Connect with us
Daun Tin, Manfaat Daun Tin, Khasiat Daun Tin

Daun

45 Manfaat dan Khasiat Daun Tin untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun tin merupakan daun yang beraroma harum serta bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Namun ketika dikonsumsi sebagai obat herbal alami rasanya benar-benar tak enak. Jelas kalah jauh dengan buah tin yang rasanya manis sedikit berair tersebut.

Daun Tin, Manfaat Daun Tin, Khasiat Daun Tin

Bagian tanaman tin yang dicari tak hanya buahnya saja, tapi juga daunnya. Hal ini karena berkat banyak orang yang merasakan betul manfaatnya setelah mencoba mengkonsumsinya. Sekarang, daun herbal ini sudah menjadi buruan banyak orang. Permukaan daun terasa kasar dan sedikit agak berbulu. Bila diremas-remas akan menguarkan aroma yang menyegarkan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Tin :

Apa sajakah kandungan dari daun ini? Berikut ini kandungan gizi di dalam daun tin, antara lain: lipid (asam gentisic, asam stearat, asam lignoceric), isoquinoline (coreximine, atherospermine, anoniine, anonaine), lactones (javoricina, tinhexocina A dan C, gigantetronemina, tinreacina).

Kandungan senyawa-senyawa tersebut wajib diketahui oleh kita karena bisa saja ada senyawa tertentu yang bisa menjadi pencetus alergi bagi seseorang. Dengan mengetahui kandungan senyawa-senyawa yang terdapat di dalamnya, kita bisa menghindari akibat efek samping yang mungkin terjadi ketika kita mengkonsumsinya.

Manfaat Daun Tin Untuk Kesehatan :

1. Menguatkan tulang

Kandungan kalsium pada daun tin cukup tinggi sehingga bagus untuk memberikan nutrisi pada tulang. Tulang tersusun oleh unsur-unsur kalsium sehingga kebutuhan mineral ini harus tercukupi di dalam tubuh kita. Kandungan kalsiumnya hampir menyamai dengan segelas air susu sehingga bisa sebagai pengganti susu. Sangat dianjurkan konsumsi teh daun tanaman asal jazirah Arab ini secara rutin tiap hari.

2. Meningkatkan nafsu makan

Sangat dianjurkan diberikan pada anak-anak yang susah makan. Senyawa-senyawa yang terdapat di dalam daun tin akan merangsang hormon-hormon pencernaan bekerja lebih aktif. Si anak akan merasakan peningkatan nafsu makan.

3. Mengatasi gangguan pernafasan

Bagi yang memiliki gangguan pernafasan seperti asthma menahun atau alergi pernafasan kambuhan, konsumsi daun ini akan memperlancar sistem pernafasan. Terutama mengendurkan sel-sel yang terdapat di organ pernafasan.  Akibat sel-sel tegang inilah yang membuat sesak nafas.

4. Menghambat perkembangan sel-sel kanker

Banyaknya kandungan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan menjadikan daun ini berpotensi menghambat perkembangan dan penyebaran sel-sel kanker. Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan akan memerangkap radikal bebas penyebab kanker.

5. Menormalkan denyut jantung

Bagi yang sering merasakan denyut jantung tak stabil seperti sering berdebar-debar dan merasa tak nyaman, konsumsi daun ini akan segera menstabilkan denyut jantung. Permasalahan denyut jantung tak teratur ini bisa disebabkab oleh psikis maupun fisiologis. Daun tin mampu memperbaiki kondisi psikis dan fisiologis ini.

Manfaat Daun Tin Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mematikan bakteri-bakteri yang merugikan

7. Menurunkan kadar kolesterol

8. Meningkatkan kadar hemoglobin

9. Mendukung program diet Anda

10. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

11. Mencegah penyakit jantung koroner

12. Mencegah serangan jantung

13. Mencegah kanker ganas

14. Cocok untuk penderita diabetes

15. Mencegah osteoporosis

16. Mendukung pertumbuhan tinggi badan secara alami

17. Membentuk tubuh ideal

18. Mengatasi insomnia atau sulit tidur

19. Mengatasi anemia (kekurangan darah)

20. Mengatasi sembelit atau sulit buang air besar

21. Mengatasi wasir atau ambeien

22. Menghambat perkembangan tumor jinak maupun ganas

23. Mengatasi bisul dan abses

24. Mempersingkat kesembuhan luka baru

25. Mengatasi sakit tenggorokan

26. Menurunkan berat badan

27. Mencegah kanker prostat

28. Menambah vitalitas pada kaum adam

29. Cocok dikonsumsi bumil dan setelah melahirkan

30. Menurunkan trigilserida

31. Sebagai peluruh batu ginjal

32. Mengendalikan kadar gula dalam darah

33. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Cara Memanfaatkan Daun Tin Untuk Kesehatan :

