Connect with us
Kewirausahaan, Manfaat Kewirausahaan, Asas Kewirausahaan, Contoh Kewirausahaan, Wirausaha, Berwirausaha, Usaha

Ekonomi

86 Ciri-Ciri, Asas, Tujuan, Sasaran dan Manfaat Kewirausahaan Serta Dampaknya

Manfaat Kewirausahaan – Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah proses mengembangkan, mengidentifikasi dan membawa visi dalam proses kehidupan. Visi ini bisa berupa ide yang inovatif, cara baik dalam melakukan suatu hal dan juga peluang dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhirnya adalah terciptanya sebuah usaha baru yang terbentuk dalam kondisi risiko.

Kewirausahaan, Manfaat Kewirausahaan, Asas Kewirausahaan, Contoh Kewirausahaan, Wirausaha, Berwirausaha, Usaha

Antar ahli dan sumber acuan akan berbeda-beda dalam mengartikan kewirausahaan karena titik berat dan penekanannya. Bahkan banyak sekali pengertian kewirausahaan menurut para ahli. Namun, secara umum yang sudah banyak diketahui orang, kewirausahaan merupakan kemampuan atau sikap demi menciptakan sesuatu hal yang baru dengan nilai dan manfaat untuk diri sendiri atau pun sekitar. Sedangkan seseorang yang memiliki potensi semangat, perilaku dan kemampuan tersebut disebut sebagai ‘wirausaha’.

Ciri-Ciri Kewirausahaan :

Seorang wirausaha yang andal, akan memilik beberapa ciri seperti di bawah ini:

1. Yakin Dengan Produk Sendiri

Setiap wirausaha yang tengah menjalankan usahanya, tentunya ia harus terlebih dulu yakin akan kualitas produk yang akan dihasilkan, sebelum dikenal oleh masyarakat luas.

2. Mengenal Semua Produk Sendiri

Hal ini juga sama pentingnya, karena jika memang Anda seorang wirausaha yang andal, maka Anda harus mampu mengenali secara detail apa saja produk yang sudah Anda pasarkan pada konsumen.

3. Menghindari Berdebat dengan Calon Konsumen

Wirausaha hendak harus punya perangai yang baik dalam memperlakukan calon konsumen. Jangan sampai hanya karena tidak sabar, jadi merenggut rasa nyaman konsumen.

4. Komunikatif dan Ramah Negosiasi

Tentu ciri ini harus ada pada setiap wirausaha dalam memberikan pelayanan produk, dan berlaku untuk semua jenis usaha.

5. Jujur, Berani dan Santun

Sikap pada poin ini juga seharusnya dimiliki oleh seorang wirausaha demi melancarkan kegiatan bisnisnya.

6. Menciptakan Transaksi

Menciptakan sebuah transaksi adalah hal yang wajib dilakukan dalam prospek kewirausahaan.

7. Berani dan Penuh Kreasi

Seorang wirausaha baiknya tidak takut untuk merencanakan dan bermimpi lebih tinggi, serta memiliki keberanian agar tidak takut saat jatuh, dan daya kreasi tinggi untuk menciptakan hal-hal baru untuk masyarakat.

8. Berani Ambil Risiko

Hal ini tentunya juga harus dilandasi dengan perencanaan matang sebelumnya dengan melakukan sebuah pengamatan terhadap ide hang melintas di pikiran, lalu, seorang wirausaha tidak akan takut untuk menanggung apa pun risikonya.

9. Memiliki Semangat dan Kemauan Keras

Selain berani mengambil risiko, seorang wirausaha juga perlu mempunyai semangat dan kemauan keras untuk meraih kesuksesan usahanya di masa mendatang.

10. Punya Analisis Tepat

Calon wirausaha juga perlu memiliki pengetahuan tepat untuk membuat analisis yang tidak melenceng jauh dari tujuan awal.

