Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Sirsak – Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang banyak di dapat di Indonesia. Hal ini menjadikan sirsak menjadi salah satu buah yang banyak diminati oleh banyak orang. Salah satu hal yang memikat dari buah ini adalah rasanya yang khas dan penampilan yang menarik. Sirsak sangat banyak manfaatnya, salah satu yang banyak digunakan selain buahnya adalah pada bagian daun. Manfaat daun sirsak yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengatasi berbagai banyak penyakit.

Daun Sirsak, Manfaat Daun Sirsak, Khasiat Daun Sirsak, Tanaman Herbal

 

Buah sirsak sendiri terdiri dari kulit, daging, dan biji. Pohonnya terdiri dari akar, batang, daun, dan buah. Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi banyak penyakit dan telah lama dikenal sebagai salah satu obat alami yang ampuh. Kandungan yang terkandung dalam daun ini pun sangat banyak, berikut ini adalah kandungan gizi lengkap yang ada di daun sirsak.

Daftar Isi Manfaat

Kanduangan Gizi Daun Sirsak :

Daun Sirsak

Loading...

Kandungannya beragam dan banyak jenis seperti jenis lactones yaitu Annohexocina, Annomuricina A, B, C dan E, Annomutacina, Annopentocinas A, B dan C, Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A dan C, dan Javoricina. Sedangkan untuk jenis Isoquinoline yaitu Anonaine, Anoniine, Atherospermine, dan Coreximine serta Lipid adalah Asam Gentisic, Asam Lignoceric, CLA, dan asam stearate.

Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena itulah daun sirsak sangat baik untuk dikonsumsi, tentu dengan cara yang tepat juga. Berikut ini adalah manfaat lengkap daun sirsak untuk tubuh manusia.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan :

1. Menghilangkan Kutu Rambut

Daun sirsak bisa menghilangkan kutu. Untuk penggunaannya sendiri bisa dengan direbus kemudian diminum airnya atau jika ingin lebih ampuh lagi, tumbuk halus daun sirsak kemudian tempelkan pada rambut atau kulit kepala. Gunanya untuk memberikan kesan tak nyaman pada si kutu karena kandungan daun sirsak tidak disukai oleh serangga termasuk kutu.

2. Menambah Sperma Bagi Pria

Rutinlah untuk meminum rebusan air daun sirsak karena kandungannya bisa membantu dalam memperkuat kejantanan pria dan membuat jumlah sperma lebih banyak serta meningkatkan kualitas sperma. Jangan meminum setiap hari, sebaiknya lakukan secara berskala seperti 1 kali dalam 1 minggu.

3. Memperkuat Rahim Wanita

Jika Anda termasuk wanita yang memiliki rahim lemah, Anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai obat untuk membantu dalam memperkuat rahim wanita. Banyak orang yang sudah mencoba dan membuktikan manfaat daun sirsak ini.

4. Mengatasi Capek atau Stamina Lemah

Stamina sangat diperlukan untuk kebutuhan hari-hari. Rutin mengkonsumsi daun sirsak bisa membantu untuk memperkuat stamina agar lebih tahan dalam melakukan pekerjaan. Penggunaannya cukup minum air rebusan daun sirsak secara berskala.

5. Meningkatkan Daya Tahan

Daya tahan tubuh membantu dalam meningkatkan stamina dan tak membuat manusia cepat lemah atau loyo. Jika Anda termasuk orang yang mudah loyo atau daya tahan yang kurang, Anda boleh mengkonsumsi daun sirsak untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda.

6. Mengatasi Kulit Keriput

Lakukan dengan rutin, yaitu tumbuk sampai halus atau belender kemudian oleskan pada bagian kulit yang di anggap keriput. Sama halnya dengan mentimun, daun sirsak juga mengandung gizi yang bisa mencukupi asupan nutrisi untuk kulit, khususnya vitamin C.

7. Mengatasi Bisul

Bisul sering terjadi di bagian kulit bokong pada anak atau bagian tubuh lainnya. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bisul adalah menumbuk daun sirsak kemudian oleskan pada bisul Anda. Lakukan secara rutin sampai benar-benar bisulnya menghilang.

8. Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa tumbuh di bagian wajah dan punggung. Sama dengan mengatasi bisul, Anda boleh menggunakan daun sirsak dengan cara di belender kemudian oleskan pada bagian jerawat Anda. Lakukan secara rutin sampai benar-benar hilang.

9. Mengatasi Ambeien

Jika dibiarkan begitu saja, ambeien bisa membuat Anda menjadi makin parah. Rutin lah untuk mengkonsumsi daun sirsak secara rutin sampai penyakit ambeien Anda benar-benar sudah sembuh.

10. Mengatasi Eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit. Anda bisa mengatasinya dengan pemberian daun sirsak dengan cara dihancurkan terlebih dahulu kemudian berikan secara rutin.

11. Mengatasi Komedo

Komedo bisa tumbuh pada bagian ujung hidung. Hal ini terjadi karena pertumbuhan sisa lemak pada pori-pori hidung dan menjadi flek hitam yang biasa disebut dengan komedo. Daun sirsak yang sudah ditumbuk terlebih dahulu kemudian di oles pada bagian komedo tadi bisa membantu mengatasi komedo Anda.

12. Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Obat peningkat nafsu makan anak sangat banyak, namun tidak alami. Jika Anda ingin alami, berikan daun sirsak secara rutin sampai nafsu makan anak Anda bisa kembali seperti biasanya.

13. Memperkuat Sistem Pencernaan

Untuk bisa mengkonsumsi makanan yang kemudian di ubah menjadi energy, system pencernaan harus terus berada dalam kondisi yang prima. Untuk membantunya agar terus keadaan baik, konsumsilah daun sirsak dengan cara direbus 1 kali dalam 1 minggu.

14. Mengatasi Pusing dan Stres

Stres bisa membuat pusing dan hal ini bisa membuat performa harian Anda menjadi kacau. Kandungan daun sirsak membantu dalam mengatasi stres dan pusing karena bermanfaat untuk otak. Konsumsi secara rutin dengan cara meminum air rebusan.

15. Mengatasi Penyempitan Bulu Darah

Masalah ini adalah penyakit yang sangat serius. Banyak obat yang bisa digunakan namun daun sirsak adalah obat alami yang sangat manjur. Berikan secara rutin bisa 2 – 3 kali dalam seminggu sesuai dengan parahnya penyakit Anda.

16. Meningkatkan Produksi Asi untuk Ibu

Asi sangat penting untuk kelangsungan bayi. Asi biasanya didapat dari sang ibu, namun sering kali ibu mengeluh tentang air asi yang sedikit dan kualitasnya buruk. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan daun sirsak karena daun sirsak memiliki kandungan mineral yang banyak.

17. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang penting dan harus dijaga terus performanya. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan adalah daun sirsak. Manfaat daun sirsak bisa membantu dalam menjaga terus kesehatan jantung. Hal ini karena daun sirsak mengandung hampir semua gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh jantung.

18. Memperkuat Syaraf Tubuh

Syaraf pada tubuh banyak sekali mulai dari syaraf otak sampai syaraf terkecil pun harus tetap dijaga kesehatannya karena syaraf ini sangat penting. Minumlah air rebusan daun sirsak untuk membantu memperkuat system syarat dalam tubuh Anda.

19. Mengatasi Kolestrol Tinggi

Kolestrol bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti strok dan jantung. Salah satu metode yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kolestrol adalah dengan rutin konsumsi daun sirsak yang memiliki kandungan anti kolestrol yang baik untuk darah dan tubuh.

20. Mengatasi Asam Urat

Asam urat juga merupakan penyakit yang berbahaya. Gunakan daun sirsak sebagai obat untuk asam urat Anda. Rutinlah untuk meminum air rebusan daun sirsak untuk membantu dalam menurunkan asam urat minimal 3 kali dalam seminggu dan sebaiknya dilakukan dengan rutin.

21. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya dialami oleh mereka yang sudah terbilang tua. Karena itulah, mengkonsumsi buah dan sayuran sangat dianjurkan karena pada dasarnya, buah dan sayur sudah lebih dari cukup untuk mencukupi asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan rutin untuk mengkonsumsi daun sirsak yang dipercaya bisa mengatasi hipertensi dengan cepat.

