Categories: Gaya Hidup

25 Manfaat Menggunakannya Jilbab Bagi Muslimah dan Menurut Islam

Manfaat Menggunakannya Jilbab – Bagi seorang wanita yang beragam Islam ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan sesuai dengan syariat islam. Salah satunya adalah menggunakan jilbab untuk membantu menutup aurat di bagian rambut. Belakangan ini gaya hidup menggunakan penutup kepala tersebut juga menjadi hal yang sudah tidak tampak asing lagi sebab banyak juga dari kalangan selebriti yang memutuskan untuk berjilbab.

Berbeda dengan jaman dulu, dimana penutup kepala tersebut tidak terlalu banyak digunakan, bahkan banyak juga wanita yang berfikir ketika akan menggunakannya, maka tidak akan bisa menggunakan fashion baju yang modis. Sekarang ini sudah banyak model baju tertutup yang tetap modis dan dapat diimbangi menggunakan penutup kepala tersebut. Bisa dikatakan bahwa banyak manfaat yang dapat diberikan dari jilbab.

Keajaiban Menggunakan Jilbab

1. Membuat hati lebih tentram

2. Terlihat lebih anggun

3. Aura akan terlihat cantik luar dalam

4. Mencegah perbuatan dosa

5. Akan lebih dihormati

Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah

1. Menghindari menggoda lelaki

Dapat dikatakan bahwa manfaat dari menggunakan penutup kepala ini adalah menghindari godaan untuk bersikap centil dan tidak sopan terhadap lawan jenis. Jilbab akan membantu para wanita untuk berfikir beberapa kali lipat mengumbar sifat centil dan tidak sopan pada lawan jenis. Hal tersebut dikarenakan beban moral dan tanggung jawab yang diemban ketika menggunakannya. Jika memang wanita tersebut benar-benar berniat menggunakan penutup kepala tersebut sesuai syariat islam tetu saja akan menghindari sifat centil pada lawan jenis.

2. Mendidik agar berperilaku baik

Selain menghindari untuk melakukan sikap yang centil atau menggoda lawan jenis, jilbab juga akan membantu pandangan penggunanya agar tetap bersikap baik sesuai dengan kaidah agama. Penjagaan pandangan sendiri adalah bagaimana cara wanita agar tetap menjaga akhlaknya dan tidak melakukan sesuatu di luar syariat islam. Sekalipun hal tersebut tidak mudah dilakukan, tetapi menggunakan penutup kepala ini membuat penggunanya memiliki rasa untuk menjaga sikap.

3. Membantu menutup aurat

Manfaat utama penutup kepala tersebut bagi seorang muslimah sebenarnya dapat membantu menutup aurat. Manfaat ini dapat dikatakan manfaat dasar yang dapat diperoleh oleh seorang wanita ketika menggunakannya. Ketika anda mengunakan jilbab, berarti anda juga sudah berkomitmen untuk tidak mengumbar aurat bagian tubuh yang lainnya dihadapan orang lain terkecuali suami sendiri.

Manfaat Menggunakan Jilbab Bagi Wanita Muslimah Lainnya

4. Menjaga kecantikan rambut

5. Menghindari resiko kejahatan laki-laki

Manfaat Menggunakan Jilbab Menurut Islam

1. Taqwa pada Allah

Bagi seorang wanita yang beragama islam, tentu saja wajib untuk beriman dan bertaqwa pada Tuhannya yaitu Allah SWT. Taqwa sendiri merupakan salah satu bentuk perbuatan yang baik dan berada di jalan Allah. Caranya tentu saja dengan mentaati segala macam perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Menggunakan penutup kepala ini dapat dikatakan sebagai jalan untuk bertaqwa sebab menutup aurat seperti yang diperintahkan.

2. Terhindar dari pedihnya azab

Tidak ada orang muslim yang mau terkena azab pedih dari Allah SWT, begitupun bagi para wanita. Jilbab sebenarnya bukan masalah yang ringan dan dapat disepelekan begitu saja. Banyak alasan yang digunakan agar tidak menggunakan jilbab, seperti tidak dapat tampil modis, atau yang lainnya. Padahal wajib hukumnya bagi seorang wanita untuk menggunakan jilbab yang menutupi bagian dada. Jika hal tersebut masih diingkari maka hukum dalam islam adalah dosa dan bisa mendapatkan azab yang pedih.

