Connect with us
Asuransi, Manfaat Asuransi, Khasiat Asuransi

Ekonomi

65 Jenis, Prinsip dan Manfaat Asuransi untuk Semua Bidang Serta Cara Kerja

Manfaat Asuransi – Asuransi atau Insurance adalah sebuah program jaminan ganti rugi atau back up secara finansial atas kesehatan, properti, jiwa, pendidikan, ketenagakerjaan, kendaraan, perjalanan dan lain sebagaimana. Di mana ganti rugi ini dilakukan saat terjadi musibah yang menyebabkan sakit, kehilangan nyawa, kerusakan, perbaikan dan tanggungan atas biaya di masa depan. Manfaat asuransi adalah memberikan perlindungan jangka panjang atas asset, tubuh, keinginan, masa depan secara terstuktrur menurut perjanjian atau polis yang ditetapkan terkait premi dan jangka waktu.

Asuransi, Manfaat Asuransi, Khasiat Asuransi

Tentu saja asuransi ini bukanlah program yang cuma-cuma atau gratis. Semua orang yang ikut program ini wajib membayar premi untuk jangka waktu tertentu secara rutin. Banyak sekali perusahaan insurance yang menawarkan premi rendah, cocok untuk semua kalangan. Tinggal pilih-pilih saja yang paling tepat dan cocok. Jenis asuransi yang paling banyak diminati adalah untuk rumah, properti, jiwa, kendaraan dan pendidikan.

Daftar Isi Manfaat

Prinsip-Prinsip Asuransi :

Oleh karena merupakan ikatan perjanjian antara dua belah pihak atau lebih yang sah di mata hukum, maka insurance ini memiliki beberapa prinsip-prinsip yang menjadi aturan mainnya, seperti:

• Contribution
• Indemnity
• Utmost Good Faith
• Subrogation
• Proximate Cause
• Insurable Interest

Jenis dan Macam Asuransi :

1. Asuransi Kesehatan

2. Asuransi Jiwa

3.  Asuransi Kendaraan

4. Asuransi kepemilikan Rumah dan Properti

5. Asuransi Pendidikan

6. Asuransi Bisnis

7.  Asuransi Umum

8. Asuransi Kredit

9.  Asuransi Kelautan

10. Asuransi Perjalanan

Manfaat Asuransi untuk Kesehatan :

1. Mengcover Biaya Berobat di Rumah Sakit

Rezeki kita memang sudah ada yang mengatur, tapi tidak ada salahnya kita mempersiapkan kejadian yang bisa saja terjadi di luar kehendak kita seperti sakit keras saat kita tidak mempunyai uang. Hal tersebut dapat membahayakan nyawa kita sendiri. Untuk itu solusinya adalah kita menabung untuk kesehatan kita, caranya adalah dengan mengikuti asuransi untuk mengcover biaya berobat di rumah sakit.

2. Memberikan Jaminan Kesehatan Hingga Tua

Jaminan kesehatan memang penting untuk kita karena keadaan tidak terus menerus sama. Bisa saja saat kita sudah tua kita tidak punya uang untuk berobat saat sakit. Untuk menjamin kesehatan kita hingga kita tua, kita bisa mengikuti program asuransi jiwa. Kini ada banyak sekali perusahaan untuk itu.

3. Membiayai Perawatan Gigi

Perawatan gigi kini banyak sekali di tawarkan oleh klinik gigi. Memang membutuhkan uang yang sangat banyak untuk merawat gigi. Tapi ada cara lain untuk membantu kita membiayai perawatan gigi, yaitu dengan asuransi kesehatan. Hal tersebut dapat mengcover biaya untuk perawatan gigi yang super mahal.

4. Mengatasi Kesulitan Biaya Pada Pasien Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh kita karena dampaknya adalah kematian bila kanker itu tidak teratasi. Tapi kita tahu bahwa pengobatan untuk penyakit kanker sangatlah mahal karena perlu dilakukan operasi dan juga kemoterapi selama beberapa kali. Bila tidak segera diatasi kanker akan semakin menyebar. Untuk mengatasi kesulitan biaya yang mungkin terjadi kita bisa menjamin dengan asuransi kesehatan.

5. Mencegah Kendala Administrasi Rumah Sakit

Kendala administrasi rumah sakit akan sangat berbahaya jika penyakit yang melanda kita adalah penyakit yang berbahaya yang dapat membunuh kita. Untuk mencegah itu terjadi, segeralah beri tubuh kita jaminan kesehatan. Dengan jaminan asuransi kesehatan itu kita tidak perlu takut sakit tapi tidak punya biaya.

