Connect with us
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat

Gaya Hidup

40 Manfaat dan Khasiat Berkeringat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Berkeringat – Berkeringat, keringatan atau mengeluarkan keringat tentu saja terjadi pada manusia tiap harinya setelah beraktivitas gerak maupun terpapar sinar matahari. Semakin intens manusia menggerakan tubuhnya, keringat yang keluar akan semakin banyak. Selain itu suhu ruang yang meninggi juga mempengaruhi seberapa banyak keringatnya menetes.

 Berkeringat, Manfaat  Berkeringat, Khasiat Berkeringat

Namun, kadang manusia sering merasa risih saat berkeringat karena jadi merasa panas dan gerah. Memang benar, hanya saja ternyata mengeluarkan keringat ada manfaatnya baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Jadi janganlah dihindari! Justru perlulah mewaspadai jika tubuh tidak mampu mengeluarkan keringat , artinya ini ada gangguan metabolisme.

Cara Mengeluarkan Keringat yang Baik, Benar dan Tepat :

Agaknya ini pertanyaan yang aneh, apakah mengeluarkan keringat itu ada yang baik dan benar? Tentu saja bahwa untuk berkeringat itu memang ada langkah-langkah yang aman dilakukan dan memang berkhasiat untuk tubuh. Sedangkan cara yang buruk buat keringatan tentu saja adalah berjemur di bawah terik mentari siang. Disebut buruk karena matahari di siang hari sangat bahaya mengandung berbagai radiasi yang merusak kulit dan tubuh. Berikut adalah cara keluarkan keringat yang paling baik, benar dan tepat:

  • Olahraga
  • Makan dengan kalori yang cukup
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi (jam 7-9)
  • Sauna
  • Meditasi pernapasan
  • Memakai baju tebal

Manfaat Berkeringat untuk Kesehatan :

1. Membuang Racun dari Tubuh

Khasiat dari berkeringat untuk kesehatan yang pertama adalah membuang racun di dalam tubuh. Kulit manusia memiliki juataan pori-pori untuk mengeluarkan keringat. Saat mengeluarkan keringat ada racun-racun yang terbawa keluar. Bayangkan jika kulit manusia tidak ada pori-porinya, racun itu akan menumpuk didalam tubuh.

Loading...

2.  Stabilkan Suhu Tubuh

Terkadang kita malas jika kita banyak mengeluarkan keringat, misalnya dalam ruangan yang panas. Tetapi justru akan bahaya jika kita tidak mengeluarkan keringat. Suhu tubuh kita menjadi stabil pada saat mengeluarkan keringat pada tempat yang panas. Berkeringat sama kasusnya saat kita sering membuang urine saat musim dingin. Itu semua untuk menstabilkan suhu tubuh kita agar tidak kepanasan atau kedinginan pada tempat tertentu.

3. Menurunkan Stress

Siapa sangka bahwa berkeringat juga dapat menurunkan stress. Saat kita mengeluarkan keringat karena olahraga, otak kita akan melepas endorphin, sehingga mood kita menjadi meningkat dan kita merasa senang. Dengan demikian mengeluarkan keringat dapat menurunkan stress. Bagi kalian yang mudah stress akibat pekerjaan ada baiknya jika menyempatkan setiap hari berolahraga.

4. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Ginjal

Berkeringat adalah yang sangat mudah dan juga murah untuk kita lakukan. Tetapi ternyata manfaatnya bisa sangat mahal, yaitu mengurangi resiko penyakit ginjal atau lebih tepatnya mencegah adanya batu ginjal. Hal ini terjadi karena saat saat keringat dikeluarkan garam dan juga kalsium di dalam tubuh. Garam dan kalsium jika menumpuk terlalu banyak di dalam ginjal bisa menimbulkan batu ginjal.

5. Mempercepat Proses Metabolisme Tubuh

Bagi yang senang atau rutin berolahraga setiap hari pasti sadar bahwa asupan makanan kita bukan menupuk sebagai daging melainkan sebagai energi. Dengan demikian berarti proses metabolism tubuh menjadi lebih cepat saat kita berkeringat.

