Connect with us
Daun Sukun, Manfaat Daun Sukun, Khasiat Daun Sukun

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Sukun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Sukun berasal dari pohon sukun yang merupakan tumbuhan berkayu yang hanya bisa dijumpai dikawasan tropis dengan iklim panas dan lembab. Sukun termasuk kedalam famili Moraceae dan memiliki genus Artocarpus. Sukun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kulit batang sukun dapat digunakan untuk membantu wanita untuk melancarkan aliran darah setelah melahirkan, buah sukun juga dapat dikonsumsi sebagai camilan. Selain bagian bagian tersebut, daun sukun juga memiliki banyak manfaat.

Daun Sukun, Manfaat Daun Sukun, Khasiat Daun Sukun

Kandungan Gizi Daun Sukun :

Kandungan Gizi Daun Sukun

Daun sukun bermanfaat bagi kesehatan, contohnya untuk pengobatan penyakit dalam seperti ginjal, liver, jantung, dan limpa. Daun ini berkhasiat karena mengandung berbagai zat seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tanin, riboflavin, asam amino esensial, kalium/potasium, dan polifenol, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K, Asam hidrosianat, minyak astiri, kandungan serat, lemak, protein, serta karbohidrat.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan :

1. Penyakit Ginjal

Gagal ginjal merupakan penyakit akut yang ditakuti oleh banyak orang, karena ginjal sudah tidak mampu menyaring racun yang terkandung pada darah. Cuci darah merupakan alternatif lain untuk menggantikan fungsi ginjal, namun hal ini berdampak buruk bagi tubuh manusia. Zat zat yang terkandung dalam daun sukun dapat menjadi alternatif lain untuk mengobati penderita gagal ginjal. Efek diuretik yang dihasilkan daun sukun dapat menyembuhkan penyakit ginjal.

Loading...

2. Kadar Kolesterol

Masakan yang berminyak merupakan sumber utama dari kolesterol, makanan ini merupakan bahan konsumsi setiap hari. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan seseorang mengalami berbagai gangguan, kolesterol dapat menyumbat jalur peredaran darah. Konsumsi daun sukun dapat memisahkan kolesterol dalamdarah dan keluar bersama air seni.

3. Penyakit Jantung

Serangan jantung merupakan serangan yang tiba tiba terjadi dan apabila tidak langsung mendapatkan penanganan, hal ini dapat membahayakan nyawa seseorang. Banyak hal yang dapat menyebabkan penyakit jantung, seperti penyumbatan otot jantung karena kolesterol atau oleh zat kapur. Dengan daun sukun, zat zat berbahaya tersebut akan terlarut dan dibuang melalui air seni.

4. Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang yang lanjut usia. Penyakit ini disebabkan oleh kandungan asam yang meningkat pada otot sehingga menyebabkan otot menjadi kaku dan menimbulkan rasa nyeri. Konsumsi daun sukun dapat membantu mengurangi kandungan asam dan melonggarkan otot. Pengonsumsian daun ini dapat dilakukan secara berkala agar kandungan asam dapat terkontrol.

5. Penyakit Liver

Liver merupakan penampung racun yang terlarut di dalam darah. Peradangan dapat terjadi apabila terdapat racun yang berbahaya masuk dalam tubuh kita. Hal ini terjadi karena perlawanan daya tubuh untuk menghancurkan racun yang masuk. Daun sukun dapat dimanfaatkan untuk meredakan peradangan karena kandungan senyawa asetil kolin yang keluar ketika daun sukun direbus.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan lainnya

6. Mencegah kanker
7. Mengobati batu ginjal
8. Mengobati penyakit maag
9. Mengobati hipertensi
10. Mencegah penyakit hepatitis
11. Mencegah inflamasi
12. Menurunkan kadar gula darah dan diabetes melitus
13. Meredakan sakit pinggang
14. Meningkatkan daya tahan tubuh
15. Mengobati penyakit rematik
16. Mencegah cacingan dengan membunuh cacing dalam perut
17. Mengurangi rasa nyeri dan rasa pegal di kaki
18. Mengobati wasir atau ambeien
19. Mempercepat pertumbuhan luka
20. Mengobati alergi, ruam, iritasi, dan kemerahan pada kulit

Cara Memanfaatkan Daun sukun untuk Kesehatan :

Cara memanfaatkan daun ini yaitu memilih daun sukun yang masih muda berwarna coklat pekat, kemudian pilih daun yang masih bagus, tidak cacat dan berlubang, jemur dibawah sinar matahari hingga kering, rebus menggunakan panci stainless steel (1 helai daun sukun + 5 gelas air), lalu tambahkan madu atau gula batu untuk mengurangi rasa pahit dan memperbaiki cita rasa, kemudian minum secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Daun Sukun untuk Kecantikan :

1. Untuk Kecantikan kulit

Omega 3 dan omega 6 merupakan senyawa yang penting yang bisa ditemukan di dalam daun buah ini. kegunaan kedua zat penting tersebut adalah dapat mempercantik kulit wajah. Pemanfaata zat dalam daun tersebut sangat mudah. salah satunya adalah dengan menggunakannya untuk masker atau lulur.

