Connect with us
Daun Sirih, Manfaat Daun Sirih, Khasiat Daun Sirih, Daun Suruh

Daun

65 Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun sirih selama ini dikenal oleh sebagian besar masyarakat termasuk anda karena kerap digunakan kalangan lansia, yaitu nenek dan kakek untuk menginang atau menyirih. Padahal jenis daun herbal yang bernama ilmiah piper betle ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan, beberapa produsen kosmetik juga telah memanfaatkan ekstrak daun sirih pada setiap produk kecantikannya. Manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan tidak terlepas dari kandungan senyawanya.

Daun Sirih, Manfaat Daun Sirih, Khasiat Daun Sirih, Daun Suruh

Tumbuhan yang merambat pada batang tanaman daun sirih memang mengandung berbagai senyawa yang berpotensi menyehatkan tubuh dan mempercantik wajah. Terlebih lagi, proses pengolahan daun sirih menjadi ramuan pun relatif mudah. Meskipun mudah dan menyehatkan, penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan karena juga memiliki efek samping.

Daftar Isi Manfaat

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Daun Sirih :

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Daun Sirih

Daun sirih memang sudah teruji secara klinis mengandung senyawa dan nutrisi :

  • minyak atsiri
  • batlephenol
  • antioksidan
  • vitamin C
  • Riboflavin
  • fitokimia tanin
  • flavonoid
  • saponin
  • senyawa alkaloid
  • air
  • karbohidrat
  • protein
  • mineral seperti Potasium, fosfor, kasium, zat besi
  • serat pangan
  • Zat p-cymene
  • zat fenil propoda
  • zat hidroksikaficol
  • vitamin B

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan :

1. Menyembuhkan penyakit asma

Asma sebenarnya bukanlah penyakit kronis layaknya diabetes dan jantung. Namun, kehadirannya dengan gejala sesak nafas yang tersenggal-senggal tentu saja cukup merepotkan. Bagi Anda yang memiliki keturunan penyakit asma serta kerap merasakan gejala tersebut maka anda dapat memanfaatkan rebusan daun ini untuk mengatasinya. Kemudian hirup uap hangatnya yang mampu melegakan pernapasan.

2. Menyembuhkan penyakit radang tenggorokan

Selain penyakit asma, radang tenggokan juga merupakan penyakit yang cukup mengganggu aktivitas keseharian Anda. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini diantaranya berupa suara yang serak, batuk, rasa pedih saat menelan, dan sulit berbicara. Anda dapat mengatasi masalah radang tenggorokan dengan meminum air rebusan daun penuh khasiat ini.

3. Mengobati iritasi yang terjadi di mata

Manfaat rebusan air daun sirih yang berikutnya adalah mampu meredakan iritasi pada bagian mata. Seperti diketahui bahwa mata merupakan organ yang paling rentan terkena infeksi akibat polutan. Dengan demikian, mata Anda akan sering mengalami gejala seperti gatal, berwarna merah dan perih. Penggunaan obat tetes mata biasa tidak sepenuhnya dapat diandalkan sehingga Anda juga wajib menggunakan rebusan daun sirih.

4. Melancarkan haid atau menstruasi wanita

Haid yang tidak lancar memang disebabkan karena berbagai faktor. Bagi Anda para wanita yang sedang mengalami masa menstruasi namun tidak suka dengan konsumsi jamu-jamu maka rebusan air daun sirih dapat jadi solusi. Ya, konsumsi rebusan air daun sirih secara rutin dipercaya mampu melancarkan haid. Selain mengkonsumsi air rebusan, Anda juga dapat meminum obat-obatan khusus melancarkan haid di pasaran yang mengandung ekstrak daun hijau ini.

5. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut dapat terjadi setelah bangun tidur maupun kurang minum, terlebih lagi setelah Anda mengkonsumsi makanan tertentu memang mengganggu. Anda dapat mencoba menggunakan daun berwarna hijau ini untuk mengatasi masalah bau mulut. Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa zatnya yang berperan sebagai antiinflamasi yang bermanfaat untuk membasmi kuman dan bakteri berbahaya.

