100 Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Daun Pepaya, Manfaat Daun Pepaya, Khasiat Daun Pepaya

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun pepaya merupakan daun dari tanaman pepaya (Carica papaya L.), atau betik. Tidak hanya buahnya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan juga sangat banyak. Tidak sedikit yang menggunakan kandungan dari daun tanaman pepaya untuk pengobatan berbagai masalah dalam tubuh seperti tekanan darah tinggi dan lainnya. Sejak dulu, daun pepaya memang sudah banyak dikenal sebagai pengobatan tradisional. Pepaya merupakan salah satu buah tripis yang dinyatakan berasal dari Mexico serta Amerika Selatan.

Daun Pepaya, Manfaat Daun Pepaya, Khasiat Daun Pepaya

Penggunaannya banyak dijadikan sebagai jus atau makanan buah seperti biasanya karena rasanya yang manis dan juga penuh khasiat. Di Indonesia, pepaya sering juga dinamai sebagai betik. Ciri dari daun pepaya memiliki bentuk khas dan pada dasarnya berwarna hijau segar. Jika sudah berwarna kuning atau kehitaman, sudah dipastikan daun tersebut sudah tua dan tak layak dijadikan obat lagi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Pepaya :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Pepaya

Pepaya dan daunnya diketahui mengandung tocophenol, alkaloid, enzim papain, khimoprotein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan lisozim. Daun ini juga mengandung rasa pahit yang bisa dirasakan ketika dikonsumsi. Rasa pahit ini berasal dari sebuah senyawa bernama alkaloid karpain. Meski terasa pahit dan tidak enak, nyatanya kandungan ini bisa menjadi obat untuk mengatasi segala penyakit tubuh.

Loading...

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Anti Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya karena gejala yang minim. Karena itulah pengobatan kanker terbilang cukup sulit karena sering kali korban melapor tidak mengeluhkan apa-apa. Baru mengeluh setelah gejala lebih kuat muncul dan tingkat kanker yang susah disembuhkan. Sebagai anti kanker atau pencegah kanker, daun pepaya memiliki kandungan rasa pahit atau alkaloid yang membantu dalam mengatasi gejala kanker.

2. Sebagai Anti Bakteri

Bakteri bisa jadi hanyalah masalah kecil, tapi jika dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan penyakit pencernaan seperti sakit perut dan lainnya. Kandungan aktif dalam daun ini membantu dalam mengatasi bakteri yang masuk bisa melalui pori-pori, alat hirup, dan lainnya. Penggunaannya bisa dengan meminum air rebusan dari daun ini dan diminum selama 1 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga pertahanan bakteri tubuh tetap maksimal.

3. Atasi Segalam Gangguan Usus

Zat tanin dalam daun pepaya ini berfungsi baik untuk usus manusia. Zat aktif ini diketahui bisa mengatasi masalah cacing yang biasa mengendap dalam usus. Tidak hanya itu, zat aktif lainnya membantu dalam menyehatkan usus dan mencegah bakteri masuk sehingga bisa menyebabkan infeksi atau peradangan.

4. Sebagai Obat Tifus

Tifus bisa jadi penyakit kronis yang berbahaya pada manusia karena bisa mengganggu sistem imun tubuh yang membuat tubuh penderita menjadi lemah. Kandungan zat tannin, karpain, serta anti bakteri pada daun ini membantu dalam mengatasi tifus yang cenderung dialami oleh anak-anak sampai remaja. Tifus ini disebabkan oleh bakteri yang bernama tifosa yang bisa membawah gejala berbahaya seperti demam, maag, diare, sakit perut, dan lainnya.

5. Meregenerasi Sel Darah

Kandungan vitamin A, C, dan E nya membantu dalam meregenerasi sel darah merah agar menjadi lebih sehat. Biasanya sangat cocok untuk orang yang mengalami trombosit lemah. Konsumsi secara rutin daun pepaya bisa membantu dalam mengatasi trombosit lemah ini dan membantu mempercepat regenerasi sel darah yang sangat perlu dalam tubuh untuk memberikan tubuh nutrisi yang lebih segar lagi.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Anti malarian.