22. Mengatasi Demam

Jika Anda sedang demam, baik untuk orang dewasa dan anak-anak, daun sirsak sangat bermanfaat untuk mengatasi demam di segala umur. Caranya cukup mudah, rebus daun sirsak dengan air kemudian minum air rebusannya. Lakukan secara rutin dan berskala sampai demam Anda atau si anak sudah terlihat turun.

23. Mengatasi Diabetes

Kandungan yang terkandung dalam daun sirsak salah satunya adalah memiliki kadar gula rendah serta zat aktif yang bisa menurunkan tingkat kadar gula dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak kemudian rutin lah untuk meminum air rebusan tersebut.

24. Mengatasi Peradangan

Salah satu fungsi dari daun sirsak adalah sebagai anti inflamasi. Zat ini aktif dalam mengatasi setiap pendarahanan yang ada dalam tubuh seperti memar dan lainnya. Jika terjadi di area sekitar kulit atau tak jauh dari dalam tubuh, Anda bisa memberikan ramuan daun sirsak yang sudah di belender. Namun jika peradangan ini terjadi dalam tubuh seperti radang hati dan lainnya, cobalah untuk rutin meminum air rebusan dari daun sirsak.

25. Sebagai Obat Anti Kejang

Kejang-kejang bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah karena kadar kolestrol yang terlalu tinggi. Tidak hanya itu, banyak penyebab kejang lain yang susah untuk disembuhkan. Namun pada dasarnya, daun sirsak adalah obat yang sangat ampuh dalam mengatasi kejang meski berasal dari penyebab yang sulit dibayangkan pun. Zat aktif dalam daun sirsak berfungsi sebagai anti-kejang.

26. Mengatasi Otot Tegang

Otot tegang terjadi karena adanya tarikan satu sama lain. Bisa juga terjadi karena kurangnya olahraga atau kekuarangan zat mineral dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda boleh menggunakan daun sirsak sebagai obatnya. Minumlah air rebusan daun sirsak dan rasakan sensasinya.

27. Mengatasi Pegal Linu

Masalah seperti ini sering terjadi pada orang dewasa dan orang lansia. Biasanya terjadi karena otot sudah terlalu lelah dan pada akhirnya akan merasa sakit yang disebut dengan pegal linu. Biasanya juga berdampak pada stamina dan pertahanan tubuh. Pemberian daun sirsak dengan rutin bisa membantu dalam mengatasi pegal linu yang sering dirasakan. Caranya ambil beberapa lembar daun sirsak kemudian sobek tengahnya sampai cairannya keluar dan tempelkan pada bagian tubuh yang pegal. Biasanya metode koyo ini sangat efektif dilakukan pada bagian punggung, pundak, kaki belakang, dan lainnya.

28. Mengatasi Parasit

Parasite dalam tubuh bisa saja beragam. Dalam contoh sederhanan adalah cacing kremi yang biasanya ada pada tubuh anak. Meksi tak mengatasi secara sempurna, pemberian daun sirsak secara rutin bisa membantu dalam menunda pertumbuhan cacing atau parasite lain sehingga tak akan berkembang lagi. Sembari itu, lakukan pengobatan efektif lainnya seperti pemberian obat cacing khusus sesuai dengan resep dokter.

29. Mampu Mengobati Tumor

Tumor adalah gumpalan daging yang bisa saja mengeras dan tumbuh di tubuh, tergantung di mana letaknya seperti tumor otak yang tumbuh di otak. Tumor akan mengambil tempat dan tak akan ada lagi tempat untuk organ tubuh. Salah satu metode alami yang bisa membantu dalam mengatasi dan mencegah tumor adalah daun sirsak. Pemberian secara rutin bisa membantu dalam mengatasi tumor dalam tubuh.

30. Mengatasi Kista

Pemberian secara rutin daun sirsak bisa membantu dalam mengatasi sirsak, biasanya penyakit ini bisa sangat membahayakan jika tak di tangani secara cepat.

31. Mengatasi Miom

Berikan daun sirsak dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian berikan bagi penderita miom. Rutin lah untuk memberikan ramuan ini agar bisa sembuh dengan cepat.