11. Tidak Konsumtif

Seorang wirausaha andal, pasti sudah lintar dalam mengelola pengeluarannya. Apalagi, teruntuk wirausaha yang masih baru terjun dalam dunia usaha, maka lebih baik jumlah konsumsinya jauh lebih sedikit dibanding dengan penghasilannya.

12. Punya Jiwa Pemimpin

Untuk mengembangkan usaha mereka agar dapat maju, maka perlu memiliki jiwa pemimpin yang baik.

13. Berorientasi di Masa Depan

Jika Anda seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif, serta memiliki ciri lain di atas, maka sangat baik jika Anda mengembangkan kemampuan tersebut.

Asas Kewirausahaan :

  1. Kemampuan dalam berkarya secara bersama dan berlandaskan etika bisnis yang sehat.
  2. Mampu bekerja secara produktif, tekun dan teliti.
  3. Dapat memecahkan masalah serta mengambil sebuah keputusan secara sistematis, termasuk juga mengambil risiko bisnis.
  4. Mampu berkarya dengan mandiri.
  5. Mampu bertindak serta berpikir secara kreatif dan inovatif.

Tujuan Kewirausahaan :

  1. Menciptakan dinamika di dunia kewirausahaan sehingga dapat mencapai kemakmuran masyarakat dengan cara mengembangkan kreasi dan inovasi.
  2. Guna menyebarluaskan serta membuat budaya dengan ciri khas kewirausahaan di dalam masyarakat.
  3. Turut dalam mengembangkan serta menumbuhkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang kokoh dan baik.
  4. Turut mewujudkan keahlian serta bakat para wirausaha lain guna menambah kemakmuran juga kesejahteraan negara.
  5. Punya tekad untuk meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik, misalnya ketika melakukan pengaderan calon-calon wirausaha guna membangun sebuah jaringan bisnis yang baik.

Sasaran Kewirausahaan :

  1. Para pemuda dan generasi muda pada umumnya. Contohnya anak-anak yang sudah lulus maupun putus sekolah dan calon wirausahawan baru atau sedang berkembang.
  2. Para penggerak ekonomi. Contohnya yaitu para pengusaha kecil dan menengah ataupun koperasi.
  3. Berbagai instansi pemerintahan yang sedang melakukan usaha. Contohnya (BUMN), kelompok-kelompok masyarakat dan organisasi profesi.

Cara Berwirausaha :

1. Pelanggan tidak selalu benar seterusnya.

2. Memanfaatkan waktu sebaik dan semaksimal mungkin.

3. Uang tidak bisa dijadikan patokan harga mati.

4. Hindarilah melakukan pemasaran barang atau jasa yang terkesan murahan.

5. Rekrutlah tenaga luar.

6. Buatlah brand pribadi bersamaan dengan brand perusahaan.

7. Anggaplah pekerjaan sebagai bagian hal penting dalam hidup anda.

8. Rekrutlah orang yang lebih pintar dari anda.

9. Cara terbaik bagimu bukan berarti baik bagi pelangganmu.

10. Lakukanlah, Jalani dan Fokus.

Keuntungan Wirausaha :

Ada beberapa keuntungan menjadi wirausaha yaitu :

1. Waktu bagi keluarga banyak dan terbuka lebar.

2. Dapat membuka peluang atau kesempatan kerja.

3. Dapat mempunyai penghasilan sendiri.

4. Mendapatkan berbagai relasi atau mempunyai relasi yang sangat luas.

5. Hobi bisa tersalurkan.

6. Memiliki wawasan yang banyak.

Faktor Yang Menyebabkan Wirausaha Gagal :

Tidak mungkin segala hal selalu berjalan lancar, ada kalanya mengalami kendala bahkan kegagalan. Dan di bawah ini adalah beberapa faktor yang menjadi sebab wirausaha gagal ketika menjalankan usahanya.

1. Tidak Kompeten Dalam Manajerial

Faktor ini merupakan penyebab utama dari gagalnya wirausaha. Karena sebuah perusahaan akan sangat kurang berhasil ketika tidak kompeten atau kurang memiliki kemampuan serta pengetahuan.

