Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Singkong merupakan daun dari tanaman singkong. Daun singkong (Manihot esculenta), daun ketela pohon, daun ubi kayu atau dalam bahasa Jawa disebut godong boled sangat populer dijadikan sayuran maupun bahan makanan. Manfaat daun singkong untuk kesehatan dan kecantikan rupanya banyak sekali. Daun ketela pohon terkenal kaya dengan zat besi yang bisa mengobati anemia dan tekanan darah rendah. Selain itu, makan daun tanaman singkong ini pun bisa membuat kulit jadi halus, tidak bersisik dan kering lagi. Apalagi kalau menyantapnya dengan cara direbus tanpa bahan tambahan lain seperti santan dan bumbu.

Daun Singkong, daun ketela pohon, daun ubi kayu, Manfaat Daun Singkong, Khasiat Daun Singkong

Rebusan daun ketela pohon identik dengan lalapan dan masakan Padang. Rasanya yang lezat dengan tekstur yang liat dan kenyal bisa diperoleh asalkan tahu cara mengolahnya dengan benar. Biasanya masyarakat merebus daun ketela pohon dengan dicampur “bleng”, garam khusus yang fungsinya untuk melunakkan daun.

Olahan daun singkong sangat digemari oleh semua usia. Sebab rasanya yang memang lezat dan tidak begitu berbau sebagaimana jenis sayuran yang lainnya. Selain untuk bahan masakan, biasanya daun singkong juga dipakai untuk pakan ternak. Hanya saja yang dipilih adalah jenis daun dari tanaman singkong yang “memang tidak dikonsumsi oleh manusia”, misalnya pohon singkong tahun.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Singkong :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Singkong

Loading...

Seluruh jenis daun-daunan yang bisa dimakan artinya memiliki kandungan gizi dan nutrisi. Gizi dan nutrisi merupakan term yang menunjukkan berbagai kandungan zat, vitamin dan mineral di dalam daun singkong ini yang memiliki efek untuk manusia, terutama di bidang kesehatan dan kecantikan.

Dilansir dari berbagai sumber, rupanya kandungan gizi daun singkong itu melimpah. Di dalam 100 gram daun ketela pohon, akan ditemukan berbagai komposisi nutrisi seperti di bawah ini:

• Kalori: 73 kkal
• Protein: 7 gram
• Karbohidrat: 15 gram
• Zat besi: 3 miligram
• Lemak: 1 gram
• Kalsium 170 miligram
• Fosfor: 50 miligram
• Vitamin A: 10.000 IU
• Vitamin B1: 0,2 gram
• Vitamin C: 200 miligram

Melihat berbagai komposisi di atas jelaslah menunjukkan bahwa manfaat daun singkong pasti banyak pula buat kesehatan dan kecantikan. Seperti yang akan diuraikan selanjutnya adalah perihal manfaat tersebut.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan :

1. Mengobati Hipotensi

Hipotensi adalah gangguan tekanan darah rendah. Di mana hasil tekanan darah menunjukkan angka di bawah 110. Biasanya dalam tingkatan 100 masih bisa ditolerir oleh tubuh manusia, cuma agak pusing. Tapi kalau sampai tekanan darah mencapai 90 bahkan lebih kecil lagi, ini bahaya. Makanya harus diatasi dengan konsumsi daun singkong ini.

2. Mencegah Darah Tinggi

Meskipun bisa mengobati hipotensi, namun memakan daun singkong tidak akan membuat hipertensi.

3. Mengatasi Susah BAB

Buat yang susah buang air besar, maka manfaat daun singkong ini bisa buat atasi itu. Sembelit akan sembuh segera, asalkan rutin mengonsumsi rebusan daun ketela pohon yang masih muda.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Khasiat daun singkong begitu ampuh buat meningkatkan nafsu makan. Apalagi kalau makannya sama sambal dan nasi hangat, ditambah lauk seperti ikan asin atau ayam goreng.

5. Memperbaiki Imunitas yang Rusak

Imunitas adalah sistem kekebalan tubuh. Antibodi ini bisa melemah saat seseorang sedang sakit. Untuk itu tingkatkan segera imunitas dan perbaikinya dengan makan daun ketela pohon.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan nyeri
7. Baik untuk diet
8. Membuat badan jadi segar
9. Mengatasi meriang
10. Mencegah gangguan jantung
11. Mengatasi gangguan paru-paru
12. Membuat tidur nyenyak
13. Menghilangkan asam lambung
14. Mencegah maag
15. Membantu penyerapan gizi
16. Mengatasi panas dalam
17. Mencegah sariawan
18. Mengobati gangguan saluran cerna
19. Menyehatkan usus
20. Menghilangkan rasa mual

Cara Memanfaatkan Daun Singkong untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan daun singkong demi kesehatan, maka bisa dicoba berbagai cara dan resep. Daun ketela pohon bisa diolah jadi sayur lodeh, tumisan, pepes, bahkan kerupuk. Tinggal disesuaikan dengan selera.

