25 Jenis, Fungsi dan Manfaat Pajak Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak

Ekonomi

25 Jenis, Fungsi dan Manfaat Pajak Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Pajak merupakan iuran masyarakat yang di berikan kepada negara berdasarkan undang-undang. Menurut E. Mclure pajak merupakan suatu kewajiban finansial atau retribusi yang dikenakan terhadap wajib pajak dari negara maupun institusi yang di gunakan untuk kepentingan umum. Pajak di ambil berdasarkan hukum untuk biaya produksi dan jasa kolektif yang berfungsi untuk kesejahteraan umum. Menolak atau menghindari untuk membayar pajak merupakan pelanggaran hukum.

Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak

Pajak terdiri dari pajak langsung dan pajak tidak langsung yang dapat dibayarkan dengan uang langsung atau pun dengan pekerjaan yang bernilai setara dengan pajak yang di tanggung seseorang. Namun ada juga beberapa negara yang tidak mengenakan pajak kepada masyarakatnya seperti ini Emirates Arab. Lembaga yang mengatur pajak di Indonesia adalah DJB (direktorat jenderal pajak) yaitu direktorat yang bernaung di bawah kementerian keuangan republik Indonesia.

Jenis Pajak :

Dilihat dari segi lembaga perpajakan, pajang terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Pajak Negara

Pajak negara atau sering disebut dengan pajak pusat. Pajak negara terdiri dari:

Loading...
  • Pajak Penghasilan

Pajak penghasilan di atur dalam Uu no. 7 tahun 1983, pajak penghasilan sendiri terakhir kali di ubah dengan UU no.36 tahun 2008

  • Pajak Barang Mewah

pajak barang mewah di atur dalam UU no.8 tahun 1983 tentang pertambahan pajak dan penjualan atas barang mewah yang terakhir kali di ubah dengan UU no. 42 tahun 2009.

  • Bea Materai

UU no.13. tahun 1985 tentang bea materai.

  • Bea Masuk

Di atur dalam UU no. 10 tahun 1995 dan UU no.17 tahun 2006.

  • Cukai

UU no.11 tahun 1995 dan UU no.39 tahun 2007 tentang cukai.

2. Pajak daerah

Sesuai dengan ketentuan UU no.28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Pajak daerah sendiri terdiri dari beberapa jenis. Berikut jenis-jenis pajak daerah :

  • Pajak Provinsi

Pajak ini di ambil dari setiap provinsinya. Di setiap provinsi ada petugas pajak tersendiri yang mengatur wilayah tersebut. Pajak provinsi terdiri dari:

1. Pajak kendaraan
2. Biaya balik nama kendaraan.
3. Pajak rokok.
4. Pajak bahan bakar kendaraan.

  • Pajak Kabupaten

Pajak kabupaten ruang lingkupnya lebih sempit di bandingkan dengan pengurus pajak provinsi. Pajak kabupaten terdiri dari:

1. Pajak hotel
2. Pajak hiburan
3. Pajak reklame
4. Pajak penerangan jalan
5. Pajak restoran
6. Pajak bumi dan bangunan
7. Pajak sarang burung walet.

Fungsi Pajak :

1. Fungsi anggaran

Sebagai sumber pendapatan negara, pajak di gunakan untuk pengeluaran-pengeluaran negara. Pengeluaran negara sendiri untuk menjalankan tugas yang sudah di perintahkan dari negara untuk pelaksanaan pembangunan. Pajak juga di gunakan untuk pegawai. Belanja pegawai itu bukan untuk pribadi akan tetapi di gunakan untuk belanja barang, pemeliharaan dan lainnya.

2. Fungsi mengatur

Pajak juga di gunakan untuk mengatur ekonomi yang melalui kebijaksanaan pajak. Maka dari itu pajak mampu menjadi alat untuk mencapai tujuan negara. Contoh dari tujuan negara seperti penanam modal. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Meski begitu produk dalam negeri tetap di lindungi. Maka dari itu pemerintah menetapkan bea dari luar negeri lebih tinggi.

3. Fungsi stabilitas

Dengan adanya pajak, maka pemerintah mampu menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasi dapat di kendalikan. Hal itu dapat di lakukan dengan mengatur peredaran uang, pemungutan pajak, dan menggunakan pajak dengan efektif dan efisien

4. Retribusi pendapatan

Hasil pajak yang sudah di ambil digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum. Termasuk membiayai pembangunan, membuka kesempatan kerja sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Manfaat Pajak Bagi Ekonomi :

1. Membiayai Pengeluaran Negara

Manfaat pajak yang pertama adalah membiayai pengeluaran negara namun dalam hal ini adalah jenis pengeluaran yang bersifat self liquiditing seperti pengeluaran untuk memproduksi barang ekspor.

2. Dapat Membiayai Pengeluaran Produktif

Manfaat yang kedua ini adalah pajak mampu membiayai pengeluaran produktif yang akan memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat seperti halnya pengeluaran untuk keperluan pertanian dan pengairan.

