Connect with us
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau

Daun

75 Manfaat dan Khasiat Tembakau untuk Kesehatan, Kecantikan, Petani, Industri, Negara Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Tembakau – Tembakau, Tobacco, Mbako atau Nicotiana adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi kita dengar. Saat mendengar nama itu pasti kita akan kaitkan itu dengan rokok. Memang tanaman tersebut bukan merupakan bahan makanan melainkan dikonsumsi dalam bentuk rokok atau cerutu yang sifatnya untuk bersenang-senang. Tanaman ini biasanya ditanam di musim panas. Karena semakin sering terkena sinar matahari maka semakin bagus kualitasnya.

Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau

Namun walaupun Nicotiana bukan bahan makanan yang dikonsumsi secara langsung, daun yang satu ini memiliki manfaat yang cukup banyak, baik untuk kesehatan, kecantikan, petani, industri, bahkan negara. Ini karena tanaman ini mengandung beberapa zat kimia yang bagus untuk tubuh, selain itu juga sangat bernilai ekonomis.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Tembakau :

Ada banyak zat yang terkandung di dalam daun nicotiana ini sehingga kerap menimbulkan sisi positif maupun negatif, seperti:

• Gula
• Selulosa
• Nikotin
• Pati
• Protein
• Trigliserida
• Abu
• Lilin
• Flavon
• Pektinat
• Polifenol
• Sterin
• Karotenoid
• Minyak atsiri
• Bahan organic
• Parafin

Loading...

Manfaat Tembakau untuk Kesehatan :

1. Mencegah Diabetes

Khasiat tembakau salah satunya adalah mencegah diabetes. Nikotiana ini jika dimodifikasi dapat untuk membantu mengontrol gula darah sehingga kita tidak akan terkena diabetes. Cara mengonsumsinya yaitu daun mbako muda direbus, ambil sesesndok airnya untuk dicampur dalam segelas air.

2. Menghilangkan Stress

Sudah tidak heran lagi jika banyak orang yang sudah mencoba rokok tembakau pasti akan ketagihan. Karena bahan dasar dari rokok kretek memiliki kandungan nikotin yang memberikan efek bahagia sehingga orang akan senang saat merokok. Kandungan nikotin inilah yang kerap dipermasalahkan oleh rezim kesehatan internasional..

3. Mengobati Penyakit Asma

Manfaat tembakau yang selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit asma. Tanaman nikotiona ini jika dijadikan rokok dan dikonsumsi akan memberikan efek lega pada napas kita sehingga dapat kita gunakan untuk pengobatan penyakit asma.

4. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Khasiat dari Nicotiana juga dapat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Daun ini menetralisir racun yang masuk ke tubuh kita. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengunyahnya seperti mengunyah daun sirih. Naun sebaiknya hanya gunakan daun muda dan hindari memakai berlembar-lembar daun. Cukup selembar saja dalam sehari, dosisnya.

5. Mengeringkan Luka dan Menyembuhkan Luka

Daun Mbako juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan luka. Hal ini terjadi karena daun ini dapat membantu tubuh kita membentuk sel-sel kulit baru sehingga luka kita akan tertutup dan sembuh. Caranya dengan menempelkan tumbukan tembakau atau tembakau yang sudah kering ke bagian tubuh yang luka.

Manfaat Tembakau untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah terserang HIV/AIDS

7. Sebagai anti inflamasi

8. Mencegah kanker

9. Mencegah penyakit paru-paru

10. Menyegarkan napas

11. Menghilangkan sakit kepala

12. Membuat senang

13. Meningkatkan mood

14. Membuat semangat

15. Meningkatkan semangat bekerja

16. Mengobati radang

17. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh

18. Mengeringkan borok dengan cepat

19. Obat sakit gigi

20. Menyehatkan saluran kemih

Manfaat Tembakau untuk Kecantikan :

1. Membuat Kulit Menjadi Awet Muda

Banyak orang yang beranggapan bahwa rokok yang kita ketahui bahan dasarnya adalah tembakau jika kita konsumsi berlebihan akan merusak kulit kita. Tetapi ternyata tembakau dapat di modifikasi menjadi produk kecantikan yaitu jika beberapa kandungan dalam tembakau di olah dapat membentuk kolagen. Kolagen ini berfungsi untuk membuat kulit kita tetap muda.

2. Membantu Tubuh Menghasilkan Melanin

Melanin adalah bagian tubuh manusia, lebih khususnya adalah kulit yang berfungsi untuk melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Tembakau dapat dimodifikasi menjadi melanin seperti melanin pada tubuh manusia. Caranya zat-zat tertentu di dalam Nicotiana digunakan sebagai campuran tabir surya untuk kulit.