Manfaat Asuransi untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah penyakit semakin parah karena tidak ditangani
7. Mencegah kematian akibat kurang biaya
8. Mendidik agar selalu siap dengan cobaan sakit
9. Mempersiapkan biaya kesehatan mendadak
10. Mengurangi beban biaya kesehatan bagi keluarga besar

Baca Juga:  Manfaat dan Khasiat Perdagangan Internasional Dalam Semua Bidang Serta Efek Samping

Manfaat Asuransi untuk Jiwa :

1. Memberikan Santunan Kematian

Manfaat asuransi jiwa yang pertama adalah memberikan santunan kematian. Jadi uang yang kita berikan untuk asuransi itu dapat keluar saat kita meninggal, untuk memberikan santunan pada keluarga kita, sehingga ini akan mengurangi beban keluarga yang di tinggalkan.

2. Menjamin Anggota Keluarga yang Ditinggal untuk Memperoleh Uang

Seorang kepala keluarga dalam rumah terkadang bingung bagaimana saat dirinya nanti meninggal dunia keluarganya mendapatkan uang dari mana. Kini kita tidak perlu khawatir atau bingung lagi. Caranya adalah dengan berinvestasi untuk jiwa kita yaitu dengan mengikuti asuransi jiwa.

3. Menabung Jangka Panjang

Manfaat selanjutnya dari mengikuti asuransi jiwa adalah menabung jangka panjang. Tentu saja ini menabung jangka panjang karena investasi ini tidak akan diambil sampai kita meninggal. Ini sama aja menabung untuk keluarga kita yang di tinggal sehingga mereka tidak bingung saat kita meninggal nanti.

4. Mengalokasikan Dana yang Tidak Diputar

Bagi orang yang tergolong mampu atau berlebih terkadang bingung akan mengalokasikan dana yang lebih itu kemana. Sebenarnya tidak ada yang mesti di bingungkan. Ada hal yang sangat bermanfaat untuk kita dalam jangka panjang, yaitu asuransi jiwa. Dengan asuransi jiwa tersebut keluarga kita bisa terjamin saat kita sudah meninggal.

5. Memberikan Keuntungan Hasil Berlipat

Khasiat insurance jiwa adalah memberikan keuntungan hasil berlipat karena saat kita berinvestasi untuk tubuh kita sendiri selain tubuh kita yang aman keluarga kita juga aman saat kita meninggal nanti. Tentu ini akan memberikan keuntungan hasil yang berlipat untuk kita.

Manfaat Asuransi untuk Jiwa Lainnya :

6. Menjamin masa depan
7. Mencegah krisis finansial pasca kematian
8. Memberikan prospek masa depan setelah kematian
9. Memberikan warisan sejak dini
10. Mengelola stabilitas keuangan jangka panjang

Manfaat Asuransi untuk Pendidikan :

1. Menjamin Biaya Pendidikan

Semakin tahun pendidikan semakin mahal, baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta. Kita tentu tidak ingin anak kita putus sekolah karena biaya mahal. Solusi untuk masalah ini adalah kita harus mengasuransi pendidikan untuk anak sehingga kita tidak perlu khawatir anak putus sekolah.

2. Merancang Program Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal yanh sangat penting, untuk iyu kita harus merencanakan pendidikan untuk anak sebaik mungkin. Ada cara untuk merancang program pendidikan anak secara rapi yaitu dengan menggunakan asursnsi pendidikan. Dengan ini anak kita akan terjamin pendidikannya tanpa takut kekurangan dana.

3. Mengaloksikan Dana Pendidikan Sedini Mungkin

Manfaat asuransi untuk pendidikan yang selanjutnya adalah untuk mengalokasikan dana pendidikan sedini mungkin. Kita tahu bahwa biaya pendidikan setiap tahun meningkat. Untuk itu jika kita punya anak segeralah persiapkan dana untuk pendidikan ia kelak. Cara yang aman agar dana itu tidak tersentuh adalah dengan jaminan pendidikan.

4. Menabung dengan Cara Aman

Mengalokasikan uang untuk biaya pendidikan anak sejak dini kadang sulit jika uang itu di taruh di rumah atau di bank, karena kita cenderung ingin memakainya. Cara agar kita menabung dengan aman adalah dengan menggunakannya untuk asuransi pendidikan anak, dengan ini tabungan pendidikan untuk anak kita aman.

5. Mengatur Anggaran Agar Tidak Kena Limit

Manfaat yang selanjutnya adalah mengatanggaran agar tidak kena limit. Makasudnya adalah berapapun lama kita menempuh pendidikan kita tatap di back up oleh asuransi. Dengan ini maka pendidikan kita akan terjamin sampai kapanpun.

Manfaat Asuransi untuk Pendidikan Lainnya :

6. Menjamin semua anak memperoleh pendidikan
7. Cocok untuk keluarga dengan banyak anak
8. Mempersiapkan tabungan pendidikan sejak dini
9. Mencegah krisis finansial di masa depan
10. Mempersiapkan biaya kuliah di masa depan

Manfaat Asuransi untuk Ketenagakerjaan :

1. Memberikan Jaminan Hidup Layak Pada Tenaga Kerja

Tenaga kerja atau buruh seringkali memiliki jam kerja yang melebihi 8 jam atau yang sering kita sebut sebagai lembur, tetapi gaji mereka pas pasan. Agar tenaga kerja ini mendapatkan jaminan hidup yang layak perusahan bisa berikan asuransi untuk para tenaga kerja itu agar kehidupan mereka terjamin.

