Connect with us

20 Manfaat dan Khasiat Creambath Berdasarkan Jenis Serta Bahayanya

Gaya Hidup

20 Manfaat dan Khasiat Creambath Berdasarkan Jenis Serta Bahayanya

Manfaat Creambath – Memiliki rambut indah adalah dambaan setiap wanita. Bukan hanya karena rambut adalah mahkota perempuan, tapi juga karena rambut indah bisa membuat wanita tampil lebih percaya diri. Tak heran jika kemudian banyak perawatan rambut seperti creambath, masker hingga toning menjadi buruan wanita di salon-salon kecantikan.

Creambath, Creambath Rambut, Manfaat Creambath, Khasiat Creambath

Dari sekian banyak perawatan rambut wanita, creambath masih menjadi pilihan favorit wanita. Creambath adalah jenis perawatan rambut yang dikhususkan bagi rambut normal yang tidak dikeriting, diwarnai maupun diluruskan. Krim yang digunakan untuk perawatan jenis ini biasanya berjenis waterbased. Keuntungannya adalah krim mudah larut dalam air serta tak menimbulkan rasa lengket.

Creambath biasanya dipilih untuk menjaga kondisi rambut hingga mencegah terjadinya kerusakan. Selain itu, perawatan rambut dengan cara dipijat menggunakan krim khusus ini dinilai tak hanya memberikan manfaat bagi rambut, melainkan pula dapat memberikan rasa rilex sehingga cocok digunakan untuk melepas penat.

Manfaat Creambath Untuk Rambut Berdasarkan Jenisnya

Sebagai salah satu bentuk perawatan, tentu saja creambath memiliki manfaat khusus bagi rambut. Secara umum, pemberian krim pada rambut melalui proses ini bertujuan untuk menutrisi, menghaluskan serta melembabkan rambut. Namun, kini sudah banyak produk krim rambut dengan aneka ekstra bahan alami sehingga pemanfaatannya pun menjadi lebih bervariasi. Berikut manfaat creambath dilihat dari jenis krim yang digunakan.

Loading...

1. Lidah Buaya

Tanaman satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan creambath di rumah tanpa harus pergi ke salon. Daging lidah buaya jika dilumatkan akan langsung berbentuk krim tanpa harus ditambah bahan lainnya.

Meski dapat dilakukan di rumah, perawatan rambut dengan lidah buaya tak kalah bermanfaat jika dibandingkan dengan hasil perawatan rambut di salon. Pasalnya, lidah buaya mengandung saponin yang mampu membunuh kuman, membersihkan folikel rambut, serta melembabkan sekaligus membuatnya lebih tebal.

Namun, melulurkan krim lidah buaya di rumah tentu juga memiliki kekurangan jika dibandingkan di salon. Krim yang anda buat sendiri memang tak kalah berkhasiat, tetapi akan meninggalkan bau yang khas. Berebda dengan krim rambut buatan pabrik dengan ekstrak lidah buaya yang menghasilkan bau harum menenangkan.

2. Alpukat

Krim dengan kandungan alpukat sangat cocok untuk creambath rambut kering dan rusak. Kandungan minyak pada alpukat mampu menyelimuti bagian luar rambut sekaligus menghindarkan dari kerusakan lebih parah.

Hampir sama dengan lidah buaya, creambath dengan alpukat juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain dapat mempersingkat waktu, mengaplikasikan krim rambut dari alpukat juga bisa membuat anda memiliki rambut indah tanpa harus memikirkan harga creambath di salon.

3. Gingseng

Creambath bahan alami yang paling diminati adalah dengan menggunakan krim berbahan utama gingseng, krim dengan kandungan ini dipercaya mampu menguatkan akar rambut sehingga menghindarkannya dari kerontokan.

4. Stawberry

Pada awalnya mungkin anda akan terkejut mendengar creambath buah satu ini. meski masih jarang, krim berbahan strawberry ternyata sangat amuh untuk mengatasi rambut stress akibat sering diwarnai, catok, blow atau terlalu banyak terkena paparan zat kimia. Kandungan antioksidan dalam strawberry mampu mengembalikan kondisi rambut pada tingkatan paling baik.

5. Kemiri

Kemiri merupakan jenis bahan alami yang telah lama dipercaya mampu menghitamkan rambut. Jika biasanya kemiri dimanfaatkan dalam bentuk minyak, maka kini kemiri juga bisa diperoleh manfaatnya dalam bentuk krim rambut. Fungsi creambath dengan kemiri juga hampir sama dengan penggunaan minyak kemiri, yakni membuat rambut lebih lembab serta hitam.

6. Coklat

Tak hanya enak dimakan, coklat nyatanya juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Coklat dipercaya mampu membuat rambut lebih hitam dan terlihat lebih berkilau. Jika diaplikasikan dalam bentuk lulur tubuh, coklat juga bisa melembabkan sekaligus meremajakan kulit.

