Connect with us
Mandi Subuh, Manfaat Mandi Subuh, Khasiat Mandi Subuh

Gaya Hidup

35 Manfaat dan Khasiat Mandi Subuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Mandi subuh merupakan kegiatan gaya hidup yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Badan terasa lebih segar merupakan secuil dari manfaat mandi subuh yang langsung bisa kita rasakan. Tak hanya membuat sehat untuk raga saja, tapi juga bagi jiwa kita. Kita akan merasa bersemangat untuk memulai aktivitas pada hari itu. Selain itu, bisa memperbanyak rezeki. Seperti wejangan orang tua kita yang mengingatkan untuk bangun pagi sebelum rezeki kita dipatuk ayam yang lebih dulu bangun dan berkeliaran.

Mandi Subuh, Manfaat Mandi Subuh, Khasiat Mandi Subuh

Bagi umat muslim, membersihkan diri sebelum pergi sholat merupakan sunah yang sangat baik. Selain mendapatkan pahala, juga menyehatkan badan. Tak hanya untuk umat islam, orang-orang non-islam pun merasakan faedahnya untuk kesehatan tubuh. Mereka mengakui, dengan mandi subuh membuat pikiran lebih segar dan lebih bersemangat dalam beraktivitas.

Manfaat Mandi Subuh Untuk Kesehatan :

1. Mencegah sakit rematik

Khasiat mandi subuh sangat baik untuk terapi mencegah rematik. Kandungan oksigen terlarut pada pagi hari lebih sedikit dibandingkan dengan pada waktu malam hari. Hal ini dipengaruhi oleh suhu air yang lebih rendah di pagi hari. Kandungan oksigen terlarut yang rendah ini tak memicu penyakit rematik atau sakit di persendian. Bahkan bagus untuk mengurangi rasa sakitnya.

2. Mampu turunkan kadar gula dalam darah

Air pagi hari membantu menetralkan zat-zat racun yang ada di dalam tubuh dengan cara menghambat proses oksidasi senyawa-senyawa organik di dalam tubuh. Senyawa yang bersifat radikal bebas lebih kuat mengikat oksigen dibandingkan dengan senyawa-senyawa lainnya. Termasuk kadar gula dalam darah yang sedikit terhambat kenaikannya.

3. Meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh

Rutin mandi pagi hari sebelum subuh akan membuat badan tak mudah terserang penyakit. Hal ini karena adanya kenaikan produksi sel-sel darah putih yang berperan dalam menghancurkan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

4. Menambah kesuburan pada kaum adam

Mandi pagi hari sebelum subuh meningkatkan produksi sperma. Suhu air pagi hari lebih rendah yang mendukung lingkungan optimal untuk produksi sperma. Itulah sebabanya mengapa banyak yang memilih waktu pagi hari untuk program kehamilan.

5. Mengurangi stress

Air pagi hari memang dingin, tapi terasa menyegarkan dan membuat perasaan merasa nyaman. Mandi pagi sebelum subuh merangsang hati dan pikiran lebih baik dan bersemangat dalam mejalani kehidupan.

Manfaat Mandi Subuh Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh

7. mencegah resiko hipertensi

8. Membangkitkan energi

9. Meningkatkan proses metabolisme tubuh

10. Menghilangkan perasaan depresi

11. Mengobati flu

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

13. Menurunkan berat badan

14. Menjaga kesehatan paru-paru

15. Menangkal pengentalan darah

16. Merangsang mood prositif

17. Menambah produksi sel-sel darah putih

18. Meningkatkan jumlah sperma

19. Memperkuat memori

Cara Memanfaatkan Mandi Subuh Untuk Kesehatan

Pakailah air pagi hari yang dingin. Hindari mandi air hangat. Kebiasaan orang Indonesia, mandi dengan cara menyiram air ke sekujur tubuh. Lalu diberi sabun dengan cara digosok-gosokan ke bagian tubh untuk membersihkan kulit sekaligus memberi nutrisi pada kulit. Setelah itu disiram lagi untuk melarutkan sabun supaya tubuh terbebas dari busa sabun beserta kotoran-kotoran yang menempel di kulit.

Boleh juga dengan berendam. Siapkan air pagi hari yang dingin ke dalam bathtub, lalu tambahkan sabun cair sampai berbusa. Selanjutnya tinggal badan kita berendam dengan air sabun ini sambil menggosok-gosokan seluruh bagian tubuh supaya kotoran terlepas dari kulit. Jangan terlalu lama, cukup kurang lebih 15 menit. Setelah itu, tinggal dikeringkan dengan handuk bersih.

