Connect with us

45 Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan, Kecantikan, Ibu Menyusui dan Anak

Daun

45 Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan, Kecantikan, Ibu Menyusui dan Anak

Manfaat Daun Kelor – Anda pasti sudah mengenal daun kelor, bukan? Kelor yang nama latinnya adalah Moringa Oleifera ini merupakan daun tanaman yang mudah ditemui di daerah tropis dan subtropis. Di Asia khususnya Indonesia, kelor bisa tumbuh subur, berumur panjang, dan berbunga sepanjang tahun karena iklim yang pas. Tanaman kelor sangat banyak manfaatnya, terutama di bagian daun.

Daun Kelor, Manfaat Daun Kelor,, Khasiat Daun Kelor

Daun kelor yang berbentuk majemuk, bertangkai panjang, dan tersusun berseling ini rupanya bisa digunakan sebagai obat. Selain itu, ternyata ada juga manfaatnya untuk kecantikan, untuk ibu yang sedang menyusui, serta untuk anak-anak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Kelor

Kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam daun kelor pun banyak sekali. Contohnya seperti vitamin A yang bagus untuk imunitas tubuh serta vitamin C yang berfungsi untuk kesehatan kulit dan antioksidan. Ada juga kandungan flavonoid dan sitosterol. Keduanya merupakan senyawa dalam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Daun kelor juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang, serta kalium dan potasium yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Daun ini juga baik untuk ibu menyusui karena terdapat kandungan laktagogum, juga terdapat zat besi yang dapat mencegah anemia. Selain itu, klorofil dalam daun tanaman obat ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Loading...

Manfaat Daun Kelor untuk Mengobati Penyakit

Di zaman milenial ini, kurva kematian bergeser. Jika dulu penyebabnya adalah penyakit menular seperti demam berdarah, malaria, dan sebagainya, kini penyakit tidak menular ada di peringkat pertama. Daun kelor juga punya manfaat untuk mengobati penyakit tidak menular ini, di antaranya  sebagai berikut :

1. Diabetes

Diabetes masih menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Penyakit ini terjadi karena kadar insulin dalam tubuh yang tidak mampu menetralisir kadar gula darah. Akibatnya, gula darah dalam tubuh mengalami kenaikan sehingga melampaui batas normal. Ukuran gula darah yang normal pada orang dewasa sebelum makan adalah antara 70 -130 mg/dL, setelah makan kurang dari 180 mg/dL, sedang pada orang puasa kurang dari 100 mg/dL.

Jika Anda salah seorang penderita diabetes, cobalah gunakan daun herbal ini untuk pengobatan. Caranya ambil 10-15 gr daun kelor, cuci bersih jangan diremas, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan air menyusut hingga 1 gelas. Rebus sekali lagi agar senyawa herbal yang ada di dalam daun larut dalam air. Setelah matang, angkat dan saringlah, tunggu sampai hangat dan minum 3 kali sehari antara 2-4 minggu.

2. Kanker

Setiap orang punya sel kanker, bedanya apakah sel kanker itu berkembang atau hanya diam. Sel kanker yang bertumbuh akan menyebabkan penyakit kanker yang bisa menyebar ke organ-organ vital..

Tim peneliti Korea membuat ekstrak daun kelor yang larut dalam air. Setelah diuji cobakan pada penderita kanker hati, terbukti 96,7% sel kanker tersebut mati karena ekstrak daun merunggai. Zat niazimin dalam daun tanaman kelor memang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Darah tinggi

Tekanan darah yang normal seharusnya adalah 120/90 mmHg pada orang dewasa. Jika sudah melebihi itu, artinya Anda mengalami tekanan darah tinggi. Daun kelor mengandung hiocarbamate glicosida, nitrile, dan glikosida minyak mustard yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Caranya bisa dengan direbus atau digunakan sebagai lalapan. Minumlah air rebusan itu 3 kali sehari.

4. Kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan jantung. Kandungan sitosterol dalam daun kelor mampu membantu menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh, karena dia bisa meningkatkan fungsi usus untuk menyerap lemak. Jadi, jika kolesterol Anda tinggi, konsumsilah ekstrak daun merunggai, bisa dengan direbus atau dibuat jus. Selain itu, tentunya Anda harus menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga dan mengurangi junk food.

5. Asam urat

Jika Anda menderita asam urat, Anda bisa menjadikan daun merunggai sebagai obat oles untuk mengatasi nyeri asam urat. Caranya, ambil 3 tangkai daun merunggai dan ½ batang kapur sirih. Lumat halus sampai membentuk pasta, dan oleskan pada area yang sakit.

Manfaat Daun Kelor untuk Mengobati Penyakit Lainnya

6. Untuk obat sakit maag.

7. Menyehatkan mata.

8. Obat herpes, kurap, dan kadas.

9. Mengatasi cacingan.

10. Mengobati sakit kuning.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

1. Mengatasi jerawat

Kandungan vitamin A, C, dan E yang ada pada daun merunggai dipercaya mampu membantu pembuangan racun dan kotoran pada kulit. Memanfaatkan daun kelor sebagai masker secara rutin akan bantu mengurangi jerawat di wajah Anda

2. Menghilangkan flek hitam

Daun kelor mengandung vitamin C yang lebih besar 7 kali lipat dibanding jeruk, vitamin A 4 kali lebih banyak dibanding wortel, dan kalsium yang lebih tinggi dari pisang. Vitamin ini bisa menjadi pencerah alami untuk kulit dan menghilangkan bekas flek-flek hitam di wajah Anda.

3. Antioksidan

Memiliki 20 jenis asam amino dan 46 jenis antioksidan, membuat daun kelor berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit Anda. Pastikan Anda tidak kehilangan 90 nutrisinya untuk kulit dengan memakai daun merunggai sebagai masker atau dimakan langsung.

4. Mencegah penuaan dini

Antioksidan yang terkandung dalam daun tersebut akan mencegah radikal bebas yang merusak kulit. Inilah yang akan menjaga kulit dari kekeriputan dan penuaan dini. Gunakan masker daun kelor secara rutin untuk menjaga kulit wajah Anda.

5. Membersihkan kulit secara menyeluruh

Jika daun merunggai dicampur dengan minyak zaitun dan beras, maka dia akan berfungsi sebagai pembersih kulit yang luar biasa. Caranya adalah dengan mencampurkan tumbukan daun kelor dan beras, serta minyak zaitun, dan gunakan sebagai lulur.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Lainnya

6. Memperindah kulit.

7. Melembapkan bibir.

8. Mempercerah kulit wajah.

9. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

1. Memperbanyak produksi ASI

200 mg daun kelor setara dengan 4 butir telur dan 2 gram susu. Tentunya ibu menyusui membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang lebih banyak. Untuk mendampingi makanan sehat bergizi tersebut, minumlah 2 kapsul daun kelor sehari. Produksi ASI Anda akan berlimpah.

2. ASI lebih bernutrisi

Selain berlimpah produksinya, dengan rutin konsumsi daun merunggai, kandungan nutrisi dalam ASI Anda juga akan lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena dalam daun kelor saja sudah banyak sekali mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk Anda konsumsi.

3. Nutrisi dan gizi bayi terpenuhi

Bila Anda makan makanan bernutrisi dan penuh gizi selama menyusui, salah satunya daun kelor, maka otomatis gizi yang masuk ke tubuh Anda akan tersalur ke si kecil. Anda bisa menjadikan daun ini sebagai lalapan atau campuran dalam sayur.

4. Menjaga berat badan ibu menyusui

Konsen seorang wanita pasca melahirkan tentu bertumpu pada berat badannya, ya. Selama menyusui, konsumsilah sering-sering daun kelor untuk menjaga atau menurunkan berat badan Anda.

5. Menghalangi terjadinya infeksi bakteri

Kelelahan mengurus bayi akan membuat daya tahan tubuh ibu menurun. Jika sudah begini, tubuh gampang sekali terserang penyakit. Daun kelor dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu menyusui dari serangan berbagai bakteri ini. Pastikan Anda mengonsumsinya dengan rutin.

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui Lainnya

6. Mengembalikan mood yang jelek dan menstabilkan emosi.

7. Melancarkan pencernaan.

8. Menyehatkan kulit.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh.

10. Meningkatkan kualitas ASI.

Manfaat Daun Kelor untuk Anak

1. Baik untuk tulang dan gigi

Kandungan kalsium dalam daun merunggai setara dengan 4 gelas susu. Kalsium sendiri sangat bagus untuk tulang dan gigi anak-anak. Jadi, sedini mungkin perkenalkan anak pada daun kelor misal dengan dijadikan sayur bening.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Berbagai macam gizi dan nutrisi dalam daun kelor sangat bagus untuk kekebalan tubuh anak. Terutama di musim penghujan begini, saat anak-anak rentan sakit, berikan asupan nutrisi dengan daun merunggai untuk membantu sistem imun mereka meningkatkan daya tahannya.

3. Meningkatkan kadar hemoglobin

Anak-anak yang suka mengkonsumsi daun kelor akan memiliki kadar hemoglobin yang normal. Hal ini disebabkan kandungan zat besi yang tinggi dalam daun tersebut.

4. Memperlancar pencernaan

Jika si kecil mengalami konstipasi, berikan saja sayur daun kelor. Kandungan antioksidan dan serat yang ada di dalamnya berfungsi untuk melancarkan pencernaan si kecil dengan baik.

5. Meningkatkan kemampuan otak

Daun kelor mengandung senyawa nootropik atau perangsang otak. Ini sangat baik bagi anak-anak di usia emas mereka karena dapat meningkatkan kemampuan otak anak. Anak akan menjadi lebih cerdas.

Manfaat Daun Kelor Lainnya untuk Anak

6. Menjaga kesehatan jantung anak.

7. Mencegah anak dari diabetes.

8. Menjaga kesehatan ginjal dan pankreas.

9. Merawat kulit tetap lembap.

10. Menjaga kesehatan mata anak.

Efek Samping Daun Kelor

Dari banyaknya manfaat yang telah disebutkan di atas, ada beberapa efek samping daun kelor, di antaranya :

  1. Gangguan fungsi ginjal, ini akan terjadi bila mengkonsumsi rebusan air daun kelor secara berlebihan
  2. Sakit perut atau melilit dapat terjadi bila meminum rebusan air daun kelor saat perut kosong
  3. Pria yang suka mengkonsumsi daun kelor sebagai lalapan dalam jumlah yang terlalu banyak, bisa mengganggu keadaan spermanya
  4. Jika mengkonsumsi rebusan air daun kelor dalam jangka panjang dan tidak diimbangi dengan sayuran lain, maka berisiko merusak liver
  5. Konsumsi daun kelor yang berlebihan pada anak-anak dapat menimbulkan mati rasa atau bahkan lumpuh pada bagian tubuh tertentu

Itu dia berbagai macam manfaat daun kelor mulai dari kesehatan, kecantikan, ibu menyusui, dan untuk anak-anak. Setelah tahu begitu banyak fungsinya, mari konsumsi daun kelor untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Landep untuk Kesehatan, Kecantikan, Pengobatan Serta Efek Samping

Namun begitu, jangan juga sampai berlebihan ya, karena efek samping dari berlebihnya mengkonsumsi daun kelor juga tidak baik bagi tubuh. Gunakan seperlunya dan sesuai kebutuhan Anda saja. Semoga artikel ini bermanfaat!

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top