Connect with us
Daun Suji, Manfaat Daun Suji, Khasiat Daun Suji, Daun Pandan, Daun Pundak

Daun

30 Manfaat dan Khasiat Daun Suji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun suji merupakan daun tanaman perdu yang bermanfaat untuk rempah-rempah, obat herbal dan kehidupan sehari-hari. Manfaat daun tanaman suji sering digunakan dalam bidang pangan, kecantikan dan juga pengobatan. Dalam bidang pangan, daun suji digunakan sebagai bahan pewarna makanan.

Daun Suji, Manfaat Daun Suji, Khasiat Daun Suji, Daun Pandan, Daun Pundak

Daun tanaman suji memiliki aroma yang khas dan harum sehingga membuat cita rasa masakan menjadi nikmat. Pucuk muda daun tanaman suji juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur. Sedangkan dalam bidang pengobatan, daun ini dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa jenis penyakit seperti sakit perut, keracunan dan lain-lain.

Banyak orang mengira bahwa daun suji adalah daun pandan. Meskipun memiliki bentuk yang nampak sama, namun kedua tanaman tersebut sebenarnya berbeda. Perbedaan tersebut nampak pada panjang daun, penggunaan daun serta warna daunnya.

Panjang Daun Suji :

Daun suji memiliki daun yang tidak bergerigi atau tajam serta tidak memiliki tulang pada bagian tengahnya. Sedangkan daun pandan memiliki tepi gerigi tajam, berbentuk panjang seperti pita dan memiliki tulang dibagian tengahnya.

Penggunaan Daun Suji :

Jika anda ingin menjadikan kue berwarna hijau alami maka anda bisa memanfaatkan daun suji, namun jika anda ingin membuat kue beraroma wangi maka anda bisa memanfaatkan daun pandan.

Warna Daun Suji :

Daun pandan dan daun suji memilik warna yang berbeda. Daun tanaman suji berwarna hijau tua serta mengkilap sedangkan daun pandan berwarna hijau muda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Suji :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Suji

  • Alkaloid
  • Saponin
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Tanin

Secara medis, tanaman suji ini memiliki rasa yang agak pahit, jika anda meremas daunnya maka akan berbau harum namun jika dikonsumsi akan memberikan rasa dingin.

Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan :

1. Membantu memperkuat sistem imun

Sistem kekebalan tubuh tidak hanya dapat diperkuat dengan asupan vitamin C yang tinggi saja, namun plifenol yang merupakan salah satu kandungan dari daun suji juga bermanfaat untuk meningkatkan sitem imun. Dengan rempah-rempah ini maka sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dan kita bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit yang mengancam tubuh.

2. Mengobati kencing bernanah

Salah satu keunggulan yang dimiliki daun tanaman suji adalah kandungan saponin yang bermanfaat sebagai zat antiseptik. Oleh karena itu, daun ini bisa dijadikan herbal untuk mengobati penyakit kencing bernanah. Tentunya bagi yang sudah mengalami, kencing bernanah ini terasa sangat menyakitkan karena pada saat kencing urine yang keluar selalu diiringi dengan keluarnya nanah. Sifat antisepik yang terdapat pada daun tanaman suji mampu membunuh bakteri dan kumah penyebab kencing manis.

3. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Kandungan polifenol dalam daun suji ini juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Polifenol dalam daun ini cukup tinggi dan berfungsi untuk merenggangkan pembuluh darah pada tubuh. Dengan meminum air rebusan dari daun ini secara rutin maka pembuluh darah akan menjadi besar dan sirkulasi darah pun menjadi lancar.

4. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah sebuah penyakit yang banyak dialami oleh warga Indonesia. Oleh karena itu kita bisa menjaga kesehatan kita dari masalah kolesterol tinggi dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat.

Namun jika sudah terlanjur terkena kolesterol maka kita bisa mengatasinya dengan cara yang alami menggunakan daun suji. Daun ini mengandung zat saponin yang mampu mengikat kolesterol dalam darah dan menjadikannya turun dengan cepat.

5. Sebagai obat sakit gigi

Daun suji mengandung flavonoid dan tanin yang berfungsi sebagai antiseptik untuk melawan bakteri penyebab sakit gigi. Cara memanfaatkan daun ini pun cukup mudah yakni dengan dibuat sebagai ramuan lalu diminum atau dijadikan sebagai obat kumur.