6. Membersihkan rongga mulut dari kuman

Manfaat daun sirih untuk membersihkan rongga mulut tidak jauh berbeda dengan menghilangkan bau mulut. Rebusan air daun yang memiliki banyak kandungan gizi ini dapat Anda gunakan untuk berkumur setelah makan maupun sikat gigi. Senyawa antiinflamasi yang terkandung didalamnya akan membantu membasmi kuman dan bakteri penyebab infeksi maupun penyakit di dalam mulut.

7. Mengobati sariawan hingga sakit gusi

Dalam mengobati sariawan atau sakit gusi, sebenarnya Anda dapat langsung mengunyah daun sirih. Akan tetapi, sebagian dari Anda tentu merasa jijik dengan cara ini. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan alternatif lain yaitu berkumur menggunakan air rebusan daun berkhasiat ini. Kandungan senyawa vitamin dalam daun ini berpotensi untuk menyembuhkan sariawan dan sakit pada gusi.

8. Mengobati demam berdarah

Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang harus segera mendapat penanganan khusus. Namun untuk pertolongan pertama anda bisa menggunakan daun yang satu ini. Manfaat luar biasa yang dapat dihadirkan oleh daun berwarna hijau segar ini adalah mampu menyembuhkan demam berdarah. Langkah-langkah yang diterapkan untuk mengolah dan mengkonsumsinya pun relatif mudah. Anda hanya perlu menggunakan hasil rebusan daun tersebut sebagai minuman konsumsi rutin.

9. Merangsang produksi ASI

Jika Anda adalah ibu menyusui dan memiliki masalah dengan produktivitas ASI, maka konsumsi daun sirih dapat dilakukan. Ya, daun sirih tentu saja berkhasiat untuk merangsang produksi ASI, caranya cukup dengan mengoleskan minyak esensial beserta daunnya pada bagian payudara. Zat yang terkandung di dalamnya mampu melancarkan pembuluh darah di sekitar payudara sehingga melancarkan produksi ASI.

10. Penawar racun

Apabila Anda terkena gigitan serangga beracun yang menyebabkan rasa gatal, panas dan nyeri maka daun sirih dapat menjadi solusinya. Kombinasi daun tersebut bersama dengan lada hitam dapat Anda gunakan sebagai pertolongan pertama apabila tidak tersedia obat-obatan. Hal ini karena kombinasi bahan ini dapat menetralkan racun serangga. Cara konsumsinya pun mudah dimana daun berkhasiat ini dimakan bersama dengan lada hitam.

11. Melancarkan sistem pencernaan manusia

Masyarakat di India telah menggunakan daun sirih ini sebagai konsumsi sehari-hari untuk melancarkan pencernaan. Anda pun dapat meniru kebiasaan konsumsi daun berwarna hijau ini untuk mengatasi masalah perut kembung atau begah. Cara konsumsinya juga relatif mudah yaitu hanya mengunyah selembar daun yang sudah ditambahkan garam.

12. Mengobati sakit kepala dan nyeri sendi

Daun sirih telah terbukti khasiatnya untuk meredakan sakit kepala serta nyeri sendi. Air rebusan daun tersebut yang dicampur dengan minyak kelapa juga berkhasiat menyembuhkan sakit punggung. Kemudian, kandungan senyawa analgesic-nya juga berkhasiat menghilangkan rasa sakit. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu hanya dioleskan dan dipijat pada bagian yang nyeri.

13. Meningkatkan fokus maupun konsentrasi

Daun sirih ternyata dapat berdampak positif pada mental Anda. Salah satu dampak tersebut yaitu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu, konsumsi tanaman ini juga berpotensi membuat anda bekerja lebih riang, semangat, dan energik. Beberapa orang juga berpendapat bahwa konsumsi daun ini diserta madu akan menghilangkan rasa gugup. Hal ini karena daun tersebut mengandung bahan-bahan yang dapat menenangkan.

14. Mengobati Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang umumnya diderita oleh banyak orang, gejala batuk biasanya ditandai dengan tenggorokan yang gatal, kering serta sakit saat menelan makanan. Batuk biasanya disebabkan oleh virus yang menyebar melalui udara. Rebusan daun sirih dapat meredakan rasa sakit tersebut.

