Connect with us
Daun Serai, Daun Sereh, Daun Sere, Manfaat Daun Serai, Khasiat Daun Serai

Daun

65 Manfaat dan Khasiat Daun Serai untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun SeraiSereh atau Cymbopogon Citratus adalah daun dari jenis tanaman rempah-rempah yang pohonnya seperti rumput-rumputan besar. Manfaat daun serai untuk bahan campuran masakan agar memiliki rasa dan bau yang khas semriwing. Meskipun penggunaan batang serai lebih dominan, namun daunnya pun terkadang ikut dimasukkan.

Daun Serai, Daun Sereh, Daun Sere, Manfaat Daun Serai, Khasiat Daun Serai

Bagian daun serai ini memiliki aroma yang khas, meski tak setajam batangnya, namun ternyata cukup efektif pula untuk dicampurkan pada masakan agar menghasilkan bau dan rasa yang nikmat. Sebagaimana terlihat dalam mayoritas masakan khas melayu dan Indonesia. Terutama jenis masakan yang kaya bumbu rempah dan berkuah, cenderung pakai serai.

Manfaat daun serai ini untuk kesehatan salah satunya adalah menghangatkan tubuh. Sebab memang ada sensasi semriwing dan hangat sebagaimana jahe atau lengkuas. Selain itu, menambahkan daun serai ke dalam masakan juga membuat cita-rasa makanan jadi meningkat. Sehingga nafsu makan pun lahap.

Penggunaan daun serai ini pada dasarnya memang kurang lazim untuk masakan. Namun jika menilik pemanfaatannya secara objektif, bagian daun ini memang harusnya mulai banyak dimanfaatkan. Jangan hanya berfokus pada batangnya. Apalagi daun sereh ini pun banyak kandungan gizinya, sayang kalau sampai dibuang.
Ada pula informasi mengenai pemanfaatan daun serai ini ternyata bisa dibuat teh herbal. Caranya dengan mengeringkan daun dan batang serainya. Manfaat teh serai ini bisa untuk mengobati flu, demam dan masuk angin.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Serai :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Serai

Biasanya di dalam menganalisis kandungan gizi dan nutrisi serai, itu akan dibuat dalam takaran per 100 gram. Tanaman serai ini pun di dalam seratus gramnya terdapat aneka vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah komposisinya:

• Energi Total: 99 kkal
• Lemak Total: 0,4 mg
• Kalium: 750 mg
• Natrium: 5 mg
• Karbohidrat Total: 27 gr
• Protein: 2 gr
• Kalsium: 70 mg
• Zat Besi: 8,5 gr
• Magnesium: 62 gr
• Vitamin A: 7 IU
• Vitamin B6: 0,2 mg
• Vitamin B12: 0 mg
• Vitamin C: 3 mg

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan :

1. Menghangatkan Badan

Daun serai memiliki manfaat menghangatkan tubuh. Badan yang sedang kedinginan karena demam atau pengaruh cuaca akan normal suhunya lagi setelah konsumsi makanan atau minuman yang mengandung ekstrak daun sereh ini.

2. Mengobati Angin Duduk

Manfaat daun serai juga ampuh mengatasi angin duduk. Penyakit ini dalam dunia medis dikenal sebagai Angina, biasanya terjadi karena masuk angin, kelelahan, asam lambung , maupun ada gangguan jantung, paru-paru, hati, ginjal maupun usus. Angin duduk yang para bisa menyebabkan kematian, untuk itu atasi saja segera dengan daun sereh.

3. Mengatasi Masuk Angin

Kemudian, khasiat daun sereh bagus sekali buat atasi masuk angin. Ini mirip dengan angina, hanya saja lebih ringan gejala sakitnya dan gampang sembuhnya. Biasanya orang memilih minum jahe, jamu atau dikerokin. Namun coba alternativf lain seperti minum rebusan daun serai. Efeknya tak kalah berkhasiat.

4. Menyembuhkan Meriang

Meriang pada dasarnya adalah sensasi sakit campur aduk. Antara kelelahan, letih, lesu, nyeri otot dan sendi, pegal-pegal badan dan rasanya tak keruan. Faktor penyebab meriang paling umum adalah tubuh kehilangan tenaga dan sistem kelistrikannya. Untuk itu membutuhkan obat herbal seperti daun sereh yang mengandung kalium dan natrium melimpah.

5. Menambah Nafsu Makan

Memakan makanan atau meminum minuman yang berbahan daun sereh ampuh buat meningkatkan nafsu makan. Cocok diberikan kepada orang sakit yang sedang kehilangan selera makannya. Bisa pula diberikan kepada anak-anak yang susah makan. Manfaat daun serai ini mirip dengan manfaat temulawak.

