Connect with us
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan

Daun

35 Manfaat dan Khasiat Daun Rambutan untuk Kesehatan, Kecantikan, Pakan Ternak Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Daun Rambutan – Daun Rambutan atau Godong Rambutan adalah jenis daun dari buah tropis khas Indonesia, rambutan. Kalau buahnya tentu saja semua orang sudah tahu bentuknya dan lazim dimakan. Kulit buahnya berduri-duri lunak, sedang daging buah berisi biji yang cukup besar di dalamnya. Daging buahnya warna putih keruh mirip kelengkeng.

Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan

Namun siapa sangka bahwa ternyata daun rambutan pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan? Kalau untuk pakan ternak tentunya sering mendengarnya. Rupanya ini terjadi karena daun buah lezat ini memang memiliki komposisi kimia gizi yang melimpah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Rambutan :

Memang ada beberapa zat penting yang ada di dalam daun rambutan, seperti:

• Polifenol
• Saponin
• Tanin
• Flavonoid
• Zat Besi
• Peptic Substance
• Zink
• Niacin
• Kalsium
• Potassium
• Magnesium
• Vitamin C

Loading...

Manfaat Daun Rambutan untuk Kesehatan :

1. Menyembuhkan Panas Demam

Khasiat daun rambutan bisa untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan ringan, seperti panas demam. Memang belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan, namun orang zaman dulu sudah mencoba merebus daun keringnya untuk melakukan menurunkan panas.

2. Melegakan Tenggorokan

Memakan rebusan daun rambutan yang masih muda juga efektif buat melegakan tenggorokan. Cocok dimakan di kala sedang batuk dan banyak dahaknya. Namun ada yang perlu diketahui bahwa meskipun sudah menggunakan daun herbal, namun tetaplah pakai obat yang manjur untuk mengatasi tenggorokan yang berdahak. Sifat daun ini hanya mengimbangi saja.

3. Menambah Nafsu Makan

Rupanya memakan daun rambutan pun efektif untuk menambah nafsu makan. Bagaimana tidak? Sebab rasa dan aromanya sungguh menggugah selera. Namun ada yang perlu diperhatikan bahwa meskipun daun ini telah menambah nafsu makan, kendalikan porsi makannya biar tidak muncul penyakit lain seperti obesitas.

4. Meluruhkan Lemak Jahat

Banyak orang zaman dulu yang bilang bahwa jika ingin kurus, cobalah luruhkan lemak jahat dengan daun rambutan muda. Caranya, daunnya direbus kemudian dimakan sebagai lalapan. Sungguh lemak LDL pun akan lenyap perlahan-lahan, hanya dalam waktu 1 hingga 2 bulan. Ditandai dengan penurunan berat badan.

5. Mengatasi Pegal Linu

Jika sedang mengalami pegal linu, silahkan saja mencoba minum rabusan daun rambutan yang masih muda. Air rebusannya diminum sebanyak 2 gelas sehari pada pagi dan malam. Porsinya per gelas adalah 250 ml. Jangan tambahkan gula, essens atau penyedap rasa lainnya karena akan mengurangi khasiatnya. Namun jika dirasa perlu menambahkan perisa, cukup ditambah 1 sendok makan gula semut atau gula merah.

Manfaat Daun Rambutan untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan stamina

7. Mengatasi sakit kepala

8. Membuat tidur lebih nyenyak

9. Melegakan napas

10. Menambah kadar oksigen di udara

11. Menguatkan tulang

12. Mencegah kerusakan ginjal

13. Membantu kerja hati

14. Menyembuhkan gangguan sendi

15. Mengatasi peradangan

Manfaat Daun Rambutan untuk Kecantikan :

1. Menguatkan Akar Rambut

Khasiat daun rambutan bagus untuk menguatkan akar rambut. Sehingga rambut tidak gampang botak. Selain itu juga akan menutrisi seluruh jaringan rambut supaya terhindar dari patah-patah. Untuk menggunakannya cukup mudah, tinggal ditumbuk saja daun mudanya hingga halus, kemudian balurkan ke rambut dan kulit kepala. Sebaiknya sebelum lakukan ini tes sensitivitas kulit dulu dengan menggosokkan daunnya ke kulit belakang telinga.