15. Mengobati sariawan

Sariawan bisa terjadi saat tubuh kekurangan Vitamin C, sariawan ditandai dengan pembengkakan pada mulut di sekitar bibir, dinding mulut dan bibir. Rebusan daun sirih mampu mengecilkan hingga menghilangkan pembengkakan tersebut dengan berkumur setiap pagi atau menjelang tidur.

16. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut sering terjadi ketika kita selesai makan atau saat enzim ptialin bereaksi dengan makanan yang kita makan, terkadang bau mulut menimbulkan rasa tidak nyaman atau enggan untuk saling berkomunikasi dengan yang lain. Daun sirih memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat banyak sehingga mampu manghilangkan bau mulut. Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk berkumur kumur sehingga napas menjadi segar.

17. Memperlancar siklus haid

Setiap orang memiliki siklus haid yang berbeda beda, siklus yang normal adalah setiap 28 hari sekali, namun beberapa masalah sering muncul sehingga siklus ini tidak berjalan lancar. Perbedaan siklus ini memiliki banyak faktor, faktor yang paling sering menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid adalah stres. Banyak pikiran dan tekanan membuat tubuh merasa stres, karenanya peredaran darah menjadi tidak lancar.

18. Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang organ tubuh paru paru, tepatnya pada bagian bronkus yang berfungsi sebagai tempat melekatnya alveolus yang digunakan untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Daun sirih memiliki kandungan yang dapat menurunkan infeksi pada bronkus.

19. Menghilangkan keputihan

Keputihan dapat terjadi kapanpun terutama para wanita yang sedang mengalami masa pubertas. Keputihan merupakan hal yang wajar apabila tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan tidak berwarna, apabila keputihan memiliki warna dan bau berarti terdapat masalah dalam sistem reproduksi. Keputihan dapat menyebabkan kanker apabila dibiarkan, penggunaan daun sirih untuk mencuci organ tubuh wanita sangat membantu terjadinya keputihan.

20. Mengobati demam berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang dibawa oleh nyamuk, yaitu nyamuk aides aygepti, ciri-ciri nyamuk aides aygepti adalah warna kulitnya, warna kulitnya adalah hitam dan putih. Demam berdarah mengakibatkan jumlah trombosit dalam darah menurun drastis sehingga tubuh tidak mampu membentuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan pada daun sirih dapat membantu mempercepat penyembuhan dengan meminum air rebusannya.

21. Mengobati asma

Penyakit asma terjadi karena penyempitan otot pada saluran pernapasan. Penyakit asma merupakan penyakit genetis atau bawaan dari orang tua yang dapat kambuh kapanpun ketika tubuh lelah. Efek penyakit asma dapat dikurangi dengan meminum rebusan daun sirih rutin setiap hari dua hingga 3 gelas. Air rebusan ini akan membantu melegakan dada yang terasa sesak.

22. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan gejala awal sebelum batuk, radang ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Pergantian musim atau pada saat musim pancaroba, perkembangan penyakit ini sangat pesat karena virus yang cepat menyebar dan pada saat ini kondisi tubuh berada pada posisi yang lemah karena beradaptasi dengan perubahan yang ada. Radang ini dapat diredakan dengan meminum air daun sirih.

23. Meredakan pembengkakan pada gusi

Pembengkakan pada gusi dapat terjadi karena berbagai masalah, penyebabnya antara lain oleh kuman, gigi yang tumbuh tidak teratur, atau karena kekurangan vitamin. Daun sirih mengandung banyak vitamin yang mampu meredakan pembengkakan dengan cara berkumur dengan rebusan daun sirih.

24. Membersihkan mata

Debu dapat masuk menempel di mata dan menyebabkan terbentuknya lendir lendir hasil reaksi cairan mata dengan debu. Apabila debu yang masuk memiliki ukuran yang cukup besar, dapat menyebabkan iritasi dan mata berwarna merah. Untuk menyegarkan mata, daun sirih cocok digunakan untuk membasuh mata atau dapat digunakan sebagai obat tetes mata.

