Connect with us
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga

Daun

30 Manfaat dan Khasiat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Sisik Naga – Daun sisik naga yang juga sering disebut dengan nama picisan merupakan daun tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan obat herbal. Daun ini tumbuh dengan menempel pada tumbuhan lain namun hal ini tidak membuatnya digolongkan sebagai tumbuhan parasit. Daun sisik naga bisa membuat makanannya sendiri tanpa harus mengganggu tumbuhan yang ditumpanginya pada kawasan yang memiliki suhu lembab. Daun ini memiliki ukuran lebar 1-2 cm dan panjangnya antara 1-5 cm.

Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga

Daun yang memiliki ukuran sebesar jengkol ini jika dikonsumsi akan terasa cukup manis. Daun sisik naga dikategorikan sebagai salah satu daun herbal karena dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh serta membasmi sejumlah penyakit yang menyerang tubuh. Dengan mengkonsumsi daun herbal ini secara rutin maka kita akan selalu sehat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit dalam maupun penyakit menular.

Ciri – Ciri Daun Sisik Naga :

Cirinya sederhana, bentuknya mirip seperti daun binahong, namun sedikit lebih kecil dan jarak antara satu daun dengan yang lainnya lebih dekat. Oleh sebab itu, daun ini dinamakan sisik naga karena letaknya berdempetan dengan ukuran sebesar koin mirip seperti sisik naga.

Daun sisik naga berwarna hijau dan lama kelamaan akan berubah menjadi hijau kecoklatan. Ujung daunnya bundar tembal, tumpul dan berdaging. Pinggir daun tanaman sisik naga ini sedikit meruncing dan pangkalnya rata.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Sisik Naga :

  • Triterpenoid
  • Flavonoid
  • Tanin
  • Minyak atsiri
  • Fenol
  • Gula

Manfaat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan :

1. Sebagai anti kanker

Manfaat daun sisik naga yang amat dicari oleh para masyarakat adalah sebagai obat untuk melawan kanker. Daun yang memiliki ukuran mini mampu melawan sel kanker yang terdapat pada tubuh dan juga mencegah terjadinya resiko kanker yang dapat mengancam nyawa.

2. Mengobati gondokan

Kandungan berbagai senyawa yang terdapat pada daun sisik naga sangat cocok untuk membantu menyembuhkan penyakit gondokan dengan cara mengkonsumsinya secara teratur hingga sembuh.

3. Membantu meredakan mimisan

Mimisan merupakan kondisi dimana hidung tiba-tiba mengeluarkan darah salah satunya karena faktor kelelahan. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui cara meredakan mimisan dengan daun siri saja. Namun sebenarnya darah yang keluar melalui hidung ini dapat diredakan sekaligus dihentikan dengan memanfaatkan daun sisik naga.

4. Menyembuhkan radang gusi

Daun sisik naga juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah radang gusi yang membengkak. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin pada rongga mulut. Bagi anda yang mungkin mengalami masalah radang gusi ini, anda bisa memanfaatkan khasiat dari daun sisik naga untuk segera menyembuhkannya.

5. Mengobati sariawan

Selain ampuh untuk menyembuhkan masalah radang gusi, daun sisik naga juga berkhasiat sebagai obat menghilangkan sariawan. Kandungan senyawa dalam sisik naga mampu mengobati infeksi pada mulut seperti sariawan. Bukan hanya dapat mengobati, daun ini juga akan membantu mencegah terjadinya sariawan datang kembali.

Manfaat Daun Sisik Naga untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menyembuhkan sakit kuning

7. Sebagai obat rematik

8. Membantu menghentikan pendarahan

9. Sebagai pencegah kanker payudara

10. Mengatasi masalah keputihan

11. Sebagai obat batuk berdahak

12. Mengatasi TB paruh yang disertai dengan batuk berdahak

13. Mengobati kencing nanah

14. Mempermudah buang air besar

15. Abses paru-paru

16. Menyembuhkan radang kuku

17. Mengatasi masalah konstipasi

18. Mengobati sakit perut

19. Menyembuhkan disentri

20. Sebagai obat panu

21. Menyembuhkan penyakit jamur

22. Mengatasi hepatitis

23. Sebagai obat kencing bernanah

24. Menyembuhkan ambeien

25. Mengatasi gonore

26. Mengobati parotitisleukora

27. Menyembuhkan luka berdarah

Cara Memanfaatkan Daun Sisik Naga untuk Kesehatan :

1. Menyembuhkan penyakit kuning

Siapkan 15-30 gr daun picisan segar lalu cuci sampai bersih. Rebus daun tersebut dan sisakan setengahnya. Angkat dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin, saring sarinya untuk memisahkan dari ampasnya lalu ramuan siap untuk diminum. Anda bisa meminum ramuan herbal ini secara rutin 3 kali sehari dengan takaran setengah gelas sekali minum.