2. Meningkatkan Profesionalitas Perusahaan

Perusahaan yang profesional adalah yang memberikan jaminan hidup pada tenaga kerjanya. salah satu cara untuk menjamin itu adalah dengan memberikan asuransi pada tenaga kerjanya. Dengan itu profesionalitas perusahaan itu akan meningkat dan banyak orang yang berminat kerja di perusahaan itu.

3. Menjamin Keselamatan Tenaga Kerja

Keselamatan tenaga kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia kerja. Apalagi tenaga kerja bangunan, mereka sangat beresiko mengalami kecelakaan kerja bahkan nyawanyapun menjadi taruhan. Untuk menjamin keselamatan tenaga kerja perusahaan harus memberikan asuransi untuk tenaga kerjanya.

4. Memberikan Perlindungan Kesehatan

Kesehatan tenaga kerja menjadi hal yang paling penting dalam suatu perusahaan. Karena jika tenaga kerja itu sakit maka perusahaan tidak akan bisa berjalan. Untuk mencegah itu yang harus dilakukan perusahaan adalah memberikan jaminan kesehatan kepada tenaga kerja melalui asuransi kesehatan.

5. Meningkatkan Kepercayaan dan Kinerja Karyawan

Karyawan dalam suatu perusahaan memiliki tanggung jawab yang besar dalam proses berjalannya suatu perusahaan karane merekalah yang turun langsung ke lapangan. Agar kepercayaan dan kinerja karyawan meningkat suatu perusahaan harus memberinya jaminan kesehatan berupa asuransi.

Manfaat Asuransi untuk Ketenagakerjaan Lainnya :

6. Meningkatkan semangat kerja karyawan
7. Memberikan hak dasar bagi buruh
8. Menjalankan amanat undang-undang ketenagakerjaan
9. Mencegah terjadinya demonstrasi buruh
10. Mempertahankan karyawan terbaik agar tidak resign

Manfaat Asuransi untuk Rumah dan Properti :

1. Menjamin Keamanan Rumah

Khasiat asuransi bisa menjamin keamanan rumah, sebab rumah yang diberikan layanan ini akan memiliki jaminan akan safety. Terutama dari segi bencana akibat alam maupun human error yang menyebabkan kerugikan banyak. Cocok untuk rumah di kawasan perumahan.

2. Memberikan Ganti Rugi Jika Terjadi Kebakaran

Sungguh merugikan bila terjadi kebakaran namun gedung tersebut tidak memiliki asuransi. Padahal layanan ini sanggup memback up kerugiannya bilamana memang telah diurus sebelumnya. Maka untuk pemilik gedung pencakar langit, rumah gedongan atau bangunan besar lainnya seperti hotel dan mall, wajib sekali memberikan perlindungan ini.

3. Mengganti Rugi Bila Terjadi Perampokan

Manfaat asuransi bisa mengganti rugi bilamana terjadi perampokan. Namun ada kalkulasinya sendiri mengenai nilai yang bisa diganti ini. Semua tercantum dalam blangko perjanjian yang ada di awal.

4. Menjadi Alternatif Perlindungan untuk Rumah Gedongan

Manfaat asuransi bisa memberikan perlindungan untuk rumah gedongan, maksudnya adalah jenis rumah yang besar dan membutuhkan keamanan ekstra untuk menjaga kerugian di masa depan. Bayangkan bila sampai terjadi kebakaran tanpa back up layanan ini, tentu saja akan sangat merugi.

5. Mengantisipasi Kerugian Akibat Bencana Alam

Salah satu yang ditawarkan asuransi adalah program mengantisipasi terjadinya bencana alam. Cocok untuk mereka yang tinggal di daerah rawan bencana gempa, banjir atau tsunami. Sehingga bilamana bencana alam datang, rumah akan direnovasi oleh pihak layanan ini.

Manfaat Asuransi untuk Rumah dan Properti Lainnya :

6. Mengcover biaya renovasi tertentu
7. Mengamankan asset jangka panjang
8. Mencegah terjadinya konflik
9. Menambah nilai jual rumah dan properti
10. Cocok untuk properti publik strategis

Baca Juga: Jenis, Fungsi dan Manfaat Pajak Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Memang ada begitu banyak manfaat asuransi yang selayaknya dicoba oleh semua orang, terutama yang memiliki kondisi ekonomi mapan. Sebab finansial seseorang tidaklah mesti berada di atas, seringkali fluktuatif bahkan mengalami krisis berkepanjangan. Mendaftarankan layanan ini ibarat menabung dengan jalan yang paling menguntungkan.

Continue Reading

Lainnya dari Ekonomi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top