Connect with us
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel

Daun

20 Manfaat dan Khasiat Daun Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun wortel merupakan daun tanaman wortel yang bisa dimanfaatkan sebagai sayuran maupun rempah-rempah. Sayuran yang memiliki warna orange ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan memasak sup atau dijadikan sebagai jus segar. Kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam wortel diyakini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya untuk menyehatkan mata, meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mencegah rabun, kaya akan serat dan lain-lain.

Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel

Manfaat sayur wortel mungkin sudah banyak yang mengetahui, namun bagaimana dengan daun wortel? Mungkin diantara kita masih belum mengetahui apa saja manfaat dan khasiat dari daun sayuran ini. Meskipun tidak sepopuler umbinya, daun wortel memiliki manfaat yang tidak kalah penting dibandingkan dengan wortel itu sendiri. Hal ini terbukti dengan banyaknya para ahli terapis yang menggunakan daun wortel untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit terutama yang berhubungan dengan penyakit mata.

Ciri – Ciri Daun Wortel :

Daun sayuran wortel sangat majemuk dan memiliki bentuk menyirip ganda dua maupun tiga. Daun sayuran wortel bertangkai dan memiliki anak-anak berbentuk garis-garis. Bagian tepi daun ini akan bercangap.

Setiap tanaman wortel memiliki antara 5 hingga 7 tangkai daun yang berukuran lumayan panjang. Tangkai daun sayuran ini tebal dan kaku. Daun ini berfungsi sebagai fotosintesis yang mampu menghasilkan zat untuk kebutuhan tumbuhan baik generatif maupun vegetatif.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Wortel :

Daun wortel memiliki kandungan senyawa aktif alami seperti :

  • Magnesium
  • Klorofil
  • Kalsium
  • Potassium
  • Mineral
  • Vitamin A

Manfaat Daun Wortel untuk Kesehatan :

1. Membantu mencegah anemia

Manfaat penting yang terdapat pada daun wortel adalah untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang gejalanya ditandai dengan tubuh yang lemas, tekanan darah menjadi rendah dan merasa mudah lelah. Namun, jika kita mau mengkonsumsi daun wortel secara teratur maka tubuh kita akan selalu terjaga dari yang namanya penyakit anemia. Jus wortel segar dapat menjadi alternatif bagi anda yang mungkin merasakan gejala anemia agar segera teratasi dan tidak semakin membahayakan kondisi kesehatan anda.

2. Membantu mencegah terjadinya serangan stroke dan jantung

Salah satu penyebab terjadinya serangan stroke dan juga gejala jantung adalah kurangnya asupan oksigen serta mineral yang masuk ke dalam tubuh kita. Daun wortel memiliki kandungan penting yang dapat memenuhi kebutuhan mineral dan oksigen dalam tubuh. Dengan asupan oksigen dan mineral yang cukup maka aliran darah dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Hal ini tentunya akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita sehingga kita bisa aman dari resiko penyakit kronis seperti stroke ataupun penyakit jantung.

3. Membantu melancarkan sistem peredaran darah

Daun wortel menjadi salah satu sumber makanan yang mampu melancarkan sistem peredaran darah pada tubuh kita. Dengan lancarnya aliran darah dalam tubuh maka kesehatan kita akan selalu terjaga. Hal ini karena asupan oksigen serta mineral dalam tubuh dapat tersalurkan secara maksimal pada seluruh organ penting dalam tubuh. Selain efektif untuk memperlancar sistem peredaran darah, daun sayuran ini juga memiliki peran penting dalam meningkatkan konsentrasi dan melindungi tubuh dari ancaman berbagai macam penyakit.

4. Membantu menjaga kesehatan mata

Sama seperti umbinya, daun wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk menyehatkan penglihatan. Bagi anda yang mungkin mengalami masalah pada penglihatan, anda bisa mencoba mengkonsumsi daun wortel ini sebagai pengobatan herbal yang aman dan ekonomis tentunya. Anda bisa membuat jus dari daun sayuran ini lalu diminum secara rutin sehari sekali untuk mengembalikan kesehatan mata anda.