Manfaat Berkeringat untuk Kesehatan yang Lainnya :

6. Sistem kekebalan tubuh meningkat

7. Membantu proses hidrasi di dalam tubuh

8. Detoksifikasi tubuh

9. Mencegah obesitas

10. Mendinginkan tubuh saat cuaca panas

11. Mencegah berbagi penyakit

12. Mencegah terjadinya demam

13. Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh

14. Mencegah kolesterol

15. Mencegah penimbunan lemak

16. Menyehatkan ginjal

17. Menyehatkan kulit

18. Menyehatkan pikiran

19. Menyehatkan psikis seseorang

20. Mencegah penyakit flu

Manfaat Berkeringat untuk Kecantikan :

1. Membuat Tubuh Menjadi Langsing

Tubuh langsing atau berat badan ideal adalah idaman semua orang, lebih khususnya para wanita. Karena pandangan masyarakat bahwa orang yang tubuhnya langsing itu cantik masih berkembang hingga hari ini. Ada cara untuk mendapatkan tubuh langsing sangatlah mudah dan juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, yaitu dengan rutin berolahraga. Olahraga membuat tubuh kita berkeringat sehingga tubuh kita akan melakukan pembakaran lemak. Dengan demikian lemak di dalam tubuh akan terus di tekan dan tubuh kita menjadi langsing.

2. Membuka Pori-Pori Kulit

Berkeringat ternyata dapat membuka pori-pori wajah kita. Ini menjadi kesempatan besar untuk kita bisa membersihkan kotoran yang ada di wajah kita. Tetapi yang harus di catat adalah setelah wajah kita bersih segeralah siram dengan air dingin atau air es agar pori-pori kulit kita menutup kembali, sehingga kotoran tidak akan masuk lagi.

3. Mencegah Adanya Komedo Pada Kulit Wajah

Komedo adalah masalah wajah yang cukup meresahkan. Bila di biarkan terus bisa menimbulkan jerawat. Untuk itu komedo harus segera di tangani. Cara yang paling sederhana adalah dengan rajin berolahraga. Dengan olahraga kita menjadi berkeringat. Saat tubuh mengeluarkan keringat, pori-pori menjadi besar. Saat pori-pori membesarlah kita manfaatkan untuk membersihkan komedo dengan mudah. Tetapi jangan lupa untuk menutup pori-pori kembali.

4. Mencegah Timbulnya Jerawat pada Kulit

Wajah yang kotor dapat menimbulkan jerawat pada kulit wajah, apalagi jika kotoran itu menyubat tanpa kita buang. Caranya mudah untuk menghindari jerawat tumbuh, yaitu dengan berolahraga. Saat berolahraga tubuh kita mengeluatkan keringat, termasuk wajah kita juga mengeluarkan keringat. Saat berkeringat pori-pori kulit membesar dan keringat keluar, otomatis kotoran kotoran yang menyumbat pori-pori juga akan keluar. Dengan demikian kita meminimalisir timbulnya jerawat selain menggunakan skincare.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah di Wajah

Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa saat kita berolahraga wajah kita menjadi memerah. Hal ini terjadi karena saat berolahraga suhu tubuh meningkat dan kita berkeringat. Penyebab dari warna merah tersebut adalah sirkulasi darah meningkat saat kita berkeringat. Untuk itu sangat baik untuk rajin berolahraga untuk kesehatan tubuh. Tetapi berolahraga juga ada batasannya. Jangan terlalu memforsir tubuh karena bukannya kita menjadi sehat tetapi malah badan kita drop.

Manfaat Berkeringat untuk Kecantikan yang Lainnya :

6. Mengangkat sel kulit mati

7. Membuang kotoran di wajah

8. Membuat kulit wajah lebih mulus

9. Menyegarkan kulit wajah

10. Mencegah kegendutan atau obesitas

11. Mencegah terjadinya penuaan dini

12. Mencerahkan kulit wajah

13. Mencegah wajah menjadi kusam

14. Membuat wajah awet muda

15. Mempercantik penampilan tubuh maupun wajah

16. Tubuh terlihat lebih anggun

17.Tubuh terlihat lebih tinggi

18. Tubuh terlihat lebih seksi

19. Menajamkan aura kecantikan

20. Terlihat lebih mempesona

Efek Samping Berkeringat :

Selain berkeringat memiliki manfaat yang sangat banyak ternyata jika terlalu banyak berkeringat akan menimbulkan dampak yang kurang baik untuk tubuh. Berikut adalah efek samping atau dampak buruk dari berkeringat:

1. Badan menjadi lemas
2. Muncul ruam-ruam di kulit
3. Keputihan
4. Menyebabkan bau kaki
5. Badan menjadi bau

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sauna untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ada berbagai penyakit yang dapat dicegah atau disembuhkan dengan kita mengeluarkan keringat. Bahkan kita bisa mendapatkan kecantikan tersendiri dengan mengeluarkan keringat yang caranya pun sangat mudah dan juga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak bahkan tidak sama sekali. Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita merawat diri kita setelah berkeringat itu. Jika tidak ditangani dengan baik berkeringat justru menimbulkan banyak dampak buruk untuk tubuh.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Gaya Hidup

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top