25. Menyembuhkan luka bakar

Luka bakar terjadi karena jaringan kulit tubuh melepuh dan rusak, jaringan kulit ini rusak akibat kontak panas yang tiba tiba pada kulit. Daun sirih memiliki senyawa antioksidan yang mampu meredakan rasa sakit pada luka bakar.

26. Eksem

Eksem merupakan gangguan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, gejalanya ialah rasa gatal pada bagian kulit tertentu kemudian disusul oleh munculnya gelembung kecil yang berisi cairan. Gelembung gelembung ini dapat pecah dan cairannya dapat menyebar, cairan ini dapat menyebabkan munculnya gelembung baru. Berendam dalam air rebusan daun sirih dapat mengurangi rasa gatal yang muncul.

27. Koreng atau pyodermi

Koreng merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh bakteri. Koreng menimbulkan rasa gatal yang memicu tangan untuk menggaruknya, koreng dapat terbentuk karena kulit yang terluka akibat garukan tersebut. Rasa gatal ini dapat dikurangi dengan berendam dalam air daun sirih.

28. Bisul

Bisul merupakan gelembung yang muncul karena adanya reaksi kulit dengan bakteri. Bisul dapat ditimbulkan karena salah mengkonsumsi makanan, alergi, bakteri atau disebabkan karena zat zat kotor yang terkandung dalam darah. Daun sirih memiliki kandungan yang dapat melerutkan kotoran dalam darah, sehingga dapat dijadikan sebagai minuman obat penyembuh.

29. Kurap kaki

Kurap kaki sering terjadi apabila lingkungan sekitar kita kotor dan banyak mengandung bakteri. Bakteri ini akan masuk pada sela sela kaki dan menyebabkan iritasi pada kulit disertai dengan rasa gatal. Bakteri ini dapat dibasmi dengan rebusan daun sirih karena kandungannya bersifat anti toxic yang dapat membunuh kuman penyakit.

30. Panu

Panu timbul pada permukaan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Hal ini dapat disebabkan oleh tubuh yang lembab dan kotor. Jamur tumbuh pada kulit yang menyebabkan rasa gatal. Jamur ini dapat mati dengan air rebusan daun sirih.

31. Mimisan

Mimisan dapat terjadi oleh beberapa penyebab, antara lain kecapekan, memiliki penyakit dalam, dan gangguan yang lain. Mimisan dapat dihentikan dengan daun sieirh dibentuk seperti corong kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

32. Penyakit mata

Daun sirih memiliki khasiat untuk menyembuhkan iritasi yang terjadi pada mata akibat debu atau kotoran lainnya yang masuk ke dalam mata. Cara pengobatannya adalah dengan membasuh mata dengan air rebusan daun sirih.

33. Meredakan pendarahan pada gusi

Sirih dinilai mampu untuk menguatkan gigi, dimana kandungan kalsium pada daun sirih sangat tinggi. Daun sirih juga dapat membantu menutup luka dengan cepat, dengan demikian daun sirih merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengobati pendarahan pada gusi.

34. Mengurangi produksi asi yang berlebih

Ibu menyusui yang baru saja melahirkan biasanya memiliki stock air susu yang berlebih, hal ini memungkinkan timbulnya rasa nyeri pada payudara. Rebusan daun sirih dapat digunakan untuk mengurangi jumlah air susu yang di produksi, air susu ini akan diubah kedalam bentuk lain yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Dengan demikian disarankan untuk para ibu yang memiliki air susu berlebih dapat mengkonsumsi daun sirih.

35. Menghilangkan rasa gatal

Rasa gatal dapat diakibatkan oleh banyak hal, alergi terhadap sesuatu dapat menimbulkan rasa gatal. Terjadi kontak dengan benda asing dimana tubuh tidak mau menerima benda tersebut juga dapat menimbulkan rasa gatal. Pada umumnya rasa gatal disebabkan oleh kuman dan bakteri yang menempel pada kulit Daun sirih memiliki kandungan antibakteri yang dapat memusnahkan kuman dan bakteri penyebab rasa gatal.