2. Membantu menghentikan pendarahan

Sediakan 30 gr daun picisan lalu giling hingga halus. Setelah itu peras dan saring sarinya. Ramuan herbal yang terkumpul bisa langsung diminum secara rutin 3 kali sehari.

3. Sebagai obat untuk mengatasi penyakit kulit

Siapkan beberapa helai daun sisik naga lalu hancurkan sampai halus. Setelah itu, aplikasikan pasta sisik naga tersebut pada area kulit yang bermasalah.

4. Menyembuhkan rematik

Sediakan 15-30 sisik naga segar lalu cuci sampai bersih. Rebus daun tersebut bersama dengan 3 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Dinginkan, lalu saring dan minum air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari dengan takaran ½ gelas sekali minum.

5. Mengatasi masalah keputihan

Siapkan 15-60 g daun sisik naga lalu cuci hingga bersih. Rebus daun herbal tersebut bersama 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Saring dan minum herbal daun sisik secara teratur.

6. Menyembuhkan sariawan

Ambil satu genggam tanaman sisik naga lalu cuci sampai bersih. Rebus daun tersebut bersama 2 gelas air dan tunggu sampai mendidih. Dinginkan dan saring air rebusannya untuk dijadikan obat kumur.

7. Mengatasi radang gusi

Ambil beberapa helai tanaman sisik naga dan cuci sampai bersih. Kunyah daun yang sudah bersih lalu diamkan hingga beberapa saat pada bagian gusi yang terasa sakit akibat peradangan. Jika terasa sudah hambar buang ampasnya dan ulangi cara ini maksimal 4 kali sehari.

8. Meredakan sakit perut, sembelit dan disentri

Ambil 30 gr daun picisan lalu cuci daun sampai bersih. Setelah itu, rebus daun bersama dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Angkat dan tunggu sampai dingin. Saring air rebusan daun picisan lalu diminum secara teratur.

9. Menyembuhkan gondongan

Penyakit gondongan bisa diatasi dengan menghaluskan beberapa helai daun picisan dengan cara ditumbuk atau digiling. Setelah itu, aplikasikan pasta daun picisan pada area yang terasa sakit akibat gondongan.

10. Mengobati kencing nanah

Sediakan beberapa helai daun sisik naga lalu cuci daun tersebut sampai bersih dengan air mengalir. Jika sudah bersih, selanjutnya anda bisa merebusdaun bersama 600 cc air. Tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1/3 dari takaran semula. Angkat dan dinginkan lalu saring sarinya sebagai herbal untuk mengatasi kencing nanah. Anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal ini secara rutin 3 kali sehari.

11. Membantu menghentikan pendarahan

Ambil 30 gr daun picisan lalu cuci sampai bersih. Tumbuk daun sampai halus dengan menambahkan sedikit air agar tidak terlalu kaku. Saring air tumbukan daun lalu minum secara rutin 3 kali sehari dengan takaran ½ gelas sekali minum.

Efek Samping Daun Sisik Naga :

Banyak orang yang mengatakan bahwa ada bahaya ketika mengkonsumsi daun tanaman sisik naga. Bahayanya tersebut dapat menyebabkan :

  1. Leukimia
  2. Kanker
  3. Alergi
  4. Mengandung banyak racun

 Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Tempuyung untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun sisik naga merupakan daun yang menempel pada tumbuhan lain namun bukan termasuk dalam golongan tumbuhan parasit. Daun ini memiliki bentuk cukup kecil seperti daun binahong dan sebesar koin sehingga dinamai dengan daun sisik naga. Siapa sangka daun yang memiliki ukuran kecil ini memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh dengan cara yang alami.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top