Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Pegagan merupakan daun dari tanaman pegagan atau Centella asiatica yang biasanya dapat dijumpai di kebun, ladang, sawah maupun tepi jalan. Orang India diduga sudah lama mengetahui manfaat daun pegagan untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Ini bisa dilihat dari tradisi Ayurvedic yang menyebut daun pegagan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Orang-orang kuno di Afrika dan Tiongkok juga sudah lama mengetahui khasiat daun peugaga untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Daun Pegagan, Manfaat Daun Pegagan, Khasiat Daun Pegagan

Tanaman ini termasuk herba yang tumbuh di lingkungan lembab dan berair. Tipe tumbuhnya menjalar mirip selada air. Sebagian masyarakat Jawa malah sudah sering menyantap tanaman ini yang diolah menjadi pecel dan urap. Rasanya tawar, dingin, dan menyegarkan. Ahli farmasi banyak yang tertarik meneliti tanaman herbal ini. Dan hasilnya memang kaya khasiat untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Tak mengherankan kalau di pasar sudah tersedia tanaman ini dalam bentuk segar, simplisia, dan olahannya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Pegagan :

Kandungan Daun Pegagan, Kandungan Gizi Daun Kandungan Daun Pegagan, Kandungan Nutrisi Kandungan Daun Pegagan

Zat-zat yang terkandung di dalam daun pegagan, antara lain: tanin, asiaticoside, carotenoid, centelloside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic, brahminoside, meso-inositol, madasiatic acid, hydrocotylin, vellarine, kalium, natrium, fosfor, magnesium, kalsium, dan besi. Zat-zat tersebut kebanyakan bermanfaat untuk obat dan kesehatan sehingga perlu diatur konsumsinya. Jangan sampai berlebihan atau kekurangan.

Loading...

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan :

1. Pereda kecemasan

Zat aktif yang berkhasiat untuk meredakan kecemasan yaitu triterpenoid. Senyawa ini akan membantu sirkulasi dan peredaran darah menjadi lancar. Membuat irama detak jantung normal. Khasiat ini sudah dibuktikan oleh para peneliti pada percobaan hewan yang diberi ekstrak daun pegagan. Pada hewan percobaan yang diberi ekstrak pegagan, respon perilakunya lebih tenang ketika diberi perlakuan kegaduhan yang sama.

2. Mencegah kanker

Daun pegagan kaya zat-zat yang bersifat antioksidan. Ini jelas sangat membantu dalam menetralkan senyawa-senyawa radikal bebas yang memicu kemunculan sel-sel kanker. Juga akan menjadi benteng pertahanan dari berbagai penyakit degeneratif lainnya. Dari hasil penelitian ahli fitologi, pemberian ekstrak daun pegagan ke hewan percobaan akan menghambat pembentukan sel-sel abnormal setelah diberi radiasi.

3. Obat luka

Dengan hanya meremas-remas daun, lalu ditempelkan ke bagian luka ringan akan segera meredakan rasa sakit sekligus mempercepat kesembuhannya. Ini berkat adanya zat aktif yang bernama triterpenoid, saponin, dan senyawa-senyawa organik kompleks lainnya. Senyawa-senyawa tersebut juga berperan sebagai anti infeksi dari mikroorganisme yang bersifat patogen.

4. Obat luka bakar

Daun pegagan mengandung zat-zat yang berkhasiat sebagai anti bakteri, anti inflamasi, dan anti virus. Perlukaan seperti luka bakar, psoriasis, dermatitis bisa dilindungi dari infeksi. Selain itu, senyawa-senyawa yang ada di dalam daun pegagan akan membantu proses regenerasi sel-sel sehingga luka cepat mengering dan sembuh.

5. Meningkatkan kecerdasan otak

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan selain menghambat pertumbuhan sel-sel kanker juga menjaga kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan respon tubuh terhadap rangsangan.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan lainnya :

6. Penenang alami

7. Menyehatkan organ hati

8. Memperlancar peredaran darah

9. Penawar racun-racun di dalam tubuh

10. Atasi kegelisahan

11. Meningkatkan kesuburan

12. Meningkatkan gairah seks

13. Menstabilkan tekanan darah

14. Menyembuhkan epilepsi

15. Mengurangi radang

16. Mengatasi insomnia

17. Meningkatkan daya ingat

18. Mematikan bakteri-bakteri penyebab infeksi

19. Meredakan demam

20. Menyembuhkan varises

21. Menyembuhkan maag

22. Menambah kepadatan tulang

23. Antioksidan alami

24. Mengobati kusta

25. Mengobati sifilis

26. Mengobati psoriasis

27. Mengobati hepatitis

28. Menyembuhkan infeksi saluran pernapasan

29. Menyembuhkan epilepsi

30. Menyembuhkan bisul

31. Menyembuhkan flu

32. Memulihkan stamina akibat kelelahan

33. Menyembuhkan asma

34. Menyembuhkan ambeien

35. Mencegah stroke

Cara Memanfaakan Daun Pegagan untuk Kesehatan

Untuk pengobatan di luar tubuh seperti perlukaan cukup dengan meremas-remas daun, lalu ditempelkan ke bagian yang sakit. Untuk pengobatan dalam, dibuat ekstrak atau dibuat minuman. Untuk menjaga kesehatan, cukup dipakai sebagai lalapan dengan cara direbus sebentar saja untuk mematikan miroorganisme yang berbahaya.

