Connect with us
Lucid Dream, Manfaat Lucid Dream, Khasiat Lucid Dream

Gaya Hidup

55 Manfaat dan Khasiat Lucid Dream, Penyebab, Jenis Serta Cara Melakukannya

Loading...

Manfaat Lucid DreamLucid Dream, Mimpi Jernih, Mimpi Sadar, Mimpi Nyata, Mimpi Jelas, Lucid Dreaming atau LD merupakan fenomena mimpi yang terlihat sangat nyata karena disadari oleh pikiran dengan tingkat kesadaran yang tinggi. Pikiran bawah sadar mengambil penuh persepsi sehingga mimpi terasa nyata. Sebagaimana sedang sadar terjaga (tidak tidur).

Lucid Dream, Manfaat Lucid Dream, Khasiat Lucid Dream

Selain nyata, Lucid Dream juga bergerak sesuai dengan keinginan pemimpinya. Beda dengan Deep Dream (mimpi yang dalam) cenderung tidak disadari dan manusia tidak sanggup mengendalikannya. Jangankan mengendalikan, terkadang persepsi dan pusat kendali nalar benar-benar mati. Sehingga mimpi ibarat nonton film belaka, di mana penontonnya bisu, tuli, dan mati rasa.

Saat Lucid Dream, panca indera manusia sangat aktif, sehingga mampu mengecap realitas mimpi, seolah-olah nyata dan berasa. Ketika di dalam Lucid Dreaming-nya seseorang tengah menyantap es krim, maka dalam mimpinya itu sungguh es krim terasa sangat nyata, dingin dan manisnya. Begitupun ketika sedang jalan-jalan tamasya, maka di dalam LD begitu terlihat nyata dan jernih. Intinya, organ hidung, telinga, lidah, kulit dan mata, semuanya masih berfungsi sebagaimana tidak sedang tidur.

Penyebab Lucid Dream :

Pastilah banyak orang yang bertanya-tanya tentang penyebab terjadinya Lucid Dream. Sebetulnya tanpa disengaja dan sama sekali tidak diketahui oleh orang awam bahwa dalam 7 hari, bisa saja manusia setidaknya mengalami 2 mimpi Lucid Dream. Berikut adalah penyebab terjadinya Lucid Dreaming:

Loading...

1. Rileksasi tidur sangat tinggi

2. Sedang merasa sangat bahagia

3. Mengalami kesedihan atau depresi mendalam

4. Memiliki beban pikiran yang berat (stress, frustrasi)

5. Menggunakan narkotika golongan tertentu yang menyebabkan halusinasi, seperti: LSD, mushroom, ganja, deutera metel, tembakau gorilla, dll.

6. Pengaruh mabuk miras

7. Hipnotis atau self hypnosis

8. Sengaja melakukan Lucid Dream dengan teknik tertentu

9. Mengalami nightmare (mimpi buruk) saat tidur

10. Gelombang otak tetha

11. Mendengarkan musik binaural beats

12. Sakit keras

13. Habis menjalani operasi besar yang berhubungan dengan organ otak

14. Gangguan mental dan psikis

15. Pengalaman spiritual

Jenis Lucid Dream :

Uniknya Lucid Dream memang membuat pikiran manusia sanggup mengendalikan apa saja yang akan muncul dalam mimpinya. Kuncinya ada pada “keinginan”, saat seorang ingin sesuatu, maka dalam mimpinya, sesuatu itu akan menjadi nyata. Makanya dari Lucid Dreaming begitu digemari oleh mereka yang senang dengan petualangan mimpi, imajinasi, fantasi dan pikiran bawah sadar. Berikut adalah 2 jenis LD yang telah teridentifikasi secara ilmiah:

1. Dream Initiated Lucid Dream (DILD)

Yakni jenis Lucid Dream yang disebabkan karena mimpi tidur. Jadi ketika seseorang tidur, ia sadar bahwa dirinya tengah bermimpi. Kemudian dia mencoba mengendalikan mimpinya sendiri. Biasanya DILD memiliki gambaran audio-visual yang agak samar dan buram. Kebanyakan DILD merupakan mimpi buruk yang berusaha ditinggalkan. Jadi seseorang sadar dirinya sedang mimpi buruk, misalnya terjebak dalam kegelapan atau dicekik hantu, maka ia akan berusaha lari dari mimpi itu.

2. Wake Initiated Lucid Dream (WILD)

Yakni jenis Lucid Dream yang disengaja, tanpa melalui proses ketidaksadaran (tidur). Fase perubahan dari kondisi sadar menuju bawah sadar biasanya dilakukan dengan jalan hypnosis (hipnotis). Perlu diketahui bahwa struktur alam bawah sadar manusia itu sangat kompleks, dalam LD, pikiran berada di antara sadar dan tidak sadar. Panca indera pun berperan dalam mempersepsikan mimpi menjadi lebih nyata, seolah-olah 3 dimensi dan dapat diindera melalui penciuman, pendengaran, penglihatan, pengecapan dan sentuhan.