3. Dapat Membiayai pengeluaran Tidak Produktif

Dalam poin ini, contohnya adalah guna membiayai pengeluaran pertahanan negara, perang, serta pengeluaran untuk penyematan di masa yang mendatang seperti pengeluaran bagi yatim piatu.

4. Guna Mencukupi Kebutuhan Masyarakat

Pajak yang telah disetorkan masyarakat akan digunakan negara untuk kesejahteraan masyarakat, antara lain: memberi subsidi barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan membayar utang-utang negara. Selain itu pajak juga digunakan untuk menunjang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah agar perekonomian dapat terus berkembang.

5. Pajak untuk Subsidi Pangan Serta Bahan Bakar Minyak

Kepentingan subsidi dan bahan bakar minyak telah merambah ke segala penjuru Indonesia. Dan dengan adanya pajak, segala aktivitas yang berkaitan akan menjadi lebih mudah.

Manfaat Pajak Untuk Pembangunan :

1. Untuk Membangun Fasilitas Masyarakat

Karena banyak masyarakat yang taat membayar pajak, menjadikan pembangunan lebih mudah dan bisa menghadirkan fasilitas seperti jembatan, halte dan juga perbaikan stasiun.

2. Membiayai Pendirian Monumen dan Objek Rekreasi

Manfaat pajak yang lain adalah untuk pendirian monumen serta objek rekreasi yang juga masuk sebagai pengeluaran bersifat self liquiditing dan tidak reproduktif.

3. Pajak Untuk Membangun Bangunan-bangunan Penting

Bangunan penting yang juga turut dibangun dari uang pajak adalah sekolah dan rumah sakit yang tentunya sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

4. Pajak Untuk Menambah Alat Transportasi

Adanya pajak juga berfungsi untuk menyediakan alat transportasi bagi massa guna melancarkan aktivitas dan perjalanan jauh maupun dekat.

5. Pajak Sebagai Penyempurna Pertahanan Negara

Yang dimaksud di sini adalah, pertahanan negara yang berupa bangunan lengkap dengan persenjataannya.

Manfaat Pajak Untuk Masyarakat :

1. Pajak Untuk Membiayai BPJS

Kita telah tahu bahwa BPJS sangat akrab di kalangan menengah dan bawah pada masyarakat Indonesia. Dengan adanya BPJS, pengobatan di RS bisa lebih ringan biayanya, bahkan ada yang ditanggung hingga pasien tidak membayar sepeser pun. BPJS inilah yang membuat rakyat kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan guna mempertahankan kehidupan.

2. Pajak Untuk Membiayai Anggaran Rutin

Manfaat yang satu ini juga banyak diketahui oleh masyarakat, bahwa pajak juga berperan untuk membiayai anggaran-anggaran rutin.

3. Untuk Membiayai Hutang Luar Negeri

Karena Indonesia memang masuk negara berkembang, jadi tidak mengherankan jika untuk beberapa kepentingan, Indonesia perlu berhutang kepada negara lain. Dan dengan adanya pajak, akan membatu melunasi hutang luar negeri tersebut, dan hutang ini pun juga diambil demi kepentingan masyarakat.

4. Guna Membiayai Pemulihan Hutan Gundul

Sudah tahu bukan apa saja efek dari hutan yang gundul? Tentu sangat berdampak negatif bagi keselamatan masyarakat karena wilayah hutan gundul akan sangat rawan terhadap bencana.

5. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ketika semuanya mudah, mulai dari berobat, bepergian dengan transportasi yang nyaman, dan lain sebagainya, maka kesejahteraan rakyat pun juga akan semakin bertambah.

Manfaat Pajak Untuk Negara :

1. Pajak Untuk Dana Pemilu

Adanya pemilu juga tidak lepas dari anggaran hang berasal dari uang pajak dan bea cukai gang telah Anda bayarkan. Artinya, dana pemilu selama ini dibiayai dengan uang pajak sendiri.

2. Pajak Untuk Melestarikan Lingkungan Hidup dan Budaya

Pajak juga berfungsi untuk merespons kerusakan lingkungan dan memperbaikinya demi kenyamanan bersama.

3. Membantu Pemerintah Mengendalikan Dunia Usaha

Guna mengatur atau mengendalikan kegiatan usaha yaitu dengan cara menaikkan atau menurunkan pajak.

Dampak Adanya Pajak

Ada beberapa orang yang beranggapan seharusnya pajak didapat dari sumber daya alam, tempat wisata, barang produksi dan lain sebagainya. Pajak sendiri punya sifat memaksa.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Perdagangan Internasional Dalam Semua Bidang Serta Efek Samping

Efek yang dihasilkan pada dunia usaha dan ekonomi hampir sama terhadap kehidupan sosial di masyarakat. Karena ketika semua masyarakat serempak tidak membayar pajak, atau banyak yang tidak taat pajak, maka dengan otomatis tidak ada proyek atau pembangunan akan terganggu, tidak ada gaji, dan masih banyak lagi.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Ekonomi

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top