32. Mengatasi Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu pembunuh mematikan untuk kaum wanita. Secara tradisional, pemberian daun sirsak secara teratur, rutin, dan berskala sangat membantu dalam mengatasi dan mencegah kanker prayudara ini. Pemberiannya boleh dengan direbus kemudian diberikan airnya saja. Bagus diminum selagi hangat karena saat dingin, rasanya akan kurang nyaman.

33. Mengatasi Masalah Kanker Prostat

Prostat juga menjadi masalah yang serius untuk kaum laki-laki. Biasanya penyakit ini diturunkan oleh genetic, namun penyebab lain bisa saja membuat seorang harus menderita penyakit ini. Untuk mencegahnya secara alami yang terbukti ampuh dan aman adalah dengan menggunakan daun sirsak. Lakukan secara rutin agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

34. Mengatasi Kanker Paru-Paru

Kanker yang terjadi pada paru-paru biasanya ditandai dengan banyak tanda. Salah satunya adalah merasa sering sesak nafas dan batuk. Rokok menjadi salah satu penyebab yang sering ditemui dalam urusan kanker paru-paru ini. Sering-seringlah untuk mengkonsumsi daun sirsak yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi setiap jenis kanker khususnya kanker paru-paru.

35. Mengatasi Kanker Pankreas

Setiap kanker biasanya terjadi karena adanya sel kanker aktif yang masuk ke tubuh. Jangan lepaskan perhatian Anda kepada pola hidup dan makan makanan yang sehat karena kesehatan sejatinya diawali dengan makanan yang sehat pula. Untuk masalah pankreas, Anda bisa mengatasinya dan mencegah menggunakan rebusan air dari daun sirsak yang diminum secara rutin dan berskalah.

36. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain daun jeruk atau buah jeruk, kandungan vitamin ini juga banyak ditemukan dalam daun sirsak. Karena itulah pemberian secara rutin dengan menggunakan sebagai masker wajah bisa membuat wajah dan kulit kamu lebih putih dan bercahaya. Selain itu, penggunaan ini sangat alami dan bebas dari bahan radio aktif dan kimia yang berbahaya untuk kulit.

37. Mengatasi Cacing Usus

Cacing seperti ini termasuk parasite yang hidup dalam tubuh manusia. Untuk mengatasinya bisa menggunakan rebusan air daun sirsak yang diminum secara rutin untuk membunuh cacing karena zat vermifuge yang ada dalam daun sirsak berfungsi sebagai penangkal cacing ini.

38. Memperlembar Pembuluh Darah

Kandungan yang ada dalam daun sirsak tidak hanya membantu dalam mengatasi setiap masalah kanker, namun juga untuk masalah pembuluh darah. Pembuluh darah yang kurang lebar sering kali terjadi dan hal ini memberikan efek samping negative untuk kesehatan tubuh. Daun sirsak juga bisa digunakan sebagai vasodilator, zat aktif yang berfungsi untuk mengatasi pembuluh darah sempit karena akan membantu dalam memperlebarnya kembali.

39. Membantu Dalam Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan bisa terjadi karena cacingan untuk anak-anak. Pada umumnya, masalah seperti ini terjadi karena kurangnya zat aktif stomakik yang berfungsi untuk membuat nafsu makan tinggi lagi. Zat ini bisa ditemukan dalam kandungan daun sirsak dan pemberian daun ini sangat menjadi pilihan tepat untuk mengatasi nafsu makan yang kurang.

40. Berfungsi Sebagai Zat Penenang

Sering kali stres atau apapun itu bisa membuat pikiran dan fisik Anda tidak bisa tenang sama sekali. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan rutin mengkonsumsi daun sirsak, bisa direbus kemudian di minum air rebusan atau dijadikan masker dan koyo untuk menambah relaksasi agar tenang kembali.

41. Mengontrol dan Menekan Aktivitas Jantung

Jika Anda sering mengeluh detak jantung selalu cepat, bisa jadi hal itu terjadi karena aktivitas jantung yang terlalu padat. Bisa terjadi meski hal spele seperti bertemu dengan seseorang yang ditakuti dan lainnya. Masalah seperti ini juga terkait dengan mental seseorang. Untuk membuat pembatas jantung yang baik, konsumsilah daun sirsak yang bisa berfungsi sebagai zat kardiodepresan, zat yang berfungsi untuk mengontrol jantung.

