Connect with us

55 Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan, Mata, Wajah, Gigi dan Miss V

Daun

55 Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan, Mata, Wajah, Gigi dan Miss V

Manfaat Daun Sirih – Sejak dahulu daun sirih memang dikenal dengan manfaatnya yang sangat banyak. Tidak hanya untuk kesehatan saja, manfaat daun sirih juga bisa dirasakan untuk kecantikan bagi kaum hawa. Sirih termasuk ke dalam jenis daun dari tanaman asli dari Indonesia.  Biasanya sirih tumbuh merambat atau bersandar pada tanaman lainnya. Tanaman daun sirih yang merambat ini tingginya bisa mencapai hingga 15 m.

Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal

Ciri khas yang dimiliki oleh tanaman obat satu ini adalah memiliki bagian batang sirih yang berwarna coklat kehijauan serta berbentuk bulat. Bagian batang pada tanaman ini juga memiliki ruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Ciri lainnya yang bisa didapati adalah pada bagian daunnya yang tunggal dan berbentuk menyerupai jantung. Memiliki ujung yang runcing dan karakteristik tumbuhnya yang berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan aroma yang khas pada saat diremas.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Sirih

Di dalam daun sirih terdapat kandungan minyak atsiri cukup yang banyak. Minyak atsiri pada daun suruh berdasarkan penelitian ternyata mengandung banyak senyawa yang memiliki manfaat segudang, sebut saja sebagai minyak terbang atau betlephenol. Manfaat pada minyak terbang salah satunya adalah sebagai antiseptik alami dan anti oksidan. Itu sebabnya minyak terbang ini baik untuk membunuh kuman, virus, serta jamur.

Kandungan berikutnya yang dimiliki oleh daun sirih adalah polevanod yang bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat senyawa ini selain untuk membantu mencegah penuaan dini juga melindungi kulit dari paparan polusi dan sengatan sinar matahari yang dapat merusak keremajaan kulit Anda. Alkaloid juga ditemukan dalam kandungan nutrisi daun sirih. Senyawa ini berfungsi untuk mencegah munculnya berbagai penyakit kulit

Loading...

Pada daun sirih juga mengandung senyawa fitokimia yang cukup banyak, dan senyawa ini bertanggung jawab terhadap aroma yang dikeluarkan oleh tanaman satu ini. Tidak hanya aromanya saja, senyawa ini juga mempengaruhi rasa, dan bahkan warna dari daun suruh. Senyawa fitokimia ini dapat menangkal racun yang hendak masuk ke dalam tubuh, bahkan dapat pula digunakan sebagai pengobatan anti kanker. Vitamin C dan riboflavin juga bisa ditemukan di dalam daun suruh ini.

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Penyakit

1. Sebagai Anti Kanker

Kandungan senyawa fitokimia yang sangat mudah ditemukan di dalam daun sirih ternyata dapat dipergunakan untuk pengobatan penyakit kanker. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk menangkal racun serta membunuh sel-sel kanker yang hendak tumbuh dan berkebang di dalam tubuh penderitanya.

2. Untuk Mengatasi Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Jika Anda mengalami masalah pada sistem pencernaan, kandungan vitamin c yang dimiliki oleh tanaman ini mempunyai fungsi untuk mengembalikan fungsi pencernaan yang terganggu.

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Di dalam antioksidan yang terkandung pada daun sirih terdapat eugenol yang memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu stress oksidatif. Stress oksidatif inilah yang kemudian memicu berbagai macam penyakit kronis lainnya. Salah satu manfaat daun suruh adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol tipe LDL. Sehingga kolesterol dan tekanan darah dapat dikontrol dengan baik.

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Membantu untuk menyembuhkan luka

5. Mengatasi masalah alergi pada tubuh

6. Mengatasi masalah radang tenggorokan

7. Mengobati nyeri yang diakibatkan oleh adanya infeksi akibat peradangan

8. Mengatasi masalah disfungsi ereksi pada pria

9. Mengobati luka bakar

10. Mengobati mimisan

11. Mengatasi masalah pada tukak lambung yang nyeri

12. Mengobati bronchitis

13. Sebagai obat inflamasi prostat

14. Mengatasi masalah pada payudara yang bengkak

15. Berfungsi sebagai obat alternatif penyakit pneumonia

16. Sebagai obat untuk asam urat

17. Untuk mengobati batuk

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Selain berfungsi untuk mengobati penyakit, manfaat daun sirih juga bisa dipergunakan untuk kesehatan mata Anda.

1. Mengatasi Iritasi Pada Mata

Senyawa flavonoid yang terkandung di dalam daun sirih ternyata baik untuk mengobati mata yang mengalami iritasi. Hal ini dikarenakan senyawa flavonoid berfungsi sebagai anti bakteri yang akan bertugas untuk membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan masalah pada mata.

2. Mengobati Sakit Mata

Sakit mata biasanya disebabkan oleh virus yang ada di udara lalu masuk ke dalam mata kemudian menyebabkan mata seolah akan terlepas dan terasa nyeri. Sakit mata juga dapat menimbulkan kotoran mata diproduksi secara berlebihan dan menyebabkan mata tidak dapat terbuka dengan normal. Dengan membasuh mata menggunakan air rebusan daun sirih, sakit mata dapat disembuhkan dengan cepat.

3. Mengatasi Mata Minus

Dengan rajin mencuci mata dengan air rebusan daun sirih yang telah dimasak hingga mendidih dapat membantu mengurangi  mata minus. Basuh bagian mata dengan menggunakan air rebusan tersebut, hanya pada bagian luarnya saja secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Lainnya

Di bawah ini manfaat daun sirih untuk mata lainnya:

4. Membuat mata lebih bening

5. Melindungi mata dari kuman dan bakteri

6. Menjaga kebersihan mata dari debu dan partikel radikal bebas yang berbahaya bagi mata

7. Membuat mata lebih jernih.

8. Mengobati nyeri pada mata

9. Mengatasi mata berair

10.Mengurangi rasa gatal

11.Membersihkan lendir yang menutupi mata

Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah

Daun sirih ternyata tidak hanya berguna sebagai bahan baku pengobatan penyakit tertentu saja. Ternyata kandungan senyawa yang ada di dalam daun suruh juga baik untuk kecantikan terutama untuk perawatan wajah.

1. Mengatasi Peradangan Kulit Dikarenakan Jerawat

Kandungan senyawa anti inflamasi yang terdapat pada daun sirih akan berguna untuk meredakan jerawat yang tumbuh di wajah. Selain itu jerawat yang terkena daun suruh akan mengempis dan menjadi kering dengan cepat. Sehingga rasa nyeri yang dirasakan akan berkurang. Tidak hanya sampai di situ saja, ternyata daun sirih juga mampu menghilangkan bekas jerawat hingga kulit wajah mulus kembali.

2. Mengatasi Problem Pori-Pori Wajah Besar

Kandungan antiseptik yang ada pada daun sirih akan membantu pori-pori kulit yang lebar dan besar agar menjadi kecil. Sehingga jerawat tidak mudah muncul, dan kandungan minyak di dalam kulit dapat terkontrol dengan baik. Kadar minyak di wajah yang berlebihan dapat menimbulkan jerawat dan memperparah kondisi kulit muka.

3. Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Senyawa yang terdapat di dalam daun sirih hampir semuanya bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih halus dan mulus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan sehari-hari. Wajah yang sering terpapar oleh sinar matahari juga dapat menyebabkan timbulnya flek-flek hitam pada wajah. Dengan mengoleskan daun suruh ke bagian flek tersebut, maka warna hitamnya akan memudar dan kemudian menghilang.

Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah Lainnya

Simak beberapa manfaat lainnya dari daun sirih untuk wajah Anda, sebagaimana disebutkan di bawah ini:

4. Mengobati gatal di bagian kulit wajah

5. Mempercepat proses pengeringan luka di bagian muka

6. Mengangkat kotoran serta debu yang menempel di bagian wajah

7. Membunuh bakteri penyebab bisul wajah

8. Mencegah serta mengatasi panu yang ada di wajah

9. Mengatasi masalah komedo

10.Bermanfaat untuk mengencangkan kulit

11.Menstabilkan kadar minyak di wajah

Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi

1. Mengatasi masalah gigi berlubang

2. Mengatasi dan meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh lubang pada gigi

3. Mencegah kemungkinan terjadinya gusi mengalami pembengkakan

4. Menghindari terbentuknya karang atau plak pada gigi

5. Membantu untuk menguatkan gigi serta gusi

Manfaat Daun Sirih Untuk Miss V

1. Mengatasi masalah bau tidak sedap pada bagian Miss V

2. Mengatasi masalah keputihan yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan jamur yang berkembang di area vagina

3. Membantu Miss V lebih kesat

4. Mengencangkan Miss V

Efek Samping Daun Sirih

Selain memiliki beragam manfaat, daun sirih juga memiliki efek samping yang diakibatkan adalah cara mengonsumsi yang tidak benar.

1. Menyebabkan iritasi di area kewanitaan

2. Membunuh bakteri baik pada organ kewanitaan

3. Dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dari biasanya

4. Dapat menyebabkan timbulnya masalah pada organ jantung

5. Dapat menyebabkan munculnya tumor pada bagian mulut dan kanker otak

6. Untuk ibu menyusui dapat menurunkan jumlah produksi ASI

Manfaat daun sirih memang sudah sejak lama dirasakan oleh manusia. Tidak hanya untuk pengobatan penyakit tertentu saja, namun juga bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan wajah. Hanya saja mengonsumsi daun sirih yang berlebihan juga dapat menimbulkan masalah dan efek samping yang memiliki dampak panjang. Pastikan untuk mengonsumsi tanaman ini sewajarnya saja.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan, Kecantikan, Ibu Menyusui dan Anak

Selain mengonsumsi air rebusan dalam jumlah wajar, yang harus dipastikan berikutnya adalah mengenai kebersihan daun sirih. Selalu cuci daun sirih yang hendak direbus atau dioleskan pada bagian tubuh lainnya di air yang mengalir. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda dengan rajin berolahraga serta menjaga pola makan dengan baik agar tubuh tetap bugar.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top