3. Menjadi Pasta Gigi Alternatif

Selain pasta gigi pabrikan yang kebanyakan orang gunakan, ternyata ada pasta gigi alternatif yang bisa kita coba yaitu pasta gigi dari tembakau. Caranya adalah membuat daun ini menjadi bubuk halus. Lalu gunakan untuk menggosok gigi agar mudah campurkan dengan sedikit air agar menjadi seperti pasta.

4. Terhindar dari Penuaan Dini

Tembakau dapat membuat kita tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini karena saat kita mengonsumsi rokok yang bahan dasarnya adalah tembakau kita akan senang. Saat kita terus merasa senang maka kita menjadi awet muda dan terhindar dari masalah penuaan dini. Tetapi tetap harus di batasi dalam mengonsumsi rokok.

5. Terhindar dari Masalah Keriput di Wajah

Keriput adalah salah satu masalah yang paling sering di alami. Terutama oleh orang dengan usia 30 an ke atas. Untuk itu kita perlu menjaga kulit kita sejak kita usia muda. Siapa sangka bahwa tembakau memiliki khasiat untuk mencegah kulit kita keriput. Zat dalam daun mbako dapat di jadikan kolagen seperti kolagen alami pada kulit manusia.

Manfaat Tembakau untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat kita tersenyum

7. Membersihkan gigi

8. Menyehatkan kulit

9. Menyehatkan gigi

10. Membuat kulit licin

11. Mencegah kulit terbakar saat terkena sinar matahari

12. Menghindari kulit dari sinar UV

13. Mencegah kulit gosong

14. Menyegarkan napas

15. Menghindari bau mulut

16. Meremajakan kulit wajah

17. Terhindar dari jerawat

18. Menghilangkan bekas luka

19. Membuat kulit mulus

20. Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat Tembakau untuk Petani :

1. Menjadi Komoditas Unggulan

Daun tembakau menjadi salah satu komoditas unggulan dalam pertanian Indonesia. Ini karena penggunaannya yang luas dalam memenuhi kebutuhan akan bahan baku rokok. Perlu diingat bahwa rokok menjadi produk industri dengan permintaan sangat tinggi di dunia.

2. Menambah Pemasukan Petani Kecil

Biasanya yang memegang peranan sebagai petani tembakau adalah mereka para petani kecil. Para penggiat agribisnis dengan modal menengah ke bawah. Tentu dengan pemanfaatannya tanpa henti, maka daun ini akan selalu ditanam dan menambah pemasukan keuangan mereka karena tingginya permintaan di pasaran.

3. Alternatif Agribisnis dengan Modal Besar

Jika memiliki modal yang besar, menanam tembakau juga akan menjadi salah salah satu alternatif memutar modal itu. Apalagi kalau lahannya luas, tentu saja daun tobacco ini akan memperoleh banyak pasar untuk pabrik-pabrik rokok besar.

4. Bisnis yang Tidak Pernah Mati

Menanam tembakau akan memberikan dampak yang bagus bagi bisnis jangka panjang yang tiada pernah mati. Sebab daun tobacco ini sungguh begitu baiknya dalam menggemukkan modal. Bisnis ini tidak kenal musiman seperti permintaan akan rokok kretek yang juga tak kenal musiman.

5. Bisa untuk Membuat Pestisida

Rupanya air tembakau juga kerap dipakai sebagai pestisida alami untuk memberantas hama sayuran. Penggunaan daun ini pun juga sebagai pupuk alami yang membuat sayur-mayur jadi segar, bagus dan besar-besar sehingga nilai jualnya meningkat.

Manfaat Tembakau untuk Petani Lainnya :

6. Menekan angka pengangguran

7. Meningkatkan mutu sektor pertanian

8. Mencegah terjadinya kelangkaan bahan baku pabrik rokok

9. Memberantas upaya curang dan proteksi pasar bebas atas rokok kretek

10. Mencoba menunjukkan jatidiri bangsa Indonesia akan produk lokalnya

Manfaat Tembakau untuk Industri :

1. Digunakan Sebagai Bahan Baku Rokok

Tentu saja efek samping daun tembakau bisa untuk bahan baku rokok. Jenis rokok kretek asal Indonesia sangat bergantung pada pasokan tobacco. Di mana daun ini sungguh akan memberikan sensasi yang menggugah selera para perokok di Indonesia maupun luar negeri.

2. Menjadi Bahan Baku Rokok Kretek Khas Indonesia

Rokok kretek mencapai puncak kejayaannya di Indonesia sebelum banyak rokok filter bermunculan. Apalagi di era sekarang banyak pula rokok elektrik yang semakin memeceah pangsa pasar rokok kretek. Namun biasanya para penikmat rokok elektrik hanyalah orang-orang muda saja.

3. Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Manfaat tembakau bagus untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Ini karena rokok tobacco memang dianggap memiliki rasa yang lebih alami dan enak dibandingkan rokok elektrik dan lainnya. Biasanya masyarakat di pedesaan dan kalangan menengah ke bawah yang melakukannya.

4. Menghidupkan Rantai Ekonomi Hulu-Hilir

Khasiat tembakau bisa menghidupkan rantai ekonomi di hulu dan hilir. Artinya daun ini memang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Industri hulu tobacco tentu saja berpusat pada kegiatan pertanian, sedangkan industri di hilirnya adalah kegiatan pabrik rokok tentunya.

5. Mempengaruhi Bea Cukai

Cukai adalah pajak atau bea pungutan resmi yang dilakukan oleh negara (pemerintah) terhadap suatu komoditi barang tertentu yang sifatnya memiliki resiko terhadap kesehatan manusia, kerusakan lingkungan dampak buruk lainnya. Sehingga perlu adanya pengawasan dari birokrasi dan lembaga tertentu untuk memastikan peredarannya dan mengetahui bagaimana barang ini beredar di masyarakat.

Manfaat Tembakau untuk Industri Lainnya :

6. Mencegah konflik perburuhan

7. Mencegah PHK

8. Mendukung kegiatan UKM

9. Mencegah perusahaan kretek jadi bangkrut

10. Menjadi saksi revolusi industri

Manfaat Tembakau untuk Negara :

1. Meningkatkan Pendapatan Negara

Ternyata tembakau pun akan meningkatkan pendapatan negara pada akhirnya. Ini dikarenakan dari pungutan bea cukai atas rokok yang dibuat dengan bahan baku daun ini. Artinya dengan menanam tobacco memang akan memberikan dampak yang sangat baik bagi peningkatan ekonomi negara.

2. Menjadi Komoditas Ekspor

Ekspor dan impor rokok menjadi hal yang biasa. Namun belakangan cukup meresahkan dengan adanya proteksi beberapa negara atas rokok kretek yang mengandung tembakau, sebab daun ini dianggap berdampak buruk bagi kesehatan. Namun tetap saja komoditi daun ini menjadi produk unggulan ekspor yang menjanjikan dan luas segmen pasarnya.

3. Mendukung Industri Rokok Kretek

Rokok kretek memang produk khas Indonesia yang patut diacungi jempol. Sigaret kretek yang tak pernah mati peminatnya meskipun kini biudaya rokok sudah berubah drastis dengan hadirnya vape atau vapor yang kaya dengan perisa sintetik. Tetap saja sigaret kretek menjadi andalan.

4. Mencegah Demonstrasi Massa

Bayangkan jika sampai tembakau dinyatakan sebagai narkotika atau tanaman terlarang, tentu saja akan muncul demonstrasi, sebab tumbuhan ini menjadi bahan baku membuat rokok yang disukai banyak kalangan. Industri rokok tidak hanya bercerita tentang para kapitalis perusahaannya, namun juga soal buruh pabriknya yang jumlahnya banyak sekali. Kalau pabrik rokok kretek kesulitan mendapatkan bahan baku daun ini, tentunya menjadi rawan collapse dan akhirnya para buruh rentan di-PHK.

5. Mendukung Eksistensi Petani Tembakau

Sudah tentu khasiat tembakau akan mendukung eksistensi petani. Ingatlah bahwa di era modern seperti sekarang, keberadaan petani seringkali terjepit oleh luasnya pembangunan yang memakan lahan, entah untuk infrastruktur publik maupun untuk petani tembakau.

Manfaat Tembakau untuk Negara Lainnya :

6. Mengatasi angka kemiskinan

7. Mencegah kemorosotan ekonomi

8. Membuat tetap eksis dalam perdagangan rokok dunia

9. Mencoba melawan perjanjian dan rezim kesehatan internasional

10. Mengupayakan negara jadi berdikari dalam mengembangkan produk lokal seperti rokok kretek

Efek Samping Tembakau :

Berikut beberapa efek samping dari mbako yang mengandung zat nikotin:

1. Membuat ketagihan
2. Kanker Paru-paru
3. Sesak Napas
4. Mulut menjadi hitam
5. Serangan Jantung

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Rumput Gajah untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Tembakau memang memiliki banyak khasiat atau manfaat yang baik untuk kesehatan maupun untuk aspek lainnya. Tetapi jika daun ini di konsumsi secara berlebihan akan mengahasilkan efek yang buruk bagi tubuh. Dan ingat konsumsilah dalam kondisi bersih dan steril agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi jika timbul efek buruk saat mengonsumsi sebaiknya hentikan penggunaan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daun

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top