6. Menangkal radikal bebas

Sebagaimana yang sudah kita tahu bahwa radikal bebas dapat memicu terjadinya resiko kanker. Kandungan zat flavonoid pada daun ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta membantu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

7. Sebagai obat batuk berdarah

Batuk berdarah biasanya disebabkan oleh adanya infeksi pada tenggorokan atau paru-paru akibat terlalu sering mengkonsumsi kopi dan merokok. Selain itu, batuk berdarah juga terjadi karena mengidap penyakit lain seperti TBC, kanker paru-paru, penyakit jantung, bronkitis dan lain-lain.

Jika sudah terjadi batuk berdarah ini maka harus segera ditangani agar tidak menimbulkan penyakit lainnya atau komplikasi. Salah satu cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi batuk berdarah ini adalah memanfaatkan daun suji karena obat herbal ini mengandung zat alkaloid yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi pada tenggorokan.

8. Membantu regenerasi sel

Adanya radikal bebas yang mungkin menyerang tubuh kita dapat memicu terjadinya kerusakan sel tubuh. Namun anda tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa ditangani dengan menggunakan daun suji. Kandungan flavonoid serta polifenol pada daun tanaman suji memiliki manfaat penting untuk menangkal radikal bebas.

9. Sebagaiobat gusi berdarah

Gusi berdarah biasanya terjadi karena adanya infeksi oleh bakteri di dalam gusi tersebut. Untuk membantu meredakan pendarahan pada gusi ini anda bisa berkumur dengan ramuan daun suji dalam keadaan yang masih hangat.

10. Mencegah hipertensi

Tekanan darah tinggi juga bisa ditangani dengan memanfaatkan ramuan daun tanaman suji. Kandungan zat yang terdapat pada daun ini mampu menetralisir darah dan mengontrolnya agar dalam tensi yang stabil.

Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Lainnya :

11. Sebagai obat disentri

12. Membantu mengobati beri-beri

13. Sebagai penawar racun

14. Membantu mencegah terjadinya stroke

15. Mengatasi kardiovaskular

16. Membantu melancarkan sistem pencernaan

17. Sebagai obat sakit perut

18. Membantu meredakan nyeri haid

19. Mengobati stroke

20. Mengatasi sakit jantung

21. Mengobati sesak nafas

22. Membanggun tumbuhnya sel yang rusak

Cara Memanfaatkan Daun Suji untuk Kesehatan :

1. Ambillah daun suji sebanyak 10 lembar

2. Cuci hingga bersih menggunakan air mengalir

3. Setelah iru, rebus daun di dalam 1 ½ ltr air

4. Rebus hingga mendidih dan sisakan ½ dari takaran semula

5. Minum ramuan daun ini secara rutin 2 kali sehari dengan takaran 2 gelas setiap kali minum.

Manfaat Daun Suji untuk Kecantikan :

1. Mencerahkan kulit

Kerusakan kulit yang terjadi akibat adanya radikal bebas di sekitar kita akan membuat penampilan kita menjadi kurang maksimal. Kulit yang rusak dan kusam dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan daun suji secara teratur. Kandungan polifenol pada daun ini mampu mencerahkan kulit secara alami sekaligus mencegah terjadinya kerusakan kulit kembali.

2. Mencegah terjadinya penuaan dini

Manfaat daun suji untuk kecantikan lainnya adalah membantu mencegah timbulnya gejala penuaan dini. Mengkonsumsi ramuan daun ini akan menjadi obat herbal dari dalam yang akan menjadikan kulit anda sehat dan terlihat awet muda.

Manfaat Daun Suji untuk Kecantikan Lainnya :

3. Mengatasi kerutan

4. Menghaluskan kulit

5. Mencerahkan wajah

Cara Memanfaatkan Daun Suji untuk Kecantikan :

1. Siapkan daun suji sebanyak 15 lembar.

2. Cuci daun sampai bersih lalu tumbuk hingga halus.

3. Setelah itu, seduh tumbukan daun tersebut di dalam ½ gelas air panas.

4. Jika sudah hangat peras daun dari airnya.

5. Ramuan siap diminum secara teratur untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersinar.

Efek Samping Daun Suji :

1. Gangguan Pencernaan

2. Sakit Perut

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun suji memang sekilas mirip dengan daun pandan, namun keduanya memiliki perbedaan termasuk juga manfaatnya. Kandungan nutrisi dalam daun ini ternyata memiliki khasiat besar untuk kesehatan, bahan pangan dan kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top