Connect with us
Pasar Modal

Ekonomi

36 Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaat Pasar Modal Bagi Investor, Perusahaan, Masyarakat, Pemerintah, Serta Kelemahannya

Manfaat Pasar Modal – Pasar modal adalah suatu lembaga keuangan yang melakukan jual beli efek atau surat-surat berharga. Biasanya pasar modal dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan swasta maupun pemerintah dalam jangka panjang. Dalam kegiatannya pasar modal dilaksanakan di bursa efek yang merupakan pertemuan para investor.

Pasar Modal

Pasar modal dapat menyediakan berbagai macam alternatif bagi para pihak / investor selain alternatif investasi lainnya. Banyak sekali alternatif investasi lainnya seperti: membeli emas, menabung di bank, asuransi, bangunan tanah dan sejenisnya. Pasar modal sendiri berfungsi sebagai perantara atau penghubung. Penghubung yang dimaksut yaitu antara investor dengan perusahaan atau instansi di dalam pemerintahan.

Daftar Isi Manfaat

Jenis Jenis Pasar Modal

1. Pasar Perdana

Jenis pasar modal yang pertama adalah pasar modal perdana. Dalam fungsinya, pasar modal perdana ialah penawaran pertama dari efek langsung dari perusahaan pemilik. Dalam hal ini, perusahaan milik emiten melakukan penjualan efek dimana belum dijual dalam bursa efek. Pasar perdana biasanya menjual efek dengan waktu dan jumlah tertentu dengan harga yang tetap.

2. Pasar Sekunder

Jenis lain dari pasar modal selain pasar perdana adalah pasar sekunder. Penjualan efek pada pasar sekunder dilakukan setelah pasar perdana berakhir. Tidak seperti pasar perdana yang harga efeknya stabil, pada pasar sekunder harga efek cenderung naik turun berdasarkan nilai efek di pasar modal. Efek yang dijual di pasar sekunder biasanya bukan milik perusahaan yang bersangkutan, akan tetapi milik investor yang membelinya di pasar perdana. Efek pada pasar sekunder bisa dibeli dan dijual kapan saja karena sifatnya terbuka.

Loading...

3. Pasar Paralel

Pasar paralel adalah pasar yang penjualan efeknya dilakukan diluar bursa efek resmi. Bentuk pasar paralel sama dengan pasar sekunder. Di Indonesia pelaksanaan dan pengaturannya dilakukan oleh PPUE (Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek). Dalam tugasnya pasar paralel diawasi oleh Badan Pengawas dan Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM).

Ciri-Ciri Pasar Modal

1. Produk yang Dijual adalah Surat Berharga

Produk yang dijual dalam pasar modal adalah surat-surat berharga. Berbeda dengan pasar uang yang memperjualbelikan mata uang atau valuta asing atau mata uang. Surat-surat berharga yang diperjualbelikan pada pasar modal biasanya berasal dari suatu perusahaan tertentu.

2. Bersifat Jangka Panjang

Ciri lainnya ialah lebih menekankan pada dana jangka panjang. Jangka panjang yang dimaksud disini berkisar dalam hitungan tahun.

3. Investasi Bergantung Pertumbuhan Ekonomi

Ciri berikutnya yang khas dari pasar modal ialah nilai investasi yang bergantung pada pertumbuhan ekonomi negara. Selain bergantung pada ekonomi, nilai efek juga berkembang sesuai kemajuan perusahaan.

4. Terkait pada Tempat Tertentu

Pasar modal terkait pada tempat tertentu, dalam artian transaksi pada pasar modal tidak bisa dilakukan disembarang tempat . Selain itu, transaksi yang dilakukan juga diawasi lembaga pemerintahan.

Baca Juga: Jenis, Prinsip dan Manfaat Asuransi untuk Semua Bidang Serta Cara Kerja

Manfaat Pasar Modal bagi Investor

1. Mengalirkan dana investasi kepada perusahaan

Pasar modal adalah salah satu wadah yang tepat bagi investor untuk mengalirkan modal dan dana untuk diinvestasikan. Dengan adanya pasar modal, investor dapat mencari perusahaan yang menawarkan penjualan saham dengan mudah. Selain itu, investor juga bebas mencari perusahaan yang paling tepat untuk menginvestasikan modal yang dimiliki sehingga dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

2. Nilai investasi berkembang sesuai dengan pertumbuhan ekonomi

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, investor juga harus jeli dalam melihat pertumbuhan ekonomi, karena nilai investasi akan berkembang sesuai dengan pertumbuhan ekonomi. Artinya, nilai investasi yang diberikan investor kepada perusahaan tertentu akan dapat bertambah dan berkembang laju pertumbuhan ekonomi negara.

