Connect with us

30 Manfaat Daun Sukun untuk Jantung, Lambung, Darah Tinggi dan Diabetes

Daun

30 Manfaat Daun Sukun untuk Jantung, Lambung, Darah Tinggi dan Diabetes

Manfaat Daun Sukun – Daun Sukun, daun yang tajam namun juga menyehatkan untuk kecantikan, kesehatan jantung dan mengobati penyakit diabetes maupun darah tinggi. Apakah anda mengenal daun sukun? Ya, daun dari pohon sukun atau yang memiliki nama latin Artocarpus altilis ini salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Biasanya, daun buah sukun digunakan untuk sayur, makanan ringan, atau bahan baku untuk tepung, bahan untuk mie, dll. Nah, tak hanya untuk dikonsumsi sebagai makanan biasa, namun daun ini juga memiliki khasiat lain.

Daun Sukun, Manfaat Daun Sukun, Khasiat Daun Sukun

Manfaat daun sukun lainnya dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk kesehatan. Daun ini memiliki kandungan yang baik yakni mulai dari karbohidrat, protein, lemak, hingga flavonoid yang sangat penting untuk kesehatan organ dalam, dan masih banyak kandungan lainnya. Semakin banyak kandungan gizi dan nutrisi di dalam daun tanaman sukun, semakin banyak manfaat kesehatannya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Sukun

  1. Quercetin
  2. Riboflavin
  3. Phenol
  4. Kamper
  5. Vitamin B1
  6. Vitamin B2
  7. Vitamin C
  8. Kalsium
  9. Fosfor
  10. Zat Besi
  11. Flavonoid
  12. Asam hidrosinat
  13. Tanin
  14. Asetilcolin

Manfaat Daun Sukun untuk Jantung

1. Mencegah penyakit pada organ jantung

Daun sukun memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan organ jantung. Daunnya sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah juga. Daun yang sudah tua dan masih menempel pada pohonnya akan bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mencegahnya dari penyakit.Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa macam, yakni seperti komplikasi dari penyakit stroke, diabetes atau gagal ginjal.

Selain itu, pola pada metabolisme tubuh yang kurang baik dapat membuat pembentukan plak di dalam pembuluh darah, pengerasan pada pembuluh darah dan kelainan jantung lainnya. Bagian yang lebih mengerikan adalah jika terkena serangan jantung yang bisa terjadi kapan saja. Untuk mengatasi dan menurunkan risiko penyakit jantung tersebut, anda bisa menggunakan terapi air teh dari daun sukun.

Loading...

2. Menjaga kesehatan jantung dari serangan iskemik akut

Nah, di dalam daun sukun juga terdapat kandungan ekstrak yang dapat melindungi jantung dari serangan iskemik akut. Serangan iskemik akut adalah gejala yang terjadi di pembuluh darah arteri jantung yang terhambat. Serangan ini bisa terhambat separuh atau bahkan seluruhnya.

Dan hal ini biasanya mengakibatkan gangguan irama pada jantung atau bahkan bisa mengalami serangan jantung. Kandungan esktrak daun sukun dapat menjaga jantung dari serangan iskemik ini. Untuk memilih daun sukun yang akan dikonsumsi sebaiknya anda melihat daun yang segar, bersih dari kotoran-kotoran, serta tidak ada lubang di daun tersebut.

3. Mengatasi jantung bengkak

Daun sukun memiliki kandungan flavonoid dan sitosterol di dalamnya. Kandungan ini memiliki manfaat yakni meningkatkan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini termasuk juga pada jantung bengkak. Jantung bengkak, biasanya terjadi karena adanya pelonggaran pada otot jantung dan membuat jantung lebih besar dibandingkan dengan ukuran pada umumnya.

Biasanya jantung bengkak juga dapat berasal dari penyakit lain, biasanya tekanan darah yang tinggi. Jika anda mengalami jantung bengkak dan diikuti gejala lainnya yang membuat tubuh tidak nyaman, anda bisa saja terkena serangan jantung. Daun sukun dapat menjadi salah satu opsi obat herbal untuk mengatasi jantung bengkak.

Manfaat Daun Sukun untuk Jantung Lainnya

4. Mengatasi jantung coroner

5. Meminimalisir adanya jantung bocor

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan, Pencernaan, Wajah, dan Rambut

Manfaat Daun Sukun untuk Diabetes

1. Menurunkan gula darah

Kandungan di dalam daun sukun adalah senyawa flavonoid. Senyawa di dalam daun ini ternyata dapat diisolasi oleh periset dari Pusat Penelitian Kimia LIPI dan mendapatkan kandungan 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone dan memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun ini di sebuah tempat yang dibuat dari tanah liat, atau bisa juga menggunakan panci yang berbahan stainless steel.