2. Mencerahkan Kulit Tubuh dan Wajah

Daun buah sukun ini ternyata mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, dan vitamin E dimana vitamin ini dapat meningkatkan kecerahan kulit sehingga kulit tampak lebih putih dan kencang. Daun sukun dapat diolah menjadi masker kecantikan atau lulur kemudian dioleskan pada wajah.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut yang sehat dapat mencerminkan kecantikan seorang wanita. Untuk mendapatkan rambut yang sehat ternyata caranya sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan dedaunan ini untuk melawan rambut anda yang rusak. Kandungan omega 6-nya dapat berkhasiat mengatasi masalah rambuat agar tepat sehat dan cantik.

4. Dapat Menghilangkan jerawat

Jerawat tentunya merupakan masalah klasik bagi sebagian besar wanita. Oleh karena itu mereka harus mengatasinya namun dengan bahan yang alami. Masker atau rebusan daun buah sukun ternyata berdampak baik untuk menghilangkan jerawat dan noda noda diwajah karena kandungan didalamnya dapat melarutkan kandungan minyak pada wajah.

5. Sebagai Antioksidan yang Bermanfaat

Antioksidan ternyata merupakan fungsi utama dari daun buah yang manis ini. kemampuannya sebagai anti oksidan dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kulit wajah anda. Oleh karena itu anda sangat disarankan untuk menggunakan daun ini sebagai masker atau minuman agar menjadi pelindung bagi kulit anda.

Manfaat Daun Sukun untuk Kecantikan lainnya :

6. Mencegah terjadinya kebotakan
7. Mencegah munculnya ketombe
8. Mampu mencegah kerontokan rambut
9. Memberikan kesegaran untuk wajah
10. Mencegah munculnya jerawat yang baru
11. Memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit wajah
12. Menghaluskan kulit yang terasa kasar
13. Mampu menghidrasi kulit wajah maupun tubuh yang kering
14. Mampu mengatasi kulit yang kusam akibat sinar UV dan polusi
15. Melindungi kulit dari radiasi
16. Melindungi kulit dari sinar UV
17. Membantu mengatasi kulit yang bopeng akibat jerawat
18. Merupakan anti bakteri khususnya bakteri jerawat
19. Menghaluskan kulit wajah dan tubuh
20. Mengurangi produksi minyak yang berlebih di kulit wajah

Cara memanfaatkan Daun Sukun untuk Kecantikan :

Cara memanfaatkan daun buah sukun tersebut sangat mudah dan sederhana. Jika anda ingin membuat lulur dari daun ini, pilihlah daun yang muda dan berwarna hijau langsung dipetik dari batangnya, kemudian tumbuk daun sukun hingga lembut, lalu peraslah hingga keluar sarinya, dan oleskan ke seluruh tubuh. Ulangi pengaplikasian masker ini ke tubuh anda selama seminggu dua kali agar memberikan hasil yang maksimal.

Efek Samping Daun Sukun :

Efek Samping Daun Sukun

Semua zat akan menjadi berbahaya apabila berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selain itu, bahkan untuk zat yang paling bermanfaat sekalipun dapat menimbulkan masalah jika berlebihan dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi apabila anda berlebihan dalam mengkonsumsi daun sukun

1. Daun dari buah sukun ini dapat menyebabkan kram otot.
2. Selain itu daun buah ini ternyata dapat menyebabkan tekanan darah rendah jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Itu dia beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain itu cara penggunaan daun buah sukun sebagai obat serta efek samping kami jelaskan secara detail. Pada bagian daun, buah dan khususnya kulit buah sukun memiliki banyak sekali manfaat. Semua tergantung dari Anda dalam menggunakannya dengan baik. Namun jika tak menghasilkan apapun saat perawatan menggunakan daun sukun, sebaiknya tidak usah dilanjutkan karena kecocokan manusia dengan suatu bagian tumbuhan bisa saja tidak cocok meski presentasinya sedikit. Anda dapat melihat manfaat daun lainnya.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Gindo

    Maret 4, 2018 at 11:09 pm

    Wah seperti itu rupanya manfaat daun sukun, sama seperti yang dibutuhkan oleh manfaatku.me ya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Daun

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top