Connect with us
Daun Sambung Nyawa, Manfaat Daun Sambung Nyawa, Khasiat Daun Sambung Nyawa

Daun

30 Manfaat dan Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun sambung nyawa atau sering disebut dengan daun dewa merupakan daun tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan pengobatan. Tanaman yang memiliki nama latin gynura civaricata ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari akar hingga bagian daunnya. Daun sambung nyawa memiliki nama lain diberbagai wilayah seperti daun sambung nyawa (Jawa), daun dewa (Jawa Tengah), san qi cao (Cina).

Daun Sambung Nyawa, Manfaat Daun Sambung Nyawa, Khasiat Daun Sambung Nyawa

Daun tanaman herbal ini berasal dari Cina dan Myanmar. Daun sambung nyawa sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal dan tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kandungan dan apa saja manfaat dari daun sambung nyawa.

Kandungan Daun Sambung Nyawa :

Daun sambung nyawa memiliki khasiat yang cukup besar untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini karena daun dewa memiliki kandungan gizi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan gizi tersebut diantaranya saponin, flavonoid dan juga minyak asiri.

Selain itu, obat herbal ini juga memiliki sifat antitoktik, dingin, netral, anti radang, anti kanker dan juga sifat hiportensif yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan gizi tersebut efektif untuk melancarkan darah, membantu mengobati sakit maag dan juga berbagai macam penyakit lainnya.

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan :

1. Membantu mengobati diabetes

Penyakit kencing manis atau diabetes menjadi salah satu kondisi tidak sehat yang amat serius dan memerlukan perhatian khusus, terlebih pada konsumsi makanan. Bagi anda yang menderita diabetes maka disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal daun dewa untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Sifat hipoglikemin yang terdapat dalam daun dewa dipercaya ampuh menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Caranya pun cukup mudah yakni dengan meminum air rebusan daun sambung nyawa secara rutin minimal satu kali dalam sehari.

2. Membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi memang menjadi penyakit yang sangat membahayakan nyawa seseorang. Ini karena tekanan darah yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, masalah tekanan darah yang tidak normal harus segera mendapatkan penanganan khusus. Untuk mengatasi gejala heipertensi maka kita bisa memanfaatkan ramuan yang dibuat dari daun sambung nyawa. Sifat hipotesif yang terdapat pada daun dewa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

3. Membantu mengobati dan mencegah resiko serangan jantung

Penyakit jantung adalah penyakit kronis yang paling membunuh didunia. Penyakit ini biasanya berawal dari tekanan darah tinggi, berhentinya aliran darah dan penggumpalan darah. Nah, tanaman herbal daun dewa memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dengan kata lain daun sambung nyawa ini juga berkhasiat untuk melindungi kesehatan jantung kita.

4. Membantu mengobati stroke

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang diakibatkan ole adanya penyumbatan pada aliran darah arteri. Hal ini menyebabkan aliran darah yang menuju ke otak tidak berjalan dengan lancar. Masalah penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan medis. Anda bisa juga mengatasi gejala stroke dengan pengobatan alami yakni dengan memanfaatkan daun dewa.

5. Menghilangkan kutil

Kutil adalah sejenis tumor jinak yang meskipun tidak berbahaya namun sangat mengganggu aktifitas dan kenyamanan. Bagi anda yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah ini, disarankan untuk menggunakan daun dewa untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun dewa lalu letakkan pada bagian kulit dan lekatkan dengan menggunakan plester.

6. Mengobati gangguan pernafasan atau batuk

Gangguan pernafasan atau batuk juga bisa disembuhkan dengan menggunakan daun dewa. Bagkan batuk parah yang disertai dengan adanya muntah darah dapat disembuhkan dengan membuat ramuan herbal dari daun sambung nyawa. Caranya pun cukup mudah yakni dengan meminum resbusan daun dewa sebanyak ½ gelas sehari tiga kali.

7. Membantu mengatasi kejang

Kejang-kejang saat demam yang terlalu tinggi umum dialami oleh anak-anak. Hal ini tentunya membuat kita sebagai orang tua merasa sangat khawatir. Ramuan daun dewa dapat anda manfaatkan sebagai obat herbat untuk mengatasi kejang pada anak kesayangan anda. Disarankan untuk mencampurkan sedikit arak pada ramuan daun dewa sebelum diminumkan pada si kecil.

8. Membantu menurunkan demam

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, daun sambung nyawa bermanfaat untuk mengatasi kejang anak yang disebabkan karena demam tinggi. Ramuan dari daun sambung nyawa ini dapat dikonsumsi secara rutin 2 kali sehari hingga demam benar-benar turun.

9. Mengobati ambien atau wasir

Ambien atau wasier juga dapat diatasi dengan ramuan daun dewa. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa daun dewa lalu rebus dan diminum bersama dengan daging tanaman lidah buaya. Tambahkan sedikit madu murni agar ramuan tidak terasa hambar. Jika wasir yang dialami sangat parah, maka anda bisa menggunakan daun sambung nyawa segar, ambil yang keluar getahnya lalu masukkan pada bagian anus.

10. Melancarkan haid

Bagi wanita yang biasanya memiliki masalah pada siklus haid atau haid yang tidak lancar maka anda bisa menggunakan daun sambung nyawa untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan merebus beberapa daun dewa lalu minum ramuan tersebut sehari dua kali secara teratur maka sikus haid anda menjadi lancar kembali.

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan Lainnya :

11. Mengobati kanker

12. Membantu mengobati sinusitis

13. Mengatasi penyakit tumor

14. Mengobati eksim

15. Membantu mengobati titanus

16. Membantu menjaga kesehatan ginjal

17. Mengobati luka

18. Mengobati gigitan binatang

19. Mengobati masuk angin

20. Mengobati reumatik

21. Mengobati asam urat

22. Mengobati sakit maag

Cara Memanfaatkan Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan :

Daun sambung nyawa dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah dan juga sebagai sayuran. Anda bisa menambah daun sambung nyawa ini dalam menu smoothie atau salad atau bisa juga dimasak dengan menambahkan mentega. Anda juga bisa menambahkan daun ini pada menu sup atau diseduh seperti membuat teh.

Kebanyakan menyarankan untuk mengkonsumsi daun sambung nyawa sebanyak 3-6 lembar setiap harinya. Tanaman yang dijuluki dengan “bayang panjang umur” di negara barat ini mudah ditanam dan tumbuh dengan cepat sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman apotek hidup serta sumber sayuran dengan kandungan nutrisi tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kecantikan :

Selain memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh, daun sambung nyawa juga bermanfaat untuk memaksimalkan kecantikan anda.

1. Berkhasiat untuk mengatasi jerawat

Kandungan gizi yang terdapat pada daun sambung nyawa ini bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk membasmi masalah jerawat. Jerawat bisa hilang seketika jika anda menggunakan ramuan herbal ini dengan teratur.

2. Menghaluskan kulit

Selain ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, daun dewa juga berkhasiat untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Untuk mendapatkan kulit halus dan maksimal maka gunakan ramuan ini secara berkelanjutan.

3. Menghilangkan sel kulit mati

Sel-sel kulit mati akan hilang dan berganti dengan sel baru apabila kita memanfaatkan daun dewa secara teratur sebagai masker alami pada wajah.

4. Menghilangkan flek hitam

Masker daun dewa juga diyakini ampuh untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Gunakan masker daun ini secara teratur dalam wajah anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak amat sangat mengganggu penampilan, terlebih saat kita menggunakan make up. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan masker daun dewa secara rutin

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi kulit kering

7. Mengatasi kulit keriput

Cara Memanfaatkan Daun Sambung Nyawa untuk Kecantikan :

Cara untuk memanfaatkan daun dewa untuk kecantikan ini cukup mudah, yakni dengan menumbuk atau meremas daun sambung nyawa sampai mengeluarkan getah. Setelah itu, gunakan sebagai masker alami pada wajah dan tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah misalnya berjerawat. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

Efek Samping Daun Sambung Nyawa :

Daun sambung nyawa yang dikonsumsi secara berlebih atau tidak dengan dosis yang ditentukan akan memberikan efek samping seperti alergi dan gangguan tidur. Mungkin juga akan memberikan efek samping yang berbeda tergantung pada kondisi tubuh masing-masing orang.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat dari daun sambung nyawa yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Selain bagus untuk menjaga kesehatan, obat herbal ini bisa kita jadikan piranti untuk menambah kecantikan secara alami.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top