Connect with us
Ciuman bibir, Manfaat Ciuman bibir, Khasiat Ciuman bibir, Jenis Ciuman Bibir

Gaya Hidup

60 Manfaat dan Khasiat Ciuman Bibir untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ciuman bibir biasanya dijadikan sarana untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayang kepada pasangannya. Tidak sedikit orang yang menganggap aktivitas bercumbu yang satu ini sebagai bagian dari budaya. Namun, terlepas dari anggapan tersebut, ciuman bibir ini terdiri dari beberapa jenis, dan jika dilakukan dengan benar bisa mendatangkan manfaat.

Ciuman bibir, Manfaat Ciuman bibir, Khasiat Ciuman bibir, Jenis Ciuman Bibir

Aktivitas gaya hidup ini ternyata mempunyai banyak manfaat terutama dalam kesehatan. Tak heran banyak orang ingin tahu manfaat ciuman bibir. Namun meskipun begitu, aktivitas tersebut juga memiliki bahaya yang bisa menimpa siapa saja yang melakukannya. Penjelasan mengenai jenis-jenis ciuman ini, manfaat dan bahayanya bisa dilihat di bawah ini.

Jenis-Jenis Ciuman Bibir :

1. French Kiss

Nama ciuman bibir yang satu ini memang sudah sangat terkenal karena dianggap sebagai ciuman bibir yang paling romantis. Tak hanya mengenai bibir saja, ciuman ini juga melibatkan lidah di dalam permainannya. Maka dari itu, ciuman yang pertama ini juga biasa disebut sebagai ciuman lidah.

2. The Single Lip Kiss

The Single Lip Kiss adalah cara untuk menyebut jenis ciuman yang dilakukan saat seseorang mencium dan menghisap bibir pasangannya.

3. Upside Down

Nama ciuman bibir yang satu ini asalnya adalah dari film Spiderman. Jenis ciuman ini juga termasuk jenis ciuman yang romantis karena bibir bagian bawah seseorang akan mencium bibir bagian atas pasangannya, dan begitu pula sebaliknya.

4. The Peck

Kata The Peck ini biasa digunakan untuk menyebut ciuman bibir yang sangat singkat. Tak hanya untuk bibir saja, nama ini juga berlaku untuk ciuman pipi juga.

5. The Lingering Kiss

The Lingering Kiss adalah kebalikan dari The Peck. Jenis ciuman ini adalah ciuman bibir yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama tanpa melibatkan lidah. Biasanya ini menunjukkan rasa sayang yang dalam.

6. The Bitting Kiss

Kalau jenis ciuman yang satu ini memang seperti namanya, yaitu ciuman dengan memberikan gigitan kecil saja pada bibir pasangan saat bercumbu.

Manfaat Ciuman dengan Lawan Jenis :

1. Mengusir Emosi Negatif

Berciuman bibir bisa mendatangkan semacam sensasi fisik yang mampu mendorong otak untuk meningkatkan dopamin, yakni neurotransmitter yang berkaitan dengan kesenangan. Pada waktu yang bersamaan pula, bagian otak yang lain mengusir emosi negatif.

2. Menimbulkan Rasa Bahagia

Ketika dua bibir saling bertemu, ini mendorong kelenjar pituitari untuk melepaskan oksitosin, sehingga Anda dan pasangan kemudian membentuk semacam ikatan emosional. Setelah berciuman, tubuh Anda dan pasangan juga akan melepaskan hormon endorfin, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk membuat Anda dan pasangan merasa bahagia.

3. Membantu Meminimalisir Resiko Obesitas

Ciuman ini bisa diibaratkan dengan olahraga ringan yang dalam tiap menitnya mampu membakar 2 hingga 3 kalori. Makanya tidak berlebihan juga jika kemudian ciuman bibir dikatakan mampu meminimalisir resiko obesitas.

4. Mengatasi Stress

Karena ciuman bibir bisa mendorong otak untuk meningkatkan dopamin, dan setelah berciuman pun tubuh juga akan melepaskan hormon endorfin, jadilah ciuman bibir ini bisa membuat pelakunya merasa bahagia, sehingga yang namanya stress juga bisa segera pergi.

5. Bermanfaat untuk Kulit Wajah

Baik itu laki-laki maupun perempuan, mereka sama-sama bisa merasakan dampak positif ciuman bibir terhadap kulit wajahnya, seperti mencegah penuaan dini.

Manfaat Ciuman dengan Lawan Jenis Lainnya :

6. Membantu mempertahankan hubungan dengan pasangan
7. Bisa mendatangkan kedekatan emosional dengan orang yang disayangi
8. Bisa mengatasi stress, karena ciuman ini bisa mendatangkan kepuasan tersendiri
9. Karena ciuman bibir merupakan salah satu bentuk rasa sayang, ini bisa membuat pasangan merasa lebih dihargai
10. Bisa digunakan sebagai alat untuk menilai kompatibilitas, status reproduksi dan kesehatan seseorang
11. Memberikan kedamaian
12. Ciuman di bibir bisa membantu mengontrol pola makan sehingga bisa mendukung program diet
13. Kinerja kelenjar adrenalin bisa meningkat
14. Bisa dijadikan cara untuk mendapatkan pasangan yang terbaik
15. Mengurangi rasa cemas
16. Ciuman bisa membuat pikiran seseorang menjadi jernih
17. Ciuman di bibir bisa meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang
18. Karena bisa memberikan rasa bahagia, ciuman ini ini juga bermanfaat membuat hidup lebih lama

Manfaat Ciuman Bibir untuk Kesehatan :

1. Membantu Menyehatkan Jantung

Aktivitas berciuman bibir juga telah terbukti menyehatkan jantung orang yang melakukannya. Pasalnya, Aktivitas berciuman di bibir seperti ini bisa membuat sistem kardiovaskuler lebih stabil. Selain itu, ciuman di bibir juga diketahui bisa menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

2. Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Selama berciuman, produksi air liur akan meningkat. Nah, air liur yang semakin bertambah ini bisa berfungsi sebagai anestesi alami, yang mampu mengurangi rasa sakit orang yang melakukannya.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ada banyak bakteri yang bisa ditemukan di dalam mulut siapa saja. Jumlah bakteri ini bahkan mencapai 700 lebih. Bakteri yang ada di dalam mulut Anda dan bakteri yang ada di dalam mulut pasangan Anda pada dasarnya adalah tidak sama, sehingga saat berciuman bibir seperti ini lalu terjadi pertukaran saliva, ini bisa sekaligus menjadi ajang perkenalan tubuh Anda dengan bakteri yang baru.

4. Membantu Menjaga Mulut Sehingga Tetap Bersih

Sudah ada beberapa ahli yang menyetujui pernyataan satu ini. Hal ini dikarenakan air liur yang diproduksi selama berciuman sangat berguna dalam melawan jamur, virus dan bakteri yang ada pada mulut. Ini sekaligus juga meminimalisir resiko penumpukan plak sehingga selain gigi tetap bersih, potensi kerusakan gigi juga bisa berkurang. Tapi ingat, ciuman ini tidak bisa menggantikan peran penting gosok gigi ya.

5. Membantu Meredakan Sakit Kepala

Ciuman bibir memang bisa membantu meredakan sakit kepala. Ini bisa terjadi karena ciuman bibir yang dilakukan secara lembut bisa melepaskan zat kimiawi, dan zat kimiawi ini adalah zat yang memberikan dampak baik pada otak. Keberadaan zat kimiawi ini bisa membantu menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab sakit kepala.

