Categories: Ekonomi

30 Manfaat Wirausaha Bagi Pelajar, Negara dan Masyarakat

Manfaat Wirausaha – Wirausaha menurut intruksi presiden RI no. 4 tahun 1995 merupakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upacara mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Sederhananya, kewirausahaan merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan peluang kerja dengan inovasi yang dia miliki agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Indonesia saat ini cukup miris dengan banyaknya lulusan yang menyandang predikat pengangguran. Untuk mengurangi angka pengangguran maka disarankan oleh pemerintah kepada siswa maupun mahasiswa untuk berwirausaha. Banyak pertanyaan yang kemudian muncul ketika pelajaran kewirausahaan ini di berikan kepada siswa maupun mahasiswa.

Wirausaha untuk pelajar tentu menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Wirausaha untuk pelajar  akan membantu mengolah pola pikir generasi muda sejak dini. Jika tadinya banyak mahasiswa yang gengsi untuk berwirausaha, sekarang justru banyak sekali para mahasiswa yang sudah mulai mendirikan usaha, walaupun kecil-kecilan dan masih patungan dengan beberapa temannya.

Pengertian Wirausaha

Pengertian kewirausahaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah sumber daya dan mengembangkan usaha. Kewirausahaan menjadi hal yang sangat penting dalam mendirikan sebuah bisnis. Seperti dasar dari suatu bisnis. Pengertian dari kewirausahaan memang banyak sekali.

Tujuan Wirausaha

Pendidikan saja sudah tidak cukup menjadi bekal untuk masa depan. “dahulu saya berfirikir pendidikan saja sudah cukup membut indonesia mandiri, tetapi sekarang mengapa tetap saja kita terbelakangan? ternyata kita tidak hanya cukup menguasai ilmu yang umum saja. bangasa ini membutuhkan orang-orang yang sanggup mengubah “kesulitan” menjadi “peluang” dan memberikan kontribusi bagi perusahaan”. kata Ciptura (sumber; Kompaks 3 november 2009).

  1. Kewirausahaan bisa diterapkan di semua bidang pekerjaan dan kehidupan dengan. Demikian kewirausahaan sangat berguna sebagai “bekal” masa depan mahasiswa/i bila ingin berkarir dibidang apapun.
  2. Ketika lulusan perguruan tinggi kesulitan mendapatakan pekerjaan atau terkena PHK ( pemututsan hubungan kerja), kewirausahaan bisa menjadi langkah alternatif untuk mencari nafkah dan bertahan hdiup.
  3. Agar suskes didunia kerja atau usaha, tidak cukup orang hanya pandai bicara. Yang dibutuhkan adalah bukti nyata/realitas. Oleh karena itu, kewirausahaan adalah ilmu nyata yg bisa mewujudkannyapeningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa indonesia.
  4. Memajukan perekonomian indonesia dan menjadi lokomotif  peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa indonesia.
  5. Membudayakan sikap unggul, perilaku positif, dan kreatif.
  6. Menjadi bekal ilmu untuk mencari nafkah, bertahan hidup, dan berkembang.

Ciri-Ciri Wirausaha

  1. Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut.
  2. Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
  3. Berorientasi pada prestasi. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibandingkan sebelumnya.
  4. Berani mengambil risiko. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.
  5. Kerja keras. Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, di mana ada peluang di situ dia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja kerja merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
  6. Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggungjawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
  7. Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dlijalankan, antara lain kepada : para pelanggan, pemerintah, pemasok, serta masyarakat luas.

Karakteristik Wirausaha

1. Dream (Visi ke Depan)

Seorang wirausahawan harus mempunyai visi atau pandangan ke masa depan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan visinya.

2. Decisiveness (Keputusan dengan Cepat)

Seorang wirausahawan adalah orang yang dapat bekerja dengan cepat dalam menghasilkan sesuatu. Selain itu juga dapat membuat suatu keputusan dengan cepat, tepat dan penuh perhitungan, agar berhasil dalam mengembangkan usahanya.

