Connect with us
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab

Gaya Hidup

50 Manfaat Menggunakan Jilbab Dari Segi Agama, Kecantikan, Kesehatan dan Tips Agar Istiqomah

Manfaat Menggunakan Jilbab – Berhijab adalah salah satu perintah Allah yang wajib dilakukan seorang wanita muslim. Berhijab disini maksudnya adalah menutup aurat dengan menggunakan jilbab dan pakaian muslimah. Walaupun wajib, namun masih banyak para wanita yang enggan menggunakan jilbab, kebanyakan dari mereka merasa belum siap dan belum mempunyai niat yang cukup kuat. Padahal, apa saja yang diperintahkan Allah sudah pasti untuk kebaikan, termasuk perintah menggunakan jilbab.

Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab

Bagi wanita muslim yang belum terbiasa memakai jilbab, pada awalnya akan merasa risih atau terpaksa, namun lambat laun akan menjadi terbiasa. Wanita yang sudah terbiasa berhijab merasa penampilan mereka lebih anggun dan cantik. Selain wajib, mengenakan jilbab ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan berbagai hikmah yang dapat dipetik. Dengan berhijab, seorang wanita tidak hanya menaati kewajibannya, tetapi akan membuat dirinya terlindung dari hal-hal buruk dan merasa aman.

Jenis-Jenis Jilbab

1. Jilbab Bergo

Salah satu jenis jilbab yang digemari muslimah adalah jenis bergo. Jilbab yang satu ini banyak diminati karena cara menggunakannya sangat mudah dan praktis. Untuk anda yang berhijab dan tidak suka dengan jilbab dengan model yang ribet, jilbab ini sangat bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Jilbab Segi Empat

Jilbab segi empat juga tak kalah peminatnya baik kalangan remaja maupun dewasa. Dikatakan jilbab seigempat karena memang jilbab jenis ini berbentuk segiempat dengan ukuran yang bervariasi. Cara pemakaiannya memang tidak semudah jilbab bergo, tetapi jilbab segiempat bisa dibentuk menjadi berbagai model sesuai keinginan.

Loading...

3. Jilbab Segi Tiga

Selain jilbab berbentuk segiempat, ada juga jilbab yang berbentuk dasar segitiga. Jenis jilbab yang satu ini lebih simple dan modern dari jilbab segiempat. Jilbab segitiga ini sangat digemari wanita muslim diseluruh dunia dengan bahan kain yang beragam.

5. Jilbab Pashmina

Ada lagi jenis jilbab yang banyak diminati para muslimah, yaitu jilbab pashmina. Jilbab pashmina berbentuk persegi panjang dengan ukuran dan bahan kain yang variatif. Jenis jilbab pashmina ini bisa dikreasikan menjadi berbagai model sesuai keinginan. Penggemar jilbab jenis ini biasanya para wanita modern yang gemar mengikuti perkembangan fashion.

6. Kerudung Jumbo

Seperti namanya, jenis kerudung jumbo biasanya berukuran besar. Jilbab model ini juga disebut jilbab syar’i karena menutupi bagian dada hingga perut. Kerudung jumbo ini biasanya dibuat dari dasar kain yang bahannya dingin seperti spandek, jersey, bahan della, dan bahan dasar lainnya yang sifatnya dingin dan menyerap keringat.

7. Jilbab Instan Modifikasi

Jenis jilbab berikutnya yang populer adalah jilbab instan modifikasi. Dari segi pemakaian, jilbab yang satu ini sama praktisnya dengan jilbab bergo, akan tetapi model jilbab instan modifikasi ini bentuknya lebih bervariasi dan modern.

Jika memakai jilbab jenis ini, akan terlihat seperti memakai jilbab segiempat atau pashmina yang dimodifikasi sedemikian rupa, bedanya jilbab instan bisa langsung dipakai tanpa memerlukan banyak jarum.

Manfaat Menggunakan Jilbab Dari Segi Agama

1. Bentuk ketakwaan sebagai muslimah

Seorang muslim yang baik tentunya harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Untuk bisa menjadi muslimah yang bertakwa, maka harus selalu menaati perintah dan menjauhi larangan-NYA. Salah satu cara untuk meningkatkan ketakwaan adalah dengan menggunakan jilbab.

2. Hati menjadi tentram

Tidak hanya semata-mata untuk memenuhi kewajiban, dengan mengenakan jilbab maka hati akan menjadi tentram dan menjadi sesorang yang baru yang lebih optimis dan menjadi lebih taat. Menggunakan hijab juga berarti melakukan upaya mendekatkan diri dengan Allah.

