Connect with us
Daun Pisang, Manfaat Daun Pisang, Khasiat Daun Pisang

Daun

20 Manfaat dan Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Daun Pisang – Pisang merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia. Tidak hanya bisa dinikmati buahnya saja, tetapi daunnya pun banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beragam keperluan. Seperti membungkus makanan dan membuat kue. Namun tahukah anda bahwa daun pisang juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Daun Pisang, Manfaat Daun Pisang, Khasiat Daun Pisang

Daun pisang juga mengandung berbagai senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti polifenol, protein, lignin, hemiselulosa, dan lain-lain. Tentu saja tidak mengherankan jika manfaat daun pisang untuk kesehatan ataupun kecantikan sangatlah banyak. Sangat tidak diduga bukan? Daun yang seringkali dijadikan sebagai pembungkus makanan ini ternyata memiliki kandungan yang sangat banyak.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Insulin :

Di dalam daun pisang terdapat berbagai kandungan yang penting bagi tubuh diantaranya:

  • Polifenol
  • Lignin
  • Hemiselulosa
  • Protein
  • Allantolin
  • Antioksidan

Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan :

1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Manfaat daun pisang yang bagi kesehatan yang utama adalah untuk mengobati sakit tenggorokan. Rebusannya sangat efektif untuk mengatasi sakit berupa radang tenggorokan. Yaitu penyakit dimana tenggorokan akan terasa sakit ketika menelan makanan dan minuman. Cara memanfaatkan daun ini tidaklah sulit, yaitu dengan merebus daun pepaya yang sudah dikeringkan terelebih dahulu. Kemudian meminumnya minimal sekali dalam sehari hingga sakit tenggorokan mulai membaik.

Loading...

2. Mengobati Disentri

Zat aktif yang terdapat dalam daun tanaman pisang kering merupakan obat alami untuk menghentikan peradangan pada usus atau disentri. Biasanya, penderita disentri akan mengeluarkan dara ketika buang air besar. Kandungan alami dalam daun ini terbukti mampu menghentikan pendarahan secara efektif. Konsumsilah air rebusan daun pisang paling tidak sekali sehari hingga pendarahan berhenti dan penyakit disentri tersembuhkan.

3. Mengatasi Iritasi pada Kulit

Iritasi pada kulit bermacam-macam gejalanya, seperti gatal-gatal, kulit kemerahan, dan muncul ruam pada kulit. Penyebabnya pun beragam, bisa karena alergi makan dan debu atau kotoran lainnya. Namun tidak perlu khawatir, karena ada daun pisang yang merupakan bahan alami untuk mengatasi iritasi pada kulit. Cara penggunaannya yaitu dengan mengekstrak daunnya lalu tambahkan minyak zaitun. Oleskan bahan ini pada kulit yang mengalami iritasi.

4. Meredakan Demam

Banyak yang tidak menyangka kalau daun pisang dapat menyembuhkan demam. Padahal manfaat daun ini salah satunya yaitu mampu menurunkan suhu tubuh ketika seseorang mengalami demam. Untuk penggunaanya, buka dengan cara meminum rebusan daunnya, melainkan dengan cara meletakan daun ini di atas tubuh. Namun sebelumnya, permukaan daun harus diolesi terlebih dahulu dengan minyak kelapa.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu kandungan yang ada dalam daun pisang adalah allantolin dan antioksidan. Zat ini sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Oleh karena itu, rebusan daun ini sebaiknya diminum setiap hari supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga bisa dikonsumsi ketika sudah sakit sebagai upaya untuk mempercepat pemulihan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan penyakit disentri

7. Pembungkus makanan

8. Untuk kerajinan tangan

9. Sebagai pakan ternak

10. Untuk Mengatasi Mimisan

Cara Memanfaatkan Daun Pisang Untuk Kesehatan :

Menjadikan daun pisang sebagai minuman herbal

Caranya :

  • Siapkan daun pisang yang sudah dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.
  • Cuci daun hingga bersih menggunakan air mengalir.
  • Panaskan 3 sampai 4 gelas air di dalam panci.
  • Kemudian masukan beberapa lembar daun yang sudah dikeringkan tadi ke dalam panci,
  • Rebus daun  hingga mendidih dan airnya menyusut tersisa 1 gelas.
  • Tunggu beberapa saat hingga air rebusan tidak terlalu panas.
  • Saring rebusan daun  dan tambahkan madu jika suka.
  • Minuman herbal siap dikonsumsi.