2. Kurang Pengalaman

Kurangnya pengalaman dalam mengkoordinasikan serta mengelola operasi perusahaan menjadi alasan kedua mengapa sebuah wirausaha bisa gagal.

3. Kurang Mengendalikan Keuangan

Kurang dalam mengendalikan keuangan, juga faktor yang berpengaruh dalam memelihara aliran khas, sehingga perusahaan tidak berhasil dengan baik. Kekeliruan dalam memelihara pemasukan khas akan sebabkan operasional perusahaan menjadi tidak lancar.

4. Gagal Dalam Perencanaan

Perencanaan adalah sebuah langkah awal dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Namun jika sampai perencanaan tersebut gagal, maka tentu akan mengalami kendala dalam menjalankannya.

5. Lokasi Kurang Memadai

Lokasi yang strategis juga menjadi faktor keberhasilan sebuah usaha. Jangan sampai memilih lokasi yang tidak strategis karena sangat fatal akibatnya, bahkan perusahaan bisa sukar beroperasi karena kurang efisien.

6. Kurangnya Pengawasan Peralatan

Pengawasan juga erat dengan efisiensi dan juga efektivitas karena jika sampai pengawasan kurang maka akan mengakibatkan penggunaan alat menjadi tidak efektif.

7. Kurang Sikap Sungguh-Sungguh

Sikap yang setengah-setengah dalam memulai usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil, bahkan rentan mengalami kegagalan.

8. Tidak Mampu Melakukan Peralihan/Transisi

Seorang wirausaha yang tidak siap dalam melakukan perubahan, akan sulit menjadi seorang wirausaha yang berhasil. Keberhasilan dalam hal ini bisa diperoleh jika berani untuk mengadakan perubahan serta mampu mengatur peralihan setiap waktu.

Manfaat Kewirausahaan Dalam Semua Bidang :

Manfaat Kewirausahaan Bagi Masyarakat :

1. Sebagai Peluang Memperbaiki Nasib Masyarakat

Dengan adanya wirausaha, maka manfaat pertama yang didapat adalah dapat memberi peluang atau kebebasan kepada masyarakat untuk mengendalikan nasib mereka sendiri. Tentu, mereka akan sadar untuk dapat memiliki usaha sendiri pula sebagai tujuan hidup dan cita-cita hidup.

2. Sebagai Peluang Melalukan Perubahan

Manfaat kedua sebuah wirausaha untuk masyarakat adalah mampu memberikan peluang kepada masyarakat untuk melakukan perubahan. Karena semakin banyaknya pebisnis yang telah memulai usahanya, maka mereka Juha akan mendapat peluang untuk melakukan berbagai perubahan dalam dari dan lingkungan mereka yang dirasa penting.

Dalam hal sederhana saja, mereka tentu akan menjaga kesehatan dan rajin mendaur-ulang limbah demi melestarikan sumber daya alam yang kian terbatas. Pebisnis tentu akan berpikir tentang cara mengombinasikan wujud kepedulian mereka kepada sebagai macam masalah dan berharap mampu menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

3. Sebagai Peluang Mencapai Potensi Masyarakat

Masayarakat juga mendapat kesempatan untuk mencapai potensi diri sepenuhnya. Karena banyak sekali yang telah sadar akan pekerjaan perusahaan yang membosankan, sehingga kutang menarik minat karyawan. Namun hal ini tidak berlaku pada wirausaha yang bisa dilakukan berdasarkan hobi sendiri.

4. Dapat Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Seorang wirausaha tentunya mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Mereka akan melibatkan pengangguran yang berada di sekitar lingkungan tersebut karena dengan bekerja dari wirausaha tersebut, maka mereka punya pemasukan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

5. Hasilkan Produk, Jasa dan Teknologi Baru

Teknologi, jasa dan produk baru tentu mainkan peran yang penting bagi kelangsungan hidup masyarakat, karena mereka semua membutuhkan hal tersebut. Banyak kewirausahaan yang akhirnya menciptakan revolusi baru di abad-abad modern yang tentunya akan memancing generasi-generasi muda untuk bisa melakukannya juga.