3. Terhindari dari Azab

Banyak wanita yang masih enggan mengenakan jilbab karena belum siap dan risih. Padahal sudah sangat jelas tercantum didalam Al-Quran bahwa mengenakan hijab bagi perempuan adalah wajib. Artinya, wanita akan berdosa jika tidak menggunakan jilbab dan di akhirat akan mendapatkan azab yang sangat pedih.

4. Menutupi Aurat

Aurat adalah anggota tubuh yang tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain yang bukan muhrim. Islam sangat menekankan muslimah agar tidak mengumbar aurat. Seluruh anggota tubuh wanita adalah aurat, kecuali wajah dan telapak tangan. Dengan mengenakan hijab maka aurat akan terjaga dari pandangan yang bukan muhrim.

5. Mendidik wanita untuk berperilaku baik

Manfaat menggunakan jilbab selain menutup aurat adalah menjaga wanita agar selalu berprilaku baik. Dengan mengenakan jilbab, wanita akan menjadi lebih termotivasi untuk selalu menjaga akhlaknya selalu berada dalam syariat islam. Walaupun di zaman sekarang banyak yang mengatakan bahwa jilbab bukan jaminan seseorang berperilaku baik, tetapi jika wanita telah memiliki niat yang kuat untuk berhijab, maka ia juga pasti akan berusaha untuk selalu menjalani perintah agamanya.

Manfaat Lainnya Menggunakan Jilbab Dari Segi Agama:

6. Mendapat pahala dari Allah karena menjalankan kewajiban

7. Melatih istiqamah dalam ketaatan

8. Menjadi identitas seorang muslimah.

9. Memperbaiki moral

10. Mendapat ampunan atas dosa-dosa

11. Dekat dengan rahmat Allah

12. Menjaga kesucian hati

13. Meninggikan derajat muslimah

14. Melatih akhlak mulia

15. Merasa malu mengumbar aurat

16. Menjadi lebih menghormati dirinya dan orang lain

17. Mencegah perbuatan zina

18. Mencegah ketamakan

19. Salah satu ibadah yang mudah

20. Mengundang turunnya pertolongan Allah

21. Menjauhkan diri dari perbuatan nista

22. Lebih mudah bersahabat degan wanita shalihah lainnya

23. Membuat musuh-musuh Allah geram

24. Menjadi teladan yang baik kepada sesama

25. Menjadi salah satu bentuk syiar untuk kaum muslimin

27. Memelihara kecemburuan laki-laki yang menjadi muhrim

28. Terlepas dari mata yang jahat

29. Menjadi seperti bidadari syurga

30. Mencegah Tabaruj

31. Menambah kadar keimanan

32. Mencegah risiko pelecehan

33. Memperoleh jodoh yang baik

34. Terjaga dari gangguan pandangan mata lelaki

Manfaat Menggunakan Jilbab Dari Segi Kecantikan

1. Mencegah penuaan

Penuaan adalah proses yang akan dialami setiap orang seiring dengan bertambahnya umur. Pertumbuhan sel-sel dalam tubuh menjadi lambat sehingga menyebabkan beberapa gejala penuaan seperti kulit keriput, rambut beruban, dan lainnya.

Sinar matahari adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Disamping membentuk vitamin D yang diperlukan untuk tubuh, sinar matahari dapat menyebabkan produksi melanin berlebihan pada kulit sehingga merusak jaringan kolagen dan elastin yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Jaringan kolagen dan elastin berfungsi menjaga kelenturan kulit, apabila jaringan tersebut rusak maka kulit akan kehilangan elastisits dan timbul penuaan dini. Memakai jilbab syar’i bisa sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

2. Menjaga rambut

Menggunakan jilbab juga bisa bermanfaat bagi rambut. Dengan memakai jilbab, rambut akan senantiasa terlindung dari sengatan matahari, polusi dan debu sehingga rambut dan kulit kepala terjaga dari kerusakan. Selain itu, anda juga dapat menutupi kekurangan yang ada pada rambut dengan jilbab. Anda tidak perlu merasa malu atau pun minder karena masalah rambut anda tidak akan dilihat oleh orang lain.

