Connect with us

40 Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan, Pencernaan, Wajah, dan Rambut

Daun

40 Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan, Pencernaan, Wajah, dan Rambut

Manfaat Daun Binahong – Tanaman binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) termasuk ke dalam jenis tanaman obat potensial yang telah terbukti mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. Manfaat daun binahong telah dirasakan sejak lama. Tanaman ini bukan tergolong tanaman asil Indonesia. Tanaman binahong menurut sejarah berasal dari dataran Cina. Di Cina tanaman ini dikenal dengan sebutan Dheng  shan chi, sementara di Inggris disebut madeira vine.

Daun Binahong, Manfaat Daun Binahong, Khasiat Daun Binahong

Tanaman binahong termasuk dalam jenis tumbuhan menjalar dan juga berumur panjang (perenial). Tingginya sendiri dapat mencapai hingga panjang di atas 5 meter. Memiliki akar yang berbentuk rimpang serta berdaging lunak. Batang tanaman binahong juga lunak dengan bentuk silindris yang saling membelit. Warna batangnya merah, dengan bagian dalam solid dan juga memiliki permukaan yang halus.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Binahong

Di dalam tanaman binahong terkandung senyawa saponin yakni sterol dan glikosida triterpena. Senyawa saponin digolongkan ke dalam jenis senyawa aktif yang memiliki sifat seperti sabun. Saponin memiliki fungsi sebagai hemolisis pada sel darah dan membentuk busa yang bermanfaat penting dalam proses menurunkan kadar kolesterol agar jantung dapat berfungsi dengan baik.

Daun binahong memiliki kandungan protein yang berguna untuk meningkatkan daya imun tubuh. Daya imun yang baik akan meningkatkan kemampun merangsang terbentuknya antibodi. Protein ini juga berperan dalam proses penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Alkaloid yang terdapat di dalam daun binahong berfungsi untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

Loading...

Kandungan asam oleanolic pada tanaman ini dapat mencegah masuknya racun pada sel-sel tubuh. Asam oleanolic juga bersifat anti inflamasi. Kandungan senyawa nitrit oksida berfungsi sebagai anti-oksidan yang berguna untuk membantu menangkal radikal bebas dan mampu membunuh bakteri. Dengan adanya asam oleanolic membantu ketahanan tubuh sekaligus memperbaiki sel yang rusak.

Selain beberapa senyawa di atas, di dalam daun binahong juga terdapat kandungan minyak atsiri yang memiliki berbagai manfaat. Beberapa manfaat itu adalah sebagai antiseptik eksternal dan internal, hemolitik, bahan analgesik, obat untuk sakit perut, pewangi kosmetik, dan stimulan.

Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan Penyakit

1. Membantu mengobati kanker

Di dalam daun binahong terdapat antioksidan yang cukup tinggi yang mampu menangkal dan mengobati kanker. Anda hanya perlu merebus daun binahong sebanyak 30 gram dengan 1 liter air hingga mendidih. Lalu, konsumsilah air rebusan ini secara rutin, 3 kali dalam sehari.

2. Membersihkan paru-paru

Kandungan senyawa zat aktif yang ada di dalam daun binahing juga mampu digunakan sebagai pembersih paru-paru. Paru-paru yang kotor akan menimbulkan berbagai efek samping berupa penyakit lainnya. Dengan mengonsumsi rebusan air daun ini, kotoran yang bercokol di dalam paru-paru akan sangat mudah dikeluarkan, sehingga organ pernapasan ini akan menjadi lebih bersih.

3. Mengatasi sakit perut

Ada berbagai penyebab sakit perut, misalnya makanan yang tercampur dengan kuman dan bakteri yang merusak sel-sel tubuh. Seperti disebutkan di atas, salah satu manfaat daun binahong adalah untuk membantu menangkal kuman dan bakteri yang hendak masuk ke dalam tubuh. Selain itu juga mampu memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan.

Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mempercepat penyembuhan pada luka

5. Membantu mengontrol kadar gula bagi penderita penyakit diabetes

6. Membantu mengatasi masalah penyakit maag

7. Mengatur kadar kolesterol dalam tubuh

8. Mengatasi penyakit yang disebabkan oleh jamur

9. Menurunkan kemungkinan terserang stroke

10. Mengobati batuk yang tidak kunjung sembuh

11. Mengatur kadar asam urat

12. Mempercepat penyembuhan dari diare

Manfaat Daun Binahong untuk Pencernaan

1. Memperlancar BAB

Daun binahong memiliki kemampuan untuk mengontrol sistem kerja pencernaan sehingga Anda dapat terhindar dari masalah sembelit atau bahkan diare. Selain itu kandungan serta yang terdapat di dalam tanaman ini mampu menurunkan kemungkinan terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan kegemukan.

2. Menurunkan kemungkinan mengalami pembengkakan usus

Pembengkakan usus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi air rebusan 3 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih, akan menurunkan kemungkinan mengalami pembengkakan usus.

3. Mengurangi infeksi pada lambung

Kandungan zat senyawa aktif yang terdapat pada daun binahong juga dapat meredakan infeksi atau peradangan pada lambung. Aktioksidan dan anti bakteri yang ada pada daun ini, berfungsi untuk mempercepat penyembuhan pada lambung yang mengalami infeksi.

Manfaat Daun Binahong untuk Pencernaan Lainnya

4. Mencegah terjadinya wasir

5. Membersihkan usus

6. Meningkatkan performa usus pada saat mengolah makanan

7. Meredakan nyeri yang diakibatkan oleh infeksi atau peradaaan yang terjadi di dalam saluran cerna

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

1. Mengatasi wajah bopeng

Kandungan senyawa saponin, flavonoid, serta antimokroba dan anti inflamasi yang terdapat pada daun binahong mampu mengatasi masalah wajah yang bopeng. Zat-zat ini menghasilkan manfaat daun binahong yang dapat memicu pertumbuhan sel kulit yang baru, sehingga bopeng akan mulai hilang secara perlahan.

2. Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan daun binahong, Anda dapat membuatnya menjadi masker lalu dioleskan ke wajah selama 5 hingga 10 menit. Membuat masker daun binahong cukup mudah. Haluskan 15 lembar daun binahong yang masih muda dan telah dicuci bersih. Setelah halus dapat dicampurkan dengan bedak bayi dan sedikit minyak zaitun hingga rata. Kemudian oles dan ratakan ke seluruh permukaan wajah.

3. Mencerahkan kulit

Untuk mencerahkan kulit, minum air rebusan daun binahong satu gelas setiap hari. Pilih daun yang muda, dan bilas dengan air mengalir agar semua kotoran yang menempel luruh.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah Lainnya

4. Menghilangkan komedo

5. Melembutkan kulit wajah

6. Mengecilkan pori-pori

7. Menghilangkan flek hitam

8. Mengempeskan kutil

9. Mencegah jerawat muncul kembali

10. Menjaga kelembapan wajah

Manfaat Daun Binahong untuk Rambut

  1. Menyuburkan rambut
  2. Menjaga kelembapan rambut
  3. Mencegah kerontokan
  4. Memberikan nutrisi terbaik pada akar rambut
  5. Membersihkan kulit kepala dari sisa residu shampoo dan bahan kimia perawatan rambut lainnya
  6. Mencegah agar rambut tidak kering dan bercabang
  7. Membuat rambut menjadi lebih mudah disisir dan tidak kusut
  8. Mengobati dan mencegah ketombe datang kembali
  9. Memberikan efek dingin di kulit kepala
  10. Mengurangi rasa gatal di kulit kepala
  11. mebuat rambut berkilau

Efek Samping Daun Binahong

  1. Dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara drastic
  2. Dapat menngakibatkan serangan jantung
  3. Menimbulkan gangguan pada otot
  4. Kejang
  5. Denyut jantung yang tidak normal
  6. Pusing
  7. Gangguan kecemasan dan emosi yang tinggi
  8. Menyebakan insomnia
  9. Menurunkan nafsu makan
  10. Kesemutan
  11. Sulit buang air kecil
  12. Flushing
  13. Mual dan muntah

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan, Mata, Wajah, Gigi dan Miss V

Ada baiknya ketika mengonsumsi daun binahong tidak dicampurkan denga kafein, kopi, teh, atau susu. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya nyawa. Mengonsumsi daun binahong juga tidak boleh lebih dari 3 lembar setiap harinya, karena akan menimbulkan berbagai efek samping seperti tersebut di atas.

Menanam daun ini pun cukup mudah. Pertumbuhan tanaman ini juga mengikuti media tanamnya. Jika wadah yang digunakan kecil, maka daun yang tumbuh juga kecil. Sementara jika ditanam dalam wadah pot yang besar, daunnya pun akan berukuran jauh lebih besar. Tanaman herbal ini patut untuk menjadi salah satu penghuni kebun Anda, karena manfaatnya yang luar biasa.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top