3. Doers (Melaksanakan Keputusan)

Seorang wirausahawan dalam mengambil keputusan akan langsung menindaklanjuti. Kegiatannya dilaksanakan secepat mungkin dengan penuh perhitungan. Ia tidak mau menunda kesempatan yang baik dalam menjalankan bisnisnya.

4. Determination (Penentuan/Kebulatan Tekad)

Seorang wirausahawan melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian, rasa tanggung jawab, dan tidak mudah menyerah, walaupun dihadapkan pada halangan dan rintangan yang mustahil untuk diatasi.

5. Dedication (Pengabdian)

Seorang wirausahawan harus mempunyai dedikasi (mengutamakan pekerjaan) yang tinggi terhadap bisnisnya, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarga untuk sementara waktu. Ia melaksanakan pekerjaannya tanpa kenal lelah. Semua perhatiannya dipusatkan untuk kegiatan bisnisnya.

6. Devotion (Mencintai Pekerjaan)

Seorang wirausahawan harus mencintai pekerjaan bisnisnya dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang mendorong keberhasilan yang efektif untuk menjual produknya.

7. Details (Dapat Memerinci)

Seorang wirausahawan sangat memperhatikan faktor-faktor yang sangat rinci terhadap apa yang terjadi selama menjalankan kegiatan usahanya. Dia tidak mengabaikan faktor-faktor yang kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

8. Destiny (Bertanggung Jawab atas Nasib Usahanya)

Seorang wirausahawan bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau bergantung pada orang lain.

Manfaat Wirausaha Bagi Pelajar

1. Memahami seluk-beluk kewirausahaan dengan baik

Selama ini banyak orang takut berwirausaha karena tidak tahu atau tidak paham mengenai wirausaha itu sendiri. Dengan mempelajari kewirausahaan diharapkan mereka dapat memahami segala sesuatu mengenai kewirausahaan sehingga jika mereka akan membuka usaha sendiri mereka telah memiliki bekal pengetahuan yang baik.

2. Memanfaatkan dan mengembangkan potensi setiap orang secara maksimal

Pada dasarnya Indonesia memiliki banyak generasi bangsa yang memiliki potensi luar biasa dalam berbagai bidang, hanya saja karena kurangnya pengetahuan sehingga potensi tersebut terpendam dan tidak terasah dengan baik. Salah satunya dalam bidang kewirausahaan.

Sebagai bangsa kita tidak kekurangan bibit-bibit pengusaha handal namun karena kurangnya pembinaan maka bakat-bakat ini terpendam dan tidak berkembang dengan optimal. Dengan memberikan kesempatan mereka untuk mempelajari kewirausahaan diharapkan dapat mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki sehingga Indonesia tidak lagi kekurangan pengusaha sukses dan berbakat.

3. Meningkatkan ketertarikan menjadi wirausahawan

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Setelah memahami dengan baik mengenai kewirausahaan diharapkan mereka juga tertarik menjadi wirausahawan karena telah mengetahui berbagai keuntungan dan manfaatnya.

Manfaat Wirausaha Bagi Pelajar Lainnya

4. Meningkatkan motivasi untuk menjadi wirausahawan

5. Menyebarkan dan membudayakan semangat wirausaha dalam masyarakat

6. Memberikan perubahan positif yang signifikan untuk bangsa dan negara

7. Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Manfaat Wirausaha Bagi Negara

1. Menciptakan lapangan pekerjaan

Pengangguran disebabkan tidak seimbangnya kenaikan angkatan kerja dengan lapangan kerja yang disediakan pemerintah atau swasta. Wirausaha yang ada mampu membantu menyerap pengangguran sebab adanya wirausaha berarti lapangan kerja baru dibuka atau muncul.

2. Meningkatkan pendapatan nasional

Seorang wirausahawan akan berusaha menciptakan produk atau jasa yang bisa di terima konsumen. Wirausahawan bisa menggaji karyawan yang membantunya. Karyawan tersebut kemudian mempunyai pendapatan untuk keluarganya, sehingga keluarganya bisa mempunyai daya beli untuk memenuhi kebutuhannya. Inovasi yang dilakukan para wirausaha menyebabkan jumlah permintaan naik dan diikuti dengan naiknya jumlah produksi barang. Kenaikan jumlah permintaan dan produksi ini sanggup meningkatkan pendapatan nasional negara.

3. Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Wirausaha adalah seseorang yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Mereka mampu menyerap pengangguran terutama di sekitar wilayah mereka. Secara langsung taraf kehidupan masyarakat sekitar dapat meningkat sebab mereka telah memperoleh pendapatan dari bekerja pada wirausaha tersebut. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa wirausaha mempunyai peranan penting di dalam kehidupan ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Manfaat Wirausaha Bagi Negara Lainnya

4. Mengurangi kesenjangan ekonomi dan social

5. Entrepreneur membuka jenis usaha baru dalam perekonomian.

6. Menyediakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja.

7. Meningkatkan output perkapita nasional.

Manfaat Wirausaha Bagi Masyarakat

1. Mengurangi tingkat pengangguran masyarakat

Dengan adanya usaha yang di didirikan oleh para wirausaha tentunya dapat membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan dengan cara menyerap tenaga kerja mereka untuk membantu kelangsungan atau proses dari usaha yang didirikan oleh wirausaha tersebut.

2. Meningkatkan pendapatan masyarakat

Dengan pendapatan/hasil yang diperoleh dari wirausaha, masyarakat setidaknya dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka . Apabila wirausaha yang ada di Indonesia dapat bertambah dari tahun ke tahun maka kemiskinan dan pengangguran dapat berkurang, dan kehidupan masyarakat pun menjadi sejahtera.

3. Mengkombinasikan faktor – faktor produksi

Seorang wirausaha merupakan orang yang kreatif dan inovatif. Karena seorang wirausaha mampu untuk mengatur dan mengolah, serta menggabungkan antara SDM dan SDA menjadi bermanfaat. Seorang wirausaha mampu mencari peluang-peluang yang baru dan tidak pernah ragu untuk mencoba/menciptakan  hal-hal baru.

Manfaat Wirausaha Bagi Masyarakat Lainnya

4. Meningkatkan produktivitas.

5. Wirausaha juga memiliki peranan penting untuk menjadikan masyarakat lebih kreatif dan mandiri.

6. Wirausaha juga tidak terlepas dari usaha kecil.

7. Memberi contoh cara bekerja keras, tekun,

8. Berperan sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadi, pemeliharaan lingkungan, dan kesejahteraan;

9. Mendidik masyarakat agar hidup secara efisien.

Manfaat Wirausaha Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menciptakan lapangan kerja

2. Mengurangi pengangguran

3. Meningkatkan pendapatan masyarakat

4. Mengombinasikan faktor–faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan keahlian)

5. Meningkatkan produktivitas nasional

6. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

7. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi Dan Sosial

8. Mendorong terciptanya masyarakat adil dan makmur

9. Menggerakan kegiatan ekonomi

10. Mendorong inovasi produk baru

11. Mendorong produktivitas SDM(Sumber Daya Manusia)

12. Terjalinnya Silaturahim

Baca Juga: Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaat Pasar Modal Bagi Investor, Perusahaan, Masyarakat, Pemerintah, Serta Kelemahannya

Kewirausahaan sangat dibutuhkan dalam keadaan ekonomi seperti saat ini. lowongan pekerjaan yang semakin menipis membuat tingkat pengangguran semakin tinggi. Dengan adanya kewirausahaan seseorang bisa membuat lapangan pekerjaanya sendiri. mendirikan usaha yang ditekuninya. Jika suatu negara memiliki pengusaha yang lebih banyak, akan membuat kesejahteranya semakin meningkat. Jadi kewirausahaanya memang sangat dibutuhkan.

Itulah sedikit informasi yang bisa diberikan tentang Manfaat Wirausaha Bagi Pelajar, Negara dan Masyarakat . Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. Terima kaish telah berkunjung dan membacanya.

Share
Tags: Wirausaha

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago