Connect with us
Mandi Air Hangat, Manfaat Mandi Air Hangat, Khasiat Mandi Air Hangat

Gaya Hidup

37 Manfaat dan Khasiat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Mandi air hangat ketika pagi, siang, sore atau malam hari merupakan aktivitas gaya hidup yang memiliki manfaat dan dampak buruk. Mandi air hangat selepas lelah bekerja seharian akan membuat badan terasa segar dan lebih sehat. Bahkan, pikiran, mental, dan mood kita lebih terasa nyaman. Inilah yang membuat banyak orang-orang selalu ingin menyempatkan pergi ke sauna yang menyediakan pemandian dengan air hangat. Yang ingin hemat, pilih membuat sendiri air hangat walau agak sedikit merepotkan.

Mandi Air Hangat, Manfaat Mandi Air Hangat, Khasiat Mandi Air Hangat

Rasa nyaman dan enak ketika mandi menggunakan air hangat tak hanya dirasakan oleh orang dewasa dan orang tua saja, sejak masih kanak-kanak pun sudah meminta kepada ibu untuk selalu mandi dengan air hangat. Sebenarnya manfaatnya apa saja untuk tubuh kita, mari simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan :

1. Menyegarkan badan

Rasa segar ini karena air hangat memudahkan pengangkatan kotoran-kotoran yang menempel di permukaan kulit. Selain itu, memudahkan pelepasan minyak yang menempel di kulit. Pori-pori kulit yang melebar akan memudahkan pelepasan kotoran dan minyak yang berasal dari dalam tubuh. Itulah mengapa badan akan terasa lebih segar setelah disiram dengan air hangat dibandingkan dengan air dingin.

2. Melemaskan otot-otot tegang

Otot-otot tegang dan kaku disebabkan oleh banyak faktor. Penyebabnya bisa karena kekurangan oksigen atau tertariknya otot. Kondisi ini mengakibatkan peredaran darah tak lancar. Otot tegang karena setelah beraktifitas atau setelah bangun tidur bisa dikendurkan dengan cara disiram atau berendam dengan air hangat. Ini sama seperti halnya tubuh yang menerima pijitan lembut.

3. Memperlancar peredaran darah

Air hangat akan memuaikan cairan di dalam tubuh. Termasuk di dalam peredaran darah. Peredaran darah yang tak lancar disebabkan oleh pekatnya cairan sehingga alirannya lambat bahkan terhambat. Dengan menaikkan sedikit suhu cairan akan memuaikan cairan yang pekat ini menjadi lebih encer sehingga aliran peredaran darah kembali normal. Asupan oksigen ke seluruh tubuh pu kembali normal.

4. Penawar racun-racun di dalam tubuh

Zat-zat yang bersifat racun dalam hal ini yaitu yang berasal dari dalam tubuh yang merupakan hasil ekskresi. Zat-zat tersebut bila dibiarkan terlalu lama di dalam tubuh akan meracuni tubuh kita sendiri. Dengan air hangat, pori-pori akan membuka, sehingga pengeluaran zat-zat hasil ekskresi ini akan lebih mudah. Sumbatan di saluran pori-pori akibat kotoran pun bisa turut terlepas dan terbuang.

5. Mencegah sulit tidur (insomnia)

Sulit tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adanya otot-otot yang tegang. Bisa pula adanya gangguan metabolisme dalam tubuh. Otot-otot yang mengendur, peredaran darah yang lancar, dan metabolisme tubuh yang normal akan membuat tidur kita pulas. Cobalah mandi air hangat terlebih dulu sebelum pergi tidur. Insomnia menjauh dari Anda.

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membersihkan badan

7. Menyehatkan usus

8. Menstabilkan suhu tubuh

9. Membantu kesembuhan batuk

10. Menstabilkan pH tubuh

11. Menjaga kesehatan jantung

12. Meredakan sakit kepala

13. Mengobati sakit flu

14. Menurunkan kadar gula dalam darah

15. Mencegah masuk angin atau rasa tak enak badan

16. Meredakan radang di persendian

17. Meredakan rasa sakit

Cara Memanfaatkan Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan :

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan berendam, penguapan, dan penyiraman. Untuk berendam, suhu air sekitar 37 derajat Celcius, cukup hanya sampai 15 menit  saja. Jangan terlalu lama karena jaringan kulit akan mudah teritasi. Untuk penguapan juga cukup 15 menit saja dengan suhu yang relatif sama dengan suhu tubuh. Untuk penyiraman, dengan suhu air 37 derajat Celcius, lakukan ke sekujur tubuh sampai ke bagian lekuk-lekuk tubuh Anda. Gunakan sabun yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Setelah itu, tubuh dikeringkan dengan handuk yang lembut.

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan komedo

Komedo yang sulit keluar dari kulit bisa dibantu dengan air hangat. Komedo ini tak hanya di wajah, tapi juga bisa di leher, dan punggung. Gunakan air hangat sampai kulit terasa berkeringat atau mengeluarkan eksresi. Setelah itu diusap-usap dengan kain halus untuk melepaskan komedo yang sudah lunak tersebut.

2. Menghaluskan kulit

Kulit yang terkena air hangat akan terasa lebih halus. Hal ini terjadi karena adanya pengangkatan sel-sel mati dari kulit dan tergantikan oleh sel-sel sehat. Selain itu, pori-pori kulit sedikit memuai sehingga terasa lebih halus dan lembut.

3. Melenyapkan jerawat

Jerawat terbentuk karena aktifitas kelenjar minyak yang berlebihan sehingga terjadi peradangan. Untuk mempercepat kematangan aktifitas kelenjar ini bisa dengan memberi air hangat. Proses peradangan pun bisa lebih cepat mereda sehingga minyak yang terbentuk bisa keluar dari tubuh atau diserap kembali oleh tubuh.

4. Memperkecil pori-pori

Dengan air hangat memang akan memperlebar pori-pori kulit, tapi dengan memberikan air dingin sesudahnya akan merapatkan pori-pori. Bahkan, pori-pori ini lebih kecil daripada ukuran pori-pori sebelumnya. Dengan pori-pori kulit yang lebih kecil akan membuat kulit tampak lebih mulus dan halus.

5. Menghilangkan ketombe

Ketombe yang terbentuk di kulit kepala merupakan hasil ekskresi dari kulit kepala berupa minyak dan adanya pelepasan jaringan kulit serta bahan organik lainnya yang mati. Untuk membantu pengangkatan minyak dan jaringan kulit serta bahan organik mati ini bisa dengan membilasnya dengan air hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kteombe datang

7. Membuat rambut lebih sehat

8. Menghitamkan dan menghaluskan rambut

9. Mencegah rambut bercabang

10. Menyuburkan rambut

11. Membuat rambut tumbuh lebih panjang

12. Antiaging atau mencegah penuaan dini

13. Menjaga elastisitas kulit

14. Mengangkat sel-sel kulit mati

15. Membantu kelembaban kulit

Cara Memanfaatkan Mandi Air Hangat Untuk Kecantikan :

Bisa dilakukan dengan cara berendam, penguapan, dan penyiraman. Untuk cara berendam dan penguapan, suhu air kurang lebih sama dengan suhu tubuh kita (sekitar 37 derajat Celcius) dan jangan sampai lebih dari 15 menit karena bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Untuk cara penyiraman, suhu air hangat kurang lebih 37 derajat Celcius. Lakukan dengan hati-hati ke bagian-bagian tubuh Anda.

Efek Samping Mandi Air Hangat

Efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh Anda, antara lain:

1. Bila tak dibilas dengan air dingin, pori-pori kulit akan semakin melebar

2. Menurunkan kuantitas dan kualitas sperma

3. Membahayakan janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil.

4. Membuat kulit kering dan kusam bila terlalur sering mandi dengan air hangat

5. Membuat kurang bersemangat dalam beraktifitas.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Mandi Subuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Boleh dibilang banyak sekali manfaat mandi air hangat bagi tubuh kita. Hanya saja kita harus mengetahui batas-batasannya. Jangan sampai terlalu sering atau suhu air hangatnya terlalu tinggi. Yang sering membuat terlena yaitu ketika berada di sauna atau tempat-tempat sejenisnya yang membuat kita terlalu lama berada di tempat itu. Efek yang mungkin timbul, kulit akan mudah teritasi dan berdampak ke penyakit lainnya.

Pemanfaatan yang sewajarnya dan hanya disesuaikan pada saat kondisi tubuh membutuhkan akan membuat sehat jiwa dan raga kita. Satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu kehigenisan air juga penting diperhatikan. Jangan sampai mengandung mikroorganisme yang merugikan.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top