Connect with us

40 Manfaat dan Khasiat Daun Seri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

40 Manfaat dan Khasiat Daun Seri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun seri atau daun talok merupakan daun yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan obat herbal. Berdasarkan pengalaman orang yang mengidap gula darah tinggi, manfaat daun seri untuk mengurangi kadar gula dalam darah ternyata memang terbukti benar. Kadar gula darah yang di angka 300 mampu berkurang sampai di kisaran 200 hingga mendekati normal. Tak hanya untuk menurunkan kadar gula darah, juga berkhasiat untuk berbagai kesehatan lainnya seperti antihipertensi, antiseptic, antitumor dan lain-lain. Bahkan untuk kecantikan juga dimanfaatkan.

Daun Seri, Daun Talok, Daun Kersen, Manfaat Daun Seri, Khasiat Daun Seri

Daun seri disebut juga daun talok atau daun kersen. Berupa pohon kecil yang tingginya hanya sekitar 5 meter saja, tajuk lebar. Buahnya berbentuk buni, beraroma harum, seukuran kelereng kecil, saat matang, berwarna merah dan rasanya manis. Daunnya berbentuk jorong, bagian tepi bergerigi, permukaan daun terasa kasar seperti ada bulu. Tangkai daun pendek dan berwarna hijau seperti pada daun.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Seri :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Seri

Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, antara lain: karbohidrat, protein, lemak tak jenuh berantai ganda, senyawa kelompok flavonoid (biflavan, flavan, flavanone, dan falavone), alkaloid, tannin, saponin, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor. Zat-zat tersebut bersifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, dan antiseptik.

Loading...

Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan :

1. Membantu pengurangan kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah tergantung seberapa efektif insulin merombak glukosa menjadi gula sederhana dan energi. Kadar insulin harus mencukupi untuk perombakan ini. Senyawa kelompok flavonoid dan saponin mendorong produksi insulin sampai kadar yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, kadar gula dalam darah bisa terkontrol dan berada pada kisaran normal.

2. Menghambat dan mematikan perkembangan sel-sel kanker

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan seperti pada kelompok senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, tannin, vitamin C, dan mineral bersama-sama menghambat perkembangan sel-sel kanker. Antioksidan akan menangkap zat-zat yang bersifat radikal bebas di tubuh dan menetralkannya yang selanjutnya dieksresikan melalui berbagai jaringan. Radikal bebas ini merupakan pemicu terbentuknya sel-sel abnormal.

3. Mendukung kesehatan jantung

Daun kersen ternyata mampu menjaga fungsi-fungsi otot jantung supaya bisa bekerja dengan normal. Kerja otot jantung yang baik akan membuat denyut jantung normal sehingga jauh dari risiko terkena serangan jantung.

4. Mengontrol tekanan darah tinggi

Adanya tekanan darah tinggi membuktikan adanya gangguan dalam sirkulasi darah dan jantung. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya kadar koleseterol jahat yang menyumbat pembuluh darah arteri. Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan akan menghambat kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga sirkulasi darah lebih lancar.

5. Meredakan peradangan

Pengobatan warisan nenek moyang kita yang sampai saat ini bisa diterapkan. Daun talok akan meredakan peradangan yang terjadi akibat mekanis atau akibat infeksi. Cukup dengan menghaluskan daun seri lalu ditempelkan ke bagian yang terasa sakit atau radang.

Manfaat Daun Seri Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mematikan bakteri

7. Membantuk mengurangi kadar kolesterol jahat

8. Mendukung program diet Anda

9. Memperlancar sirkulasi darah

10. Mengurangi rasa nyeri

11. Antioksidan

12. Menambah kemampuan daya tahan tubuh

13. Antikanker

14. Mencegah stroke

15. Mencegah penyakit jantung koroner

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

17. Detoksifikasi

18. Menawarkan racun-racun di dalam tubuh

19. Mencegah infeksi

20. Mengobati diare

21. Anti uric acid atau asam urat

22. Meningkatkan libido

23. Mengatasi insomnia atau sulit tidur

Cara Memanfaatkan Daun Seri Untuk Kesehatan

Ada beberapa cara mengolah daun kersen untuk kesehatan, antara lain: direbus, diseduh, dihaluskan untuk dibuat jus atau tapal.