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi pilek
7. Mengobati demam
8. Mengatasi sakit kepala
9. Menghilangkan asam lambung
10. Mengobati batuk
11. Menghilangkan rasa lemas
12. Menguatkan badan
13. Meningkatkan antibodi
14. Membuat pikiran tenang
15. Mencegah gangguan jiwa
16. Membuat badan berisi
17. Melancarkan air seni
18. Menyebuhkan sembelit
19. Mencegah rabun mata
20. Menambah energi di tubuh

Cara Memanfaatkan Daun Serai untuk Kesehatan :

Memanfaatkan daun serai untuk kesehatan sangat mudah. Daun ini bisa langsung dimasukkan bersama batang serai ke dalam masakan yang berbumbu rempah, misalnya untuk membuat rawon. Sebaiknya daun yang digunakan juga adalah daun yang berada di dekat batang.

Sebelum dimasukkan ke dalam masakan, terlebih dahulu batang dan daun serai dicuci bersih. Kemudian digeprek atau dipukul hingga pipih. Tujuannya supaya aromanya bisa keluar dengan baik.

Pemanfaatan daun serai untuk kesehatan juga bisa dengan cara dikeringkan dulu. Biasanya ini untuk proses penyulingan minyak atsiri atau pembuatan teh herbal berbahan serai wangi.

Manfaat Daun Serai untuk Kecantikan :

1. Membuat Awet Muda

Untuk kecantikan, khasiat daun sereh terkenal ampuh meremajakan kulit. Sehingga kulit terkesan awet muda. Seluruh organ tubuh juga mengalami peremajaan sehingga performanya lebih baik lagi.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat mudah hilang dengan konsumsi makanan yang baik. Seperti makanan yang mengandung ekstrak daun serai ini.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selanjutnya, khasiat daun serai juga terkenal ampuh buat mengangkat sel kulit mati. Proses regenerasi sel kulit berjalan dengan lebih baik.

4. Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit pun bisa dicegah dengan rutin konsumsi rempah-rempah dari daun serai ini. Proses pencegahan ini berjalan seumur hidup selama masih konsumsi rumput wangi ini.

5. Memutihkan Wajah

Manfaat daun serai perlahan-lahan juga memberikan efek memutihkan kulit wajah. Namun harus sabar dalam mengonsumsinya dan rutin.

Manfaat Daun Serai untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat badan fresh
7. Mengatasi bau badan
8. Membuang lemak
9. Menyehatkan rahim
10. Membuat paras jadi good looking
11. Membuat badan jadi gesit
12. Menurunkan berat badan
13. Membantu mempercepat pertumbuhan
14. Menyeimbangkan hormon wanita
15. Mencegah munculnya jerawat
16. Mengatasi flek hitam
17. Mencegah kerutan
18. Meregenerasi sel kulit
19. Mengatasi komedo
20. Membuang minyak berlebih di wajah

Cara Memanfaatkan Daun Serai untuk Kecantikan :

Kecantikan juga bisa diupayakan dengan memanfaatkan daun serai. Caranya sama saja dengan untuk kesehatan, yaitu melalui oral atau masuk pencernaan. Daun ini dijadikan bumbu rempah-rempah campuran masakan. Bisa pula untuk membuat minuman dan minyak esensial.

Manfaat daun sereh untuk kecantikan tidak dirasakan seketika. Namun akan dirasakan perlahan-lahan secara simultan. Makanya harus rutin memakai bahan penyedap rasa alami.

Efek Samping Daun Serai :

Efek Samping Daun Serai

Ada pula beberapa efek samping yang bisa terjadi bilamana mengonsumsi daun sereh ini. Pada dasarnya daun ini fungsinya hanya sebagai penyedap saja, bukan buat ditelan. Makanya kalau masakan sudah jadi, tentu saja daun ini dibuang bersama batang dan bumbu-bumbu padat dan kasar lainnya, seperti jahe dan lengkuasnya misalnya. Supaya perut tidak mual kalau memakannya. Berikut adalah beberapa reaksi efek samping yang mungkin terjadi:

1. Mual
2. Muntah
3. Alergi
4. Hidung Mampet
5. Bersin-Bersin

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Betapa banyaknya memang manfaat daun sereh yang bisa dicoba. Berbagai manfaat di atas sudah selayaknya dicoba dari sekarang. Cobalah berkreasi masakan yang bahan bakunya membutuhkan daun sereh ini. Dan sekali-kali coba pula buat membuat minuman herbal dari sereh yang dikeringkan.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Daun

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top