7. Seledri

Biasa dijadikan bahan pelengkap masakan, seledri juga ampuh digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan seledri dipercaya mampu membuat rambut mengkilap serta lebat. Tak hanya itu, seledri juga mampu membuat akar rambut lebih kuat sehingga mencegah kerontokan.

8. Urang-Aring

Bahan alami yang satu ini sudah lama dipercaya mampu menghitamkan rambut dan menjaganya tetap berkilau. Tak hanya itu saja, urang-aring ternyata mampu memberikan efek dingin pada kepala, mencegah tumbuhnya uban seta menyuburkan rambut. Dengan manfaatnya yang melimpah untuk rambut, tak heran jika banyak salon kecantikan menyediakan creambath urang-aring sebagai alternatif perawatan rambut alami.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Mandi Susu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bahaya Creambath Rambut

Meski menjadi salah satu perawatan rambut yang paling diburu wanita, bukan berarti cerambath tak memiliki efek samping sama sekali. Cara pengaplikasiannya yang dipijat membuat perawatan rambut jenis ini sangat tak cocok untuk jenis rambut rapuh dan rontok. Pemijatan saat pengaplikasian krim justru akan membuat rambut rapuh menjadi stress sehingga menyebabkan kerontokan lebih parah.

Tak hanya untuk rambut rapuh dan rontok, creambath juga tak cocok untuk rambut berminyak. Fungsi creambath yang melembabkan dan proses pemijatan justru akan membuat minyak rambut bertambah banyak.

Jenis rambut lain yang tak cocok untuk perawatan rambut jenis ini adalah rambut berketombe. Seusai diaplikasikan krim dan dipijat, rambut akan menjadi lebih lembab. Kelembapan inilah yang justru membuat ketombe menjamur hingga menimbulkan rasa gatal lebih parah.

Perawatan rambut yang paling cocok untuk rambut berminyak, rapuh, patah atau berketombe adalah masker rambut. Hair mask atau masker rambut akan lebih fokus pada masalah rambut tanpa memberikan efek kelebaban bagi rambut berminyak. Oleh karena itu, hair mask juga memiliki aneka jenis bahan yang digunakan dan harus disesuaikan dengan kondisi rambut.

Hair mask atau masker kurang lebih hampir sama dengan creambath, hanya saja tak disertai dengan pijatan. Hal ini sama halnya dengan masker wajah yang justru akan merusak fungsinya jika pengaplikasiannya disertai dengan pijatan.

Eits, tapi jangan khawatir, meski tak disertai pijatan di kepala, hair mask di salon biasanya disertai pijatan di pundak dan leher untuk memberikan efek rileks seperti halnya creambath. Jadi, Anda yang memiliki rambut dikeriting, diluruskan, diwarnai, berketombe, berminyak atau rapuh tak perlu memaksa melakukan creambath demi bisa rileks di salon karena hanya dapat membuat kondisi rambut lebih parah.

Bolehkah Creambath Untuk Anak dan Wanita Hamil?

Pada dasarnya, perawatan rambut jenis ini adalah memakaikan krim untuk menutrisi dan melembabkan. Sangat sedikit kandungan kimia yang ada dalam krim untuk perawatan jenis ini. oleh karenanya, creambath untuk wanita hamil dan anak dinyatakan masih dalam kategori aman.

Jika anak memiliki banyak aktivitas di bawah matahari, perawatan rambut yang satu ini justru sangat disarankan. Alasannya, paparan sinar matahari dapat merusak kelembaban rambut. Sedangkan penggunaan krim khusus akan menutrisi sekaligus mengembalikan kelembabannya.

Usia minimal creambath bagi anak adalah usia 5 tahun. sebenarnya usia 3 tahun juga sudah boleh menikmati perawatan jenis ini. hanya saja, pengaplikasiannya harus sangat hati-hati. Kulit kepala anak tak boleh dipijat terlalu keras. Steamer juga harus diatur di suhu paling rendah atau hanya menggunakan handuk hangat karena akar rambut anak masih sangat lunak.

Jenis perawatan rambut yang tak disaranan untuk wanita hamil dan anak-anak adalah jenis perawatan rambut yang merubah warna atau bentuk rambut seperti keriting rabut, melurukan atau mewarnai rambut.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sauna untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Meski creambath aman bagi semua kalangan, bukan berarti creambath bisa dilakukan setiap saat. Normalnya, jenis perawatan rambut ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali, sedangkan untuk rambut rontok, rapuh dan berketombe sebaiknya memperbaiki kondisi rambut terlebih dahulu dengan cara hair mask setiap satu minggu sekali sebelum akhirnya menjajal perawatan jenis ini.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Gaya Hidup

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top