Cara yang paling banyak dipakai yaitu dibuat sebagai minuman. Sekarang sudah tersedia dalam bentuk simplisia maupun olahan daun tin lainnya. Daun utuh kering bisa diolah menjadi berbagai macam produk. Demikian pula dengan daun utuh yang masih basah. Pada daun utuh yang masih basah, kandungan senyawa-senyawa yang ada di dalamnya masih lengkap dan belum banyak mengalami kerusakan.

Cara konsumsi teh daun tin tak ada bedanya dengan meminum daunt eh. Cukup diseduh dengan air panas saja. Nanti air akan berwarna keruh agak kehijau-hijauan dan beraroma tin. Seduhan ini bisa langsung diminum. Untuk menambah rasa, boleh ditambahkan dengan madu atau gula aren.

Manfaat Daun Tin Untuk Kecantikan :

1. Menambah keharuman tubuh

Daun tin mengeluarkan aroma harum. Sangat bagus untuk menghilangkan bau badan dan mengharumkan aroma tubuh. Aroma ini berasal dari sejenis minyak atsiri atau minyak terbang yang ada di seluruh bagian tanaman. Aroma alami ini ternyata banyak disukai oleh orang dan mereka merasakan ada sensasi menenangkan pikiran.

2. Mengatasi jerawat

Kandungan mineral alkali yang bersifat basa ini akan mengontrol pH kulit supaya tetap dalam keadaan normal. Mineral alkali ini juga mampu membersihkan pori-pori dari kotoran yang menempel penyebab jerawat.

3. Menghambat penuaan atau antiaging

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan akan melindungi kulit tetap sehat dan menyingkirkan sel-sel tak sehat maupun rusak. Senyawa antioksidan juga mencegah sel-sel kulit bermutasi yang menyebabkan kanker kulit atau bercak-bercak di kulit.

4. Memperhalus kulit

Lapisan kulit terluar yang rusak dan tak sehat akan tersingkir dan digantikan oleh sel-sel kulit baru yang sehat. Lapisan kulit baru ini lebih halus dan kenyal. Itulah mengapa sehabis luluran daun tin, kulit akan tampak lebih halus dan kenyal.

5. Memperindah kulit wajah

Kulit halus dan sehat akan membuat wajah tampak lebih bersinar dan indah. Wanita yang sering memakai maskeran dari bahan organik seperti daun akan menghasilkan wajah yang lebih indah. Anda bisa mencobanya di rumah.

Manfaat Daun Tin Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengkilapkan kuku

7. Melentikkan bulu mata

8. Membuat mata lebih bercahaya

9. Melangsingkan badan

10. Meningkatkan mood positif

Cara Memanfaatkan Daun Tin Untuk Kecantikan :

Cara yang paling banyak dipakai yaitu dibuat menjadi masker wajah atau luluran untuk sekujur tubuh. Untuk pemakaian di dalam tubuh, dibuat menjadi minuman herbal. Untuk pembuatan masker dan luluran biasanya ditambahkan dengan bahan organik lainnya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Cara membuatnya mudah, tinggal menghaluskan daun tin menjadi bubur atau pasta. Setelah itu tinggal ditambahkan dengan bahan luluran organik lainnya untuk menambahkan manfaatnya.

Efek Samping Daun Tin :

Efek samping konsumsi teh daun tin biasanya mengalami sering kencing karena bersifat diuretik. Senyawa antigizi juga terdapat di dalamnya yang bila dikonsumsi berlebihan justru akan membuat sistem pencernaan terganggu. Misalnya saja mengalami diare atau sebaliknya “sembelit”. Konsumsi yang berlebihan juga berpotensi mengganggu sistem kerja organ dalam seperti hati dan ginjal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Seri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Selain buahnya yang kaya manfaat, daun tin juga kaya khasiat. Pantas saja, di dalam kitab suci umat Islam, berkali-kali disebutkan. Tanaman ini memang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kita. Toh, di Indonesia, tanaman Tin bisa tumbuh bagus dan mampu berbuah dengan bagus pula.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top