Caranya:

  1. Ambil daun pegagan yang segar secukupnya.
  2. Cuci dengan air bersih.
  3. Rebuslah dengan air sampai mendidih.
  4. Air rebsan ini diminum hanya untuk sekali konsumsi saja.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kecantikan :

1. Mengencangkan kulit

Ekstrak daun pegagan akan merangsang regenerasi sel-sel baru sehingga kulit akan tampil selalu kencang dan elastis. Zat-zat yang terkandung di dalamnya seperti asam amino, beta karoten, asam lemak yang membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Ekstrak ini mampu menembus ke dalam jaringan kulit sehingga  bisa dimanfaatkan secara efektif oleh sel-sel. Senyawa yang paling aktif dalam regenerasi sel yaitu asam amino dan etil asetat.

2. Mencerahkan kulit

Ini berkat senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan yang membuat kulit lebih bercahaya dan cerah. Regenerasi sel-sel dan kolagen yang terbentuk akan bersama-sama memberikan hasil kulit yang segar dan cerah. Terutama pada kulit wajah yang sering  mengalami kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan senyawa-senyawa kimia berbahaya.

3. Mencegah kerontokan rambut

Zat-zat kompleks yang terkandung di dalamnya ternyata mampu mencegah rambut dari kerontokan dan mampu merangsang rambut tumbuh kembali. Rambut rontok karena folikelnya kurang asupan nutrisi. Dengan memberikan ekstrak daun pegagan ke bagian kulit rambut akan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Selain pemberian ekstrak juga rutin membersihkan kotoran-kotoran yang menumpuk di folikel rambut.

4. Memperlacar sirkulasi darah di kulit kepala

Ekstrak daun jalukap mampu memperlancar peredaran darah di kulit kepala. Oksigen dapat diangkut ke pembuluh-pembuluh kapiler yang ada di jaringan kulit kepala. Hal ini tentunya akan merangsang pertumbuhan rambut, menguatkan rambut, dan menyehatkan rambut. Walhasil rambut akan tampil berkilau dan indah.

5. Mencegah kemunculan jerawat

Daun pegagan yang dibuat bubur sangat bagus untuk masker wajah. Selain membuat sehat kulit wajah juga bisa mencegah kemunculan jerawat. Zat asam amino, beta karoten, asam lemak, dan fitokimia poten akan berperan sebagai pelindung kulit wajah.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi haid berlebih

7. Membersihkan darah

8. Menyegarkan kulit wajah

9. Melembabkan kulit

10. Melenyapkan noda-noda hitam di wajah

Cara Memanfaatkan Daun Pegagan untuk Kecantikan :

Cara menggunakan daun pegagan untuk kecantikan yaitu dibuat bubur. Dalam bentuk bubur inilah bisa dipakai untuk masker di kulit wajah atau di kulit kepala. Rasanya dingin dan menyegarkan. Biasanya, bubur daun pegagan ini ditambah bahan ekstrak alami lainnya supaya beraroma wangi. Pilihannya bisa aroma mawar, melati, lavender, dll

Efek Samping Daun Pegagan :

Efek Samping Daun Pegagan

Walaupun kaya khasiat, tapi daun pegagan juga memiliki efek samping bagi penggunanya, antara lain:

  1. Tidak aman dikonsumsi untuk wanita hamil dan menyusui karena bisa mempengaruhi janin dan kesehatan bayi.
  2. Berisiko merusak organ hati. Terutama bagi para penderita hepatitis karena organ hati harus bekerja keras menetralkan berbagai senyawa yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Tidak dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang akan menjalani operasi bedah. Daun pegagan bisa menghambat keefektifan obat-obatan medis yang diberikan oleh dokter. Hentikan konsumsi daun pegagan beserta ramuannya, 2 minggu sebelum operasi dilaksanakan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat daun pegagan banyak di bidang pengobatan dan kesehatan. Namun, sifat obat juga bisa menjadi racun. Oleh karena itu, berhati-hatilah selama memakai ramuan daun kaki kuda. Jangan sampai kelebihan dosis karena bagian organ yang pertama rusak yaitu hati. Organ hati akan bekerja keras untuk menetralkan racun-racun ini. Anda dapat melihat manfaat serta khasiat jenis daun lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top