3. Mengurangi biaya perawatan rambut

Rambut memang pemberian Allah yang harus dirawat dan dijaga. Akan tetapi, dengan menggunakn hijab, kita tidak perlu merawat rambut secara berlebihan. Tidak perlu sering ke salon hanya untuk smoothing, creambath, hair spa dan semacamnya. Karena rambut bukan bagian tubuh yang harus diperlihatkan kepada orang lain dan harus tetap tertutup dengan hijab. Dengan demikian, biaya perawatan untuk rambut bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain.

4. Menjadi lebih cantik dengan berjilbab

Banyak sekali wanita yang terlihat lebih anggun dan cantik setelah menggunakan jilbab. Dari segi fashion, banyak sekali inovasi jilbab yang bisa menjadi pilihan, misalnya jilbab anti tembem yang sangat cocok untuk wanita yang memiliki pipi tembem sehingga terlihat terlihat lebih tirus dan cantik saat mengenakan jilbab.

Tidak hanya terlihat cantik dari luar, inner beauty atau kecantikan dari dalam juga akan terpancar. Karena wanita yang berjilbab biasanya mempunyai hati yang tenang sehingga sejuk dipandang dan menentramkan hati orang yang melihatnya.

5. Melindungi kulit dari sunburn

Sinar matahari dapat membuat kulit terbakar atau sunburn. Sunburn sendiri lebih mudah menyerang mereka yang berkulit terang daripada yang berkulit gelap. Sebab, kadar melatonin yang menjaga kulit dari sinar UV pada kulit terang lebih rendah dari kadar melatonin pada kulit gelap. yang berfungsi untuk menjaga kulit dari sinar UV lebih rendah dibandingkan dengan yang berkulit coklat.

Kulit terang hanya mampu bertahan 15 menit terhadap sinar UV sedangkan kulit yang gelap bisa bertahan hingga 9 jam. Dengan menggunakan hijab, maka secara tidak langsung anda melindungi kulit dari sengatan sinar UV dan dapat mencegah sunburn.

Manfaat menggunakan Jilbab Dari Segi Kesehatan

1. Mencegah kerusakan otak

Manfaat memakai jilbab dari segi kesehatan yang paling utama adalah mencegah kerusakan otak akibat suhu yang ekstrim. Efek suhu yang sangat panas ataupun yang sangat dingin sangat berbahaya bagi kesehatan otak. Berada pada cuaca panas dalam waktu yang cukup lama tanpa perlindungan, akan membawa dampak yang buruk bagi elemen tubuh, terutama otak.

Cuaca yang sangat dingin juga mengganggu keseimbangan tubuh dan otak. 40-60% suhu panas pada tubuh akan hilang melalui kepala. Maka sangat disarankan untuk mengunakan penutup kepala, dalam hal ini hijab memiliki peranan yang cukup penting.

2. Cegah peradangan kulit luar

Penggunaan hijab juga dapat mencegah peradangan kulit luar. Peradangan kulit luar disini berupa bercak putih seperti sisik pada kulit yang mengalami peradangan. Peradangan seperti ini biasanya diikuti dengan kanker kulit. Penyebab utama peradangan tersebut adalah terlalu sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, bagian tubuh yang rentan terkena peradangan diantaranya dahi, tulang pipi, hidung, punggung tangan dan kaki.

3. Meningkatkan imun tubuh

Dengan menggunakan hijab secara tidak langsung akan membuat kita terbiasa menjaga kebersihan tubuh. Selain itu, hijab juga dapat mellindungi diri dari kontak fisik terhadap bakteri, kotoran, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

4. Bebas gatal akibat matahari

Ada beberapa orang yang terkena alergi terhadap sinar matahari. Gejala yang ditimbulkan yaitu gatal-gatal setelah cukup lama terpapar matahari. Dengan memakai hijab, secara tidak langsung akan melindungi kulit dari sengatan matahari secara langsung sehingga gatal akibat matahari bisa dihindari dengan baik.

5. Mencegah Kanker Kulit

Menggunakan jilbab juga dapat bermanfaat dalam mencegah kanker kulit. Kanker kulit dapat terjadi karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat membakar kulit dan mengaktifkan sel kanker pada kulit.

Dengan berhijab, maka wanita muslim akan terhindar dari bahaya sinar ultraviolet penyebab kanker. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet tidak bisa dengan hanya memakai pakaian ketat dan jilbab saja, karena sinar ultraviolet dapat menembus pakaian ketat yang ketat terlebih lagi pakaian yang transparan. Jadi sebaiknya berhijablah secara syar’i.

