Connect with us

25 Manfaat Daun Lidah Buaya untuk Pengobatan, Rambut dan Kulit

Daun

25 Manfaat Daun Lidah Buaya untuk Pengobatan, Rambut dan Kulit

Manfaat Daun Lidah Buaya – Salah satu daun yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan adalah daun lidah buaya. Karena itulah banyak produk kecantikan menggunakan bahan dasar lidah buaya. Produk produk kecantikan seperti shampo, pembersih wajah, dan lainnya.

Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya memang banyak, karena didalamnya mengandung beberapa zat penting seperti protein, lemak, kalsium, karbohidrat, fosfor, vitamin A, B1, C dan juga mengandung zat besi. Kandungan daun lidah buaya tersebut bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit seperti berikut ini.

Manfaat Daun Lidah Buaya Untuk Pengobatan Penyakit

1. Mempercepat Penyembuhan Luka Luar

Manfaat lidah buaya yang pertama adalah mempercepat penyembuhan luka luar. Hal itu karena terdapat zat anti inflamasi yang bermanfaat dalam penyembuhan luka luar. Sementara itu adanya kandungan anti bakteri mampu melawan infeksi karena bakteri sehingga pemulihan luka luar bisa lebih cepat.

2. Mengatasi Iritasi

Jika kulit tubuh anda mengalami masalah seperti eksim, rosacea dan psoriasis, maka gunakan daun lidah buaya sebagai solusinya. Hal itu karena daun lidah buaya mampu mengatasi radang dan iritasi kulit secara efektif.

Loading...

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun lidah buaya berikutnya adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh. penyerapan vitamin dan mineral pada tubuh anda akan dibantu oleh daun lidah buaya jika anda mengkonsumsi-nya. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen atau jus lidah buaya.

4. Menghilangkan Plak Gigi

Sementara itu, untuk daun lidah buaya yang dimanfaatkan untuk obat kumur mampu mengurangi sekaligus membasmi plak pada gigi. Sebagaimana manfaatnya hampir sama dengan obat antiseptic atau chlorhexidine golongan antimikroba.

5. Menjaga Kadar Asam Tubuh

Jus lidah buaya sangat ampuh untuk menjaga kadar asam pada tubuh anda. Jadi, konsumsi secara rutin jus lidah buaya sebagai cara menyeimbangkan keasaman tubuh anda.

6. Membantu Proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi tubuh membutuhkan waktu agar bisa mengeluarkan racun dalam tubuh anda. Untuk itu, konsumsilah daun lidah buaya secara rutin agar mempermudah proses detoksifikasi dalam tubuh anda. Konsumsi-lah dalam jumlah wajar dalam bentuk jus atau suplemen.

7. Mengurangi Berat Badan

Mempunyai berat badan yang ideal memang dambaan setiap orang. Nah, hal ini berkaitan dengan proses detoksifikasi yang dilakukan tubuh karena bantuan daun lidah buaya. Proses metabolisme tubuh anda akan lebih lancar dan membuat tumpukan lemak menjadi berkurang.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan, Pencernaan, Wajah, dan Rambut

Manfaat Daun Lidah Buaya Bagi Rambut

1. Melawan Rambut Rontok

Terdapat banyak fitamin pada daun lidah buaya sehingga mampu melawan rambut rontok. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mencampurkan ekstrak daun lidah buaya kedalam shampoo kemudian oleskan secara merata pada rambut.

2. Kondisioner Alami

Sudah menjadi hal yang umum jika lidah buaya mampu menjadi kondisioner alami pada rambut anda. Efek dingin akan anda rasakan setelah anda menggunakan masker lidah buaya pada rambut. Haluskan lidah buaya lalu gunakan sebagai kondisioner selama beberapa menit sambil beri pijatan halus. Setelah itu, bilas dengan shampoo sampai bersih.

3. Mencegah Kebotakan

Selain mampu mendinginkan rambut, daun lidah buaya juga mampu mencegah kebotakan yang sering terjadi pada seseorang. Hal itu karena rambut yang semakin tipis dan akibatknya kulit kepala pun akan botak. Oleskan ekstrak daun lidah buaya yang sudah di haluskan secara teratur. Biarkan selama 10 menit baru bilas dengan shampoo. Dengan begitu, rambut pada kulit kepala akan mulai tumbuh lagi secara perlahan.

4. Pelembap Alami

Jika rambut anda mengalami kekeringa, maka solusi terbaiknya adalah menggunakan lidah buaya sebagai pelembab alami. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya. Anda hanya perlu menumbuk halus jel lidah buaya kemudian mengoleskannya pada kulit kepala. Tunggu sampai 15 menit lalu bilas pakai shampoo.

5. Melawan Ketombe

Masalah ketombe yang mengganggu kulit kepala akan teratasi dengan gel lidah buaya ini. Karena ketombe juga bisa membuat kulit kepala terasa gatal dan kering, maka gunakan daun lidah buaya sebagai solusinya. Untuk itu, olesi kulit kepala dengan gel lidah buaya selama 40 lalu bersihkan dengan shampoo seperti karmas biasanya.

6. Menguatkan Akar Rambut

Rambut yang kuat merupakan idaman setiap wanita. Dengan menggunakan masker lidah buaya ini, maka akar rambut anda akan lebih kuat sehingga mencegah kerontokan yang terjadi. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada kulit kepala. Diamkan sekitar 15 menit sampai kering kemudian bersihkan pakai shampoo seperti biasanya.

Manfaat Daun Lidah Buaya Bagi Kulit

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat daun lidah buaya yang pertama pada kulit wajah adalah mencerahkan kulit wajah. Kulit muka anda akan lebih halus dan lembut dengan daun lidah buaya ini. Itu karena kandungan vitamin E dan A sehingga efektif menjadikan kulit wajah bersinar dan tidak kusam.

2. Melembapkan Wajah

Seperti manfaaf daun lidah buaya pada kulit kepala, anda pun bisa mengambil manfaat untuk melembabkan wajah. Kulit wajah pun akan lembab dan tidak kering bersisik. Gunakan gel lidah buaya secara teratur agar kulit wajah tetap lembab. Kandungan lignin pada gel lidah buaya bisa membantu meningkatkan elastisitas pada kulit anda.

3. Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Kandungan daun lidah buaya juga mampu mencegah dan mengobati jerawat secara alami. Ini karena terdapat kandungan zat anti mikroba serta anti bakteri. Zat anti-mikroba tersebut mampu mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah secara alami. Sementara itu, terdapat senyawa saponin dan juga astringent yang berfungsi sebagai zat antibakteri. Fungsinya untuk menyerap lemak yang berlebih pada wajah anda.

4. Menghilangkan Bintik Hitam Dan Flek

Memiliki bintik hitam pada wajah memang sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu menggunakan gel lidah buaya secara rutin pada wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Menghambat Penuaan

Adanya senyawa aktif pada gel lidah buaya juga mampu menghambat penuaan. Beberapa senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan seperti vitamin C & E, dan betakaroten mampu menghambat tanda penuaan pada kulit wajah.

Efek Samping Dan Bahaya Daun Lidah Buaya

1. Menimbulkan Rasa Gatal Pada Kulit Kepala

Selain melembabkan kulit kepala, gel lidah buaya juga memiliki efek samping menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Karena itu, jangan gunakan secara berlebih agar hal ini tidak menimpa kulit kepala anda.

2. Menimbulkan Reaksi Alergi

Efek samping lainnya ialah menimbulkan reaksi alergi untuk kulit yang kurang cocok. Setiap kulit manusia berbeda beda. Ada yang cocok dengan daun tanaman ini ada yang tidak.

3. Menimbulkan Iritasi Kulit Kepala

Pemakaian gel lidah buaya setelah terkena matahari mampu menimbulkan iritasi kulit kepala. Maka jika mengalami iritasi, maka segera hentikan pemberian-nya.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan, Pencernaan, Wajah, dan Rambut

Itulah beberapa manfaat dan kandungan daun lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin dan senyawa aktif didalamnya mampu menimbulkan efek positif pada kulit anda. Meskipun begitu, juga bisa berefek negativi jika tidak digunakan dengan benar.

Jadi, lakukan perawatan secara benar dengan jumlah yang sewajarnya. Hal ini untuk menghindari efek negative yang terjadi setelah pemakaiannya. Jika efek samping di atas anda alami, maka hentikan perawatannya. Selamat mencoba.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
Ertos Facial Treatment
Internet, manfaat Internet
Daun Lidah Buaya, Manfaat Daun Lidah Buaya, Khasiat Daun Lidah Buaya
Sholat Tahajud, Manfaat Sholat Tahajud
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea
Advertisements
To Top