

4. Mengobati penderita lemah syaraf

Zat-zat yang berperan untuk mengobati lemah syaraf yaitu dari kelompok senyawa alkaloid, flavonoid, saponin. Aplikasinya dengan cara diminum. Daun pandan direbus sampai mendidih. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari.

5. Meningkatkan nafsu makan

Khasiat sebagai penambah nafsu makan sudah tidak asing bagi kita. Aroma yang menguar ketika mengukus bubur atau kolak sudah membuat air liur kita menetes. Untuk palikasi dari dalam tubuh bagi yang sedang benar-benar tak ada nafsu makan walau sudah mencium aroma daun pandan yaitu dengan meminum rebusannya.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai obat penenang atau perileks

7. Mengatasi lemah syahwat

8. Mengatasi jamur-jamur  di kulit

9. Memperlancar buang air besar

10. Mengatasi kram perut

11. Menurunkan panas tubuh

12. Sebagai penawar racun

13. Pencegah kanker

14. Mengobati tegang

15. Mengatasi susah tidur

Cara Memanfaatkan Daun Pandan untuk Kesehatan :

Untuk obat luar dengan cara sebagai berikut: ambil 5 lembar daun pandan segar , ambil juga 20 lembar daun serai, cuci bersih keduanya, potong-potong kecil, selanjutnya dilumat sampai halus dengan memakai blender. Tambahkan minyak kayu putih dan gandapura. Diaduk-aduk sampai tercampur merata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok dan mengurut di bagian tubuh yang terasa nyeri dan linu.

Untuk obat dalam dengan cara sebagai berikut: ambil 3 lembar daun pandan segar, lalu cuci bersih, dipotong-potong kecil. Selanjutnya tinggal direbus dengan air sebanyak 3 gelas sampai hanya tersisa 2 gelas. Biarkan dingin, rebusan ini diminum dua kali sehari (pagi dan sore), masing-masing sebanyak 1 gelas.

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah benda-benda organik mati yang menempel di kulit kepala. Ketombe ini harus dihilangkan supaya tak menjadi sumber-sumber penyakit karena sebagai tempat hidup berbagai bakteri dan jamur. Cukup dengan pembilasan ramuan daun pandan, ketombe bisa terangkat dari kulit kepala. Ramuan pandan juga bersifat antibakteri sehingga mematikan bakteri dan jamur.

2. Menghitamkan rambut

Senyawa aktif yang berperan dalam hal ini yaitu klorofil dan zat pewarna hijau. Dengan merebus daun pandan, lalu dibiarkan semalaman, air rebusan ini berkhasiat untuk mengitamkan rambut. Lakukan rutin selama tiga kali seminggu.

3. Mencegah rambut rontok

Rambut rontok karena nutrisi pada folikel rambut tak tercukupi. Dengan ramuan daun pandan bersama dengan bahan-bahan lainnya akan memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh folikel rambut. Rambut pun tak mudah rontok dan tak cepat kusam warnanya.

4. Menghilangkan bau badan

Dengan cara meminum ramuan daun pandan akan menghilangkan bau badan yang menyengat. Keringat merupakan substrat kotoran yang harus dikeluarkan oleh tubuh melalui kerja kompleks berbagai jaringan di dalam tubuh. Daun pandan yang beraroma segar akan menetralkan bau menyengat selama  proses metabolisme sampai ekskresi. Bau keringat yang menyengat pun menjadi berkurang.

5. Menghilangkan bau mulut

Efek ini bisa dirasakan langsung dengan cara meminum rebusan daun pandan. Bau mulut lenyap bisa hilang seketika. Bau mulut bisa disebabkan adanya perkembangan bakteri di area mulut atau bisa pula ada gangguan di lambung. Daun pandan bersifat antibakteri dan jamur sehingga mampu mematikan mikroorganisme ini. Di lambung, ramuan daun pandan akan menghambat produksi asam lambung berlebih yang menjadi sumber penyebab bau.

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit

7. Menghaluskan kulit

8. Memperkecil pori-pori kulit

9. Meningkatkan elastisitas kulit

10. Mengharumkan badan

11. Menghilangkan noda-noda hitam di wajah

Efek Samping Daun Pandan :

Efek Samping Daun Pandan

Pada dasarnya tak ada efek samping dari pemakaian daun pandan ini. Terkecuali pemakaian dan dosis yang dipakai berlebihan. Adanya zat antigizi seperti tanin dan kelompok senyawa alkaloid bisa mengganggu sistem pencernaan kita. Ada kalanya dijumpai orang yang setelah mengkonsumsi ramuan pandan malah mengalami diare atau sulit buang air besar. Bisa pula terjadi diare, mual-mual, dan muntah. Jaga kehigienisan selama proses pembuatan ramuan supaya tidak terkontaminasi mikroorganisme berbahaya. Jaga juga terhadap orang yang memiliki alergi aroma minyak esensial karena bisa menggangu pernafasan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat daun pandan tak melulu hanya sebagai pemberi aroma harum pada makanan. Manfaat lainnya masih banyak untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Terutama untuk zat klorofil dan kelompok senyawa-senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dll. Zat klorofil terbukti sudah dikomersialkan dengan nilai ekonomi yang tinggi. Senyawa-senyawa dan minyak esensial lainnya tinggal menunggu gilirannya.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top