3. Dapat meminimalisir risiko

Pasar modal juga sangat baik untuk meminimalisir risiko bagi para investor yang menanam modal. Hal ini didukung oleh adanya para emiten atau penyedia surat-surat berharga yang memiliki rekam jejak yang baik. Dengan demikian, para investor dapat terhindar dari risiko penggelapan dana atau kebangkrutan.

4. Memperoleh deviden atau keuntungan

Manfaat lain pasar modal bagi investor adalah memperoleh keuntungan atau deviden dari kepemilikan saham. Dengan melakukan investasi pada pasar modal, maka para investor akan memperoleh deviden yang tinggi dalam jangka waktu tertentu sehingga neraca keuangan menjadi sangat baik.

5. Dapat Memperluas jaringan bisnis

Pasar modal juga dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk memperluas jaringan bisnis mereka. Investor akan dengan mudah melihat perusahaan mana saja yang sahamnya dapat dibeli dengan adanya pasar modal, sehingga dapat memperluas jaringan bisnis. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi para investor yang enggan memulai bisnis mereka dari nol, atau para investor yang ingin memperluas jaringan bisnisnya dengan perusahaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Manfaat Pasar Modal Lainnya Bagi Investor:

6. Menjual kembali saham yang sudah dibeli sebelumnya

7. Mengakuisisi dari suatu perusahaan

8. Sebagai Tempat Jual-beli Instrumen Modal

9. Memiliki hak suara pada RUPS

Baca Juga: Jenis, Fungsi dan Manfaat Pajak Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

Emiten merupakan kata lain dari Perusahaan Publik. Emiten sendiri adalah suatu perusahaan yang memanfaatkan dana atau modal melalui Pasar Modal, baik dengan cara menerbitkan efek ataupun menjualnya secara umum kepada masyarakat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dipetik dari pasar modal bagi Emiten:

1. Dana hasil penjualan memiliki jumlah yang lebih besar

Manfaat pasar modal yang paling dirasakan oleh emiten adalah hasil penjualan dari berbagai instrumen modal memperoleh hasil yang jumlahnya besar. Hal ini karena instrumen modal seperti saham, biasanya akan dibeli oleh para investor dalam jumlah yang cukup besar.

Jika ada investor yang membeli saham dari ratusan hingga ribuan saham, maka tentu keuntungan yang akan diperoleh oleh emiten akan sangat besar jika dibandingkan hasil kerjasama dengan sponsor atau pinjaman dana dari bank.

2. Dapat langsung menerima dana hasil penjualan saham

Manfaat berikutnya yang dapat dirasakan oleh emiten adalah dapat menerima langsung hasil penjualan saham dalam pasar modal secara penuh. Diterima secara penuh disini maksudnya tanpa menggunakan biaya cicilan. Misalkan ada investor yang membeli saham senilai 1 miliar, maka 1 miliar dipotong pajak akan langsung diterima langsung secara penuh oleh emiten tanpa proses yang panjang dan rumit.

3. Memberikan penawaran penjualan dari instrumen modal dengan lebih mudah

Pasar modal juga dapat membantu emiten dalam memberikan penawaran penjualan dari instrumen modal seperti saham. Dengan demikian, emiten akan lebih mudah memperoleh hasil penjualan dari instrumen modal.

4. Tidak terdapat perjanjian tertentu dari investor maupun pihak lainnya

Salah satu keuntungan yang dapat dimanfaatkan emiten dari pasar modal adalah proses jual-beli dari instrument modal kepada investor dilakukan secara langsung tanpa ada erantara atau calo. Hal ini menghindari adanya perjanjian tertentu yang justru bisa menyebabkan kerugian bagi pihak investor maupun emiten.

5. Memecahkan masalah keuangan dengan mudah

Sebuah perusahaan biasanya tidak luput dari masalah keuangan. Misalnya saja pengeluaran yang meningkat atau biaya produksi yang terlalu tinggi. Dengan adanya pasar modal, emiten dapat memperoleh dana untuk memecahkan masalah keuangan tersebut. Emiten juga dapat dengan mudah menjual saham untuk memperoleh dana segar sehingga tidak perlu meminjam uang dari dari bank, atau repot-repot bekerjasama dengan sponsor atau pihak lainnya yang justru membuat hutang perusahaan semakin meningkat.

Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten Lainnya:

6. Memperbaiki neraca keuangan dan struktur modal perusahaan

7. Meningkatkan produktivitas perusahaan

8. Mengurangi ketergantungan terhadap bank

9. Meningkatkan bidang usaha

10. Menghindari kebangkrutan

Manfaat Pasar Modal Bagi Masyarakat

Selain mempunyai manfaat yang baik bagi para investor dan emiten, pasar modal juga mempunyai pengaruh yang baik bagi masyarakat luas, diantaranya yaitu:

1. Menjadikan masyarakat sebagai investor

Manfaat pasar modal yang paling nyata untuk masyarakat adalah dapat menjadikan masyarakat sebagai investor. Memang untuk menjadi investor membutuhkan dana yang bisa dibilang cukup besar, tetapi tidak ada salahnya jika masyarakat mencoba untuk ikut berinvestasi.

Sebelum menjadi investor, setidaknya masyarakat harus sedikit memahami ilmu bisnis, ilmu perekonomian dan ilmu investasi terlebih dahulu. Dengan demikian masyarakat bisa menjadi investor yang sukses dalam pasar modal.

2. Menambah lapangan kerja

Dengan adanya pasar modal, secara tidak langsung akan membantu menambah lapangan kerja. Pasar modal dapat membuat perusahaan mendapatkan dana yang lebih untuk membangun cabang usaha baru. Perusahaan yang telah mendapatkan modal sebelumnya juga bisa menciptakan bisnis yang baru.

Terciptanya cabang usaha dan bisnis baru, serta perluasan area bisnis tentunya akan membutuhkan lebih banyak sumber daya manusia yang baru pula. Dengan demikian, perusahaan menjasibterbantu dalam mengembangkan bisnisnya sekaligus menciptakan lapangan kerja yang baru bagi masyarakat yang masih menganggur.

3. Mempengaruhi laju ekonomi

Seperti yang kita tahu, kebijakan ekonomi ditentukan oleh pemerintah, tetapi pasar modal mampu mempengaruhi beberapa kebijakan pemerintah, diantaranya yaitu:

  • Kebijakan ekonomi fiscal
  • Kebijakan pajak
  • Kebijakan ekspor impor

Dengan pengaruhnya terhadap kebijakan pemerintah tersebut, maka pemerintah akan membuat kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi pasar modal dan ekonomi. Jika kebijakan yang ditentukan baik, maka akan membawa dampak yang baik pula bagi masyrakat.

4. Menikmati produk dari suatu perusahaan

Suatu perusahaan tidak akan mengalami kemajuan jika tidak ada masyarakat yang mengenal dan membeli produk mereka, baik produk jasa maupun produk non jasa. Dalam hal ini pasar modal bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan modal dalam meningkatkan promosi dan produksi produk perusahaan sehingga lebih dikenal oleh masyarakat.

Dengan demikian, perusahaan tersebut juga membawa pengaruh positif bagi masyarakat. Mereka akan terbantu dengan berbagai produk yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan yang mendapatkan dana melalui pasar modal.

5. Menikmati keuntungan umum dari suatu perusahaan

Setiap perusahaan pastinya memiliki keuntungan masing-masing, hal ini juga membawa pengaruh yang positif bagi masyarakat. Misalnya, jika produksi pada suatu perusahaan meningkat, maka biasanya perusahaan tersebut akan memberikan diskon khusus ataupun memberikan bonus kepada karyawannya. Perusahaan juga wajib membayar pajak kepada pemerintah.

Dengan adanya penyetoran pajak dari berbagai perusahaan kepada pemerintah, maka pemerintah akan memenuhi kebutuhan warganya dengan lebih baik. Baik dari segi pendidikan, kesehatan, keselamatan dan beragam kebutuhan lainnya.

Manfaat Pasar Modal bagi Pemerintah

1. Sebagai sumber pendapatan Negara

Manfaat pasar modal bagi pemerintah yang paling utama adalah membantu pendapatan Negara. Karena setiap transaksi yang dilakukan pada pasar modal akan dikenakan pajak yang akan dimasukkan kedalam kas Negara. Pajak tersebut kemudian akan dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur negara, seperti jembatan, jalan, keperluan sosial, keperluan pendidikan, dan juga pembangunan lainnya.