42. Memperkuat Saraf Tonik

Saraf tonik sangat penting untuk tubuh, meski terbilang bagian terkecil dalam tubuh. Untuk memperkuat saraf ini, Anda perlu zat yang bernama nervin. Nervin ini bisa ditemukan dalam daun sirsak, bisa dengan cara direbus kemudian meminum air rebusan. Tidka hanya saraf tonik saja, pemberian daun sirsak secara rutin juga membantu dalam mengontrol dan menjaga kesehatan saraf lainnya.

43. Membantu Dalam Menurunkan Tekanan Darah

Jika Anda memiliki tekanan darah yang rendah, cobalah untuk rutin merebus daun sirsak kemudian dijadikan minuman ramuan Anda kalau bisa setiap hari sampai tekanan darah turun. Hal ini terjadi karena zat aktif dalam kandungan daun sirsak membantu dalam mengatasi tekanan darah yang tinggi. Perlu diingat, masalah darah yang tidak stabil bisa membuat masalah serius seperti penyakit jantung dan strok.

44. Menghambat Mutasi Gen

Manfaat lain dari daun sirsak adalah membantu dalam menghambat mutasi genetic dalam tubuh. Biasanya terjadi karena zat aktif bernama anti-mutagenik yang ada dalam daun sirsak.

45. Membantu Dalam Merelaksasi Otot

Masalah otot seperti kejang otot, otot kram, dan lainnya sering terjadi dan hal itu menjadi masalah yang cukup menyusahkan karena sakit yang dirasakan. Untuk mengatasinya, Anda boleh memulai hidup sehat dengan rutin konsumsi daun sirsak sejak dini agar mencegah otot lelah dini dan membantu dalam merelaksasi otot. Hal ini baik dilakukan pada orang tua yang sudah memiliki otot yang tidak kencang lagi.

46. Mengatasi Bakteri yang Masuk ke Dalam Tubuh

Bakteri yang masuk dalam tubuh biasanya bisa menyebabkan berbagai penyakit yang pada dasarnya, mempengaruhi pencernaan seperti penyakit diare, kembung, dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda perlu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung anti bakteri yang kuat dan salah satunya adalah daun sirsak. Pemberian daun sirsak secara rutin bisa mengatasi bakteri yang masuk dalam tubuh dan membunuhnya. Lakukan secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu.

47. Sebagai Antileishmania

Leishmaniasis adalah salah satu virus atau bakteri akibat gigitan dari lalat penyebar virus. Virus ini kemudian berkembang dan sampai dalam tubuh manusia dan mengganggu kesehatan manusia. Daun sirsak memiliki kandungan anti leishmania yang membantu dalam mengatasi virus ini. Jika Anda terkena virus ini, konsumsilah daun sirsak bisa dengan cara direbus kemudian air rebusannya diminum.

48. Mengatasi Sakit Punggung

Masalah sakit punggung biasanya dihadapi oleh orang dewasa sampai orang lansia. Biasanya terjadi karena kurangnya asupan zat mineral dan tulang atau otot yang terbilang sudah tak kuat lagi. Daun sirsak berfungsi untuk membantu dalam mengatasi sakit punggung. Cara penggunaannya cukup mudah, siapkan beberapa lembar daun sirsak kemudian rebus dengan takaran air dan waktu yang pas. Setelah itu, minum air rebusannya secara rutin untuk membantu mengatasi sakit punggung yang sering datang.

49. Mengatasi Infeksi

Saat Anda terluka baik dalam tubuh atau pun luar tubuh, infeksi adalah hal utama yang harus diperhatikan karena jika luka Anda sampai infeksi, maka susah untuk sembuh. Dalam mengatasinya Anda bisa menggunakan obat anti infeksi saran dokter. Namun secara alami, infeksi ringan bisa diatasi dengan pemberian ramuan daun sirsak. Rebus daun sirsak kemudian minum airnya karena kandungan didalamnya ada antioksidan yang mampu mengatasi dan mencegah infeksi.

50. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh ada dua, secara fisik dan mental. Secara fisik, kekebalan tubuh akan membantu Anda dalam mencegah virus masuk dan merusak tubuh Anda. Selain itu, kekebalan tubuh yang baik akan menambah stamina dan energy untuk digunakan sehari-hari. Jika dirasa kekebalan tubuh Anda kurang, Anda boleh menggunakan daun sirsak sebagai salah satu ramuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meminum air rebusan daun sirsak. Lakukan secara rutin seperti 1 – 2 dalam seminggu.

51. Membantu Mengatasi Rematik

Rematik bisa terjadi karena masalah pada otot. Biasanya masalah rematik menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun sirsak yang sudah lama terpercaya ampuh dalam mengatasi rematik. Cara penggunaannya adalah haluskan sampai benar-benar halus dan sedikit diberikan air. Setelah halus, oleskan pada bagian tubuh yang nyeri. Lakukan secara rutin setiap hari agar rematik Anda tak mudah kambuh lagi.

52. Mengatasi Penyakit Malaria

Malaria merupakan penyakit berbahaya yang biasanya disebabkan oleh nyamuk malaria. Penyakit ini susah diatasi dan perlu perawatan dokter dalam jangka waktu panjang. Untuk mencegah malaria, Anda harus rutin untuk menjaga asupan nutrisi dan vitamin untuk tubuh Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi malaria adalah dengan daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat anti-malaria yang membantu dalam mengatasi penyakit ini. Pemberian cukup mudah, rebus dengan takaran seperlunya kemudian airnya diminum.

53. Mengatasi Keputihan

Keputihan terjadi pada wanita dan efek sampingnya bisa sangat mengganggu untuk wanita. Daun sirsak sejak dulu terkenal bisa mengatasi masalah keputihan yang dialami oleh para wanita. Cara penggunaannya cukup mudah, rebus daun sirsak kemudian minum airnya. Untuk lebih memaksimalkan, Anda boleh mencampur ramuan daun sirsak tersebut dengan madu kemudian minum secara rutin agar masalah keputihan tidak lagi terlihat.

54. Mengatasi Ruam dan Memar Kulit

Ruam dan memar pada dasarnya terjadi luka/pendarahan pada bagian luar kulit. Salah satu metode yang ampuh untuk mengatasi masalah seperti ini adalah menggunakan daun sirsak. Siapkan beberapa lembar daun sirsak kemudian robek ujungnya seperti pola tulang ikan kemudian tempel di bagian kulit yang memar atau ruam. Lakukan terus menerus sampai ruam atau memar Anda sudah dingin dan tak sakit lagi. Selain itu, Anda juga bisa memblender atau menumbuk sampai halus dan oleskan pada bagian kulit yang memar dan ruam tadi.

Tips dan Cara Memanfaatkan Daun Sirsak :

Khasiat Daun Sirsak, Manfaat Daun Sirsak, Rebusan Daun Sirsak, Tanaman Sirsak

Bagi anda yang belum paham bagaimana dalam memanfaatkan duan sirsak untuk kesehatan dan kecantikan, simak cara – cara dibawah ini.

  1. Pilih daun sirsak yang sehat. Kenapa harus memilih daun yang sehat? Karena jika memilih daun yang terserang penyakit maka kurang manjur khasiatnya.
  2. Bersihkan daun sirsak. Anda dapat membersihkan daun tersebut dengan menggunakan air. Membersihkan daun sirsak bertujuan agar terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel pada daun tersebut.
  3. Tidak boleh mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan. Jika anda menongonsusmsi secara berlebihan, akan menghilangkan khasiat dari daun sirsak tersebut.
  4. Konsultasi pada ahli tentang tanaman herbal. Belajar dengan para ahli sangat dianjurkan, guna agar anda paham kegunaan, kandungan gizi serta cara penggunan tanaman herbal itu sendiri.

Itu dia beberapa manfaat daun sirsak beserta cara penggunaan yang baik dan benar. Selain bagian daun, buah dan khususnya kulit buah sirsak memiliki manfaat yang sama dengan daun sirsak meski performanya sedikit berbeda. Semua tergantung dari Anda dalam menggunakannya dengan baik. Namun jika tak menghasilkan apapun saat perawatan menggunakan daun sirsak, sebaiknya tidak usah dilanjutkan karena kecocokan manusia dengan suatu bagian tumbuhan bisa saja tidak cocok meski presentasinya sedikit. Anda dapat melihat manfaat daun lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top