2. Menjaga kadar gula darah

Tidak hanya sebagai obat, namun air rebusan daun sukun bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya yakni untuk menjaga kadar gula darah agar tidak berimbas kepada penyakit diabetes. Nah, meminum air rebusan daun tanaman sukun adalah opsi setelah menjaga asupan makanan dengan baik.

Di dalam daun tanaman sukun terdapat enzim glukosasidase yang dibutuhkan dalam proses glikoprotein. Dan enzim di dalam daun ini dapat menguraikan karbohidrat dan indikator dari proses ini menunjukkan bahwa fungsinya memiliki peran yang penting untuk anti diabetes.

3. Menjaga pancreas agar tetap sehat

Menjaga pancreas agar tetap sehat dapat dilakukan dengan meminum air rebusan daun sukun. Air rebusan ini memiliki khasiat yang dapat membuat pancreas tetap bekerja dengan baik. Sehingga, hormon insulin yang merubah makanan menjadi energi tetap terus berjalan dan mengurangi risiko diabetes. Jika anda sulit menemukan daun ini di lingkungan, anda dapat membeli teh daun sukun yang banyak dijual di berbagai e-commerce maupun online shop. Namun, anda harus menjamin kualitasnya.

Manfaat Daun Sukun untuk Diabetes Lainnya

4. Merawat tubuh dari radang yang menyerang di beberapa bagian.

5. Mencegah penyakit menyebar hingga menyebabkan gagal ginjal.

Manfaat Daun Sukun untuk Darah Tinggi

1. Mengurangi kadar garam yang ada di dalam tubuh

2. Menurunkan kadar kafein di dalam tubuh

3. Menurunkan risiko kadar gula di dalam tubuh

4. Memiliki kandungan potassium untuk menurunkan kadar darah tinggi

Manfaat Daun Sukun untuk Lambung

1. Mengatasi bakteri Heliobacter pylori di dalam tubuh

2. Mengandung asam amino esensial triptofan untuk mengatasi stress

3. Mengandung kalium yang dapat menstabilkan asam lambung

4. Mengurangi maag yang kambuh

5. Menetralkan makanan yang terlalu pedas dan asam

Manfaat Daun Sukun Kering

1. Mengobati Penyakit Ginjal

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

3. Menangkal Pembentukan Sel Kanker

4. Mengobati Asam Urat

5. Mengobati Penyakit Liver

6. Mengobati Penyakit Pembesaran Limpa

7. Mengobati Sakit Gigi

8. Mengobati Alergi

9. Anti Pendarahan

Efek Samping dan Bahaya Daun Sukun

  1. Menganggu kesehatan ginjal jika dikonsumsi setiap harinya.
  2. Jika salah kadar penggunaan daun sukun, dapat menyebabkan radang mulut.
  3. Sifat tajam dari daun sukun dapat mengakibatkan radang pada usus.
  4. Mengonsumsi daun ini saat perut kosong dapat mengakibatkan susah BAB.
  5. Dapat mengakibatkan diare pada perut manusia yang sensitif.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya untuk Pengobatan, Kulit, Anak Ibu Hamil dan Menyusui

Dari poin yang dapat dilihat di atas, dapat diketahui bahwa daun sukun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Mulai dari kesehatan jantung, mengatasi tipes, baik untuk lambung, kadar gula darah, tekanan darah. Namun, anda harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Hal ini karena banyak efek samping jika anda tidak memerhatikan cara mengonsumsi daun tanaman sukun dengan benar.

Anda harus mengetahui kadar atau resep yang tepat dalam setiap harinya. Selain itu, takaran yang digunakan untuk membuat obat herbal dari bahan daun sukun juga harus tepat. Lebih baik anda berkonsultasi dengan dokter jika anda ingin mengonsumsi daun ini di samping obat. Hal ini karena daun sukun dapat bersifat tajam atau keras saat berada di tubuh anda. Anda bisa menyelingi saat mengonsumsi daun sukun dengan minum minuman sehat lainnya, misalnya jus buah atau jus sayur-sayuran.

Nah, jika anda sudah tahu apa saja manfaat dan khasiat daun sukun untuk berbagai macam pengobatan herbal, maka tidak ada salahnya untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman. Ingat jangan mengonsumsi daun ini secara tidak wajar, karena ada efek samping yang berbahaya.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top