Manfaat Daun Pisang untuk Kecantikan :

1. Meregenerasi Sel Kulit

Manfaat daun pisang untuk kecantikan yang pertama adalah sebagai bahan alami untuk meregenarasi sel kulit. Baik itu kulit wajah, lengan, ataupun kaki. Senyawa allantoin sangat membantu untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Sehingga kulit baru yang lebih bersih dan sehat akan mucul menggantikan sel-sel kulit mati. Tidak hanya bersih, namun sel kulit baru juga memiliki warna yang lebih cerah daripada sel kulit lama.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Ketombe di kulit kepala mungkin menjadi sesuatu yang sangat menganggu penampilan. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah gunakan daun pohon pisang sebagai masker rambut. Caranya dengan menghaluskan daun tamanan pisang kemudian menggunakannya ketika keramas. Dengan menggunakan cari ini secara teratur, ketombe di rambut pasti akan hilang. Selain itu, daun ini juga mengandung senyawa anti bakteri yang dapat menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Sehingga rambut akan tetap kuat dan tidak mudah rontok.

3. Mengatasi Luka Bakar Karena Sinar Matahari

Manfaat daun tanaman pisang di bidang kecantikan yang berikutnya adalah untuk menyembuhkan luka bakar karena matahari. Kulit mengelupas biasanya disebabkan karena terlalu sering beraktivitas di bawah terik matahari. Solusinya gunakanlah sunblock atau tabir surya. Namun jika sudah terlanjur mengalaminya, bisa diatasi menggunakan daun pisang. Caranya, buatlah masker dari daun ini dengan cara menghaluskannya. Jika sudah, oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar karena matahari.

4. Untuk perawatan kulit

Manfaat daun pisang untuk kecantikan yang berikutnya yaitu sebagai perawatan kulit. Kandungan allantolin tidak hanya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru, tetapi juga mampu membunuh kuman dan bakteri. Sehingga akan membuat kulit terasa lebih bersih, lembut, dan yang pasti terbebas dari alergi karena kuman. Cara penggunaan daun ini bisa dilakukan dengan membuatnya menjadi masker seperti yang sudah dijelaskan di atas.

5. Obat Gigitan Serangga

Gigitan serangga biasanya membuat kulit menjadi kemerahan sehingga menyebabkan penderitanya tidak percaya diri. Namun tidak perlu risau, sebab daun pisang juga berkhasiat untuk mengatasi hal tersebut. Caranya dengan mengolesi kulit yang mengalami gigitan serangga menggunakan daun pohon pisang yang telah dihaluskan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memudarkan bekas luka

7. Menghilangkan ketombe

8. Salep alami

9. Menjaga Kesehatan Kulit

10. Mencerahkan Kulit

Cara Memanfaatkan Lidah Buaya Untuk Kecantikan  :

Menjadikannya sebagai masker alami

Caranya :

  • Siapkan daun pisang.
  • Cuci bersih menggunakan air.
  • Haluskan menggunakan blender dan tambahkan sedikit air.
  • Masker pun siap digunakan.

Efek Samping Daun Pisang :

Secara umum, karena daun tanaman pisang merupakan bahan alami, maka tidak akan menimbulkan efek samping apapun ketika digunakan untuk pengobatan dalam dosis tepat. Namun jika dalam menggunakannya kurang hati-hati, seperti tidak bersih ketika mencuci-nya, bisa menyebabkan alergi kuli seperti gatal-gatal. Namun efeknya hanya sementara dan bisa meminimalisir dengan memilih dan membersihkan secara tepat.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Daun Insulin untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah manfaat daun pisang untuk kesehatan dan kecantikan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Namun tetap perhatikan kebersihan-nya dan lakukan pengolahan dengan benar supaya hasil yang didapat lebih efektif. Jangan sepelekan daun yang sering dijadi sebagai bungkus makanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top