Connect with us
Daun Sambiloto, Manfaat Daun Sambiloto, Khasiat Daun Sambiloto

Daun

60 Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun sambiloto merupakan salah satu jenis daun dari tumbuhan liar yang berkhasiat untuk obat herbal dan mengobati beberapa macam penyakit. Karena termasuk tumbuhan liar, sambiloto sangat mudah dijumpai di tempat-tempat sekitar lingkungan kita seperti di kebun, pekarangan, tanah kosong yang lembab dan juga di tepi sungai. Banyak yang belum mengetahui manfaat daun sambiloto untuk kecantikan dan kesehatan.

Daun Sambiloto, Manfaat Daun Sambiloto, Khasiat Daun Sambiloto

Banyak orang yang menganggap daun sambiloto sebagai daun dari tumbuhan pengganggu dan harus dibasmi. Padahal sebenarnya tanaman ajaib ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan dengan berbagai kandungan gizi alami yang ada di dalamnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Sambiloto :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Sambiloto

Jika kita mengetahui bahwa ternyata daun sambiloto memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat untuk kesehatan, mungkin kita akan menjaganya dan memanfaatkannya untuk pola hidup sehat kita.

Komponen utama dari tanaman sambiloto ini adalah andrographolide yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Selain itu, daun sambiloto juga memiliki kandungan alkaloid, falvonoid, tanin dan saponin. Kandungan senyawa kimia lain yang juga terdapat pada batang serta daun sambiloto adalah panikulin, hablur kuning, laktone dan kalmegin. Semua bagian dari tumbuhan ini mulai dari akar, batang, daun dan bunga memiliki rasa yang pahit saat dimakan atau diminum. Kandungan senyawa andrographolid menyebabkan rasa pahit, terutama pada bagian batang dan daunnya.

Daun beserta percabangannya memiliki kandungan laktone yang terdiri atas andrografolid (zat pahit), deoksiandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, neoandrografolid dan juga homoandrografolid. Selain itu, juga terdapat alkane, aldehid, flavonoid, keton, kalsium, kalium, natrium, damar dan asam kersik.

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan :

1. Membantu menurunkan demam

Kandungan antiperetika pada daun sambiloto diyakini sangat mujarab untuk membantu menurunkan panas dalam atau demam. maka konsumsilah dengan cara membuat rebusan daun sambiloto untuk menurunkan demam pada tubuh anda.

2. Mencegah resiko kanker

Khasiat daun tanaman sambiloto mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti penyakit tumor trofoblas (trofoblas ganas) dan tumor paru yang kesemuanya itu merupakan cikal bakal dari adanya penyakit kanker.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Senyawa kalium yang terdapat dalam daun tanaman sambiloto memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah percobaan farmakologi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa rebusan daun sambiloto dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Efektif untuk penderita tifus

Daun tanaman sambiloto juga diyakini dapat dijadikan obat penyakit tifus. Hal ini bisa dilakukan dengan mengambil sekitar 15 daun sambiloto lalu direbus hingga mendidih dan diminum.

5. Melindungi sel hati

Zat aktif andrografolid yang terdapat pada tanaman ini terbukti efektif sebagai hepatoprotektor yakni melindungi sel hati dari bahaya zat toksik.

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati gatal-gatal
7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
8. Mengobati malaria
9. Memeperlancar air seni
10. Menjaga stamina
11. Mengobati kencing manis
12. Mengobati sakit perut
13. Mencegah terjadinya infeksi saluran empedu
14. Mengobati gejala penyakit hepatitis
15. Mengatasi disentri basiler
16. Mengatasi diare
17. Mengobati radang paru
18. Mengobati tifoid
19. Mengobati bronkhitis (radang saluran pernafasan)
20. Mengobati OMA (radang telinga tengah)
21. Mengobati pielonefritis akut (radang ginjal akut)
22. Mengobati leptospirosis
23. Membantu meredakan sakit gigi
24. Mengobati radang usus buntu
25. Efektif sebagai penawar racun
26. Mengobati bisul
27. Mengobati anoreksi
28. Mengatasi liver
29. Mengobati HIV/ AIDS
30. Mengatasi hidung berlendir
31. Mengobati radang sendi
32. Mengatasi influenza
33. Mengobati infeksi sinus
34. Mengobati keracunan makanan laut
35. Mengatasi radang mulut
36. Mengobati keracunan tempe bongkrek
37. Mengobati keracunan singkong
38. Mengobati keracunan jamur
39. Mengatasi kusta
40. Mengobati abses paru
41. Mengobati kencing nanah
42. Mengobati radang tonsilitis
43. Peluruh lemak tubuh
44. Mengobati sakit kepala

Cara Memanfaatkan Daun Sambiloto untuk Kesehatan :

Pemanfaatan daun sambiloto pada bagian luar tubuh adalah dengan cara yaitu :

  1. Sediakan daun tanaman sambiloto secukupnya lalu cuci hingga bersih.
  2. Haluskan daun tersebut sampai halus.
  3. Kemudian letakkan daun yang sudah halus di dalam kain halus agar bekas daun sambiloto bisa ditampung dengan baik.
  4. Terakhir diamkan selama beberapa menit di atas bagian kulit yang bermasalah misalnya bisul, gatal-gatal atau kulit kering.