Namun untuk memperoleh rasa dan manfaat yang ekstra maksimal, sebaiknya pilih hanya daun yang muda. Sehingga nantinya kandungan gizinya masih lengkap dengan sensasi rasa yang lezat.

Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus jadi dambaan wanita. Mereka rela melakukan perawatan yang mahal menggunakan aneka krim atau laser. Konsultasi ke dokter tidak cukup sekali dua kali, namun bertahun-tahun. Tentu ini membutuhkan biaya yang besar, untuk itu cobalah alternatif menghaluskan kulit dengan daun singkong.

2. Mencerahkan Wajah

Selain menghaluskan, rupanya manfaat daun singkong juga bisa mencerahkan. Artinya memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit hitam, kusam, kering, berkerut dan menua. Ketika kulit wajah cerah tentunya bakalan meningkatkan kepercayaan diri.

3. Melembabkan Kulit

Kulit lembab perlu diupayakan. Namun lembab di sini bukan karena minyak, melainkan karena seimbangnnya kadar cairan di kulit. Kulit lembab ini membuat kesan kenyal saat kulit disentuh. Selain itu juga bakal ampuh mencegah komedo dan penumpukkan minyak di bawah lapisan kulit.

4. Meluruhkan Lemak

Manfaat daun singkong ampuh buat meluruhkan lemak pula. Artinya ini bisa mencegah obesitas dan cocok untuk diet. Sebaiknya untuk mendapatkan efek luruhkan lemak ini pun konsumsi daunnya jangan dicampur dengan minyak. Jadi cukup direbus saja.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Kandungan vitamin C pada daun singkong ampuh buat mengatasi bibir pecah-pecah. Di mana bibir pecah ini sebenarnya sangat menganggu penampilan karena membuat senyum dan wajah kurang indah dan pucat dipandang.

Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan bekas luka
7. Mencegah jerawat
8. Mengobati jerawat
9. Mengatasi flek hitam
10. Mencegah penuaan dini
11. Meremajakan kulit
12. Membantu regenerasi sel kulit
13. Membuat kulit berwarna segar
14. Menghindari kulit pucat
15. Menyamarkan garis penuaan
16. Mencegah bau badan
17. Membuat badan langsing
18. Membuat mata jadi indah
19. Menghilangkan bau mulut
20. Mencegah kulit kering

Cara Memanfaatkan Daun Singkong untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan jenis daun singkong mudah saja. Tinggal direbus saja hingga lunak. Untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang terbaik, maka pilihlah daun yang masih muda-muda. Lebih sempurna lagi jika menambahkan “uyah bleng” alias garam khusus yang membuat teksturnya benar-benar lunak dan mudah ditelan.

Oleh karena ini demi kecantikan, memang alangkah baiknya olahannya murni daun singkong direbus. Tanpa tambahan apa-apa, seperti garam, gula, santan dan bumbu-bumbu, serta minyak. Selain itu, sebaiknya juga langsung menghabiskan rebusan daun ketela pohon dalam waktu yang singkat. Jangan masukkan ke dalam kulkas, sebab nanti bisa jadi biang tumbuh bakteri.

Efek Samping Daun Singkong :

Efek Samping Daun Singkong

Banyak sekali efek samping dari daun ubi kayu yang mestinya diperhatikan dan dipahami baik-baik. Sebab dengan mengetahuinya, maka bisa mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi. Sebab sebaik apapun jenis daun yang bisa dijadikan sayuran, tetap ada kontra indikasi yang mungkin terjadi, seperti:

1. Mengantuk
2. Muntah
3. Iritasi lidah
4. Alergi
5. Keracunan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai kandungan gizi beserta manfaat daun singkong di atas hanya akan didapatkan jika rutin mengonsumsi daun singkong ini. Namun bilamana tidak rutin, tentu saja manfaatnya akan kurang berasa, selain membuat badan bugar sesaat. Selain itu, efek samping dari daun ubi kayu terjadi hanya jika memang memiliki bakat alergi terhadap daun ini. Ataupun karena salah dalam mengolah dan memasaknya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top