Tips Menggunakan Jilbab Agar Selalu Nyaman dan Istiqamah

1. Pilih model hijab yang sesuai

Agar selalu nyaman dalam berhijab, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih model hijab yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan. Sekarang ini hijab memiliki banyak sekali model dan kreasi sehingga para muslimah bisa bebas memilih hijab yang nyaman untuk dipakai.

Jika sedang berada pada sekitar lingkungan rumah saja, maka pilihlah jenis jilbab yang praktis seperti bergo yang berbahan kaos. Dan jika akan menghadiri acara yang agak formal, sebaiknya pilih jilbab segiempat dan pashmina dengan kreasi yang tidak terlalu berlebihan namun tetap anggun.

Variasi bentuk jilbab bisa disesuaikan dengan selera dan juga dengan kegiatan yang akan dilakukan. Jangan sampai memakai jilbab dengan variasi yang tidak sesuai atau mencolok karena akan terlihat aneh. Dan perlu diingat, bagaimanapun kreasi dan jenis jilbab yang anda pakai, jangan sampai keluar dari syarit islam.

2. Pilih bahan hijab yang nyaman

Banyak orang yang menunda atau belum ada niat sama sekali untuk menggunakan hijab, karena dalam pikiran mereka berhijab itu identik dengan gerah, panas dan tidak nyaman. Padahal jika mereka tahu, berhijab justru lebih terasa menyejukkan jika tahu caranya. Berhijab dapat menghindari kulit dari sengatan matahari secara langsung, dan bisa menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Salah satu penyebab yang membuat pengguna hijab merasa adalah pemilihan bahan yang kurang tepat. Untuk itu, pilihlah bahan hijab yang tepat agar tetap nyaman dalam berhijab. Saat cuaca panas, pilihlah hijab dengan bahan yang adem seperti spandek, jersey atau katun rayon. Sebaliknya, jika cuaca berubah menjadi dingin, kenakanlah hijab dengan bahan yang lebih tebal.

3. Kombinasi Busana Muslim dengan Hijab Harus Pas

Setelah memilih model dan bahan jilbab yang nyaman dipakai adalah memadukan jilbab dengan busana muslim agar cocok dan membuat rasa percaya diri meningkat. Terkadang para muslimah sering salah memadupadankan busana muslim dengan jilbab. Jadi meskipun modelnya bagus, tapi malah terlihat tidak menarik bahkan aneh.

Untuk itu, Pilihlah busana muslim dan jilbab yang cocok dari segi model, warna, dan aksesoris. Misalkan busana muslim yang anda pilih bernuansa polos, maka pilihlah jilbab yang bermotif agar terkesan lebih hidup. Sebaliknya, jika busana anda memilik corak atau motif, maka jangan dikombinasikan dengan jilbab bermotif. Sebaiknya gunakanlah jilbab yang polos dengan variasi yang simple untuk menghindari kesan norak dan terlalu “ramai”.

4. Bergabung di Komunitas Hijab

Bergabung dengan komunitas hijab dapat meningkatkan keimanan dan keistiqomahan dalam berhijab. Selain itu, kita juga dapat menambah teman baru yang sholehah.

Lingkungan dan teman memang kadang sangat berpengaruh dengan keimanan seseorang. Mempunyai teman-teman yang berhijab juga akan mendorong seseorang yang belum berhijab untuk mulai mengenakan hijab. Disamping itu, dalam komunitas hijab pasti akan ada banyak agenda yang menumbuhkan istiqomah untuk tetap berhijab.

5. Luruskan Niat Berhijab

Poin yang paling penting dari semuanya adalah meluruskan niat dalam mengenakan hijab. Ingatlah bahwa anda sedang melakukan kewajiban sebagai muslimah yang baik. Yakinkan diri bahwa mengenakan hijab adalah wajib dan itu adalah perintah untuk memenuhi dari Allah yang tidak boleh dilanggar.

Dengan demikian, anda akan semakin merasa nyaman dalam mengenakan jilbab dan akan terus istiqamah. Jadikan diri anda sebagai sumber inspirasi bagi muslimah lain yang hatinya belum tergerak untuk mengenakan hijab.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tidur Tanpa Celana Dalam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah bahasan mengenai manfaat dan tips menggunakan jilbab. Jika kita berniat sepenuh hati mengenakan hijab karena Allah, maka insya Allah tidak akan ada yang bisa menggoyahkan iman kita untuk tetap istiqamah dalam menggunakan jilbab.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Gaya Hidup

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top