Manfaat Mandi Subuh Untuk Kecantikan :

1. Menyegarkan dan melembabkan kulit

Kesegaran yang kita rasakan setelah mandi pagi hari sebelum subuh karena ada mekanisme kerja proses detoksifikasi pada tubuh. Setelah bangun, berbagai ekskresi tubuh menempel di sekujur kulit. Zat-zat ekskresi ini bersifat racun sehingga harus dibuang. Air pagi hari yang dingin selain membuang zat-zat beracun juga mencegah terjadinya oksidasi terhadap radikal bebas. Inilah yang membuat tubuh kita terasa lebih segar.

2. Menyehatkan rambut

Mekanisme yang sama juga terjadi pada rambut, yaitu membuang kotoran-kotoran yang ada di kulit kepala dan membuang zat-zat yang bersifat racun hasil ekskresi dari jaringan-jaringan kulit di kepala. Dengan penyiraman air akan membuat kotoran-kotoran yang menempel di rambut terbuang. Inilah yang membuat rambut menjadi sehat.

3. Meremajakan sel-sel

Mandi di pagi hari merangsang peremajaan sel-sel kulit. Pertumbuhan dan perkembangan sel-sel terjadi pada waktu kita tidur. Pada saat itu, sel-sel yang rusak, tua, dan mati harus diperbaiki dan diganti dengan sel-sel muda. Sewaktu mandi, air akan mengangkat lapisan sel-sel yang mati dan dibuang. Permukaan kulit diganti lapisan sel-sel muda yang sehat.

4. Membuat wajah tampak awet muda

Rutin mandi subuh akan membuat wajah tampak selalu awet muda. Kombinasi antara peremajaan sel-sel, kebersihan kulit, dan pancaran aura positif dari dalam tubuh membuat seseorang tampak awet muda. Walau umur sudah tua, tapi akan tampak muda berkat mandi pagi jelang subuh.

5. Menjaga kulit tetap sehat

Adanya proses detoksifikasi, menjaga pH kulit stabil, pengangkatan kotoran-kotoran yang menempel di kulit akan menjaga kulit tetap sehat. Kulit sehat tak mudah terserang penyakit infeksi dan mencegah perkembangan kanker kulit. Selain itu membuat kulit tampak halus dan kenyal.

Manfaat Mandi Subuh Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melangsingkan badan

7. Mengecilkan pori-pori

8. Menyuburkan rambut kepala

9. Mengencangkan kulit

10. Membuat kulit lebih cerah

11. Membuat mata tampak lebih bening

Cara Memanfaatkan Mandi Subuh Untuk Kecantikan

Bisa dilakukan dengan dua cara yaitu berendam dan penyiraman. Cara berendam biasa dilakukan oleh orang-orang barat yang menggunakan bathtub. Sedangkan penyiraman biasa dilakukan oleh orang-orang Asia yang memakai gayung untuk menyiram tubuh.

Di Indonesia, cara berendam biasa dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan untuk menghemat air. Sedangkan cara penyiraman dilakukan oleh masyarakat umum. Keduanya sama-sama baik hasilnya. Asalkan, kehigienisan air dijamin baik dan sehat.

Efek Samping Mandi Subuh

Tak ada efek samping yang merugikan bagi tubuh. Hanya saja, jangan mandi sebelum subuh bagi orang-orang yang sedang sakit. Jangan pula memakai air hangat karena manfaatnya justru berkurang. Selain itu, akan memicu demam dan pusing akibat perbedaan suhu tubuh dengan udara pagi yang cukup jauh.

Tidak disarankan untuk dilakukan pada bayi dan anak di bawah tiga tahun karena akan mengganggu proses tumbuh kembangnya. Mandi pagi hari jelang subuh bisa mengakibatkan ruam-ruam pada kulit bagi yang alergi dingin.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah manfaat mandi subuh yang bisa kita rasakan. Bagi orang aktif, mandi pagi jelang subuh sangat disarankan sebelum berangkat beraktifitas ke tempat kerja atau sekolah. Namun, bagi pekerja malam yang tidak menyempatkan tidur atau tidur kurang dari 2 jam, jangan mandi pagi jelang subuh karena akan memicu berbagai macam gangguan di dalam tubuh. Pada saat kita bekerja di waktu malam, fungsi-fungsi berbagai jaringan masih giat bekerja dan otot-otot masih tegang sehingga suhu tubuh tinggi. Tidur minimal selama 2 jam, baru boleh Anda mandi.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top