5. Memperkuat otot

Terlalu banyak melakukan aktivitas dalam keseharian kita menjadikan badan terasa lelah dan stamina pun menurun. Kondisi ini tak jarang dapat membuat otot kita semakin melemah, terlebih saat kita terpaksa harus bekerja setiap harinya. Mengkonsumsi daun wortel secara teratur dipercaya dapat mengembalikan fungsi otot serta menjaga kekuatan otot yang lelah karena terlalu banyak melakukan pekerjaan. Meskipun banyak beraktivitas otot kita tidak akan mengalami masalah jika kita mau menjaganya. Semakin kuat otot serta daya tahan tubuh kita maka kita akan semakin semangat dalam berkarya setiap hari.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Seri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Wortel untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah terjadinya osteoporosis

7. Menjaga kebugaran tubuh

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

9. Sebagai antiseptik

10. Mencegah terjadinya hipertensi

11. Mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh

12. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

13. Menghilangkan bau mulut tak sedap

14. Sebagai obat sakit gigi

15. Menyembuhkan radang gusi

16. Sumber mineral yang baik

Cara Memanfaatkan Daun Wortel untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan daun wortel sangatlah mudah, kita bisa langsung mengkonsumsinya layaknya sayuran biasa yang dicampur di dalam masakan. Daun ini juga bisa dijadikan sebagai lalapan segar. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan daun wortel ini sebagai minuman pelepas dahaga alami, seperti menyeduh daunnya atau menjadikannya sebagai jus segar yang menyehatkan.

Cara membuat jus segar dari daun wortel :

  1. Ambil daun sayuran wortel yang masih segar secukupnya saja.
  2. Cuci daun hingga bersih bisa dengan air mengalir.
  3. Setelah itu, masukkan daun yang sudah bersih tadi ke dalam blender.
  4. Agar rasanya tidak terlalu hambar, anda bisa menambahkan wortel atau bahan alami lainnya. Bagi yang suka dengan susu anda bisa menambahkan susu. Bahan alami lain yang juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh juga bisa anda masukkan sebagai tambahan jus segar ini, misalnya madu atau buah segar lain.
  5. Tambahkan air secukupnya agar hasil tidak terlalu kental.
  6. Jika semua bahan sudah dimasukkan, anda bisa langsung mengahaluskan bahan dengan diblender sampai nampak lembut.
  7. Tuangkan jus segar ini ke dalam gelas dan siap untuk diminum.
  8. Selain dapat dimanfaatkan sebagai jus yang menyegarkan, daun wortel juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus dan dibuat air minuman yang sehat alami. Berikut langkah merebus daun wortel yang mudah dan cepat.

Cara merebus daun wortel :

  1. Sediakan daun wortel segar secukupnya lalu bersihkan hingga bersih dengan air mengalir.
  2. Setelah itu, ambil 3-4 gelas air dan masukkan ke dalam panci.
  3. Masukkan daun yang sudah bersih tadi ke dalam panci berisi air dan rebus hingga mendidih.
  4. Tunggu sampai air terus mendidih dan sisakan 1 gelas saja.
  5. Setelah itu, anda bisa meminum ramuan herbal ini secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Efek Samping Daun Wortel :

Sampai saat ini para ilmuan dan kami belum menemukan secara jelas adanya efek samping dari obat herbal serta sayuran ini.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Meniran untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Mengkonsumsi daun wortel bisa anda lakukan secara teratur setiap hari dengan takaran yang sesuai. Selain bermanfaat sebagai obat alami, daun ini juga bermanfaat sebagai terapi kesehatan tubuh. Meskipun kita mengkonsumsi olahan daun wortel ini setiap hari tetap saja aman karena tidak ada efek samping perihal konsumsi daun sayuran ini. Bahkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita setiap harinya.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top