Baca Juga: Jenis, Prinsip dan Manfaat Asuransi untuk Semua Bidang Serta Cara Kerja

Manfaat Kewirausahaan Bagi Perekonomian :

1. Bantu Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Hal ini tentu berlaku bagi wirausaha yang memberikan usaha konkret dan jelas kegiatan usahanya. Dengan begitu, tentu akan membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi segala kebutuhan yang awalnya sulit terpenuhi. Misalnya, warung sembako atau lain sebagainya.

2. Sebagai Pembawa Perubahan Pasar

Dengan adanya globalisasi maka akan menciptakan pasar baru yang awalnya tidak mendapat perhatian dari pengusaha lain. Dan keinginan para pebisnis untuk membangunnya akan menghasilkan perubahan besar pada pasar baru yang lebih lengkap.

3. Dapat Mengurangi Kesenjangan Sosial

Masyarakat yang memilih menjadi seorang wirausaha tentunya akan mendapat penghasilan yang sedikit demi sedikit akan terus bertambah dan berdampak pada berkurangnya kesenjangan sosial.

4. Sebagai Pengasah Mental Ekonomi

Proses mendirikan suatu usaha hingga berhasil pasti memerlukan kerja keras yang cukup lama. Hal inilah yang akan menambah berbagai keterampilan sebagai modal untuk memajukan bisnis. Terlebih, banyaknya relasi yang telah dibangun dan kecakapan dalam berkomunikasi untuk mempromosikan barang, pasti akan membuat kemampuan bersosial semakin baik. Dan jika sudah seperti ini, seorang wirausaha pasti tidak akan terpuruk jika usahanya gagal, ia mampu naik kembali dan mengubah jenis bisnis yang awalnya tidak berjalan dengan lancar.

5. Dapat Mendekatkan Diri Kepada Komunitas

Selian bertambahnya kemampuan bersosial, dengan adanya wirausaha tentunya Anda akan semakin dekat dengan komunitas komunitas tertentu yang berkaitan dengan jenis bisnis yang Anda geluti.

Manfaat Kewirausahaan Untuk Perekonomian Lainnya :

6. Dapat Memajukan Perekonomian Indonesia
7. Bantu Memperbesar Pasar Globalisasi
8. Melatih Produktivitas Menjadi Lebih Baik
9. Bantu Menciptakan Revolusi Industri
10. Sebagai Peluang Mendapatkan Untung Tanpa Batas

Baca Juga: Jenis, Fungsi dan Manfaat Pajak Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Manfaat Kewirausahaan Bagi Sosial :

1. Meningkatkan pendapatan nasional

Inovasi yang dilakukan para wirausaha menyebabkan jumlah permintaan naik dan diikuti dengan naiknya jumlah produksi barang. Kenaikan jumlah permintaan dan produksi ini mampu meningkatkan pendapatan nasional negara. Itulah salah satu pentingnya berwirausaha.

2. Sebagai Peluang Mencapai Keuntungan

Dengan menjadi seorang wirausahawan maka dengan sendirinya Anda akan menjadi bos bagi diri Anda, dan itu semua tentu bertujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang maksimal dari apa yang telah Anda lakukan selami ini.

3. Membantu Menambah Lapangan Kerja

Menambah lapangan pekerjaan adalah fungsi utama dari adanya bidang kewirausahaan, karena tentu sebuah perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja, entah itu perusahaan besar atau sedang.

4. Dapat Memajukan Keberanian Bersosial

Karena untuk sukses dalam dunia kewirausahaan tidak hanya dibutuhkan seseorang yang pandai bicara, namun bukti yang nyata tentang seberapa besar pengorbanan dan langkahnya selama ini. Oleh sebab itulah sangat diperlukan ilmu yang nyata demi mewujudkan kesejahteraan demi kemakmuran bangsa dan keberanian bersosial yang baik.