36. Menyembuhkan alergi

Daun sirih memiliki kandungan yang dapat menetralkan darah, membuang zat kotor dalam darah dan dapat membunuh kuman penyakit. Alergi disebabkan karena terjadi reaksi penolakan terhadap suatu zat yang masuk ke dalam tubuh sehingga muncul gejala seperti gatal gatal, kulit memerah, atau bahkan timbul bisul bisul kecil. Kandungan antioksidan dalam daun sirih mampu menetralisir alergi dengan cara meminum air rebusan daun sirih.

Cara Memanfaatkan Daun Sirih untuk Kesehatan :

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa daun sirih memiliki kandungan gizi yang sangat banyak juga banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam mengolah daun tersebut untuk digunakan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Cara mengolah daun sirih untuk mengobati gejala asma

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun ini dapat membantu mengatasi penyakit asma apabila sedang kambuh. Langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menggunakan daun sirih guna mengatasi gejala asma cukup mudah. Pertama, ambillah daun tersebut kurang lebih 4-5 lembar. Kedua, rebuslah daun tersebut dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah tersisa 1 gelas air minumlah secara rutin kira-kira 2-3 kali dalam sehari.

2. Cara mengolah daun sirih untuk menghilangkan bau mulut

Anda dapat menerapkan langkah-langkah meramu daun sirih untuk menghilangkan bau mulut dengan mudah. Berikut ini adalah cara mudah yang dapat Anda terapkan, pertama adalah menyiapkan 3-4 daun ini. Selanjutnya, rebuslah daun tersebut tersebut hingga mendidih lalu tunggu serta diamkan air rebusan tersebut hingga dingin. Terakhir, gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur setelah makan maupun sehabis menggosok gigi.

3. Cara mengolah daun sirih untuk mengobati demam berdarah

Ternyata ramuan olahan berbahan dasar daun sirih juga berkhasiat untuk menyembuhkan demam berdarah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menggunakan air rebusan daun tersebut sebagai obat demam berdarah. Pertama, ambil dan siapkan 5-6 lembar daun sirih. Kedua, rebus daun ini dengan menggunakan 2 gelas air. Ketiga, tunggulah hingga mendidih dan menyisakan segelas air saja. Terakhir, minumlah air rebusan tersebut secara rutin kira-kira 2 kali dalam sehari.

4. Cara mengolah daun sirih untuk melancarkan haid

Bagi Anda para wanita yang memiliki masalah dengan haid mungkin dapat mengkonsumsi daun sirih. Cara pengolahannya pun cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mengambil 3-5 lembar daun tersebut. Selanjutnya, rebuslah daun tersebut hingga mendidih lalu diamkan hingga dingin. Terakhir, minum air rebusan tersebut secara rutin selama masa haid atau menstruasi.

5. Cara mengolah daun sirih untuk mengobati iritasi pada mata

Manfaat lain yang mampu dihadirkan oleh daun sirih adalah menyembuhkan iritasi pada mata. Cara pengolahan dan penggunaan daun tersebut untuk mengobati iritasi mata pun lebih mudah. Pertama, Anda harus menyiapkan 1-2 lembar daun tersebut. Kedua, rebuslah daun hijau ini hingga mendidih menggunakan ½ hingga 1 gelas air. Ketiga, tunggu air hingga dingin lalu teteskan atau gunakan air untuk mengompres mata Anda.

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan :

1. Menyembuhkan jerawat yang membandel

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan khususnya bagi anda para wanita. Kini, anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan membalurkan cairan daun sirih pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Kandungan senyawa antiinflamasi yang dimiliki daun berwarna hijau segar ini memang berkhasiat untuk mengempiskan dan menghilangkan jerawat.

2. Mengecilkan pori-pori di wajah

Tahukah Anda bahwa pemakaian make up setiap hari dapat menimbulkan masalah lain bagi kulit wajah? Ya, penggunaan make up secara rutin ternyata dapat memperbesar pori-pori wajah. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri. Oleh karena itu, segera gunakanlah air rebusan daun sirih sebagai krim malam sebelum beranjak tidur.