7. Atasi demam berdarah.

8. Atasi maag.

9. Atasi sakit perut.

10. Kurangi nyeri saat haid.

11. Tingkatkan imun tubuh.

12. Lancarkan pencernaan.

13. Atasi katarak.

14. Sebagai kondisioner alami.

15. Meningkatkan nafsu makan.

16. Nutrisi pada balita.

17. Kurangi lemak.

18. Membentuk tubuh.

19. Sehat untuk kesehatan ASI.

20. Menjaga tubuh tetap sehat.

21. Membantu dalam hal pemecahan protein.

22. Sebagai obat anti dingin.

23. Sebagai obat gastritis.

24. Sebagai obat dispepsia.

Cara Memanfaatkan Daun Pepaya Untuk Kesehatan :

Daun pepaya biasanya direbus kemudian airnya diminum. Namun dalam penyajian lain, daun pepaya bisa dibentuk sedemikian rupa agar enak dimakan, tidak pahit, tetapi tetap menjaga nutrisi sehingga bisa bermanfaat untuk tubuh. Penggunaannya yang terlalu sering seperti 5 kali dalam sehari tidak disarankan karena bisa menyebabkan efek samping akibat ketidakseimbangan gizi.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan :

1. Atasi Jerawat

Penyebab dari jerawat sangat banyak, tapi pada dasarnya biasanya disebabkan karena bakteri yang dibawa oleh udara kotor. Bakteri ini kemudian mengendap dalam kulit dan menyebabkan peradangan ringan yang disebut dengan jerawat. Jerawat yang dibiarkan begitu lama tanpa tindakakan pengobatan biasanya akan terus menjadi jerawat bahkan dalam kasus khusus, bisa membesar dan membusuk. Kandungan anti bakteri dalam daun pepaya membantu dalam mengatasi jerawat.

2. Menghilangkan Ketombe

Karpain dalam daun ini membantu dalam mengatasi ketombe yang ada pada kulit kepala. Ketombe yang sudah menumpuk tentu akan membuat penampilan Anda menjadi buruk. Tidak hanya pada kesehatan rambut saja, ketombe bisa juga berdampak pada kejiawaan serta pandangan orang lain terhadap Anda.

3. Pembersih Wajah Alami

Ekstrak karpain pada pepaya tidak hanya membantu dalam mengatasi ketombe pada kulit kepala namun juga membantu dalam membersihkan kulit dari berbagai masalah kotoran sampai sel-sel kulit mati yang tidak mau terangkat. Penggunaannya bisa dengan cara daun pepaya dihaluskan atau diambil cairannya kemudian di oleskan pada wajah. Untuk memaksimalkan, campur dengan madu atau minyak zaitun.

4. Melangsingkan Tubuh

Daun pepaya juga populer dijadikan sebagai sayur diet yang sangat bagus karena memiliki kandungan yang sangat sehat untuk diet. Kandungan lemak yang sangat rendah menyebabkan Anda tidak takut dengan kegemukan lagi. Selain itu, kandungan vitamin dan gizi lainnya pada daun ini membantu mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

5. Menyegarkan Tubuh

Tubuh segar tentu saja berdampak baik untuk kecantikan karena bisa membuat wajah dan kulit menjadi lebih segar serta alami. Penggunaannya tidak ada yang berbeda dengan cara-cara di atas yaitu menggunakannya sebagai masker sehat yang bisa dicampur dengan kandungan lain seperti madu dan lainnya.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Atasi kulit terbakar akibat sinar matahari.

7. Membantu dalam menyehatkan dan memutihkan gigi.

8. Menyehatkan kuku agar tetap lebih bersih.

9. Membantu menyehatkan mata.

10. Obat untuk kesehatan rambut agar lebih mengkilap.

Cara Memanfaatkan Daun Pepaya Untuk Kecantikan :

Bisa dijadikan sebagai masker yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun. Penggunaan dengan cara dijadikan sayur juga bisa diterapkan. Sebagai minuman, air rebusannya bisa dicampur dengan madu atau bahan sehat lain untuk meredam rasa pahitnya.

Efek Samping Daun Pepaya :

Efek Samping Daun Pepaya

Penggunaan yang berlebihan tidak disarankan karena bisa menyebabkan efek samping seperti:

1 Aborsi.

2. Asam urat.

3. Batu ginjal.

4. Gangguan pada pernapasan.

5. Memperlambat detak jantung.

6. Sakit pada perut.

7. Masalah sembelit.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia pembahasan manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan serta efek samping dan cara penggunaan yang baik. Penggunaan secara rutin tidak disarankan, apalagi karena sifat pahit dari asam yang berbahaya jika tak digunakan secara bijak.

Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Daun

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top