2. Menjalankan roda perekonomian Negara

Dalam suatu negara pasti memiliki banyak perusahaan yang beroperasi. Pasar modal akan membantu semua perusahaan agar tetap berjalan karena mendapatkan suntikan dana dari penjualan saham. Dengan terjaminnya kelangsungan suatu perusahaan, maka akan membawa efek yang positif bagi perekonomian negara. Perusahaan yang beroperasi pastinya memiliki banyak produk baik dalam bidang jasa maupun konsumsi. Dengan demikian, maka roda perekonomian Negara akan berjalan dengan baik.

3. Mendata transaksi instrumen modal pada pasar modal

Ada beberapa proses jual-beli dari beberapa instrumen modal yang dilakukan secara ilegal atau tidak jelas hitam di atas putihnya. Dengan adanya pasar modal ini, pemerintah dapat dengan mudah memantau dan mendata secara langsung, transaksi jual-beli apa saja yang berlangsung pada bursa pasar modal.

4. Mendata jumlah perusahaan yang berlaku sebagai emiten

Pemerintah juga sangat terbantu dalam mendata dan memantau perusahaan apa saja yang sudah melepas sahamnya di pasar modal. Pasar modal juga akan membantu pemerintah untuk mendata perusahaan mana saja yang sedang membutuhkan dana, dan perusahaan mana yang mendekati pailit atau kebangkrutan.

5. Negara dapat dengan mudah menjual surat berharga kepada invenstor

Pasar modal juga dapat dimanfaatkan pemerintah untuk menjual surat-surat berharga kepada investor. Hal ini biasanya dilakukan ketika Negara sedang membutuhkan dana yang penting. Negara juga dapat mengeluarkan obligasi untuk dibeli oleh para investor untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan Negara.

Kelemahan Pasar Modal

1. Belum menyentuh segala lapisan masyarakat

Kelemahan pasar modal yang paling dirasakan adalah belum menyentuh semua lapisan masyarakat. Pasar modal hanya identik dengan masyarakat menengah ke atas. Sedangkan masyarakat menengah ke bawah belum cukup familiar dengan istilah dan prosedur, sehingga perputaran saham yang terjadi cenderung dimanfaatkan masyarakat menengah keatas saja. Hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi naik secara nominal tetapi tidak menimbulkan efek yang positif bagi perekonomian masyarakat kelas bawah.

2. Ketidakstabilan kurs berpengaruh besar terhadap harga saham

Harga saham pada pasar modal sangat bergantung pada pergerakan kurs. Salah satu faktor penyebabnya adalah perbedaan nilai suatu mata uang suatu negara terhadap nilai mata uang negara lainnya. Nilai kurs yang tidak stabil dapat mempengaruhi investor untuk berinvestasi. Investor akan takut mengalami kerugian jika berinvestasi di perusahaan negara yang kursnya tidak stabil tersebut.

3. Tidak semua investasi berujung manis

Walaupun sangat menguntungkan dan memiliki banyak manfaat, namun tidak semua investasi di pasar modal bebas dari risiko kerugian. Ada kalanya investasi menghasilkan keuntungan, adakalanya dapat menimbulkan kerugian karena usaha yang dilakukan tidak sesuai ekspektasi di awal. Untuk itu, sebelum melakukan investasi, para investor harus siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi, baik untung maupun rugi.

4. Memungkinkan terjadinya risiko delisting

Kelemahan berikutnya adalah terjadinya risiko delisting, yaitu suatu risiko yang bisa terjadi saat efek atau surat berharga yang telah dibeli oleh investor dikeluarkan atau di-delisting dari pasar modal karena suatu alasan tertentu. Salah satu penyebabnya adalah emiten yang telah menjual efek atau surat berharga tersebut menderita kerugian.

5. Terjadinya risiko tingkat bunga

Dalam pasar modal, terjadinya risiko tingkat bunga sangat mungkin terjadi. Risiko tingkat bunga ini umumnya terjadi jika ada kenaikan tingkat bunga yang menyebabkan penurunan harga efek atau surat-surat berharga. Ini terjadi karena kenaikan tingkat bunga akan membuat para investor tertarik berinvestasi di bank daripada berinvestasi di pasar modal. Dengan begitu, permintaan terhadap efek atau surat berharga akan menurun drastis sehingga harga surat berharga juga akan mengalami penurunan.

Baca Juga: Ciri-Ciri, Asas, Tujuan, Sasaran dan Manfaat Kewirausahaan Serta Dampaknya

Jika anda berniat berinvestasi di pasar modal, maka pertimbangkanlah dengan baik agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Yang terpenting pelajari kelemahan atau kekurangan saat berinvestasi di dalam pasar modal, agar anda tidak rugi.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Ekonomi

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top