3. Menghilangkan bekas luka bakar

Luka bakar memang dapat membuat rona wajah Anda menjadi terlihat kurang menarik. Bekas luka bakar biasa berwarna kecoklatan dan sangat terlihat. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membasuh wajah menggunakan rebusan air daun sirih yang dicampur zat antiseptik rekomendasi dokter kulit. Lakukan pengobatan ini secara rutin yaitu sekitar 20 menit setiap harinya.

4. Menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah

Tampilan wajah yang lesu, kusam dan kasar memang sangat mengganggu penampilan Anda. Kini, masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media berupa daun sirih. Ya, air rebusan tanaman herbal yang satu ini memang bermanfaat untuk menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah. Jangan lupa juga untuk mencampurnya dengan garam dapur serta dibilaskan pada wajah secara rutin.

5. Memudarkan flek hitam karena bekas jerawat

Semua senyawa yang terkandung dalam daun sirih memang berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit akibat paparan sinar ultraviolet, jerawat maupun pemakaian kosmetik. Cara pemakaiannya pun cukup mudah dimana Anda hanya perlu mengoleskan cairan daun sirih yang telah dicampur jeruk nipis pada wajah. Lakukan sesering mungkin sekitar 20 menit sehari hingga flek hitam memudar secara alami.

6. Mengobati rasa gatal pada kulit wajah

Manfaat lain air rebusan daun sirih adalah mengobati gatal pada kulit wajah. Seperti diketahui gatal di kulit wajah memang terkadang dianggap sepele namun jika dibiarkan justru akan menimbulkan iritasi. Tahukah Anda bahwa air rebusan daun sirih yang telah didiamkan selama 1 hari bermanfaat untuk membasuh muka di pagi hari? Ya, air ini dapat meredakan dan menyembuhkan ruam serta gatal pada bagian wajah.

7. Mengeringkan luka pada wajah

Bagi Anda yang mempunyai bekas luka di wajah akibat bekas jerawat maupun goresan benda tajam sebaiknyamenggunakan cairan daun sirih. Ya, cairan ini mengandung senyawa antiinflamasi dan antibiotik yang kuat sehingga mampu meresap serta mempercepat proses pengeringan luka. Caranya pun cukup mudah, dimana Anda hanya perlu membalurkan cairan daun tersebut selama 30 menit lalu membilasnya.

8. Mengangkat kotoran dan debu yang menempel di wajah

Rebusan air daun sirih bermanfaat untuk wajah sehingga baik digunakan untuk cuci muka di pagi hari sehabis bangun tidur. Manfaat yang dihadirkan rebusan air daun berkhasiat ini bagi wajah Anda adalah membantu mengangkat kotoran dan debu yang masih menempel.

9. Membunuh bakteri penyebab bisul pada wajah

Daun sirih memang dikenal memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat membunuh bakteri. Dengan demikian, penggunaannya pun berkhasiat untuk membasmi berbagai masalah kulit termasuk membunuh bakteri penyebab bisul. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, dimana air perasaan daun sirih yang telah dicampur kunyit kental dioleskan pada wajah lalu diamkan sekitar 20 menit.

10. Mencegah dan mengatasi panu pada wajah

Peyakit Panu di wajah adalah penyakit kulit yang disebabkan dua hal yaitu paparan radikal bebas dan kebiasaan buruk malas membersihkan wajah sebelum tidur. Panu dapat dihilangkan dengan menggunakan daun sirih yang telah dihaluskan dan dicampur sedikit air lengkuas. Oleskan pada bagian wajah yang berpanu diamkan selama 20 menit. Setelah mengering, bilas dengan air bersih. Disarankan untuk anda agar melakukannya sebanyak 2 kali dalam satu hari.

11. Mencegah munculnya komedo

Air rebusan daun dengan segudang manfaat ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk membasmi dan mencegah komedo muncul kembali di kulit wajah. Apabila air rebusan ini anda gunakan untuk membilas kulit wajah, maka komedo akan mengeluarkan isinya secara alami. Dengan demikian, anda tidak perlu melakukan pemencetan yang justru berpotensi meninggalkan flek hitam yang akan mengganggu penampilan anda.

12. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada kulit

Kebanyakan dari Anda mungkin belum mengatahui bahwa kanker kulit hanya diawali dengan munculnya bintik hitam pada wajah. Bintik hitam tersebut selanjutnya akan berubah menjadi sel tumor jinak yang jika tidak segera diatasi maka akan bermutasi dalam DNA menjadi sel kanker. Nah, konsumsi daun sirih adalah salah satu solusi yang dapat Anda tempuh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker kulit. Senyawa alkoloidnya memang berkhasiat untuk menghancurkan sel kanker di luar maupun permukaan kulit.

13. Menyeimbangkan kadar minyak kulit

Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit lain yang kerap mengganggu penampilan Anda. Masalah ini juga dapat diatasi menggunakan cairan daun sirih sebagai masker harian agar kulit wajah nampak segar, cerah dan berminyak. Khasiat ini tidak terlepas dari kandungan senyawa atsiri yang ampuh untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit wajah.

14. Mengobati pembengkakan akibat alergi kulit

Makanan hasil laut memang memiliki kandungan merkuri yang tinggi sehingga dapat memicu pembengkakan pada kulit. Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan adalah mengoleskan air rebusan daun sirih pada bagian kulit wajah yang bengkak. Zat antiinflamasi pada tanaman herbal ini memang terbukti ampuh untuk meredakan peradangan wajah akibat alergi.

15. Mencegah rambut rontok

Rambut merupakan mahkota atau perhiasan yang paling berharga untuk seorang wanita. Para wanita menjaga rambutnya agar terlihat cantik dan terlihat anggun. Namun beberapa hal menyebabkan rontoknya rambut, daun sirih memiliki vitamin untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat sehingga tidak mudah patah atau rontok.

Cara Memanfaatkan Daun Sirih untuk Kecantikan :

Secara umum, penggunaan daun sirih sebagai alat perawatan kecantikan wajah adalah dalam bentuk cairan. Ya, cairan ini merupakan air rebusan daun berwarna hijau ini yang dicampur dengan garam, air jeruk hingga madu asli. Campuran ramuan ini akan digunakan sebagai krim wajah di malam hari sebelum tidur maupun ketika membasuh muka di pagi hari. Berikut ini adalah uraian singkat mengenai cara penggunaan daun tersebut yang dicampur dengan garam, air jeruk hingga madu asli pada wajah Anda.

1. Daun sirih+garam

Ramuan herbal yang satu ini dapat Anda gunakan rutin setiap hari karena mampu mencegah munculnya komedo pada kulit wajah. Bagi Anda yang terlanjur memiliki komedo, penggunaan ramuan ini pun akan mempercepat keluarnya komedo secara alami. Cara penggunaan ramuan ini relatif mudah, pertama Anda harus mencuci dan menghaluskan daun sirih. Selanjutnya, tambahkan garam dapur dan remas keduanya agar tercampur merata. Terakhir, balurkan ramuan ini secara perlahan dan merata pada wajah.

2. Daun sirih+air jeruk

Ramuan ini dapat dipakai setiap pagi sebelum menggunakan kosmetik atau berdandan. Kombinasi daun sirih dan jeruk nipis terbukti berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit wajah. Selain itu, penggunaan ramuan ini juga dapat menggunakan bedak lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Cara penggunaan ramuan ini pun cukup mudah, dimana Anda harus mencuci dan menghaluskan daun tersebut. Kemudian, menambahkan cairan jeruk nipis atau lemon secukupnya lalu diremas. Terakhir, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit.

3. Daun sirih+madu asli

Daun sirih memiliki kandungan senyawa antiinflamasi. Jenis senyawa ini tentu sangat berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan atau luka pada bagian wajah. Daun tersebut yang dicampur dengan madu bermanfaat mengatasi kulit sensitif dan kering. Caranya yaitu, pertama, cuci dan haluskan daun sirih. Kedua, tambahkan madu asli dengan jumlah secukupnya. Ketiga, oleskan pada wajah yang mengalami peradangan akibat tersengat matahari, pemakaian kosmetik dan pemencatan jerawat.

