Connect with us

19 Manfaat dan Khasiat Mandi Kembang untuk Ritual, Spiritual, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Gaya Hidup

19 Manfaat dan Khasiat Mandi Kembang untuk Ritual, Spiritual, Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Mandi Kembang – Mandi Kembang atau Mandi Bunga adalah gaya hidup masyarakat tradisional. Mandi kembang ini juga merupakan mandi khusus dengan menggunakan bunga-bunga yang ditaburkan ke dalam airnya. Khasiat mandi bunga biasanya untuk menjalani prosesi adat atau ritual suci seperti siraman pernikahan. Namun sebetulnya, siapapun bisa menjalaninya sebagai sebuah upaya untuk memperoleh kecantikan dan kesehatan jiwa-raga.

Mandi Kembang, Manfaat Mandi Kembang, Khasiat Mandi Kembang

Salah satu kegunaan besar dari mandi kembang adalah bisa membuka aura tubuh. Aura adalah pancaran cahaya yang keluar dari tubuh manusia. Di mana pancaran ini mewakili kondisi fisik dan psikis manusia secara keseluruhan. Memang bunga yang digunakan dalam ritual mandi bunga ini bisa membuat aura memancar lebih kuat. Aura yang baik akan menampilkan warna yang cerah dengan spektrum warna-warna tinggi, seperti hijau, biru, nila, ungu atau putih. Orang yang auranya terbuka akan terlihat begitu mempesona di mata orang lain. Dirinya menjadi sangat berkharisma dan disegani.

Di lain sisi, manfaat mandi kembang pun bagus untuk kesehatan. Sebab bisa melancarkan peredaran darah serta napas. Bisa pula untuk membangkitkan stamina di kala tubuh merasa meriang karena kelelahan. Jadi, baik dari sisi ritual, spiritual, kesehatan dan kecantikan, memang sama-sama baik.

Jenis-Jenis Mandi Kembang:

Tidak ada teknik khusus atau aturan khusus mengenai penggunaan kembang untuk mandi bunga. Hanya saja aturan ini hanya terkait dengan jumlah bunga yang dipakai, serta biasanya dipadukan dengan warnanya. Sebab warna itu akan mewakili sebuah sifat atau kekuatan yang hendak diinginkan.

Loading...

1. Mandi Bunga Biasa: memakai semua jenis bunga yang wangi

2. Mandi Kembang Setaman: memakai 5 jenis bunga

3. Mandi Bunga Tujuh Rupa: menggunakan 7 jenis bunga

4. Mandi Kembang Telon: menggunakan 3 jenis bunga

Jenis-Jenis Bunga untuk Mandi Kembang :

Jika hendak mandi kembang, silahkan padukan saja beberapa bunga yang lazim digunakan seperti di bawah ini:

• Mawar Merah
• Mawar Putih
• Melati
• Kenanga
• Daun Pandan
• Cempaka Putih (Kantil)
• Cempaka Kuning
• Sedap Malam
• Kemuning

Seluruh bunga di atas memang mengeluarkan wangi yang khas dan mencolok sekali. Selain itu secara energi spiritual juga bagus sekali karena dianggap memiliki getaran energi yang bagus sehingga dapat mempengaruhi mental, fisik dan psikis manusia.

Cara Mandi Kembang yang Baik dan Benar :

Ada yang perlu diingat bahwa bagi sebagian orang, terutama ummat Islam, yang namanya mandi bunga sangat dekat dan menjurus pada perbuatan syirik. Jadi hati-hatilah! Sikap hati-hati ini misalnya dengan tidak mengkultuskan bunga tertentu memiliki kekuatan tertentu. Jikalau pun air bunga yang digunakan memang berkhasiat dan memiliki dampak bagi manusia, maka itu semata-mata karena Ridho Allah.

Namun untuk para penghayat kepercayaan non-Islam, seperti misalnya Kejawen atau ritual adat tertentu, pastinya prosesi mandi kembang ini akan melibatkan pula pembacaan afirmasi-afirmasi doa dan mantra. Jika demikian, maka ini dikembalikan pada kepercayaan individu masing-masing saja. Toh, antara adat dan akidah agama memang terkadang berlainan.

Untuk tahapan-tahapan mandi kembang sendiri tidak ada cara khusus. Berikut adalah tahapan cara-cara mandi bunga yang bisa diikuti:

1. Memilih bunga, apakah setaman, tujuh rupa atau telon?
2. Menyiapkan kolam, bak atau ember yang sudah berisi air bersih
3. Menaburkan bunganya ke kolam, bak atau ember
4. Siap untuk mandi bunga, bisa dengan cara berendam langsung atau hanya disiram dengan gayung

Manfaat Mandi Kembang untuk Ritual :

1. Prosesi Siraman Saat Pernikahan

Mereka yang sudah menikah pasti tahu prosesi ini, terutama yang menggunakan adat Jawa. Jika hendak siraman, maka sang dukun pengantin pasti akan menyiapkan bejana isi air dan kembang setaman, bisa pula pakai kembang tujuh rupa. Namun seringkali di era modern kini hanya gunakan mawar merah dan melati saja.