Cara Melakukan Lucid Dream :

Meskipun kelihatannya mudah dan sepele, namun teknik atau cara melakukan Lucid Dreaming sangatlah rumit. Ini adalah fenomena yang hanya bisa terjadi dalam kondisi mental yang kuat. Keberanian dalam melawan rasa takut dan penat juga mutlak dilakukan. Sebab para Lucid Dreamer pemula terkadang masih merasa takut untuk mengeksplorasi mimpinya.

Jika melihat potensinya, LD bisa menjadi jalan positif untuk mendapatkan sebuah kedamaian batin dan ketenangan pikiran. Tidak perlu harus minum alkohol, memakai narkoba ataupun menggunakan Acid (LSD) untuk mendapatan efek fantasi alam bawah sadar. Makanya fenomena ini pun seringkali dijadikan alat untuk terapi penyembuhan gangguan psikis oleh para psikiater.

Ada beberapa teknik Lucid Dream aman yang bisa dicoba sendiri, tanpa bantuan seorang trainer atau praktisi, yaitu:

1. Hipnotis

Lucid Dreaming dengan jalan hipnotis melibatkan sebuah proses integrasi, sugesti dan afirmasi pikiran oleh seorang pakar hipnotis. Bisa pula dengan jalan self hypnotist, yakni memasuki alam bawah sadar dengan bantuan visualisasi, sugesti dan afirmasi oleh diri sendiri. Teknik self hypnosis ini menjadi yang paling populer untuk para Lucid Dreamer. Jadi sebelum mereka tidur, mereka akan lebih dahulu menghipnotis diri sendiri, misalnya dengan membayangkan hamparan taman yang indah atau bahkan lautan luar angkasa.

2. Binaural Beats

Musik gelombang otak, itulah yang dimaksud dengan Binaural Beats. Kurang lebih sejak satu dekade belakangan, musik Binaural Beats ini memang sangat populer di kalangan penggiat spiritual dan pecinta fantasi. Pasalnya musik yang sengaja dibuat dengan frekuensi tertentu ini sungguh akan membuat efek yang bagus untuk otak agar berada dalam gelombang theta yang mana ini amat dibutuhkan untuk masuk alam mimpi Lucid Dream. Mendengarkan musik gelombang otak ini akan memberikan sensasi getaran halus dan gelombang kejut di area kepala dan kulit luar tubuh, sebagai tanda dari proses rileksasi.

3. Meditasi dan Pernapasan

Meditasi dan pernapasan ibarat dua belah sisi koin yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya sering pula dijadikan sebagai latihan awal dari Lucid Dream. Mereka para Lucid Dreamer menganggap bahwa dengan melatih konsentrasi pikiran dan irama napas, maka mereka akan lebih mudah mengendalikan mimpinya. Selain itu juga sebagai upaya untuk menguatkan mental agar lebih berani eksplor kreativitas dan khayalan ketika berkelana dalam Lucid Dreaming.

4. Dzikir dan Ibadah

Dzikir dan Ibadah pada dasarnya sangat mempengaruhi kondisi pikiran seseorang. Dengan keduanya, pikiran jadi lebih tenang dan terkendali. Sangat baik untuk melancarkan Lucid Dream. Mayoritas Lucid Dreamer muslim pun lebih senang gunakan Dzikirulah dibandingkan Binaural Beats untuk mempengaruhi gelombang otak mereka.

5. Sleep Paralysis

Meskipun dirasa sangat mengerikan, Sleep Paralysis juga menjadi sebuah jalan yang ampuh untuk bisa Lucid Dream. Ini adalah sebuah kondisi REM (Rapid Eye Movement) dalam fase tidur manusia. Di mana dalam fase REM, tubuh mencapai kondisi hampir rileks dan hampir terlelap. Sebelum memasuki mimpi yang dalam (Deep Dream) atau mimpi biasa (mimpi yang tidak berkesan), para Lucid Dreamer akan menggunakan REM sebagai waktu untuk berimajinasi seluas-luasnya. Sehingga begitu REM selesai, maka otomatis imajinasi itu akan terbawa menjadi mimpi.

Manfaat Lucid Dream untuk Kesehatan :

1. Menemukan Penyebab Stress dan Depresi

Dengan mempelajari teknik Lucid Dreaming, ini bisa menjadi upaya untuk menemukan penyebab stress dan depresi. Sebab di dalam mimpi jelas ini, seseorang akan bisa melihat sejauh mana pikirannya melayang. Selain itu, sudut-sudut gelap dari pikiran pun akan tersingkap.

2. Menyembuhkan Gangguan Psikis

Manfaat Lucid Dream pun akan bisa menyembuhkan gangguan psikis. Terutama yang berhubungan dengan suasana hati. Soalnya LD ini bisa memberikan pengalaman fantasi pikiran dan mood yang signifikan. Para penderita Bipolar Disorder misalnya, mereka akan mendapatkan terapi mood yang baik, lebih baik daripada penggunaan obat mood stabilizer.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sesungguhnya di balik Lucid Dream ada skema perbaikan imun. Sistem kekebalan tubuh yang sedang drop akan dirombak habis-habisan dan nantinya benar-benar bisa membuat imunitas membaik, terutama buat mereka yang sedang sakit keras.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Khasiat Lucid Dream bagus untuk lancarkan peredaran darah. Apalagi bagi mereka yang LD menggunakan teknik Sleep Paralysis. Sebab SP ini bisa meningkatkan vibrasi tubuh yang mana tulang=belulang, pembuluh darah dan aliran darah sendiri akan bergetar dan seolah-olah mendidih dengan arus yang dingin maupun panas.

5. Memperbaiki Syaraf dan Persendian yang Terganggu

Melakukan Lucid Dream juga ampuh untuk perbaiki persendian dan syaraf gerak yang rusak. Mereka yang sukses LD dengan sangat rileks, biasanya ketika bangun tidur memang jadi begitu enteng tubuhnya. Sama sekali tidak merasakan nyeri sendi atau susah menggerakkan tubuh, sebagaimana kalau sedang mimpi biasa atau mengalami deep dream.

Manfaat Lucid Dream untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kesehatan jantung

7. Mencegah gangguan paru-paru

8. Meningkatkan kecerdasan otak

9. Membantu terapi pasien stroke

10. Mengatasi anxiety disorder

11. Mengobati gangguan histeria

12. Membantu menurunkan alam lambung

13. Melancarkan metabolisme tubuh

14. Membuat berat badan lebih seimbang

15. Meningkatkan kesehatan kulit

16. Mencegah penyakit kanker

17. Mengatasi insomnia kronis

18. Membuat badan jauh lebih fit

19. Meningkatkan stamina sehari-hari

20. Mengobati depresi menahun

Manfaat Lucid Dream untuk Ilmu Pengetahuan :

1. Menambah Khasanah Pengetahuan Tentang Pikiran Manusia

Pikiran adalah objek kajian ilmu pengetahuan sejak dulu. Jangan dikira pikiran manusia sama sekali tidak diteliti. Setidaknya ada 4 cabang ilmu besar yang mempelajari pikiran manusia, yaitu: Neurologi, Psikologi, Psikiatri dan Filsafat. Dengan meneliti Lucid Dream sama saja sedang meneliti pikiran manusia, tepatnya integrasi antara pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar.

2. Mengeksplor Lebih Jauh Mengenai Alam Bawah Sadar

Seluruh orang tentu kini telah mengakui bahwa struktur kesadaran atau lapis kesadaran manusia itu ada yang disebut alam bawah sadar. Sebuah dimensi di mana nalar manusia berada dalam kendali relatif kecil, namun persepsi dan sudut pandang (perspektif) mengambil peranan besar. Hal tersebut dapat dilihat saat mengalami Lucid Dream. Ketika manusia bisa berkhayal apa saja, bahkan hal-hal mustahil seperti jalan-jalan ke luar angkasa, nantinya di dalam mimpi ia akan mengalami jalan-jalan tersebut.

3. Mengembangkan Teknik dan Terapi di Bidang Psikiatri

Khasiat Lucid Dream bagus untuk kembangkan teknik dan terapi di bidang psikiatri. Pengobatan penyakit psikis tidak hanya mengandalkan obat-obatan dan konseling. Terkadang penggunaan hypnosis bahkan Lucid Dreaming juga amat bagus untuk penyembuhan, terutama bagi pasien yang kronis.

4. Memunculkan Sebuah Diskursus Modern Mengenai Mimpi

Ada banyak ilmuwan yang meneliti tentang mimpi, namun yang paling berpengaruh adalah Sigmund Freud dengan karyanya yang berjudul The Interpretation of Dreams. Dunia mengenal Freud sebagai seorang psikoanalisis, dokter jiwa, filsuf dan ilmuwan yang handal. Jika Freud saja tertarik menafsirkan mimpi, mengapa harus tidak percaya bahwa mimpi itu objek yang ilmiah buat diteliti? Apalagi meneliti Lucid Dream, sungguh jauh lebih menarik daripada meneliti mimpi biasa (yang tidak disadari).