  1. Direbus. Caranya, ambil segenggam daun kersen, lalu dicuci bersih. Rebuslah rempah-rempah ini dengan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih. Setelah tinggal tersisa 1 gelas, angkat dan dinginkan. Konsumsi rebusan ini sebanyak 2 kali, pagi dan sore yang masing-masing setengah gelas. Lakukan rutin sampai kadar gula darah atau kolesterol menurun. Konsultasikan dengan dokter.
  2. Bisa saja dibuat seduhan teh daun kersen. Cara membuatnya sama dengan kita membuat minuman teh.
  3. Dihaluskan untuk dibuat jus atau tapal. Segenggam daun seri dihaluskan dengan blender. Halusan ini bisa dibuat minuman. Untuk tapal, cara menghaluskan cukup dengan diremas-remas, lalu ditempelkan ke bagian yang sakit.

Manfaat Daun Seri Untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan kulit

Daun talok kaya senyawa-senyawa antioksidan, vitamin C, dan mineral sangat  bagus untuk menghaluskan kulit. Terutama untuk kulit kering dan kasar. Selain memberi nutrisi pada kulit juga membantu mengenyahkan zat-zat yang bersifat racun pada kulit.

2. Memperindah kuku

Kuku tampak indah dan sehat dengan membubuhkan tumbukan daun kersen ke bagian kuku kita. Zat-zat bersifat antioksidan dan mineral akan membersihkan lapisan terluar dari kotoran-kotoran yang menempel sekaligus menghaluskannya sehingga tampak mengkilap dan indah.

3. Melenyapkan jerawat

Jerawat yang muncul di wajah bisa dilenyapkan dengan membubuhkan halusan daun kersen ke bagian yang berjerawat. Sebagai antiradang dan antiinfeksi akan membantu mematangkan jerawat sekaligus melindungi dari infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan.

4. Menyuburkan rambut

Seperti halnya daun urang aring dan abu batang padi, daun kersen juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Caranya, dibuat dengan mengkstrak daun-daun talok yang ke dalam air. Lalu air ini dibilaskan ke rambut. Dengan perlakuan rutin, rambut akan tumbuh lebih subur.

5. Mengharumkan badan

Daun talok mengeluarkan aroma yang harum. Dengan mengkonsumsi teh daun talok, menambah keharuman badan kita. Sangat cocok bagi orang-orang yang punya permasalahan bau badan. Buah talok juga memiliki khasiat yang sama untuk menghilangkan bau badan.

Manfaat Daun Seri Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melangsingkan badan

7. Menghilangkan ketombe

8. Meremajakan kulit

9. Antiaging atau menunda penuaan dini

10. Menyegarkan kulit

11. Mencerahkan kulit

Cara Memanfaatkan Daun Seri Untuk Kecantikan :

Cara yang lazim digunakan yaitu dengan membuat masker untuk wajah dan meminum seduhan daunnya. Cara pembuatan masker cukup mudah dengan menghaluskan daun-daun kersen menggunakan blender dan ditambah sedikit air. Halusan ini lalu dicampur dengan pengental dan pengarum. Selanjutnya, tinggal dibuat masker wajah.

Sebagai minuman layaknya teh. Keringkan daun talok, lalu dihancurkan sampai berbentuk serbuk kasar. Serbuk ini bisa langsung diseduh dengan air panas. Seduhan inilah yang rutin diminum setiap hari sampai khasiatnya terasa di tubuh.

Efek Samping Daun Seri :

Efek Samping Daun Seri

Efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh kita, antara lain: reaksi alergi, rasa mual, muntah-muntah, sakit perut, gangguan fungsi ginjal, bukan konsumsi untuk ibu hamil maupun menyusui. Efek samping tersebut bisa saja terjadi bila sampai konsumsinya terlalu berlebihan. Hal ini karena kandungan senyawa antioksidan pada daun seri termasuk kuat. Pada dosis yang tepat, zat-zat ini memang berkhasiat bagi tubuh kita, tapi bila konsumsinya berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh karena menjadi racun.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun seri atau daun talok memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan pada tubuh kita. Namun, perlu diwaspadai efek sampingnya. Hal ini karena sifat senyawa kelompok flavonoid yang bukan makanan atau memberikan nutrisi bagi tubuh kita. Senyawa-senyawa ini berkhasiat obat, tapi juga bisa menjadi racun. Terutama penggunaan yang terlalu berlebihan maupun yang terlalu sering. Jadi, selalu konsultasikan dengan dokter bila akan memanfaatkannya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top