2. Untuk Upacara Adat

Banyak upacara adat yang melibatkan penggunaan bunga untuk mandi kembang. Di suku Banjar Kalimantan Selatan juga mengenal ritual bapapai yang fungsinya sama dengan siraman, yakni mandi bunga yang dilakukan oleh sepasang mempelai pengantin pada malam hari usai akad nikah.

3. Ritual Transfer Ilmu Kebatinan

Di bidang klenik, manfaat mandi kembang dilakukan sebagai salah satu syarat transfer ilmu kebatinan. Biasanya sebelum sang dukun atau guru spiritual melakukan pengijasahan suatu ilmu, maka muridnya harus mandi bunga tujuh rupa dulu.

4. Demi Mendapatkan Kekuatan, Kejayaan dan Kesucian

Secara ritual, memang mandi kembang manfaatnya adalah untuk memberikan kekuatan, kejayaan dan kesucian. Itulah dua energi yang diharapkan akan didapatkan setelah menyiramkan air bunga ke sekujur tubuh. Meski begitu, terkadang manfaat mandi bunga juga hanya dianggap sebagai jalan membersihkan tubuh saja dari energi negatif.

5. Melestarikan Budaya

Tak dapat dipungkiri, suatu tradisi dan adat akan dilestarikan demi kelanggengan budaya. Masyarakat adat dan dinas kebudayaan justru mendukung adanya prosesi mandi kembang ini sebagai bagian dari usaha menjaga keutuhan budaya.

Manfaat Mandi Kembang untuk Ritual Lainnya :

6. Ritual penarikan pusaka
7. Menggenapi syarat untuk upacara adat
8. Membuang pengaruh energi negatif
9. Mengobati kesurupan
10. Mencuci pusaka

Manfaat Mandi Kembang untuk Spiritual :

1. Membuka Cakra

Cakra adalah sebuah gerbang energi manusia. Di mana melalui pintu inilah kekuatan dan potensi spiritual akan keluar. Aura juga sangat dipengaruhi oleh cakra, jika cakra terbuka lebar, maka aura memancar kuat. Salah satu cara membuka cakra adalah dengan mandi kembang.

2. Memperkuat Pancaran Aura

Manfaat mandi kembang juga bagus buat perkuat pancaran aura. Seluruh makhluk dan benda memang memiliki dan memancarkan auranya masing-masing. Hanya saja, ada yang kuat dan ada pula yang lemah pancarannya. Ini disebabkan oleh kualitas diri masing-masing. Nah, untuk memperkuat pancaran aura ini, bisa dengan mencoba mandi bunga secara rutin.

3. Terapi Penyembuhan Penyakit Non-Medis

Mandi bunga bisa menjadi cara untuk terapi penyembuhan penyakit non-medis. Terkadang seseorang diwajibkan mandi kembang sebagai jalan mengeluarkan pengaruh santet, teluh atau tenung dari dalam tubuhnya. Di mana ketiga sihir jahat itu kerap mendatangkan penyakit dan bencana.

4. Jalan Self Healing

Self healing adalah sebuah cara menyembuhkan diri sendiri dari penyakit dan gangguan psikis. Penyembuhan diri sendiri dilakukan dengan bantuan energi spiritual, olah napas dan praktek ilmu kanuragan. Self healing memungkinkan seseorang sembuh dari sakitnya, tanpa bantuan dokter, tabib atau praktisi kesehatan spiritual dan holistik lainnya. Manfaat mandi kembang bisa menjadi langkah awal untuk self healing agar sukses.

5. Penggemblengan Batin

Banyak spiritualis yang menganggap bahwa mandi kembang adalah jalan untuk penggemblengan batin. Menjadi salah satu laku prihatin yang mesti dijalani agar memperoleh kewibawaan dan kekuatan batin yang besar. Mereka yang mandi bunga berharap wibawa dan kekuatannya itu tidak akan luntur sepanjang hidup. Makanya mandi bunga dilakukan sebagai ritual sepanjang hidup.

Manfaat Mandi Kembang untuk Spiritual Lainnya :

6. Membuat ruh bersih
7. Meringankan sukma
8. Mempengaruhi vibrasi tubuh
9. Mengendalikan gelombang otak
10. Membangkitkan kekuatan supranatural

Manfaat Mandi Kembang untuk Kesehatan :

1. Membersihkan Tubuh dari Kotoran dan Debu

Khasiat mandi kembang bagus buat bersihkan debu dan kotoran dari tubuh. Debu dan kotoran yang menempel di tubuh kan bisa menyebabkan timbulnya penyakit, seperti flu. Nah, dengan mandi bunga, kotoran dan debu ini bisa terangkat sempurna.