5. Memperluas Kajian Ontologi dan Fenomenologi

Ontologi adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang hakikat sesuatu, misalnya “hakikat mimpi”. Sedangkan fenomenologi adalah sebuah pendekatan dalam filsafat ilmu yang berfokus pada penelitian mengenai pengalaman manusia yang sifatnya intensif dan berulang, contohnya: mimpi. Dengan hadirnya fenomena universal Lucid Dream, ini akan memperluas kajian keduanya.

Manfaat Lucid Dream untuk Ilmu Pengetahuan Lainnya :

6. Menjadi objek kajian penelitian lintas disiplin ilmu

7. Menghilangkan sentimen negatif bahwa mimpi adalah tidak ilmiah

8. Membuka diskursus mengenai mimpi yang lebih jauh

9. Mengembangkan metode penelitian alam bawah sadar manusia

10. Menjadi inspirasi dalam penulisan buku

11. Menjadi alat pelejit kreativitas para seniman dan ilmuwan

12. Mengembangkan teori mimpi

13. Menggagas teori alam bawah sadar

14. Untuk penelitian di bidang psikologi

15. Memperluas kajian psikoanalisa

Manfaat Lucid Dream untuk Spiritual :

1. Meningkatkan Kadar Keimanan

Khasiat Lucid Dream untuk tingkatkan kadar keimanan. Mengapa bisa? Ini karena di dalam LD, seseorang akan mengalami pengalaman alam bawah sadar yang luar biasa. Segala hal yang nampak mustahil, bisa terjadi. Segala keindahan yang tampak dalam LD membuat manusia semakin yakin bahwa Allah adalah Sang Pencipta yang Maha Berkuasa.

2. Belajar Mengendalikan Nafsu dan Pikiran yang Berlarian

Lucid Dream mengajarkan manusia untuk bisa mengendalikan nafsu dan pikirannya pada satu titik fokys yang tinggi. Ini sangat baik untuk belajar sikap kusyuk. Yang mana kusyuk sangat dibutuhkan dalam segala macam jenis ibadah dan ritus spiritual.

3. Mengeksplor Alam Gaib dan Dimensi Mimpi

Banyak orang yang sengaja mempelajari dan trial error teknik Lucid Dreaming hanya buat eksplorasi alam gaib dan dimensi mimpi yang teramat kompleks. Memang tak dapat dipungkiri, Lucid Dream mampu memberikan pengalaman eksplorasi yang menyenangkan semacam itu.

4. Melejitkan Rasa Cinta Pada Allah, Sang Pencipta Alam, Dunia dan Seisinya

Pada akhirnya dapat disebut pula bahwa Lucid Dream akan bisa meljitkan rasa kecintaan manusia pada Allah. Bahwa Allah adalah benar-benar Tuhan yang Maha Besar, yang telah menciptakan dunia dan seisinya. Termasuk yang telah menciptakan alam mimpi.

5. Menemukan Jatidiri

Manfaat Lucid Dream sering digunakan oleh para spiritualis dalam usaha mereka untuk mencari jatidiri. Sejati diri memang bisa tersingkap melalui mimpi-mimpi yang terang dan jelas, macam LD ini. Namun semua dikembalikan pada kepercayaan dan keyakinan individu masing-masing. Misalnya di dalam LD terlihat bahwa dirinya ternyata seorang tentara, padahal di kehidupan sebenarnya hanyalah seorang pekerja kantoran, tentu amat mengejutkan. Apakah mau dipercaya atau tidak? Toh, mimpi hanyalah mimpi, sejelas apapun itu.

Manfaat Lucid Dream untuk Spiritual Lainnya :

6. Meningkatkan ketajaman mata batin

7. Membuat sukma menjadi lebih sadar

8. Latihan dasar Astral Projection

9. Mengendalikan rasa takut akan alam gaib

10. Membangkitkan kekuatan supranatural

11. Menenangkan jiwa

12. Membuat pikiran jauh lebih damai

13. Menggali kebenaran pastlife

14. Meningkatkan spiritualitas

15. Membantu mengendalikan gelombang otak

16. Mencapai kondisi rileksasi tinggi

17. Mendapatkan pengalaman mengunjungi surga dalam versi khayalan

18. Memperbaiki kualitas aura

19. Meningkatkan getaran tubuh halus (eterik)

20. Membangkitkan kundalini

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Mandi Kembang untuk Ritual, Spiritual, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyaknya manfaat Lucid Dream harusnya menjadikan semua orang mempelajari tekniknya. Cara Lucid Dreaming memang tidak instant, jadi butuh proses sampai benar-benar mahir. Namun ada yang perlu digarisbawahi bahwa LD bisa dilakukan oleh semua orang, tidak memandang suku, agama, ras, golongan, usia maupun yang lainnya. Kunci keberhasilan LD ada pada keberanian, ketenangan, konsentrasi dan kreativitas dalam berimajinasi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top