Pemanfaatan daun sambiloto pada bagian dalam tubuh adalah dengan cara yaitu :

  1. Sediakan beberapa daun sambiloto lalu cuci hingga bersih.
  2. Kemudian rebus daun tersebut dengan air secukupnya dan sisakan sekitar ¼ dari takaran air semula.
  3. Setelah itu, minum air rebusan daun sambiloto sebagai ramuan tradisional yang berkhasiat tinggi.

Pemanfaatan daun sambiloto sebagai pengobatan :

Seluruh tanaman sambiloto mulai dari akar, batang dan juga daunnya dijadikan herba kering. Ambil sekitar 20 gr herba kering tersebut untuk direbus. Bagi yang memiliki herba kering yang sudah digiling maka anda bisa langsung menyeduhnya dan meminumnya secara rutin 3 kali sehari. Untuk mengobati penyakit kanker, digunakan tablet, injeksi atau cairan infus.

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kecantikan :

Bukan tidak hanya untuk kesehatan saja, daun sambiloto juga memiliki banyak manfaat untuk menambah kecantikan penampilan kita. Berikut diantaranya:

1. Menghilangkan flek hitam

Manfaat daun sambiloto yang sudah cukup banyak diketahui masyarakat dan kini banyak digunakan adalah sebagai bahan pengobatan tradisional. Tak heran jika sekarang ini kita banyak menjumpai obat herbal dengan menggunakan bahan dasar daun tanaman sambiloto.

2. Menghilangkan jerawat

Daun sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat batu. Tanaman sambiloto memiliki sifat antibakteri yang mampu menekan pertumbuhan bakteri. Sifat antibakteri ini juga efektif untuk mencegah timbulnya jerawat karena mampu menangkal debu yang masuk pada pori-pori kulit.

3. Untuk mengobati kudis

Penyakit kudis dapat disembuhkan dengan tanaman sambiloto ini bersama campuran belerang yang dibuat menjadi pasta. Bagian tubuh yang terasa akibat kudis dapat diolesi langsung dengan pasta ini agar segera sembuh.

4. Untuk menyembuhkan luka bakar

Tanaman sambiloto ini juga dikenal masyarakat sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan luka bakar yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak zaitun.

5. Untuk memutihkan kulit

Tanaman sambiloto memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk menutrisi kulit agar nampak putih bersinar. Lulur yang terbuat dari tanaman ini akan membuat kulit kita semakin bercahaya dan tentunya aman karena dibuat dari bahan yang alami.

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit wajah
7. Mengatasi minyak berlebih
8. Mengatasi penuaan dini

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015 “Food and Applied Bioscience Journal” oleh Bussaman dkk. menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki manfaat penting sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Tanaman ini dapat melindungi kulit dengan aktivitas antibakteri yang melawan bakteri penyebab jerawat. Zat aktif tersebut yakni senyawa flavonoid dan senyawa lakton. Dan senyawa yang tidak larut dalam air, yaitu dehidroandrografolida, neoandrografolida, andrografolida, deoksianografolida, dan andropolida. Dehidroandrografolida bermanfaat untuk mengatur kelenjar pituitary sehingga hormon yang menjadikan sinyal pembuat kortisol keluar dan berfungsi sebagai agen antiinflamasi.

Cara Memanfaatkan Daun Sambiloto untuk Kecantikan :

Ekstrak daun sambiloto bisa langsung dioleskan pada bagian kulit atau wajah yang bermasalah misalnya jerawat maupun flek hitam. Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa larutan yang mengandung 5% ekstrak sambiloto mampu menekan pertumbuhan bakteri.

Cara membuat ekstrak tersebut juga cukup mudah yakni dengan menyiapkan beberapa helai daun sambiloto dan cucu hingga bersih. Setelah itu, haluskan daun tanaman sambiloto sampai halus lalu dioleskan sebagai ekstrak alami untuk perawatan kulit wajah. Cara ini cukup simpel, mudah dan murah karena tanaman sambiloto ini sangat mudah ditemui mungkin juga banyak tersedia di sekitar lingkungan anda.

Efek Samping Daun Sambiloto :

Efek Samping Daun Sambiloto

Meskipun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan, namun daun tanaman sambiloto juga memiliki efek samping dalam penggunaanya. Efek samping yang muncul saat mengkonsumsi daun sambiloto diantaranya:

  1. Mulut akan terasa pahit
  2. tekanan darah rendah
  3. sakit kepala
  4. gangguan kesuburan
  5. pendarahan
  6. penyakit autoimun
  7. beresiko keguguran bagi ibu hamil
  8. hilangnya nafsu makan dan kelelahan

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi tanaman sambiloto ini. Akan lebih baik jika kita berkonsultasi terlebih dahulu pada pakar obat tradisional untuk mendapatkan manfaat tanaman sambiloto secara maksimal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ternyata banyak sekali manfaat daun sambiloto untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tanaman alami dengan sejuta manfaat ini sangat sayang sekali jika tidak diambil manfaatnya. Namun kita harus tetap ingat bahwa tanaman ini juga memiliki efek samping dalam penggunaannya.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top