2. Membuka Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit yang tertutup bisa menjadi salah satu alasan kenapa seseorang mudah sakit. Terperangkapnya toksin di bawah lapisan kulit pun menyebabkan banyak keluhan seperti badan yang gatal, berasa berat dan meriang. Maka atasi segera manfaat mandi kembang ini.

3. Mengeluarkan Toksin

Untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh bisa melalui proses detoksifikasi secara alami maupun kimiawi. Nah, untuk mengeluarkan racun ini dari tubuh bisa dengan cara mandi kembang. Proses detoksnya memang agak sulit dan lama, jadi harus sabar dan rutin saja mandi bunganya.

4. Menambah Stamina

Banyak orang yang bilang bahwa mandi kembang bisa membuat stamina bertambah. Namun memang ini tergantung pada sugesti dan afirmasi masing-masing yang dilakukan saat prosesi mandi bunga ini.

5. Melancarkan Aliran Darah

Aliran darah yang lancar bisa terjadi karena kegunaan mandi kembang memang akan mengaktifkan cakra-cakra kecil di tubuh manusia. Di mana cakra-cakra kecil ini berhubungan langsung dengan pembuluh darah nadi maupun kapiler. Sehingga sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar.

Manfaat Mandi Kembang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyehatkan jantung
7. Membantu kerja hati
8. Mencegah kanker
9. Mengatasi gangguan lambung
10. Melancarkan pencernaan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sauna untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Mandi Kembang untuk Kecantikan :

1. Membuat Badan Jadi Harum

Khasiat mandi kembang untuk kecantikan bagus buat bikin badan jadi harum. Cocok sekali untuk perawatan mereka yang memiliki masalah bau badan. Namun ada yang perlu diingat bahwa mandi bunga juga terkadang bisa bikin pusing karena wangi bunganya yang keras. Maka dari itu, pastikan memang tidak alergi dengan aroma bunga tertentu yang dipakai.

2. Menyegarkan Kulit

Mandi bunga memang bagus buat segarkan kulit. Wajah dan badan yang tadinya berwarna pucat akan jadi tampak lebih cerah. Kulit yang segar ini akan didapatkan dalam tempo waktu yang relatif cepat, antara 3-4 minggu saja sejak pertama kali mandi kembang. Kulit yang segar akan menjadi permanen kalau mandi bunganya dijadikan rutinitas sehari-hari.

3. Memancarkan Inner Beauty

Inner beauty adalah kecantikan yang memancar dari dalam diri manusia. Untuk memancarkannya memang butuh usaha yang cukup panjang, mulai dari memperbaiki kualitas fisik dan psikis hingga melakukan olah spiritual. Manfaat mandi kembang bagus sekali buat pancarkan inner beauty ini. Terutama buat para wanita muda yang masih single.

4. Membuat Awet Muda

Peremajaan kulit adalah sebuah upaya membuat badan jadi awet muda. Salah satu langkah jitu melakukannya adalah dengan mandi kembang. Perawatan tubuh alami melalui mandi bunga memang jadi langkah yang sebaiknya dicoba oleh mereka yang benar-benar menginginkan fisiknya menjadi lebih muda dari umurnya.

5. Melangsingkan Tubuh

Dengan rutin mandi kembang, seseorang pun akan merasakan tubuhnya menjadi lebih langsing. Manfaat mandi bunga sungguh bagus buat bikin tubuh jadi sintal. Baik sekali dirasakan oleh mereka yang punya keluhan obesitas. Berat badan akan diperbaiki hingga menuju ideal.

Manfaat Mandi Kembang yang Lainnya :

6. Memutihkan kulit
7. Membuka aura wajah
8. Mengatasi komedo
9. Menghilangkan jerawat
10. Memudarkan flek hitam

Efek Samping Mandi Kembang :

Berikut adalah beberapa efek samping yang terjadi bilamana mandi kembang. Dampak di bawah ini semuanya negatif, untuk itu perlu dicermati betul-betul, agar diri menjadi lebih sigap dan siap dengan resikonya mandi bunga.

1. Merupakan perbuatan yang mengarah pada syirik
2. Dosa besar
3. Ketergantungan
4. Kerasukan Jin
5. Sesak Napas
6. Sakit Kepala
7. Ruam Merah di Kulit
8. Mata Perih
9. Gatal-Gatal
10. Mual dan Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kini saatnya buat memutuskan, apakah akan tetap mandi kembang atau tidak. Jika memang merasa mandi bunga hanya bagian dari ritual budaya, maka jangan ragu lagi! Namun jika merasa ini perbuatan yang menyalahi akidah Islam, maka jangan pula lakukannya! Semua dikembalikan pada keputusan individu masing-masing.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Gaya Hidup

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top