2. Menghaluskan Kulit

Meminum air rebusan daun rambutan efektif untuk menghaluskan kulit. Efek ini terjadi karena adanya peremajaan kulit. Jadi sel-sel kulit mati yang kasar akan terangkat dan digantikan dengan sel baru yang lebib halus dan lembut.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Proses penyembuhan luka yang lambat dan buruk kerap menimbulkan bekas yang parah, bahkan keloid. Noda hitam bekas luka sangat menyebalkan dan mengurangi kecantikan kulit. Untuk itu, segera saja sembuhkan bekas luka dengan meminum rebusan daun rambutan cukup satu gelas sehari, pasca operasi atau pasca terluka parah dan dalam.

4. Mencegah Jerawat

Manfaat daun rambutan pun bisa untuk mencegah jerawat muncul. Bagaimana bisa? Ini terjadi karena kandungan antibacterial di dalam daun buah tropis ini. Namun untuk menggunakannya disarankan tidak dibalurkan langsung ke kulit. Namun dengan cara diminum. Antiobiotik ini akan bekerja dari dalam tubuh.

5. Mengatasi Kulit Kering

Khasiat daun rambutan muda akan mengatasi kulit kering. Masalah kulit kering memang sangat menyebalkan karena membuat kepercayaan diri menurun. Apalagi kulit yang kering ini pun akan tampak seperti sisik dan pecah-pecah. Kalau menimpa wajah tentu saja sangat mengkhawatirkan karena wajah jadi mengerikan dan jelek.

Manfaat Daun Rambutan untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuang komedo

7. Mengatasi kulit yang kendur

8. Menghilangkan minyak berlebih

9. Menghilangkan uban

10. Menghaluskan telapak kaki

Manfaat Daun Rambutan untuk Pakan Ternak :

1. Untuk Pakan Kambing

Selain dimanfaatkan untuk manusia, tentu saja daun rambutan lebih lazim digunakan untuk pakan kambing. Para peternak kambing memang terkadang memakainya, jika persediaan rumput sedang langka, misalnya karena musim kemarau. Namun penggunaan daun ini dirasa lebih boros dan mengeksploitasi tanaman karena tanaman buah rambutan yang diambili terus daunnya, maka pohonnya jadi tidak rindang dan rawan mati.

2. Bisa Menggemukkan Sapi

Namun memberikan daun rambutan pada sapi perah maupun pedaging rupanya bisa menjadi alternatif pakan sapi yang bergizi dan pasti. Jika sedang bingung meracik makanan sapi, pilih saja daun buah tropis ini. Bisa pula menggunakan daun yang sudah layu, kering dan jatuh ke tanah. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal tentu saja gunakan daun segar.

3. Alternatif Pakan Kuda

Kuda pun seringkali diternakan karena permintaan akan daging kuda dan susu kuda sangat banyak. Jika memang memiliki peternakan kuda yang besar, coba saja buat menanam pula pohon rambutan di kawasan dekat kandang. Sering-sering memotong cabang pohonnya agar tumbuhnya pohon tidak terlalu tinggi dan kuda sanggup mengambilnya sendiri ketika mereka sedang digembalakan.

4. Membuat Nafsu Makan Kerbau Meningkat

Kerbau pun masih menjadi binatang peliharaan yang diternakan, meskipun sudah sangat langka. Biasanya para petani tradisional di desa-desa masih menggunakan jasa kerbau untuk membajak sawah mereka. Jika kerbau peliharaan sedang tidak nafsu makan, cobalah buat memberikan daun rambutan.

5. Membuat Domba Jadi Gendut

Domba masih menjadi salah satu binatang ternak yang suka dipelihara para peternak. Meskipun daging domba kurang populer. Untuk membuat tubuh mereka jadi gendut sehingga memiliki nilai jual yang tinggi, maka jangan ragu buat memberikan daun rambutan sebagai pakan selingan di samping memberikan jenis rumput-rumputan untuk pakan ternak.

Manfaat Daun Rambutan untuk Pakan Ternak Lainnya :

6. Menghemat biaya pakan ternak

7. Alternatif pakan di kala musim kering kemarau

8. Membuat nafsu makan ternak selalu bagus

9. Menjaga berat badan ternak hingga saatnya panen

10. Mencegah penyakit ternak

Efek Samping Daun Rambutan :

Meskipun bermanfaat, daun buah tropis ini juga memiliki dampak-dampak seperti di bawah ini:

1. Mabuk
2. Gangguan pencernaan
3. Diare
4. Pusing
5. Ternak menjadi agak galak dan gila karena terlalu aktif

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya dalam meramu daun-daunan sebagai obat herbal haruslah dalam kondisi yang higienis. Melakukan riset tentang cara pengolahannya tentu jauh lebih baik, daripada sekadar menggunakan ilmu kira-kira dan mitos masyarakat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top