Manfaat Ciuman Bibir untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu meningkatkan produksi ludah yang bisa membantu melindungi gigi dan memperbaiki enamel gigi
7. Membantu meredakan ketegangan otot sehingga tubuh bisa menjadi lebih rileks
8. Mengatasi masalah perut
9. Bisa menyembuhkan infeksi darah
10. Membantu mengatasi masalah kantong kemih
11. Bisa mencegah gigi untuk tidak berlubang
12. Bisa mengatasi alergi
13. Meningkatkan metabolisme
14. Ciuman bibir bisa membantu paru-paru menjadi lebih sehat

Manfaat Ciuman Bibir untuk Kecantikan :

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat ciuman bibir ini memang tidak main-main kalau sudah menyinggung masalah kecantikan. Pasalnya, ciuman bibir dinilai mampu membuat kulit wajah menjadi lebih kencang, karena Aktivitas yang satu ini bisa membuat otot wajah termasuk otot leher bekerja dengan baik.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat ciuman bibir untuk kecantikan yang kedua adalah membantu menurunkan berat badan. Ini jelas merupakan kabar baik bagi pasangan yang memiliki masalah dengan berat badannya. Diketahui bahwasanya ciuman bibir yang dilakukan selama 1 menit bisa membakar kalori sebanyak 2 hingga 3 kalori. Penurunan berat badan seperti ini selain berdampak baik pada kesehatan juga bisa berdampak baik pada kecantikan bukan?

3. Aura Kecantikan Bisa Lebih Terpancar

Khusus untuk wanita, ciuman bibir ini bisa meningkatkan aura kecantikannya. Hal ini dikarenakan otot wajah akan mengalami pengencangan sehingga kulit yang ada di area ini tidak akan mengendur. Kulit justru akan menjadi lebih halus karena peredaran darah di area ini bisa lebih lancar, akibatnya wajah bisa tampak lebih segar dan aura juga bisa lebih keluar.

4. Bisa Dijadikan Sebagai Alternatif untuk Senam Wajah

Sebenarnya manfaat yang satu ini masih berkaitan dengan manfaat yang sebelumnya. Jadi, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Aktivitas ciuman bibir ini melibatkan otot wajah sehingga kemudian bisa dijadikan sebagai alternatif untuk senam wajah.

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Masih sama, manfaat ciuman bibir dalam menghaluskan wajah juga masih berkaitan dengan manfaat-manfaat yang sebelumnya. Ciuman bibir memiliki manfaat ini karena sekali lagi, Aktivitas ini mampu membuat peredaran darah yang ada di bagian wajah menjadi meningkat sehingga juga berdampak pada kulit yang bisa halus.

Manfaat Ciuman Bibir untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga elastisitas kulit wajah
7. Membantu meningkatkan massa otot wajah
8. Merangsang produksi kolagen dan elastin
9. Kinerja pembuluh darah di area wajah bisa meningkat
10. Membantu menjaga kelembaban kulit

Efek Samping, Bahaya dan Dampak Buruk Ciuman Bibir :

Efek Samping, Bahaya dan Dampak Buruk Ciuman Bibir

Meskipun ciuman bibir memiliki banyak manfaat seperti di atas, nyatanya ciuman bibir ini juga membuka peluang bagi virus serta bakteri jahat yang asalnya dari pasangan masuk ke dalam tubuh kita, sehingga bisa memunculkan kondisi-kondisi berikut ini:

1. Pilek
2. Hepatitis B
3. Munculnya kutil di mulut
4. Infeksi herpes
5. Penyakit meningokokus
6. Demam kelenjar sebagai akibat Infeksi Mononucleiosi
7. Munculnya masalah pada bagian otak
8. Sakit pada gusi dan juga tenggorokan
9. Flu Singapura
10. Sipilis
11. Infeksi Saluran Pernafasan Akut
12. TBC
13. Thyfoid
14. HIV/AIDS
15. Septikemia
16. Cacar air
17. Pembusukan gigi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Memegang Payudara untuk Kesehatan, Hormonal, Kecantikan Serta Efek Samping

Ciuman bibir memang memberikan berbagai manfaat yang tak terduga, apalagi jika dilakukan oleh sepasang insan yang saling mencinta. Namun dibalik itu semua, sebaiknya pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut agar tidak menimbulkan berbagai bahaya tertentu.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top