5. Kewirausahaan Sebagai Aset Organisasi

Karena ketika seseorang menjadi wirausaha, pasti ia sangat memperhatikan produktivitas demi menghasilkan banyak barang dan jasa serta input lain yang lebih sedikit. Karena pada dasarnya fungsi kewirausahaan adalah menjalankan aset organisasi demi menguji serta menghasilkan produk baru.

Manfaat Kewirausahaan Bagi Sosial Lainnya :

6. Sebagai Perwujudan Mengubah Status Negara Berkembang

Manfaat Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Pelajar :

1. Dapat Mengoptimalkan Diri Sendiri

Dal berwirausaha tentunya kita perlu memiliki mental kuat demi memacu potensi yang sudah ada dalam diri. Begitu pun saat merencanakan keuntungan untuk perusahaan, maka mau tidak mau perlu melalukan usaha yang lebih baik lagi.

2. Sebagai Perwujudan Bahwa Anda Seorang Pemimpin

Karena ketika Anda memilih berwirausaha maka Anda akan menghadapi berbagai tantangan yang besar, termasuk pada kemampuan Anda dalam memimpin perusahaan dan juga para pekerja. Dengan adanya langkah berwirausaha ini, maka Anda akan semakin belajar tentang tata cara menjadi seorang pemimpin yang baik dalam manajemen perusahaan.

3. Sebagai Bekal Seorang Pelajar

Kewirausahaan sangat berguna karena bisa dijadikan bekal di masa depan bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bidang yang telah lama diincar. Karena kewirausahaan dapat diterapkan pada semua bidang pekerjaan dan kehidupan.

4. Sebagai Langkah Alternatif Pekerjaan

Ketika selai kuliah dan kesulitan mendapatkan sebuah pekerjaan maka kewirausahaan bisa menjadi langkah alternatif Anda untuk menciptakan pekerjaan baru bagi Anda guna mendapatkan nafkah

5. Belajar Wirausaha, Untuk Membuat Indonesia Mandiri

Karena pendidikan saja tidak akan cukup menjadi bekal masa depan yang menjadikan generasi baru Indonesia lebih mandiri dalam menciptakan hal positif. Karena sangat diperlukan generasi-generasi yang dapat mengubah kesulitan menjadi peluang serta memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Manfaat Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Pelajar Lainnya :

6. Membantu Membudidayakan Sikap Positif, Kreatif dan Unggul

Efek Samping Kewirausahaan :

1. Timbulkan Jam Kerja Panjang

Tidak jarang para wirausahawan yang malam hari masih saja bekerja ketika sebagian orang telah tertidur lelap. Selain itu, sering juga menggunakan jam makan siang dengan membicarakan masalah bisnis dengan mitra atau mengantarkan pesanan pembeli.

2. Pendapatan Tidak Stabil

Pendapatan seorang wirausaha memang tidak stabil, tergantung kondisi dan waktu.

3. Banyak Risiko

Seorang wirausaha punya banyak risiko yang akan disandangnya jika sampai ia tidak memuaskan konsumen atau mengambil langkah salah.

4. Sering Terlibat Masalah Keuangan

Seorang wirausaha perlu mengelola uang dengan baik, atau kalau tidak ia justru akan terlilit hutang dan kerugian besar.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Perdagangan Internasional Dalam Semua Bidang Serta Efek Samping

Banyak sekali wirausahawan sukses di Indonesia yang dapat anda contoh. Intinya dalam berwirausaha kita harus fokus dan tekun sampai tujuan usaha tercapai. Pendapatan atau pun uang memang menjadi salah satu hal penting yang diinginkan oleh semua wirausahawan kecil, menengah dan besar. Namun jika tujuan utama belum tercapai juga sama saja.

Continue Reading

Lainnya dari Ekonomi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top