Efek Samping Daun Sirih :

Efek Samping Daun Sirih

Konsumsi jenis daun ini memang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit Anda. Namun, daun ini ternyata juga memiliki beberapa efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dikontrol dalam jangka waktu panjang. Berikut ini adalah tujuh efek samping dari daun sirih yang wajib Anda waspadai:

1. Daun Sirih dapat membunuh bakteri baik

Tahukah Anda bahwa di dalam tubuh kita tidak hanya terdapat bakteri jahat tetapi ada juga bakteri baik yang bermanfaat. Misalnya: bakteri Escherichia Coli yang berfungsi membusukkan sisa makanan di organ usus besar, Acidhopilus Bifidus dengan manfaat membersihkan sel darah merah dan membasmi racun. Nah, konsumsi daun sirih secara rutin dalam jangka waktu yang panjang dikhawatirkan akan ikut membunuh bakteri baik di dalam tubuh Anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan antibiotik dan antiseptik yang sangat kuat.

2. Iritasi pada organ kewanitaan

Penggunaan air rebusan daun sirih memang berkhasiat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda bebas menggunakannya setiap hari meskipun tanaman herbal daun ini juga mempunyai efek samping. Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan adalah menyebabkan iritasi pada bagian kewanitaan, dimana area ini mengalam kekeringan karena pemakaian daun tersebut secara berlebihan.

3. Mengurangi produksi ASI

Pemakaian daun sirih bagi ibu menyusui juga harus diatur agar digunakan seperlunya. Sebagian ibu menyusui rupanya belum menyadari akibat buruk menempelkan daun ini hangat setelah dioles minyak kelapa pada area payudara. Ya, jika kegiatan ini terus dilakukan tentu saja akan berpotensi untuk menurunkan tingkat produksi ASI yang merugikan ibu menyusui.

4. Kanker otak

Efek samping lain yang dihadirkan oleh konsumsi daun sirih secara berlebihan adalah mengakibatkan kanker otak. Penyakit yang satu ini jelas sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan Anda. Oleh karena itu, batasi penggunaan daun sirih secara berlebihan dalam jangka waktu panjang. Apabila terdapat aturan konsumsi berupa takaran dosis lebih baik Anda mengikutinya.

5. Mempercepat detak jantung

Konsumsi daun sirih tidak hanya menimbulkan dampak positif yang bermanfaat bagi tubuh. Sebaliknya, meskipun daun ini adalah tanaman herbal tetap saja memiliki efek negatif yang merugikan. Ya, konsumsi berlebihan tanaman herbal yang satu ini akan memacu jantung berdetak lebih cepat. Jika kondisi ini terjadi sebaiknya Anda segera menghentikan konsumsinya dan berkonsultasi dengan dokter.

6. Dapat Meningkatkan Resiko Penyakit jantung jika Dikonsumsi Berlebihan

Anda perlu mengetahui bahwa mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara berlebih dalam jangka waktu lama dapat mempengaruhi kinerja jantung. Awalnya, pengaruh konsumsi daun ini memang hanya akan mempercepat tempo detak jantung. Namun, lama kelamaan juga akan berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Jadi, sebaiknya Anda mengatur konsumsi daun sirih dengan baik dan tidak berlebihan agar meminimalisir resiko terkena penyakit jantung.

7. Tumor di bagian mulut

Daun sirih memang memiliki manfaat ampuh untuk mencegah penyakit kanker. Namun, dengan catatan penggunaannya dilakukan secara benar dan tidak berlebihan. Meskipun belum ada penelitian yang membahas ini, namun banyak orang percaya bahwa apabila konsumsi daun ini dilakukan terlalu sering justru akan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan dari konsumsi berlebihan daun tersebut adalah berkembangnya tumor di bagian mulut.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah penjelasan mengenai kandungan gizi daun sirih yang sangat berkhasiat, manfaat-manfaatnya dalam kesehatan dan kecantikan, serta efek samping yang ditimbulkan jia dikonsumsi berlebihan. Anda dapat memanfaatkan daun sirih ini sesuai keluhan yang anda rasakan namun tetap memperhitungkan jumlah bahan yang dikonsumsi.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top