3. Membantu menjadi wanita shaliha

Siapa wanita muslim yang tidak ingin menjadi shaliha? Tentu saja semua ingin dapat menjadi wanita yang shalihah dan  hidup sesuai dengan ketentuan syariat islam. Untuk menjadi wanita shalihah tentu saja harus menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi laragan. Salah satu caranya dengan menggunakan jilbab yang menutup aurat.

Tidak hanya menutup aurat dengan jilbab, setelah menggunakannya tentu saja harus ada akhlak yang dirubah lebih baik. Jika perubahan diri dilakukan dengan lebih baik tentu saja akan membantu menjadi wanita yang shalihah sesuai dengan syariat agama islam.

Manfaat Menggunakan Jilbab Menurut Islam Lainnya

4. Mendidik akhlak agar lebih baik

5. Menjaga kehormatan diri

Manfaat Menggunakan Jilbab Menurut Sains

1. Melindungi kesehatan rambut

Selain jilbab memang diwajibkan oleh Allah SWT agar wanita dapat menutup aurat dan menjaga dirinya dari sesuatu hal yang buruk, ternyata penutup kepala ini juga dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan rambut. Memang tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa jilbab dapat membuat rambut menjadi berketombe dan lepek, padahal menggunakannya justru dapat melindungi rambut.

Wanita yang menggunakannya akan membuat rambutnya terhindar dari sengatan sinar matahari dan juga polusi yang sering ditemukan ketika sedang aktivitas seharian, hal tersebut tentu akan membuat rambut semakin rusak dan tidak terawat. Sekalipun menggunakan jilbab, kesehatan rambut tetap dijaga dengan cara merawatnya.

2. Mencegah resiko kanker kulit

Mungkin anda merasa heran, bagaimana bisa menggunakan jilbab dapat membantu utuk memperkecil resiko kanker. Memang jilbab memiliki manfaat untuk mencegah resiko kanker sel-sel kanker ditumbuhi oleh melanoma. Melanoma sendiri dapat tumbuh disebabkan oleh paparan sinar UV ketika kita sedang beraktivitas di luar lingkungan tanpa menggunakannya, sehingga sama seperti pelindung kepala lainnya.

Jilbab akan membantu anda untuk melindungi kepala ataupun kulit dari sengatan sinar UV secara optimal, sehingga efek buruk dari sinar UV tentu saja akan dapat terminimalisir dengan baik.

3. Mencegah penuaan dini

Bagaimana bisa menggunakan penutup kepala ini dapat membantu mencegah penuaan dini? Tentu saja hal tersebut dapat dilakukan. Dengan menggunakannya, maka rambut dapat terlindungi dari sengatan sinar matahari yang berbahaya. Sinar matahari yang menghasilkan sinar UV dapat membantu proses penuaan lebih cepat dengan memunculkan uban pada rambut.

Bukan hanya itu, tetapi sinar UV juga akan mengurangi produksi kolagen yang ada pada kulit dan mengakibatkan kulit menjadi turun kualitasnya dan resiko penuaan dini dapat terjadi. Jilbab memang dapat membantu mencegah sinar UV yang menyengat secara berlebihan, tetapi akan semakin terlindungi jika anda juga menggunakan sunblock wajah agar tetap terlihat awet muda dan kulit menjadi sehat.

Manfaat Menggunakan Jilbab Menurut Sains Lainnya

4. Mencegah pigmentasi kulit

5. Meningkatkan percaya diri

6. Mencegah bakteri masuk di kepala dan leher

7. Mencegah jerawat

8. Mencegah leher hitam

Dampak Negatif Tidak Memakai Jilbab

1. Menarik perhatian lawan jenis

2. Rawan terjadi pemerkosaan atau kekerasan seksual

3. Dapat terserang kanker kulit melanoma

4. Harga diri terasa lebih rendah

5. Akhlak tidak ada penjaganya

Selain dikarenakan wajib dalam islam untuk wanita menggunakan penutup kepala tersebut, ternyata memang banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk diri sendiri atau bahkan untuk orang lain. Tidak ada pandangan yang tidak membenarkan ketika wanita menggunakannya, selain kehormatannya lebih tinggi ternyata juga dapat membantu terlihat lebih cantik dan anggun.

Jilbab sekarang ini juga bukan sesuatu yang tabu untuk digunakan, sebab jaman yang berkembang membuat penutup kepala tersebut dapat diterima dengan baik bahkan di dunia fashion.

Share

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago